fbpx

Mengenal Supervisory Development Program Dan 10 Manfaatnya

Supervisory Development Program

Supervisory Development Program, Sejauh Mana Anda Mengenalnya? Yuk Ketahui 10 Manfaatnya!

Dalam management development program, Anda mungkin cukup sering juga mendengar tentang supervisory development program. Program tersebut seperti namanya adalah untuk supervisor atau calon supervisor.

Supervisory development program adalah program mengenai hubungan utama antara manajemen atas dengan orang-orang garis depan dalam perusahaan. Program ini menjelaskan bagaimana mengkomunikasikan tujuan manajemen atas tersebut kepada orang-orang di bawahnya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sama halnya dengan manajer dan karyawan lainnya di dalam perusahaan, supervisor juga mempunyai peran dan tugas yang penting. Peranan supervisor cukup komplit, dimana supervisor tidak hanya harus mampu untuk membuat perencanaan, lalu mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi, namun juga memproduksi barang sesuai standard dan kualitas perusahaan.

Perkembangan teknologi yang pesat ini membuat peranan manajemen supervisor sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya perusahaan wajib memberikan pembekalan pada para supervisor atau calon supervisor secara terstruktur dan sistematis. Supervisory development program mencakup coaching and mentoring mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan kita yang telah dikemas secara terpisah oleh ALC Leadership Management.

Baca juga : 9 Alasan Mengapa Anda Perlu Mengikuti Training Manajemen

Kewajiban supervisor tidak hanya harus mempunyai keterampilan teknis, namun juga harus mempunyai kemampuan manajerial. Ini karena mereka memimpin banyak orang dan bertanggung-jawab langsung atas berlangsungnya produktivitas & kualitas pekerjaan. Contoh ; kemampuan dalam memanage SDM/ karyawan, pekerjaan bahkan dalam mengambil keputusan.

Hal tersebut di atas membuka mata kita akan pentingnya supervisory development program untuk dijalankan di perusahaan. Selain membangun supervisor yang bagus dan berkualitas, juga supervisor yang ahli dan kompeten di bidangnya. Training supervisor juga memimbing supervisor bagaimana cara menyampaikan informasi secara efektif, mencegah miskomunikasi, kesalahpahaman dan konflik.

10 manfaat Supervisory Development Program yang perlu Anda ketahui.

Pertama, Anda menjadi lebih mengerti mengenai prinsip dasar organisasi atau perusahaan tempat Anda bekerja. Supervisor yang handal harus memiliki mampu melakukan coaching and counseling. Karena dengan coaching and counceling  berarti Anda telah dapat menjadi atasan yang handal dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja bawahan Anda. Bila tertarik dengan topik leadership coaching and counseling, ALC Ledearship Management telah menghadirkan coaching and counseling. Dengan begitu Anda dapat menerapkan 7 langkah sederhana untuk counseling bawahan Anda.

Kedua, Anda mempunyai keterampilan untuk menangani bawahan-bawahan khususnya bagaimana cara membangun disiplin kerja yang produktif. Anda juga harus menjadi atasan yang handal dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team melalui coaching and mentoring.

Ketiga, Anda lebih mampu membangun kerjasama dengan kelompok atau tim sehingga bisa mencapai sasaran program perusahaan.

Keempat, Anda mampu untuk memahami peran serta fungsi dari supervisor dengan baik. Program Supervisory management ini dirancang bukan hanya untuk supervisor, tetapi juga calon supervisor dan supervisor dalam melatih skills yang mereka butuhkan. Sehingga fungsi-fungsi di dalamnya bisa ter-manage dengan efisien.

Kelima, Anda mampu mengenali berbagai masalah yang harus untuk menjadi titik fokus serta mencari bagaimana jalan keluarnya yang paling tepat.

Keenam, Anda mampu untuk mengenali serta mengatasi konflik yang ada.

Ketujuh, Anda mampu dan bisa menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Dalam hal leadership, problem solver, komunikasi & integritas dengan menjalankan training supervisor efektif. Training supervisor ini dibangung dengan melalui 4 tahap : leadership, problem solver, komunikasi, dan integritas. Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut cara menerapkan keempat hal tersebut agar menjadi supervisor yang handal, ALC Leadership Management memiliki Supervisory Skills for Great Supervisor, sebagai pendongkrak Anda menjadi supervisor yang hebat dengan bekerja efektif.

Kedelapan, Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu membentuk tim kerja yang solid serta efektif.

Kesembilan, Anda mempunyai motivasi untuk mempunyai prestasi yang tinggi. Anda juga dapat menularkan motivasi ini kepada karyawan Anda dengan coaching dan counseling. Program ini dapat meningkatkan motivasi karyawan.

Kesepuluh, Anda menjadi pemimpin yang bisa diandalkan, berani mengambil risiko dan menerima tantangan. 

Baca juga : Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Nah setelah mengetahui manfaat Program Supervisor Development di atas, sekarang saatnya Anda memahami tugas seorang supervisor.

6 Tugas Utama Anda sebagai seorang Supervisor

– Mengelola dan memotivasi karyawan.

– Melaksanakan proyek, tugas serta pekerjaan langsung.

– Menegakkan aturan yang sudah perusahaan tentukan.

– Mendisiplinkan para bawahan.

– Membuat rencana jangka pendek mengenai tugas yang ditetapkan atasan.

– Membuat job description untuk para bawahannya. 

Nah, dari penjelasan singkat dan menarik di atas, ternyata supervisory development program ini sangat menarik, bukan? Apa saja yang Anda pahami dari gambaran di atas? Tertantang menjadi supervisor yang handal dan kompeten, bukan? Selamat menjadi supervisor yang bisa diandalkan!

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Pelajari bagaimana membangun kepercayaan dalam 1 menit, baik dengan team, atasan maupun mitra kerja melalui Build Trust in One Minute

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dan meraih keberhasilan. Mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik melalui Leading Change

– Ketahui cara memiliki inisiatif agar sigap menangkap peluang, sekaligus optimis gigih pantang menyerah meraih tujuan dan berani menghadapi berbagai tantangan melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends