Coaching and Mentoring, Ketahui 5 Manfaatnya Untuk Anda Dan Team!

Coaching and Mentoring

Coaching and mentoring, yuk ketahui 5 manfaatnya untuk Anda dan team!

Coaching and mentoring adalah sebuah teknik/ metode pengembangan skills, keterampilan dan knowledge untuk dapat meningkatkan prestasi dan produktivitas dalam bekerja.

Sebagai atasan atau pemimpin skill coaching dan mentoring perlu Anda miliki. Jika Anda mampu menerapkan coaching serta mentoring dengan baik, maka Anda dapat membantu mengembangkan potensi dan kekuatan dalam diri setiap anggota team Anda.

Training ini sangat bermanfaat untuk Anda dan team loh. Sudah tahu manfaatnya belum? Jika belum, yuk simak 5 manfaat dari coaching dan mentoring untuk Anda team!

5 Manfaat dari Coaching and Mentoring Untuk Anda dan Team

Pertama, merupakan sebuah tools untuk bisa mengembangkan keahlian dan kemampuan Anda dan team baik secara knowledge, hard skills, dan soft skills Anda dan team.

Kedua, melalui training ini Anda lebih mudah untuk menyampaikan pengetahuan baru kepada anggota tim.

Dengan menyampaikan pengetahuan baru memberikan dampak positif kepada team Anda yaitu anggota team Anda semakin bisa mengembangkan skills dan meningkatkan rasa profesional dalam diri anggota team Anda.

Ketiga, dengan coaching and mentoring yang baik Anda dan team dapat merasakan peningkatan kinerja, keterampilan, semakin memiliki mindset dan kemampuan analistis yang baik dan efektif.

Keempat, mengasah kemampuan berkomunikasi Anda sebagai atasan menjadi lebih baik. Dengan pelatihan ini Anda semakin melatih kemampuan Anda untuk dapat menciptakan komunikasi yang efektif.

Dan Anda juga lebih mampu untuk menjadi pendengar dan mentor yang baik untuk bisa memberikan pelatihan dan juga memberikan solusi untuk permasalahan pekerjaan yang anggota team Anda hadapi.

Baca juga : Training Coaching, Berikut 4 Manfaat Utama Bagi Perusahaan

Kelima, ketika Anda melakukan coaching dan mentoring untuk team hal ini memberikan dampak positif dan kuat pada anggota team Anda. Sehingga skills serta produktivitas Anda dan team semakin meningkat.

Sesuai dengan penelitian yang telah Ramesh Neupane lakukan mengenai efek dari pelatihan ini. Penelitian ini mengambil sample 172 manajer dan supervisor industri Hotel di Inggris, dimana manager dan supervisor ini  berperan sebagai pelatih atau mentori. Hasil penelitiannya adalah :

Pertama, menunjukkan bahwa ada tingkat preferensi karyawan yang tinggi terhadap pembinaan dan pendampingan di hotel-hotel Inggris.

Kedua, penelitian ini menunjukkan bahwa coaching dan mentoring berkorelasi positif dengan kinerja karyawan dan kedua faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Sekarang sudah tahu kan 5 manfaat yang bisa Anda dan team dapatkan melalui coaching and mentoring. Nah, sekarang yuk kita ketahui lebih detail apa itu coaching dan mentoring.

Apa itu Coaching dan Mentoring?

Pengertian coaching and metoring adalah metode atau teknik pengembangan kemampuan, keterampilan serta pengetahuan untuk meningkatkan prestasi dan produktivitas dalam bekerja.

Melalui coaching dan mentoring mampu meningkatkan potensi yang ada dalam diri Anda dan juga anggota team secara maksimal sehingga Anda bisa menempatkan anggota team Anda sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Wah, sekarang sudah tahu kan mengenai pengertian coaching and mentoring. Anda semakin cerdas deh. Sekarang yuk kita ketahui perbedaan coaching mentoring. Lanjut baca lagi ah!

Apa Perbedaan Coaching dan Mentoring?

Perbedaan coaching dan mentoring adalah terbagi menjadi tiga hal, yaitu arti, sistem dan tujuannya. Yuk simak detailnya agar Anda semakin mengetahui perbedaan antara coaching dengan mentoring.

Pertama, arti coaching dan mentoring

Coaching adalah bimbingan atau pelatihan yang biasanya perusahaan berikan untuk meningkatkan keterampilan Anda. Sehingga Anda mampu menjadi SDM yang unggul dapat memahami tuntutan pekerjaan dan mampu mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan mentoring adalah sebuah metode untuk melakukan pendampingan. Pendampingan ini bisa Anda lakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pengembangan skill untuk anggota team Anda yang Anda anggap belum memiliki kemampuan yang mumpuni.

