4 Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Dampaknya, Yang Ke-4 Harus Disiplinkan!

Daftar Isi

Rasa ingin tahu adalah kualitas yang terkait dengan pemikiran ingin tahu seperti eksplorasi, penyelidikan, dan pembelajaran. Sering kali kita menyebutnya dengan istilah ‘kepo’ atau knowing every particular object yang artinya sebutan untuk orang yang selalu ingin tahu secara mendalam mengenai sesuatu.

Rasa penasaran yang tinggi akan menuntunmu untuk mencari lebih banyak informasi baru mengenai sesuatu. Keinginan manusia untuk mengetahui dan memahami sesuatu adalah kekuatan pendorong di belakang perkembangan sebagai individu dan bahkan kesuksesan sebagai manusia.

Seberapa Penting Rasa Ingin Tahu Untuk Kehidupan Kita?

Rasa ingin tahu yang tinggi adalah hal yang wajib kita miliki. Karena kita menjadi penasaran dengan sesuatu yang belum kita mengerti dan selalu berusaha mencari jawaban dari segala pertanyaan yang muncul di benak kita. Orang yang selalu ingin tahu, ia akan selalu penasaran berusaha untuk mencari tahu sampai ia mendapatkan jawaban atas rasa penasarannya. 

Rasa penasaran sangatlah membantu kita dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi, dengan rasa ingin tahu yang tinggi, kita menjadi tidak mudah menyerah dan selalu berusaha dengan melakukan segala sesuatu agar masalah yang sedang dihadapi dapat teratasi.

Mau menjadi apa kita kelak sangat bergantung pada niat baik dan rasa penasaran kita. Luar biasa tidaknya prestasi kita sangat bergantung pada keingintahuan kita selama ini. Setiap niat baik memandu hati dan pikiran kita untuk berpikir dan bertindak dengan baik. Rasa keingintahuan yang kita miliki adalah modal awal untuk melangkah, mewujudkan apa yang kita impikan.

Memilki rasa ingin tahu yang tinggi membuat kita memiliki rasa penasaran yang begitu kuat, mendorong kita berusaha mencari tahu dari berbagai sumber baik itu buku, internet, sumber-sumber yang mumpuni, dsb.

Memudahkan kita dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, namun rasa ingin tahu tidak muncul begitu saja dalam diri kita, lalu apa yang harus kita lakukan?

Baca juga : 

Creative Thinking : Arti, Manfaat Dan Cara Melatihnya

Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Dalam Diri Kita

Rasa ingin tahu adalah kunci untuk pembelajaran dan perkembangan pribadi yang tak terbatas. Pada bagian ini, mari kita ungkap bagaimana Anda dapat memupuk dan mengembangkan rasa ingin tahu dalam diri Anda untuk menjelajahi dunia pengetahuan dengan semangat yang tak tergoyahkan.

1. Posisikan Diri Sebagai Orang Yang Awam

Menjadi seorang yang awam tidaklah buruk, justru karena awam kita menjadi haus akan ilmu dan selalu ingin belajar hal baru. Cobalah bersosialisai dengan orang sekitar, jangan malu untuk bertanya dan mengakui jika Anda memang tidak tahu, pasti mereka akan dengan senang hati dan memberitahu kepada kita.

Mereka akan merasa senang jika kita penasaran dan ingin tahu akan hal yang dikuasai mereka, dan kita akan mendapat hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

2. Jangan Malu Untuk Bertanya

Bertanya bukanlah hal yang memalukan, justru bertanya membuat kita terlihat antusias dan berusaha mengerti tentang hal yang tidak kita ketahui. Jangan pernah memposisikan diri kita seperti yang paling tahu, tetapi kenyataanya kita tidak mengerti apa–apa, karena kita sendiri yang akan mendapat kerugiannya jika hanya menerka–nerka dalam diri, dan apa yang kita kerjakan tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Selalu Berpikir Terbuka

Syarat yang dibutuhkan untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yaitu berpikir terbuka. Karena dengan berpikir secara terbuka, otomatis kita akan menerima segala masukan yang diberikan orang lain kepada kita. Dengan berpikir secara terbuka, kita jadi mengetahui sudut pandang orang lain dan cara berpikir mereka yang belum kita ketahui sebelumnya.

4. Gemar Bembaca

Cobalah biasakan diri kita untuk suka membaca. Dengan membaca, banyak wawasan yang kita peroleh dan hal menarik lainnya yang membuat kita menjadi pintar. Kita dapat mencoba untuk membiasakan diri gemar membaca dengan meluangkan sedikit waktu untuk membaca apapun bacaan yang ingin kita ketahui. Dengan membiasakannya, kita akan semakin haus ilmu dan menjadi orang yang berwawasan luas.

Keingintahuan Yang Tinggi Ini Sangat Berdampak Positif Pada Kita

Karenanya kita menjadi bertindak nyata, bukan berangan-angan semata. Kita pun menjadi belajar dari kesalahan yang kita lakukan, serta tidak takut gagal demi meraih tujuan yang kita inginkan.

Disaat kita mulai merasa jenuh dengan satu hal yang tidak dapat kita temui jawabannya, coba untuk beristirahat sesaat dengan santai dan selanjutnya kamu kembali untuk mencari tahu. Menurut riset, dengan demikian kamu dapat menjadi lebih ingin tahu untuk belajar beberapa hal dari sebuah isu yang belum kamu tahu jawabannya.

Inilah dampaknya jika kita terus berusaha memiliki rasa keingintahuan yang besar pada diri kita. Jangan menghabiskan waktumu dengan kegiatan yang berulang-ulang saja. Coba habiskan waktumu dengan dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Baca juga : 

5 Skill Critical Thinking yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin

Memilki rasa ingin tahu yang tinggi juga dapat berdampak pada pekerjaan, dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi kita akan lebih produktif dan inovatif dalam bekerja serta akan mudah untuk beradaptasi.

Rasa ingin tahu yang tinggi sangat bermanfaat karena, jika rasa penasaran itu muncul maka kita akan berpikir secara lebih mendalam saat mengambil keputusan. Sehingga kita dapat menemukan solusi yang tepat dan kreatif. Hal ini dapat diasah dengan mengikuti training online creative problem solving & decision making

Rasa penasaran juga dapat menghindari kita dari konflik antar team, karena keingintahuan akan membuat team untuk fokus dalam mencari solusi dari suatu masalah sehingga diskusi dapat menjadi terbuka yang akhirnya kita akan menjadi team yang solid. Hal ini sejalan dengan program yang diberikan ALC Leadership Management untuk membangun team yang solid.

Kesimpulan

Dengan memilki rasa penasaran yang tinggi, kita akan lebih mudah berkomunikasi dengan rekan kerja bahkan atasan, karena rasa ingin tahu ini akan meningkatkan kita dalam mendengarkan dan terbuka pada setiap informasi baru. Dengan begitu kita harus meningkatkan komunikasi kita agar lebih efektif dengan mengikuti pelatihan di ALC Leadership Management dengan topik effective communication.

Selamat menumbuhkan keingintahuan yang tinggi dan menjadi pribadi luar biasa.

Detail info pelatihan hubungi team kami sekarang!
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/02/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2