Creative Thinking In Digital Era

Creative Thinking, apa saja sih rahasia melatihnya?

Pernahkah kita bertanya mengapa tidak semua orang bisa berpikir kreatif atau istilah kerennya creative thinking? Kita tahu bahwa menemukan ide baru bukanlah hal mudah. Skills ini tidak kita dapatkan di sekolah. Berita baiknya kita sangat bisa menguasainya. Tanpa peduli siapapun diri kita, apapun pendidikannya.

Berpikir kreatif membuka kesadaran kita akan pentingnya imajinasi. Juga merasakan dampak kekuatannya baik di pekerjaan maupun karir. Mau tahu rahasia sukses mengembangkan cara berpikir kreatif kita? Yuk intip rahasia nya berikut.

Ainy FauziyahPembicara :

Ainy Fauziyah

Motivator Leadership & Excutive Coach

Ainy Fauziyah, CEO ALC Leadership Management dan ALC Talent. Ahli mengubah mindset.
Motivator leadership #1 ini berbicara lebih dari 300 perusahaan multi nasional Indonesia Penerima 100 Perempuan Terinspirastif Indonesia 2011 oleh Majalah Kartini, SheCAN!Awards 2011 dari Tupperware Indonesia, Sekar Bangsa 2013 dari Yayasan Puteri Indonesia serta Indonesia Digital Women Award (INDI) 2013 dari PT. TELKOM.
Pembicara Pelita Hati di Metro TV (2015-2016), Lite FM (2014 – 2017), Smart FM & V Radio .
Penulis buku best seller Dahsyatnya Kemauan & Rahasia Menembus Kesulitan yang 100% royalty untuk program beasiswa sekolah anak-anak yatim dhuafa.

Apa Creative thinking itu?

Sebelum membahas rahasianya lebih dalam, mari kita sama-sama bahas “apa sih creative thinking itu?”. Berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu dengan cara baru. Yuk kita lihat kisah ilmuwan Isaac Newton. Ia menemukan hukum gravitasi saat duduk di bawah pohon ketika melihat apel jatuh.

Dari apel yang jatuh ia berpikir, “Mengapa apel itu jatuh ke bawah dari pohon nya? Mengapa tidak naik ke atas?”. Naah, Inilah contoh berpikir kreatif. Dari Isaac Newton kita belajar bahwa dengan berpikir kreatif dan berawal dari ide kecil tetapi justru berdampak besar pada dunia. Keren, ya.  Sekarang, mari kita beranjak ke sektor industry. Perusahaan menuntut para pekerja nya untuk tangkas, adaptif, dan inovatif. Berpikir kreatif lah jawabannya.

3 Manfaat berpikir kreatif

Pertama, menurunkan stress Anda. Berpikir kreatif dapat menurunkan kadar stress, kok bisa? Dikutip dari entrepreneur.com, studi baru-baru ini menunjukkan bahwa sebanyak 75% orang mengalami penurunan kadar hormon stress (kortisol) saat diminta untuk berpikir kreatif. Terbukti secara ilmiah kan manfaat dari berpikir kreatif ini?

Kedua, menjadi problem solver yang lebih baik. Di dunia ini tidak ada panduan dalam menyelesaikan semua masalah, bukan? Hambatan dan tantangan sepanjang hidup tidak bisa kita hindari. Namun, ketika kita menjadikan berpikir kreatif sebagai kebiasaan, kita menjadi sangat mudah dalam mengatasi nya. Mengapa begitu? Karena dengan creative thinking, kita terus mempelajari cara baru yang cerdas untuk memecahkan masalah.

Ketiga, menumbuhkan berbagai inovasi. Nah, ini bagian yang paling penting. Bahkan menurut hbr.org, dalam merancang sebuah strategi inovatif kita harus menggunakan sebuah tools yang dirancang untuk menumbuhkan kreativitas. Inovasi lahir dari orang-orang yang berpikir kreatif.

4 rahasia cara berpikir kreatif

Setelah kita melihat manfaat yang luar biasa dari berpikir kreatif ini, berikut 4 langkah untuk meningkatkan cara berpikir kreatif!

Pertama, the power of imagination atau bahasa mudahnya kekuatan imajinasi. Bermain dengan imajinasi, memangnya bisa? Nah, justru ini rahasia utamanya. Anda kenal Albert Einstein ilmuwan jenius ini bahkan percaya bahwa imajinasi bisa lebih kuat dibandingkan ilmu pengetahuan.

Kita tahu mengapa? ya karena ilmu pengetahuan itu sangat terbatas. Sementara imajinasi tidak ada batas nya. Kita bisa memanfaatkan imajinasi ini untuk mewujudkan apa yang kita inginkan dengan bebas. Keren, ya?

Kedua, knowing how to see. Tahu bagaimana cara melihat yang tidak terlihat. Maksudnya? Eits, bukan hal-hal supranatural ya. Knowing how to see yang dimaksud di sini mengembangkan kemampuan otak kita.

Karena otak kita ini lebih kuat dari gadget manapun loh. Knowing how to see adalah bagaimana kita melihat sesuatu tidak hanya dengan mata. Melainkan melalui pengamatan, intuisi, dan kemampuan kita untuk memahami dan menyimpan informasi. Mau banget, kan?

Ketiga, unlock your inner creativity. Semua orang bisa menjadi kreatif kok! Jika kita sering berpikir “ah, saya bukan orang yang kreatif” sebaiknya buang pikiran itu jauh-jauh. Mengapa? Karena sebenarnya berpikir kreatif adalah bagian alami dari cara kerja otak kita loh! Semua orang bisa menjadi kreatif dengan mengubah cara berpikir nya. ingat, berpikir kreatif tak harus berasal dari ide yang besar.

Keempat, spark your new ideas. Setelah kita menguasai 4 rahasia di atas, tahap yang paling berdampak adalah menemukan dan mengeksekusi ide baru. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengamati hal-hal unik yang terjadi di sekitar kita.

Setelah itu, biasakan diri ini untuk melakukan brainstorming.  Metode ini sangat umum untuk menemukan ide-ide baru berdasarkan spontanitas. Konsep dari brainstorming adalah melatih otak kita dalam menemukan ide dan menuangkannya di atas kertas. Jangan lupa record di dalam pikiran kita setiap ada ide baru muncul ya!

Emm, masih sulit juga menemukan ide? Cobalah untuk sleep on it. Tidurlah. Why? Terlalu keras memikirkan ide bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan mental kita. Tanpa kita sadari, solusi dan ide baru ini justru bisa muncul dari alam bawah sadar kita loh!

Eit, tunggu dulu. Ini tidak berarti kita tidur begitu saja ya. Siapkan kertas di samping kasur, tulis ide tersebut ketika kita bangun. Ini namanya metode linking sleep. Metode ini dipakai Otto Loewi dalam meningkatkan problem solving dan menemukan ide secara kreatif.

Nah, jika Anda mau melatih creative thinking skills khususnya di masa sulit sekarang ini, yuk gabung di training online creative thinking langsung bersama Ainy Fauziyah Leadership Coach & Motivator. Coach satu ini sangat ahli dalam membangkitkan kreativitas kita yang tertidur selama ini.

Yuk bangun Creative Thinking skills Anda bersama ALC Leadership Management.

Apa yang spesial dari kami?

– Bahasa yang sederhana

– Mudah dimengerti dan dipraktekkan baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

– Tools berpikir kreatif yang teruji sangat berguna untuk Anda

– Materi disampaikan oleh trainer yang luar biasa dan berkompeten.

– Modul / materi training berupa pdf.

5 Perubahan setelah mengikuti training ALC :

– Anda menjadi lebih paham cara mengembangkan kreatifitas anda yang tersembunyi

– Anda menjadi lebih mampu mengeksplorasi ide cemerlang dengan mudah.

– Cara kerja Anda menjadi lebih baik, lebih kreatif & lebih produktif.

– Semangat dan motivasi kerja Anda mejadi lebih on alias lebih tinggi dan bertahan lama meski program usai.

– Anda menjadi lebih cerdas dan bijak dalam mengatasi setiap permasalahan

Training online creative thinking

Dengan memikirkan yang tak terpikirkan dan mengucapkan yang tak terucapkan, Jiwa kreatif anda terbangkitkan. Begitu juga dengan ide-ide baru Anda yang semakin cemerlang. Mengubah cara pandang & mendorong  Anda bertindak nyata. Membangkitkan daya imajinasi, yang berdampak pada peningkatan performance Anda & team tercinta.

Training online publik discount 75%

Materi

The power of imagination
Knowing how to see
Unlock your inner creativity
Spark your new ideas

Schedule

Kamis, 11 Agt 2022

09.00 – 12.00 WIB

Duration

3 Jam

Online via

Zoom

Cost

Rp. 3.600.000,-

Discount 75% menjadi

Rp. 900.000,-

Contact

Aplikasi Pendaftaran

EnglishIndonesian