Baca juga : Kenali 4 Fungsi Coaching And Counseling Untuk Karyawan Perusahaan

Kedua, sistem coaching and mentoring

Coaching lebih menekankan hasil dari pada pendampingan. Sistemnya adalah berfokus pada masalah tertentu. Misalnya anggota team Anda kurang dalam hal manajer skill, maka Anda bisa memberikan coaching untuk anggota Anda tersebut.

Sedangkan mentoring Anda bertindak sebagai mentor. Dimana Anda harus memberikan pendekatan yang baik untuk anggota team Anda, dengan cara memberikan dukungan dan pendampingan sampai anggota team Anda mampu mengatasi kesulitannya dalam hal pekerjaan.

Ketiga, tujuan diadakannya coahing dan mentoring.

Coaching yaitu bertujuan untuk membuka potensi dan memaksimalkan performa mereka. Tujuan utamanya bukan untuk mengajar kita, melainkan membantu kita dalam mempelajari potensi dan memaksimalkannya.

Tujuan coaching adalah untuk mengetahui dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri Anda dan team. Sedangkan mentoring bertujuan untuk menjadikan Anda dan team menjadi versi terbaik, sehingga Anda & anggota team mampu meningkatkan performa dalam hal kinerja serta karir.

Pembahasan kita semakin asyik ya. Sekarang sudah tahu kan perbedaan coaching dan mentoring? Untuk semakin menambah pengetahuan Anda, yuk kita simak penjelasan dari pertanyaan “kapan perusahaan harus melakukan mentoring/  coaching”.

Kapan Perusahaan Harus Melakukan Mentoring atau Coaching?

Waktu yang pas untuk perusahaan melakukan coaching dan mentoring adalah pada saat Anda ataupun pihak manajemen sumber daya manusia (HRD) menyadari adanya potensi karyawan/ team yang harus memperbaiki potensi mereka untuk bisa jauh lebih produktif dalam bekerja.

Dibutuhkan kerjasama antara Anda sebagai leader team/ kepala divisi dengan pihak manajemen HRD untuk bisa memberikan coaching atau mentoring yang baik agar dapat meningkatkan kemampuan, skill dan sikap anggota team Anda.

Setelah membaca artikel mengenai 5 manfaat coaching and mentoring, Anda semakin mengetahui detailnya mengenai coaching mentoringkan?

Lalu sudahkah Anda mengikuti program coaching and mentoring dengan tepat? Jika belum, tenang saja Anda ada solusinya loh. Program Coaching and Mentoring ALC. Yuk kenali program pelatihan ini lebih detail.

Yuk Kenali Program Coaching and Mentoring ALC

Program coaching dan mentoring ALC adalah sebuah pelatihan untuk menjadikan Anda atasan yang handal dalam memberikan coaching dan mentoring untuk team.

Baca juga : Coaching and Counseling

Melalui program pelatihan bersama ALC ini Anda dapat merasakan dampak dan perubahan yaitu meningkatnya skills dan teknik Anda dalam memberikan coaching and mentoring semakin meningkat.

Apa saja Materi Program Coaching and Mentoring ALC?

Berikut 4 poin utama yang Anda pelajari dalam program coaching and mentoring ALC :

Pertama, beda coaching vs mentoring serta dampaknya di pekerjaan.

Kedua, cara coaching team dengan TKOAF model.

Ketiga, praktik Coaching dengan TKOAF model terkait dengan pekerjaan.

Keempat, cara apik menegur dan mengapresiasi team.

Apa saja Manfaat dari Coaching and Mentoring ALC?

Berikut 4 manfaat setelah Anda mengikuti training coaching dan mentoring ALC diantaranya :

Pertama, rasa percaya diri Anda lebih meningkat.

Kedua, Anda semakin handal dalam memberikan motivasi dan mengetahui cara yang baik dalam menegur serta mengapresiasi.

Ketiga, menjadikan Anda coaching leader dan mentor yang baik plus suportif untuk team.

Keempat, teknik dan skill coaching dan mentoring Anda semakin meningkat jauh lebih baik.

Untuk detailnya Anda bisa simak di artikel topik training Coaching and Mentoring ya.

Butuh Program Training Coaching and Mentoring ALC ? Hubungi team ALC di 087779199555

2 Comments

  • Deswita

    Saya sebagai alumni training ALC semakin mengetahui cara memberikan coaching and mentoring untuk karyawan saya. ALC awesome! Artikelnya juga inspiratif

    • ALC Leadership

      Terimakasih Ibu Deswita sudah menjadi bagian dari keluarga ALC Leadership Management, jangan lupa kunjungi artikel inspiratif lainnya ya Bu. Salam sukses selalu Ibu Deswita

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp