Assertive Leadership for Manager

Assertive Leadership

Assertive Leadership For Manager, Menjadi Pemimpin Tegas Dan Rendah Hati

Menjadi seorang pemimpin yang tegas merupakan suatu kewajiban. Pemimpin yang baik adalah pemimpin tegas, namun adil. Inilah yang dinamakan assertive leadership. Sebelum bicara lebih jauh, apa sih arti assertive leadership itu?

Apa Arti Assertive Leadership bagi Manager?

Assertive leadership atau bahasa mudahnya kepemimpinan asertif adalah salah satu managerial skills yang wajib dikuasai semua pemimpin. Dalam memimpin, manager wajib berkomunikasi secara transparan, lugas dan tegas tetapi tetap menghargai perasaan dan pendapat orang lain.

Gaya kepemimpinan asertif merupakan “senjata rahasia” bagi seorang manager. Apa maksudnya? dan mengapa sih, assertive leadership begitu penting? Yuk simak lebih lanjut!

Mengapa Assertive Leadership Begitu Penting Bagi Manager?

ALC merangkum 7 hal mengapa menjadi assertive manager penting, dari berbagai sumber, seperti indeed.com, leaders.com, Harvard Business Review dan masih banyak lagi. Berikut 7 alasannya.

Pertama, membantu manager untuk meresolusi/ menangani konflik.

Tim Anda akan merasa nyaman dalam mengemukakan pendapat mereka dan mudah dalam mengatasi masalah dengan orang lain.

Kedua, menciptakan lingkungan kerja serba transparan.

Memimpin dengan asertif juga membangun budaya tim yang transparan. Di mana tiap anggota tim menyampaikan kebutuhan dan harapan mereka dengan percaya diri, jujur, dan transparan tanpa bermusuhan.

Ketiga, membangun hubungan kerja yang kuat.

Manager yang memiliki sikap asertif akan mendorong kerja sama tim. Dengan meningkatkan teamwork, persaingan tim yang tidak sehatpun akan berkurang.

Keempat, mampu mengemukakan pendapat dengan tegas.

Poin penting dari sikap asertif adalah jujur dan tegas. 2 poin utama ini tentu sangat mempengaruhi ketegasan seorang manager dalam mengemukakan pendapatnya.

Kelima menciptakan keputusan-keputusan terbaik.

Mengumpulkan semua fakta dan menganalisan dengan cermat merupakan cara efektif dalam mengambil keputusan. Tetapi salah satu praktik terbaik adalah melibatkan orang lain dalam proses pengambilan keputusan. Inilah yang membuat assertive manager lebih disukai.

Keenam, mengevaluasi sejauh mana Anda bersikap asertif

Jika Anda merasa terlalu menahan diri, bisa jadi Anda kurang asertif. Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda tidak mengemukakannya dan cenderung pasif. Latihlah diri Anda untuk berani bicara tegas dan lugas dalam menyuarakan pendapat.

Ketujuh, membantu manager menyampaikan feedback dengan tepat.

Semua feedback/ saran wajib Anda sampaikan dengan kepekaan dan tepat. Manager yang asertif dapat menyampaikan feedback dengan cara lugas dan jujur tanpa menyakiti siapa pun.

Baca juga :

8 Tujuan Manager Development Program Ini Wajib Anda Ketahui!

Setelah mengetahui mengapa assertive leadership itu penting, lantas apa tujuannya? Yuk simak penjelasannya berikut!

Apa tujuan Assertive Leadership For Manager?

Tujuan dari assertive leadership adalah setiap orang yang bekerja di bawah suatu kepemimpinan bisa menyampaikan pendapat mereka secara terbuka, jujur, tegas tetapi tidak menyinggung orang lain dan tidak melanggar hak-haknya. Nah, bagaimana sih caranya untuk bisa menjadi seperti itu?

Bagaimana Cara Menjadi Assertive Manager?

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi tegas tetapi tidak memicu konflik? Berikut 4 cara menjadi seorang pemimpin yang asertif.

Pertama, berkomunikasi dengan siapapun sesering mungkin.

Cara menjadi assertive leader yang baik adalah memiliki banyak koneksi dari berbagai level. Mereka membuat dirinya diterima di berbagai kalangan.

Kedua, melakukan apa yang diucapkan (walk your talk).

Cara lain untuk menjadi assertive manager adalah melakukan apa yang telah diucapkan. Di sinilah orang-orang bisa menilai seberapa besar Anda bertanggung jawab

Ketiga, memberikan arahan yang jelas dan tepat.

Pemimpin asertif harus memberikan arahan yang jelas dan mendorong tim mereka untuk aktif bertanya jika memiliki pertanyaan.

Keempat, menjaga sikap tetap tenang.

Sebagai pemimpin yang tegas, sikap Anda sangat mempengaruhi kerja sama tim. Menjaga sikap tenang, ramah dan  memperhatikan bahasa tubuh Anda adalah penting.

Setelah Anda tahu arti, manfaat dan cara menjadi assertive manager, mengikuti training manager assertive leadership bersama ALC jawabannya.

Nah sekarang yuk kita bicara tentang program development manager ALC. Apa saja yang dibahas didalamnya?

Materi Assertive Leadership for Manager ALC

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut 4 hal yang Anda pelajari:

Pertama, mengenali role Anda sebagai pemimpin. Seperti mengidentifikasi tantangan, strength dan weakness Anda sebagai seorang leader.

Kedua, mempraktikkan metode RJL2T. Yakni rendah hati, jujur, lugas, tegas & bertanggung-jawab.

Ketiga, memahami 6 hukum assertive leader. Peraturan diri assertive leader yang wajib Anda ketahui.

Keempat, hukum membangun hubungan & walk your talk. Mengajak Anda untuk mengeksekusi/ melakukan tindakan atas apa yang telah Anda bicarakan.

Materi topik training assertive leadership manager ini dibawakan langsung oleh expert trainer ALC. ALC mendesain khusus materi kepemimpinan ini untuk memudahkan Anda meningkatkan skills pemimpin yang asertif

Apa yang Spesial dari Training Assertive Leadership for Manager ALC?

– Mindset dan cara pandang Anda 100% berubah.

– Cara kerja Anda berubah lebih baik.

– Motivasi kerja Anda meningkat.

– ALC Method plus komunikasi dua arah.

– Engagement yang kuat Antara pembicara ALC dengan setiap peserta.

Detail info pelatihan leadership hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp