6 Interpersonal Skills yang Wajib Dikuasai Dalam Dunia Kerja

Interpersonal Skills

Daftar Isi

Memasuki dunia kerja tentunya akan merasakan perbedaan yang besar dibanding dengan bangku kuliah. Tidak jarang hal ini menyulitkan para pekerja fresh graduate untuk menyesuaikan diri, baik dalam pergaulan di kantor maupun mencapai target pekerjaan. Salah satu yang harus dikuasai dalam berkarir adalah interpersonal skill atau kemampuan interpersonal.

Untuk mengetahui interpersonal skill apa saja yang wajib dikuasai di dunia kerja bisa menyimak artikel kami ini. Ada banyak manfaat penerapan interpersonal skill untuk membantu karir Anda maupun di kehidupan sehari-hari.

Apa itu Interpersonal Skill?

Interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan komunikasi maupun interaksi dengan orang lain. Dalam dunia kerja atau bisnis, maka interpersonal skill bisa diartikan sebagai perilaku yang mendukung kita untuk bekerja sama dengan orang lain, baik itu atasan, rekan kerja, atau klien.

Menguasai interpersonal skill termasuk dalam soft skill yang akan melengkapi hard skill Anda di dunia kerja. Sama seperti hard skill, interpersonal skill juga perlu dilatih.

Baca juga : 

5 Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Para Pemimpin

Apa Saja Interpersonal Skills Yang Bermanfaat Di Dunia Kerja?

Manfaat interpersonal skill tidaklah sepele, terutama di dunia kerja. Seseorang yang memiliki keterampilan interpersonal yang baik cenderung mudah mendapat posisi lebih tinggi. Jika Anda seorang pebisnis maka semakin mudah memperoleh dan mempertahankan relasi.

Berikut macam-macam interpersonal skill yang harus kamu miliki untuk dapat mengembangkan karir :

6 Interpersonal Skills yang Wajib Dikuasai Dalam Dunia Kerja

1. Komunikasi yang Baik

Komunikasi merupakan faktor paling penting dalam menjalin hubungan di manapun, termasuk di dunia kerja. Komunikasi yang baik akan memudahkan dalam memahami tugas yang didelegasikan dan menjalin hubungan dengan rekan kerja. Tak hanya kecakapan berbicara untuk menyampaikan maksud, komunikasi juga meliputi kemampuan mendengarkan lawan bicara dan menggunakan gestur tubuh.

2. Leadership

Leadership menjadi salah satu interpersonal skill yang sangat berharga untuk menunjang karir. Orang yang memiliki kemampuan memimpin tim biasa disukai oleh perusahaan dan mendapat kesempatan lebih besar. Leadership skill di dalam diri terlihat dari kemampuan dalam menyatukan rekan kerja untuk bersama-sama mencapai tujuan.

3. Bersikap Tegas

Dapat bersikap tegas di dunia kerja menjadi salah satu interpersonal skill yang menguntungkan. Dengan menguasai kemampuan ini akan menghindarkan Anda dari kelelahan karena tidak mampu menolak permintaan dan dianggap plin plan. Berani bersikap tegas juga akan membuat Anda disegani dan dipandang profesional.

4. Problem Solving

Permasalahan akan selalu ada dalam keseharian sehingga penting memiliki kemampuan problem solving. Di dunia kerja, kemampuan ini bisa meningkatkan reputasi dan jadi pertanda Anda memiliki jiwa leadership. Mampu memecahkan masalah dengan kepala dingin dan pandangan yang luas akan membawa Anda ke jenjang lebih tinggi.

Laporan iCIMS menemukan bahwa kemampuan memecahkan masalah dianggap sebagai yang paling penting dari semua interpersonal skill. Sebanyak 62% perekrut mencari kandidat yang mahir dalam menemukan solusi.

5. Negosiasi

Kemampuan negosiasi sering diabaikan padahal manfaatnya banyak sekali. Untuk melakukan negosiasi dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi, kemampuan analisis, membuat strategi dan cara berkomunikasi yang baik. Sehingga jika Anda menguasai kemampuan menciptakan win-win solution dengan negosiasi dapat membuka lebih banyak peluang di dunia kerja.

Baca juga : 

6 Management Skills Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

6. Manajemen Emosi

Tekanan pekerjaan dan hubungan dengan rekan kerja sering kali memantik emosi di dunia kerja sehingga sangat perlu menguasai manajemen emosi. Saat bisa mengendalikan emosi maka Anda akan terhindar dari masalah yang tidak perlu terjadi sekaligus meningkatkan citra yang profesional.

Dapat memisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan juga salah satu ciri-ciri Anda memiliki skill manajemen emosi yang baik. Anda juga perlu meningkatkan manajemen emosi untuk karir yang lebih baik.

Kesimpulan

Interpersonal skill bukanlah bakat atau bawaan dari lahir namun diperoleh dari pengalaman dan melatihnya. Anda bisa melatih kemampuan interpersonal dengan memilih rangkaian training yang tersedia di ALC Leadership Management. Tidak hanya untuk pelatihan offline, tersedia layanan training online bersama ahlinya. Yuk kenalan dengan program leadership dan management training dari ALC di sini

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang