Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya

Creative Negotiation Skills

Creative negotiation skills adalah kemampuan berpikir kreatif untuk mencapai kesepahaman dalam bernegosiasi.

Anda mungkin melihat atau bahkan mengalami beberapa kasus negosiasi yang berujung pada perselisihan. Padahal, kunci utama negosiasi adalah diskusi. Dengan berdiskusi efektif, kita jadi tahu masing-masing kepentingan dan memikirkan jalan terbaik untuk menyelesaikannya.

Skill ini wajib dimiliki semua karyawsan loh. Dan seorang karyawan harus selalu melatih dan meningkatkan wawasannya untuk menjadi seorang negosiator yang lebih baik, Langsung aja yuk, kita simak seputar negosiasi.

Apa itu creative negotiation?

Supaya nggak bingung, kita sama-sama simak negosiasi yang dilakukan Amerika Serikat dan Korea Utara ini yuk. Pada tahun 2011, Amerika Serikat bernegosiasi dengan pimpinan Korea Utara tentang proyek uranium.

Setelah bernegosiasi selama berbulan-bulan, akhirnya pada tanggal 29 Februari 2012, dicapai kesepakatan dimana Korea Utara berjanji untuk membekukan program senjata uranium dengan imbalan sejumlah bantuan pangan dari Amerika Serikat.

Nah, dari contoh diatas kita bisa sama-sama tahu bahwa negosiasi adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan beberapa perbedaan. Ini adalah proses dimana sebuah kesepakatan dicapai dengan menghindari argumen dan perselisihan. Lalu, apa yang membuat creative negosiator?

Creative negotiation adalah kemampuan bernegosiasi dengan melihat peluang yang tersembunyi. Maksudnya gimana? Memang pada dasarnya, negosiasi adalah sebuah tindakan kreatif. Untuk menyelesaikan konflik dan mencapai win-win solution, Anda perlu berpikir kreatif.

Berpikir kreatif adalah keterampilan yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Bukan hanya dimiliki oleh seniman saja loh! Salah satu syarat menjadi kreatif adalah tetap ingin tahu dan menyerap informasi dari berbagai topik. Kreativitas adalah menggabungkan konsep dengan cara baru.

Manfaat creative negotiation

Karena dalam menghadapi beberapa konflik yang sulit, mau tidak mau kita harus berfikir kreatif dan terbuka.Look at things from different angle. Mencapai kesepakatan dalam bernegosiasi memaksa kita untuk berpikir out of the box. Orang-orang kreatif itu hebat dalam menghasilkan ide-ide baru mengubah mereka menjadi negosiator yang cerdas juga.

7 Dasar-dasar yang harus dimiliki negosiator

Untuk memahami langkah-langkah bernegosiasi, kita harus punya minimal dasar-dasar nya dulu nih. Studi dari Harvard Business School, menyebutkan bahwa ada 7 dasar negosiasi yang efektif, yaitu:

Pertama, relationship / hubungan. Kita membutuhkan hubungan negosiasi yang baik untuk menghindari perbedaan dan konflik. Buatlah plan dan persiapan untuk menjaga hubungan itu, seperti tetap berkomunikasi misalnya. Bersikaplah untuk selalu menghormati, bangun kepercayaan.

Kedua, communication / komunikasi. Apakah kita sudah mendengarkan dan berbicara secara padat, jelas dan efektif? Komunikasi dasar dalam negosiasi dibagi lagi menjadi 2. Yaitu, komunikasi dasar, dan komunikasi untuk mengetahui interest lawan negosiasi.

Komunikasi dasar: mengakui apa yang dikatakan. Selain itu, kita harus mendengarkan untuk memahami, dan berbicara untuk dipahami. Dan yang terakhir, Sudahkah kita memikirkan dampak dari semua hal yang kita katakan. Ingat 2 AS. Berbicara dengan tujuan yang jelas dan ringkas.

Komunikasi untuk mengetahui interest lawan negosiasi. Disini kita yang lebih aktif bertanya. Tujuannya apa? Yaitu dengan memperjelas pernyataan dari lawan negosiator. Misalnya, “apa anda berkenan untuk menjelaskan?”.  Atau dapat berupa feedback juga bagus.

Ketiga, interest/ mengetahui apa mau nya lawan negosiasi. Ini adalah kemampuan kita untuk mengumpulkan informasi dan mengidentifikasi interest, konsern, semua kebutuhan mereka. Sharing dan pastikan kembali kepentingan masing-masing pihak.

Keempat, option/ opsi. Apa saja perjanjian yang akan dilakukan? Kita harus membuat opsi untuk bisa mencapai kesepakatan dua belah pihak. Ingat, saat membuat opsi pastikan untuk mencapai interest lawan negosiasi secara transparan.

Kelima, alternative/ alternatif. Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak menyetujui? Apakah kita perlu negosiasi atau mempertahankan kepentingan kita untuk mencapai kesepakatan lewat cara lain? Identifikasi dan perhitungkan alternatif yang terbaik.

Terbuka untuk menyampaikan alternative baik itu yang terbaik ataupun alternative terburuk. Memahami sepenuhnya implikasi, konsekuensi, risiko, dan biaya BATNA Anda dan mereka.

Keenam, legitimacy/ legitimasi. Gunakan standar yang paling obyektif untuk melegitimasi kepentingan kita. Dan sebagai pelindung dari proposal yang tidak masuk akal dari sisi lain. Tawarkan kepada negosiator cara yang menarik untuk menjelaskan keputusannya.

Ketujuh, commitment/ komitmen. Apa komitmen yang ingin kita cari ataupun kita buat? Buatlah komitmen di akhir negosiasi, bukan di awal. Selain itu, buat juga timeline untuk implementasi dari komitmen itu.

5 langkah negosiasi win-win solution

Bernegosiasi tidak bisa asal, kita harus paham betul tahapannya agar mencapai win win outcome. Jadi penasaran kan, apa aja tahapannya? Yuk simak tahapan-tahapannya berikut.

Pertama, Persiapan. Tahapan ini sering diabaikan, padahal, tahapan ini adalah tahap pertama yang penting dari proses negosiasi. Bagaimana cara nya? Untuk mempersiapkan, riset dan diskusi dari dua belah pihak, identifikasi kemungkinan trade-off, tentukan peluang hasil yang paling diinginkan dan paling tidak diinginkan.

Kemudian, pahami siapa dalam perusahaan kita yang memiliki kekuatan pengambilan keputusan, persiapkan BATNA Anda. Persiapan juga dapat mencakup definisi aturan dasar : menentukan di mana, kapan, dengan siapa, dan di bawah batasan waktu negosiasi akan dilakukan.

Kedua, Pertukaran informasi. Ini adalah bagian dari negosiasi ketika kedua belah pihak bertukar informasi. Masing-masing pihak harus diizinkan untuk menyampaikan kepentingan dan perhatian mereka tanpa gangguan.

Ketiga, mengklarifikasikan tujuan. Kedua belah pihak melanjutkan pembahasan setelah bertukar informasi dengan membenarkan dan memperkuat tujuan masing-masing. Jika satu pihak tidak setuju dengan sesuatu yang dikatakan pihak lain, Yang penting dilakukan dalam strategi negosiasi adalah sebagai penengah dan tidak memihak salah satu pihak.

Keempat, perjanjian. Perjanjian  dapat dilakukan apabila kedua belah pihak mencapai kesepahaman, baik itu dari sudut pandang dan kepentingan kedua belah pihak dipertimbangkan. Bada saat tawar-menawar, pastikan emosi kita terkontrol dengan baik, ya. ingat, tujuan akhir dari negosiasi adalah mencappai win-win solution.

Kelima, implementasi hasil perjanjian. Setelah solusi telah disepakati, kedua belah pihak harus saling berterima kasih atas diskusi tersebut, tidak peduli hasil negosiasi. Negosiasi yang sukses adalah tentang menciptakan dan memelihara hubungan jangka panjang yang baik.

Kemudian kita harus menguraikan harapan masing-masing pihak dan memastikan bahwa negosiasi telah dilaksanakan secara efektif. Langkah ini mencakup kontrak tertulis notaris untuk menjamin bahwa implementasi berjalan lancar.

Nah, Anda jadi tertarik kan untuk memiliki skills creative negotiation? Ayuk gabung di training online creative negotiation langsung bersama pembicara Sutomo Asngadi, SS, MM. Seorang konsultan expert dibidang Export Import dan ia merupakan Procurement Management yang berpengalaman lebih dari 23 tahun.

Kenali lebih dalam Creative Negosiation bersama ALC Leadership Management

Apa yang special dari kami?

– Metode pelatihan yang diberikan berupa metode belajar aktif. Dalam metode ini lebih menekankan pada pembentukan kerangka berpikir (frame work) praktis yang sistematis dengan menonjolkan berbagai contoh, ilustrasi dan kasus.

– Metode simulasi diarahkan untuk meningkatkan pemahaman praktis secara komprehensif.

– Materi disampaikan oleh trainer yang luar biasa dan berkompeten.

– Modul / materi training berupa pdf.

 

4 Perubahan setelah mengikuti training ALC :

– Anda jadi paham bagaimana cara menghadapi difficult people di dalam proses negosiasi.

– Anda akan mendapatkan solusi atau tips berupa check list best practice negosiasi yang terdiri dari dua bagian check list.

– Anda menjadi lebih paham mengenai dasar-dasar negosiasi

– Menjadikan Anda seorang negosiator yang efektif, kreatif dan unggul.

– Anda akan mendapat pembekalan berupa strategi penanganan konflik di dalam negosiasi.

– Anda jadi paham sumber-sumber kekuatan dalam melaksanakan proses negosiasi, dan alat untuk efektifitas proses negosiasi.

Materi

– Dasar-dasar negosiasi

– Sumber kekuatan negosiasi

– Hukum negosiasi

– Alat negosiasi

– Tahapan Negosiasi

Sutomo AsngadiPembicara :

Sutomo Asngadi. Logistic Customs Export Import and Trade Compliance Consultant/Executive Trainer.

Seorang profesional menangani perusahaan-perusahaan di berbagai bidang Industri Ekspor Impor Multi National Company (MNC). individual Consultant di Perusahaan Global asal USA. Expert di Procurement Management yang berpengalaman lebih dari 23 tahun pada level managerial di berbagai perusahaan multinasional.

Jadwal Training Online :
13 September 2021

(09.00-12.00 WIB)

Investasi : Rp. 500.000,-/peserta

Jadwal Training Online

4 Rahasia Melatih Creative Thinking
  • 19 Agt 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 13 Sept 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 16 Sept 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit : Crucial Function Untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends