10 Hal Ini Membuat Leadership Development Program Anda Sukses

Leadership Development

Daftar Isi

Leadership development, sudahkah Anda mengenali 10 hal yang membuatnya sukses?

Apakah Anda merupakan seorang leader di dalam organisasi? Atau malah karyawan yang sedang dipersiapkan untuk menjadi seorang pemimpin di masa yang akan datang? Jika iya, maka Leadership Development Program dapat menjadi jawaban untuk membantu melancarkan pemahaman tersebut.

Sayangnya, seringkali pelatihan kepemimpinan yang dilakukan menjadi kurang efektif dan sulit diaplikasikan dalam kehidupan kerja sehari-hari.

Padahal jika Anda mau berkaca kembali pada penelitian yang dilakukan oleh Future Market Insights, organisasi global bahkan telah menghabiskan lebih dari $60 miliar untuk program training kepemimpinan (leadership development).

Uang yang diinvestasikan untuk pengembangan karyawan sebanyak itu demi pengembangan skill para pemimpin nyatanya tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini, Ibu Ainy Fauziyah selaku motivator wanita terbaik di Indonesia, certified professional coach dan leadership coach membeberkan 10 hal yang dapat mendukung dengan efektif keberhasilan leadership training kepada para pemimpin.

Namun sebelum itu, Anda wajib banget untuk mengetahui apa sebenarnya kegiatan leadership development itu dan tujuannya baik bagi individu yang menjalankan maupun perusahaan. Penasaran kan? Yuk tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasannya di artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan Leadership Development Program?

Leadership development merupakan rangkaian program pelatihan yang secara khusus materinya dirancang untuk para calon maupun pemimpin organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen sekaligus skill kepemimpinan yang dimilikinya.

Jadi, pemimpin yang telah melalui rangkaian program ini diharapkan memiliki kemampuan yang ideal untuk memimpin sebuah tim dan mampu memberikan banyak manfaat di masa depan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga : 

Leadership Development, 10 Manfaat Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Anda dan Team

Hal-Hal Pendukung Keberhasilan Leadership Development Program

Memang secara garis besar tujuan pelatihan kepemimpinan adalah untuk meningkatkan kompetensi para leader yang mengikuti rangkaian dari program training yang ada. Namun sama seperti program lainnya, tidak semua hal dapat berjalan dengan mulus dan berhasil menghadirkan pemimpin yang lebih kompeten.

Supaya biaya yang diinvestasikan oleh perusahaan tidak terbuang dengan sia-sia, Ainy Fauziyah selaku profesional coach leadership ini menyebutkan ada 10 hal yang dapat membantu Leadership Development Program menjadi lebih sukses.  Ini dia daftar lengkap yang perlu banget untuk Anda simak supaya tidak terlewat, yaitu:

Pertama, Fokus pada Perubahan Perilaku Kepemimpinan yang Dibutuhkan

Setiap organisasi tentunya memiliki tujuan dan target yang berbeda-beda sehingga kebutuhan juga kualitas pemimpin yang dibutuhkan juga tidak akan sama. Jelas banget kalau hal ini tentu akan memiliki kebutuhan materi kepemimpinan yang berbeda.

Saat leadership skill yang dilatih sangat spesifik, maka para peserta akan lebih mudah untuk fokus dengan segala materi yang dilatih. Bahkan dengan cara ini, Anda juga dapat menerapkan materi yang didapatkan ke dalam dunia nyata dengan lebih maksimal.

Kedua, Tentukan Budaya Kerja, Sikap dan Perilaku Mana Saja yang Harus Berubah

Sama seperti sebelumnya, sebelum benar-benar memutuskan untuk menginvestasikan banyak uang ke program peningkatan kemampuan leadership maka organisasi wajib untuk mendefinisikan terlebih dahulu masalah dan budaya kerja yang dimiliki.

Soalnya, budaya kerja setiap organisasi tentu akan berbeda satu dengan yang lainnya sehingga sikap dan perilaku yang harus diubah juga tentu tidak akan sama.

Cara paling mudah untuk mengadakan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, yaitu Anda dapat menyebarkan kuesioner mengenai apa saja pengembangan yang dibutuhkan oleh para karyawan.

Biar, program yang dijalankan tepat sasaran dan para pegawai dapat berkembang lebih jauh lagi. Oleh sebab itulah, penting banget untuk tiap perusahaan meminta pendapat karyawan dan mengevaluasinya sebelum mengadakan program pengembangan baru.

Ketiga, Berikan Leadership Development Program untuk Seluruh Karyawan, Bukan Kelompok Tertentu

Leadership adalah salah satu dari sifat kepemimpinan yang dibutuhkan oleh semua perusahaan. Namun, biarpun memiliki embel-embel “pemimpin”, rangkaian Leadership Development Program tidak hanya dirancang untuk para leader saja namun juga untuk karyawan secara keseluruhan.

Apalagi, setiap karyawan memiliki potensi sebagai seorang pemimpin tidak hanya dalam posisi struktural namun juga untuk dirinya sendiri supaya bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Selain itu, program ini juga diperuntukkan bagi seluruh karyawan mengingat ada banyak bibit pemimpin perusahaan dalam kelompok tersebut di masa yang akan datang.

Keempat, Desain Sebagai Proses Pembelajaran atau Learning Transfer

Cara lainnya untuk mendukung keberhasilan dalam pelatihan mengenal lebih jauh mengenai  arti leadership secara luas dalam program ini tentu harus dilakukan secara Learning Transfer.

FYI, learning transfer ini merupakan model pembelajaran yang paling disukai oleh salah satu orang paling kaya di dunia yaitu Elon Musk. Dimana, Anda hanya menerima materi yang telah disesuaikan dengan batas pemahaman yang dimiliki sehingga hanya perlu melanjutkannya dan tidak memulai dari awal lagi.

Selain itu, proses pembelajaran dengan cara seperti ini dalam leadership development program juga dapat memudahkan Anda untuk mempelajari satu konteks dan menerapkannya pada konteks lainnya khususnya dalam aplikasi di dunia nyata.

Dengan cara inilah, setiap karyawan dapat memahami dengan efektif apa sebenarnya materi yang sedang dipelajari.

Kelima, Dorong Perubahan Sikap dan Perilaku Secara Terus Menerus

Baik self control, empati, kecerdasan emosional, hingga kemampuan untuk melakukan kolaborasi tentu menjadi hal utama yang perlu dipelajari jauh diatas kebutuhan teknis.

Sebab soft skill dan attitude yang baik akan jauh lebih memiliki pengaruh dalam dunia kerja dibandingkan dengan seseorang yang menguasai teknis saja.

Apalagi, seiring berjalannya waktu, kemampuan teknis akan terus mengalami perubahan sedangkan soft skill dan attitude akan selalu kekal dan tak lekang oleh masa.

Keenam, Jadikan Leadership Development Program atau Program Kepemimpinan ini Sebagai Proses Pertumbuhan

Selain itu,  leadership skills juga hanya bisa meningkat saat seseorang berkomitmen untuk menjadikan rangkaian program tersebut sebagai titik balik dari proses pertumbuhan.

Selain itu, program ini juga dapat dipersiapkan untuk menjadi pengganti dari pemimpin yang masih aktif sebagai proyek jangka panjang. Jadi, tentunya tidak mengapa untuk proses perubahan ini terjadi perlahan selama perusahaan selalu menjadikan pengembangan kepemimpinan sebagai prioritas utama.

Biasanya sih, perusahaan yang baik akan memulai proses leadership development dalam 3 fase yaitu mengembangkan calon pemimpin, menciptakan kader barulah memperkuat keseluruhan sistem kepemimpinannya. Jadi, proses pertumbuhan dapat dilakukan dengan lebih jelas dan terstruktur.

Ketujuh, Budayakan Belajar Leadership Melalui Training / Kelas Online

Zaman sudah semakin maju dan berkembang sehingga sayang bagi banyak perusahaan untuk tidak memanfaatkannya dengan baik. Termasuk juga dengan menggunakan segala macam kemudahan yang ditawarkan dengan belajar melalui metode daring.

Apalagi, jenis-jenis kerja dalam bentuk WFA juga kian merajalela diadopsi oleh banyak organisasi sehingga memilih untuk belajar dengan training online tentu merupakan pilihan terbaik.

Jika Anda mau hitung-hitungan, leadership development jelas juga menjadi pilihan yang lebih efisien dan jauh lebih rendah biayanya. Soalnya, sistem ini ternyata dapat mempermudah pendidik untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan para peserta tetap dapat menghemat waktu mereka karena pelatihan dapat dilakukan dimanapun ia kehendaki.

Kedelapan, Dorong Setiap Karyawan Membangun Kebiasaan Baru dan Berkontribusi Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

Pengembangan karakter pemimpin yang baik hanya bisa dilakukan saat kegiatan tersebut diikuti dan didukung oleh semua karyawan dalam organisasi, bukan hanya dari keberhasilan satu leader saja.

Sebab dalam perusahaan, Anda akan menemukan sistem yang saling berhubungan dimana seseorang akan bekerja dengan baik dan produktif saat sekelilingnya melakukan hal yang serupa.

Selain itu, saat setiap karyawan memiliki semangat untuk membangun kebiasaan baru dan berkontribusi untuk menjadi pemimpin yang baik maka sikap “agile” atau kemampuan untuk beradaptasi dapat meningkat lebih jauh.

Jangan remehkan hal ini, karena segala tantangan, krisis dan perubahan yang dinamis dalam perusahaan dapat dihadapi oleh setiap karyawan.

Kesembilan, Buat System yang Mendorong Perubahan Di Setiap Departemen, Mulai dari Top Level

Pemimpin merupakan cerminan dan inspirasi bagi para karyawan yang berada di bawahnya. Jadi, sebuah perubahan dalam organisasi tentunya sejalan dengan kemampuan leadership yang dimiliki.

Apalagi, pemimpin memiliki power yang jauh lebih besar dalam sebuah lingkungan organisasi sehingga jika perubahan kebiasaan baik tersebut dimulai dari seorang pemimpin dalam tiap departemen.

Maka akan jauh lebih mudah juga bagi karyawan untuk melihat contoh nyatanya dan turut mempraktikkannya saat bekerja sekaligus kegiatan sehari-hari.

Baca juga :

Mengenal Manfaat Penting Management Development Program

Kesepuluh, Bangun Program Leadership Development sebagai Proses Belajar yang Menyenangkan, Mengubah Mindset dan Cara Kerja Karyawan

Dilansir dari Mckinsey, sebuah studi mengenai “Return on Leadership – Competencies that Generate Growth Return” yang dilakukan oleh Egon Zehnder menyatakan ada korelasi yang kuat antara kepemimpinan dengan kinerja yang tinggi dari perusahaan.

Kepemimpinan yang dapat diandalkan inilah yang bisa dilatih melalui rangkaian Program Leadership Development. Namun, agar keterampilan yang dipelajari dapat dengan efektif diaplikasikan dalam lingkungan kantor maka proses pelatihannya harus dibuat menyenangkan.

Saat seseorang belajar dengan suasana yang menyenangkan, maka materi akan jauh lebih muda untuk diterima. Jelas, hal ini akan sangat membantu secara efektif untuk mengubah mindset dan cara kerja karyawan untuk menjadi lebih lebih.

Pada saat yang sama, perubahan yang dilakukan oleh setiap karyawan inilah yang secara langsung dapat mendorong produktivitas dan kinerja menjadi semakin baik demi kemajuan perusahaan.

Kesimpulan

Nah, itulah 10 hal yang dapat membantu leadership development program yang dijalankan jadi lebih efektif dan berhasil menurut Ibu Ainy Fauziah. 10 hal ini penting untuk diketahui oleh setiap perusahaan sebab Anda tidak ingin uang yang diinvestasikan untuk pengembangan karyawan tersebut akan menjadi sia-sia bukan?

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang

Jadwal Training Publik Online 2023

Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom