fbpx

3 Manfaat Coaching And Mentoring Untuk Kesuksesan Perusahaan

Coaching and Mentoring

Coaching and mentoring, apa saja sih manfaatnya untuk kinerja perusahaan?

Perubahan situasi yang terjadi dalam perusahaan menuntut manajer dan supervisior memiliki skill coaching dan mentoring yang baik sehingga dapat membantu setiap anggota timnya untuk berkembang, menemukan potensi baru, dan memaksimalkan potensi yang ada.

Pelatihan coaching dan mentoring snagat dibutuhkan sebuah perusahaan, karena semua hal akan tersentuh oleh pelatihan ini, mulai dari pekerjaan, perilaku, hingga leadership skill. Coaching dan mentoring bisa diaplikasikan ketika manajamen menyadari adanya karyawan atau anggota tim yang harus memperbaiki potensi, sehingga menghasilkan karyawan yang lebih produktif dan bisa bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.

Perbedaan Coaching dan Mentoring.

Sebelum kita berbicara mengenai 3 manfaat coaching dan mentoring, kita pahami bersama dulu yuk apa arti dari coaching and mentoring.

Pertama, arti coaching dan mentoring. Coaching adalah kemitraan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kinerja. Mitra yang telah berpengalaman ini akan memberikan panduan yang membantu kita dalam tercapainya tujuan kita melalui proses kreatif untuk membangkitkan pemikiran dan memaksimalkan potesi yang dimilki.

Coaching adalah bimbingan atau pelatihan yang diberikan perusahaan kepada para karyawan agar keterampilan kerja meningkat dengan tujuan agar para karyawan semakin memahami tuntutan pekerjaan yang berdampak pada tujuan pribadi atau tujuan professional perusahaan.

Mentoring adalah seseorang yang membagikan pengalaman maupun pengetahuannya untuk mendukung dan mendorong kita mengelola pembelajaran kita sendiri. Agar dapat memaksimalkan potensi kita, mengembangkan keterampilan, dan meningkatkan kinerja.

Mentoring adalah sistem pelatihan karyawan dimana seorang senior atau seseorang yang lebih berpengalaman (mentor) ditugaskan untuk bertindak sebagai penasehat, konselor, atau panduan untuk junior atau peserta pelatihan. Mentor bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan umpan balik, individu dalam tanggung jawabnya.

Coaching dan mentoring adalah praktik yang memberikan dorongan untuk menjadikan nilai diri yang lebih besar, keterampilan dalam memcahkan masalah, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam mengelola tantangan, terutama dalam situasi yang sulit.

Kedua, tujuan diadakannya coaching dan mentoring. Coaching yaitu bertujuan untuk membuka potensi dan memaksimalkan performa mereka. Tujuan utamanya bukan untuk mengajar kita, melainkan membantu kita dalam mempelajari potensi dan memaksimalkannya.

Dalam proses coaching, seorang coach hanya akan bertanya kepada klien tanpa memberikan saran, sehingga semua ide dan pemikiran berasal dari klien. Coach hanya membantu kilen untuk berpikir, menemukan ide dan menstrukturkan pemikiran mereka. Setelah itu coach akan memastikan klien melakukan apa yang telah dia pikirkan dan katakan.

Mentoring yaitu membantu kita menjadi diri yang lebih unggul dalam berkarier, menjadikan kita versi terbaik kita sendiri. Mentoring akan membantu kita dalam pengembangan diri dan karir  dengan memberikan tips dan saran, sehingga dapat mempercepat proses belajar dan menghindari dari kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi. Fokusnya tidak harus pada tujuan spesifik yang ingin dicapai tetapi lebih ke relasi antara kita dan mentor.

Dalam proses mentoring, mentor lebih banyak berbicara memaparkan pengalamannya dan memberikan saran. Sedangkan coaching lebih ke mengajukan pertanyaan dan memberi orang yang mereka bimbing ruang untuk berefleksi dan melakukan apa yang telah dibicarakan.

Manfaat coaching dan mentoring adalah karyawan akan merasakan peningkatan kinerja, keterampilan, pemikiran strategis dan analitis sehingga berdampak pada efektivitas dan kompetensi kerja serta dapat membangkitkan motivasi dalam menyelesaikan tugasnya.

Hal ini juga sangat bermanfaat bagi perusahaan karena ketika perusahaan mengadakan pelatihan dan pengembangan sdm  melalui coaching & mentoring atau coaching & counseling, hal tersebut akan mengirimkan pesan positif yang kuat kepada karyawan bahwa perusahaan peduli. Hasilnya adalah orang-orang akan bertahan lebih lama dan loyal pada perusahaan.

Ketiga, kualifikasi dari coaching dan mentoring. Coaching harus memiliki kualifikasi tertentu, seperti sertifikasi dan sebagainya untuk membuktikan kualitasnya.

Mentoring tidak membutuhkan kualifikasi tertentu, yang berarti memungkinkan bagi seseorang untuk menjadi seorang mentor dalam waktu cepat.

Di dalam suatu perusahaan, kerja sama tim sangatlah penting untuk memajukan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Dengan adanya coaching and mentoring, maka hal ini bisa membantu setiap anggota di tim tersebut atau karyawan semakin memaksimalkan potensinya. Bahkan dengan adanya coaching dan mentoring, ada banyak aspek yang bisa tercapai, seperti pekerjaan di perusahaan, perilaku para karyawan, hingga sistem kepemimpinan.

Memiliki mentor dan coach dalam hidup adalah sesuatu yang dapat membuat kita fokus dengan cara yang berbeda. Seorang coach menolong seseorang untuk meningkatkan skillnya. Bila tertarik untuk mengetahui coaching seperti apa yang strategis, ALC Leadership Management memliki tema leadership yang cocok untuk topik ini Strategic Coaching. Sehingga menjadikan Anda pemimpin yang strategis dalam mengembangkan team Anda.

Sama halnya seperti pelatih karate yang mengajari atletnya untuk menguatkan kuda-kudanya. Coach yang menasihati kita sudah pasti terpercaya dan merupakan role model yang sudah melewati banyak hal.

Lain halnya dengan mentor. Seorang mentor memiliki tujuan yang lebih tinggi untuk orang yang dia bimbing. Mentor tidak hanya ingin agar karyawan tersebut menjadi lebih baik dalam pekerjaannya, dia juga membantu karyawan tersebut naik pangkat di perusahaan.

Seorang mentor dapat memberikan panduan untuk membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik, mempelajari keterampilan baru, mengembangkan kepercayaan diri, dan membuat keputusan yang kreatif dalam pengembangan karir yang lebih baik. Mentor sendiri harus terus memperluas sudut pandang dalam mendalami dalam membangun budaya dan karakter,  memperdalam keterampilan, kemampuan komunikasi, serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

Baca juga : Training Coaching, Berikut 4 Manfaat Utama Bagi Perusahaan

Waktu Yang Tepat Untuk Menerapkan Coaching Dan Mentoring

Perusahaan yang hebat menggabungkan coaching dan mentoring untuk pengembangan sdm sehingga dapat menjadi tim yang solid. Dua program ini memberi kesempatan karyawannya untuk sukses dalam mendaki karir yang lebih tinggi. Di samping itu juga membantu perusahaan merekrut talenta-talenta terbaik dan mempertahankannya dalam jangka panjang.

ALC Leadership management menghadirkan tema leadership Coaching And Mentoring. Membantu Anda mengetahui cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team Anda.

Suatu perusahaan akan mulai menyadari bahwa management development program seperti penerapan coaching dan mentoring sangatlah penting. Program ini arus segera diberikan saat menyadari karyawannya harus memperbaiki cara kerjanya. Dengan memperbaiki potensi, maka tim dan karyawan bisa bekerja lebih produktif dan mencapai hasil yang semakin baik.

Jika kita mengetahui bahwa terdapat karyawan mengalami masalah dalam pekerjaannya, maka peran coaching dan mentoring inilah yang bisa membantu beranjak dari masalah. Dengan melibatkan seorang coach dan mentor yang profesional, maka akan semakin mudah untuk mengetahui segala permasalahan karyawan dan juga memiliki solusi yang tepat mengeluarkan karyawan dari masalahnya tersebut.  

Mentoring/ Coaching membantu membangun perubahan positif dan konkret pada karyawannya. Mengapa? karena mentor dan coach mampu dan mentransfer ilmu lebih efektif jika dibandingkan dengan belajar mandiri.

Apakah Penting Melakukan Pelatihan Coaching dan Mentoring?

Pelatihan coaching dan mentoring sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena dari pelatihan coaching dan mentoring inilah membentuk leader yang memiliki leadership skill. Pelatihan ini juga menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri kepada karyawan, sehingga kreativitas karyawanpun akan bertambah.

Dari pelatihan coaching dan mentoring ini manajer akan mudah menemukan potensi yang ada di karyawannya, sehingga memudahkan penempatan karyawan sesuai dengan potensinya.

Manfaat Melakukan Coaching Dan Mentoring

Ketika perusahaan menyadari akan pentingnya pemberian coaching and mentoring pada setiap karyawannya, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Percayakah Anda bahwa dari seorang mentor dan coach-lah, perusahaan dapat mempercepat kesuksesannya?

Dengan coaching dan mentoring, maka akan ada manfaat yang didapat setelah dilakukannya pembinaan serta pendampingan di beberapa bidang. Apa saja manfaat itu?

3 Manfaat Coaching and Mentoring

Pertama, kita memfasilitasi karyawan dalam mengeksplor semua kebutuhannya, memberikan mereka motivasi, keinginan, skills, dan proses berpikir. Serta meningkatkan berkomitmen untuk bertindak dan mengembangkan perubahan jangka panjang. Jika program ini dilakukan secara rutin, dapat juga meningkatkan kompetensi dan mengembangkan skills baru yang lebih spesifik dengan memaksimalkan potensi yang kita milki.

Hasil survei dari instituteofcoaching.org, afiliasi dari harvard medical school menyatakan bahwa pribadi yang mengikuti coaching dan yang mengikuti training biasa menunjukan perbedaan. Orang yang telah mengikuti coaching memiliki tingkat stress yang lebih rendah dan sering mendapat promosi jabatan.

Kedua, meningkatkan kepuasan kerja, meningkatnya keterampilan setiap karyawan, pemikiran yang lebih strategis dan keterampilan analitis. Bahkan ada juga keuntungan yang diperoleh untuk mengembangkan profesionalisme dan nilai diri. Perlu diingat, meskipun perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk melakukan coaching dan mentoring, namun hasilnya pasti sebanding bahkan lebih dari yang perusahaan harapkan.

Karena dengan melakukan pembinaan pada karyawan, maka kinerja para karyawan nantinya akan tersalurkan. Dengan begitu, pemberian coaching and mentoring oleh perusahaan mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan itu sendiri. Bahkan bisa membawa perusahaan menuju kesuksesan dengan tim yang berkinerja tinggi.

Baca juga : Kenali 3 Metode Dan Manfaat Pelatihan Sumber Daya Manusia

Ketiga, mengasah kemampuan berkomunikasi kita. Mentor dan coach kita mungkin ada yg berasal dari latar belakang dan lingkungan yang berbeda. Antara kita dan mereka mungkin tidak berkomunikasi dengan cara yang sama. Mau tidak mau kita harus menemukan cara berkomunikasi lebih efektif saat menjalani coaching ataupun mentoring. Sehingga kemampuan komunikasi efektif sangat diperlukan agar tujuan dari pelatihan dapat tercapai.

Tidak hanya berkomunikasi, kita pasti mendapatkan banyak perspektif baru dari mentor maupun coach kita. Kita akan menemukan banyak hal dan cara berpikir baru. Pengetahuan ini juga bisa mempercepat jenjang karier kita.

Nah, Setelah menyimak 3 manfaat Coaching & Mentoring di atas, Sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership management menghadirkan tema leadership Coaching And Mentoring. Membantu Anda mengetahui cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team Anda. ALC menggunakan metode pendekatan yang berbeda.

Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program Coaching and Mentoring yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Mentoring, Coaching & Counseling, Strategic Coaching, dsb.

Tingkatkan keahlian Coaching & Mentoring Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi menjadikan Anda pemimpin yang strategis dalam  mengembangkan team sekaligus efektif dalam membangun komunikasi melalui Strategic Coaching

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team. melalui Coaching & Mentoring

– Pelajari bagaimana cara menjadi atasan, coach & conselor yang baik serta supportif pada team. Meningkatkan teknik coaching & counseling skills Anda melalui Coaching & Counseling

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No.19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends