12 Kompetensi Soft Skill Wajib Anda Miliki Untuk Jadi Pemimpin Berkompeten

Kompetensi soft skill

Kompetensi Soft Skill Ini Wajib Anda Miliki Untuk Jadi Pemimpin Berkompeten. Yuk Simak Detailnya!

Bagaimana sih caranya menjadi pemimpin yang berkompeten? Hal apa saja yang harus Anda miliki sebagai pemimpin? Jawabannya adalah memiliki kompetensi hard skills dan kompetensi soft skill dilengkapi dengan knowledge.

Knowledge dan kompetensi hard skills yang baik, tidak cukup untuk bisa menjadi pemimpin yang berkompeten. Anda juga harus memilki kompetensi soft skill yang mumpuni.

Kompetensi soft skill adalah adalah kemampuan Anda untuk terampil di bidang soft skills. Misalnya keterampilan berkomunikasi, kecerdasan emosi, menjalin hubungan atau interaksi sosial dan sebagainya.

Perusahaan dan team kerja membutuhkan seorang pemimpin kompeten. Dengan kemampuan soft skills yang mumpuni Anda mampu menjadi pemimpin yang berkompeten. Plus membawa dampak positif, yaitu kesuksesan untuk tim juga perusahaan.

Jika Anda bertanya berapa kompetensi soft skill yang harus Anda miliki untuk menjadi pemimpin berkompeten? Jawabannya ada 12 kompetensi soft skills. Eits, tapi sebelum kita membahasnya jauh lebih detail, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa sih kompetensi soft skills itu.

Apa Itu Kompetensi Soft Skill?

Kompetensi soft skill adalah kemampuan Anda untuk terampil di bidang soft skills. Misalnya keterampilan berkomunikasi, kecerdasan emosi, menjalin hubungan atau interaksi sosial dan sebagainya.

Kompetensi skills ini harus Anda miliki untuk bisa menjadi penunjang hard skills Anda agar mampu menjadi pemimpin yang berkompeten. Kompetensi soft skill ini sangat penting loh, karena untuk bisa menjadi pemimpin berkompeten, Anda tidak cukup hanya memiliki hard skill dan knowledge saja.

Nah, sekarang sudah lebih mengetahui pengertian kompetensi soft skill kan? Sekarang yuk sama-sama kita ketahui apa sih arti dari pemimpin yang berkompeten? Simak sampai habis ya.

Apa Itu Pemimpin Yang Berkompeten?

Secara sederhana kompeten memiliki arti sebagai kemampuan. Seorang dinilai kompeten, apabila orang tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menangani serta melakukan sesuatu.

Perkembangan zaman yang menyebabkan perubahan, menuntut seseorang harus mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan juga keterampilan. Hal ini juga berlaku untuk seorang pemimpin perusahaan.

Seorang pemimpin yang dikatakan ahli, adalah pemimpin yang mampu bekerja secara efektif, efisien, memiliki produktifitas kinerja yang bagus, mampu mempengaruhi anggota timnya, dan memiliki kompetensi dalam hal leadership.

Baca juga : Asesmen 12 Kompetensi Kepemimpinan

Lalu seperti apa sih pemimpin yang berkompeten itu?

Pemimpin yang berkompeten adalah pemimpin yang mampu melakukan perubahan menjadi jauh lebih baik. Mampu membawa perubahan kondisi, dari kondisi yang kurang baik berubah menjadi lebih baik.

Pemimpin kompeten itu mampu menyelesaikan sebuah permasalahan. Membangun sistem kerja yang beraturan serta memudahkan banyak orang. Nah pemimpin berkompeten ini memiliki kemampuan hard skill dan soft skill. Ia suka memudahkan pekerjaan dan membina tim kerjanya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Wah, pembahasan kita semakin menarik nih. Oh iya, setelah mengetahui arti pemimpin yang berkompeten sudahkah Anda mengetahui mengapa sebagai pemimpin Anda harus berkompeten? Yuk simak jawabannya, jangan sampai ada yang terlewatkan ya.

Mengapa Sebagai Pemimpin Harus Berkompeten?

Menurut Anda, mengapa sebagai pemimpin itu harus kompeten?  Jawabannya adalah supaya Anda mampu meningkatkan kinerja & produktivitas team sekaligus membawa perusahaan mencapai tujuan.

Nah, setelah mengetahui jawaban mengapa Anda harus menjadi pemimpin yang berkompeten, ada 12 kompetensi soft skills yang wajib Anda miliki.

Penasaran kan apa saja 12 soft skills itu? Yuk ah sama-sama kita kenali 12 kompetensi soft skill yang wajib Anda miliki untuk menjadi pemimpin berkompeten. Baca sampai selesai ya.

Mengenal 12 Kompetensi Soft Skill yang Wajib Anda Miliki untuk Menjadi Pemimpin Berkompeten

Menurut motivator leadership Ainy Fauziyah, seorang pemimpin yang berkompeten harus memiliki 12 soft skills. Adapun 12 kompetensi soft skill yang wajib Anda miliki untuk menjadi pemimpin berkompeten, sebagai berikut :

Pertama, emotional intelligence.

Kedua, communication skill.

Ketiga, delegation.

Keempat, motivating others.

Kelima, problem solving.

Keenam, supervising others. 

Ketujuh, manage performance.

Kedelapan, coaching, mentoring, counseling.

Kesembilan, building high performance teams.

Kesepuluh, lead & influence

Kesebelas, conflict resolution.

Keduabelas, strategic leader.

 

Nah, jika Anda ingin tahu lebih detail tentang 12 kompetensi soft skill ini, bisa Anda simak disini.

Baca juga : Leadership Fundamental (1) – 6 Dasar Kepemimpinan Ini Wajib Anda Miliki

Setelah sama-sama kita ketahui 12 kompetensi soft skills. Sudah tahu belum apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadi pemimpin yang berkompeten? Yuk ah baca lagi.

4 Hal Wajib yang Anda Lakukan Untuk Menjadi Pemimpin Berkompeten

Adapun 4 hal yang wajib Anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang berkompeten, diantaranya :

Pertama, bangun rasa percaya dengan tim. Seorang pemimpin yang baik harus mampu membangun rasa kepercayaan dengan tim kerja yang Anda pimpin. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan membangun rasa kepercayaan dengan tim merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berkompeten.

Dengan rasa kepercayaan yang Anda berikan kepada tim, maka akan membuat anggota tim menjadi merasa nyaman sehingga para staff pekerja/ karyawan yang Anda pimpin mampu bekerja dengan baik.

Kedua, jalin kerja sama yang baik dengan tim. Jika ingin menjadi seorang pemimpin yang berkompeten, Anda harus mau bekerja sama dan membangun tim Anda dengan baik, bukan hanya mempekerjakan anggota tim.

Tidak perlu malu untuk memberikan support serta turun tangan secara langsung ketika tim Anda menghadapi kesulitan. Cobalah untuk membantu tim kerja Anda dengan memberikan contoh dan juga bimbingan dengan baik dan benar.

Baca juga : Leadership Fundamental (2) – Miliki 12 Kompetensi Leadership Berikut Ini

Ketiga, membantu tim untuk tumbuh dan berkembang. Sebagai pemimpin yang berkompeten, pemimpin yang baik harus mau membantu timnya untuk tumbuh dan berkembang serta memaksimalkan potensi yang team Anda miliki.

Anda bisa membimbing anggota tim dalam bekerja dan berproses sehingga mampu menjadi sumber daya manusia yang lebih baik dalam hal kinerja dan kemampuan.

Keempat, mengikuti training kepemimpinan untuk menumbuhkan leadership skills Anda. Dengan mengikuti training kepemimpinan dari vendor training terbaik ataupun motivator leadership terbaik maka kemampuan dan kompetensi leadership Anda semakin jauh lebih baik.

Nah, setelah menyimak artikel 12 kompetensi soft skill wajib Anda miliki untuk jadi pemimpin berkompeten, sudahkah Anda mengetahui kompetensi apa saja yang sudah ada dalam diri Anda?

Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti tes 12 kompetensi soft skill bersama ALC. Dengan tes 12 kompetensi soft skill Anda semakin mengenali potensi dan kelebihan dalam diri Anda, sehingga Anda mampu untuk memaksimalkan dan memperbaiki kekurangan Anda.

ALC adalah pusat training leadership management Indonesia yang sudah dipercaya lebih berbagai perusahaan multinasional di Indonesia.  Memiliki tes online tools 12 kompetensi soft skill pemimpin berkompeten satu-satunya di Indonesia yang dampaknya sangat berguna untuk Anda sebagai pemimpin.

Yuk tingkatkan 12 kompetensi soft Anda bersama ALC!

Butuh test 12 Kompetensi Soft Skill? Hubungi team ALC di 087779199555

Tinggalkan Balasan

EnglishIndonesian