4 Alasan Mengapa Sebagai Pemimpin Anda Harus Rendah Hati

Pemimpin Rendah Hati

Menjadi pemimpin rendah hati, yuk kita miliki mulai sekarang!

Kerendahan hati seseorang menunjukkan kearifan hati dan pikirannya. Cara berpikirnya optimis, bukan pesimis. Seseorang yang rendah hati tidak memiliki kepicikan di hatinya. Apalagi keinginan untuk merendahkan orang lain. 

Sebaliknya, Dibalik kerendahan hati seseorang ada segudang impian yang ingin diwujudkannya. Impian yang bisa mengangkat harkat dan derajat hidup banyak orang. Orang yang rendah hati tidak memiliki waktu untuk sedih yang berkepanjangan. Apalagi membiarkan hati galau yang merugikan. 

Rendah hati adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin rendah hati adalah seorang pemimpin yang baik, ia tidak memiliki sifat sombong, dan tidak pernah merasa tinggi atas semua pencapaian yang telah di raihnya, justru ia merasa belum apa-apa dan masih menjadi seorang pembelajar.

Jangan pernah merasa tinggi hati atau sombong, karena sebenarnya yang kita lakukan belum seberapa dan tidak ada keuntungan yang bisa diambil dari ketinggian hati. Terkadang kita merasa terlena dengan apa yang kita miliki sampai tidak menyadari kalau ini semua hanyalah titipan semata.

Orang yang rendah hati selalu mengatasi masalahnya dengan fokus pada tujuan utamanya, yaitu niat baik dalam hidupnya. Itulah sebabnya orang yang rendah hati selalu memiliki energi dan semangat diri untuk selalu membuat hidupnya penuh arti. Baik untuk keluarga tercintanya, maupun banyak orang. 

Baca juga : Ternyata, Inilah Penyebab Panik

Alasan kenapa kita harus rendah hati

Jika kita ingin menjadi pemimpin rendah hati yang baik, kita harus menanamkan rasa rendah hati kepada diri kita, beberapa alasan kenapa kita harus rendah hati yaitu :

Pertama, ingatlah di atas langit masih ada langit.

Jangan beranggapan bahwa kita sudah mendapatkan banyak pencapaian dan pantas sombong atas suatu hal yang telah kita kerjakan. Karena masih banyak orang yang jauh lebih hebat dari kita, namun mereka tidak tinggi hati. Justru ketika seseorang semakin hebat, ia semakin tidak menunjukkan bahwa dirinya hebat. Karena kehebatan bukan dinilai oleh diri sendiri, tapi melalui orang lain. Jika kita menganggap bahwa diri kita sudah hebat, sebenarnya kita belum benar- benar hebat bahkan jauh dari kata hebat.

Kedua, kehidupan pasti berputar.

Kita semua tahu bahwa roda kehidupan pasti selalu berputar, tidak akan ada orang yang selamanya berada di atas dan tidak akan ada orang yang selamanya di bawah. Apakah kita tidak malu jika sekarang kita menyombongkan apa yang kita miliki, namun di kemudian hari semua yang kita miliki hilang begitu saja? Tentu sangat menyakitkan bukan?

Semua yang ada di dunia ini hanyalah titipan semata dan hanya bersifat sementara, kita dapat menjadi diri kita yang sekarang ini bukan karena hasil kerja keras kita sendiri saja, tetapi atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Ketiga, kekayaan bukanlah hal yang abadi.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, harta dan kekayaan yang kita miliki tidak akan ada jika tidak ada campur tangan Tuhan Yang Maha Esa, kekayaan yang sesungguhnya dapat kita nikmati dengan cara bersyukur dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Justru tidak perlu menjadi kaya terlebih dahulu untuk menjadi orang yang rendah hati, jangan terlalu fokus untuk mencari materi, karena kelak, semua yang kita miliki sekarang, di suatu hari nanti akan diambil kembali.

Keempat, adanya hubungan sebab-akibat.

Apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai. Yang artinya, apa yang kita kerjakan sekarang, itu juga yang nantinya akan kita dapatkan. Jika kita melakukan sesuatu yang baik, maka nantinya kita akan mendapat balasan yang baik pula dan berdampak baik dihidup kita, begitu juga sebaliknya.

Jangan merasa tinggi hati dengan apa yang kita punya sekarang ini, karena kita ada di posisi sekarang ini atas bantuan orang lain juga, dan kita bisa seperti sekarang ini karena apa yang telah kita kerjakan dahulu, dan semua ini adalah hubungan sebab-akibat.

Baca juga : Kebencian VS Kerendahan Hati

Inilah alasan mengapa kita harus rendah hati. Karena tidak ada manfaat yang dapat diambil jika kita tinggi hati. Mulailah belajar menjadi pribadi yang rendah hati dan berbuat baik kepada semua orang tanpa membeda–bedakan. Maka kelak, kita akan mendapatkan kebaikan yang lebih dari apa yang telah kita kerjakan.

Selamat menjadi pribadi yang rendah hati dengan terus mewujudkan berbagai impian tanpa henti.

Share With Your Friends