10 Manfaat Supervisory Development Program

Daftar Isi

Dalam management development program, Anda mungkin cukup sering juga mendengar tentang supervisory development program. Seperti namanya, program tersebut diperuntukan untuk jabatan spv atau calon supervisor.

Arti spv (supervisor) di sini adalah salah satu tingkatan posisi dalam sebuah perusahaan yang memiliki peran penting sehingga adanya supervisory development program tentu menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi.

Apabila Anda belum mengetahui banyak mengenai program pelatihan supervisor yang satu ini, Anda sampai pada artikel yang tepat. Mengapa? Karena di isni Anda akan memahami lebih dalam apa  yang dimaksud Supervisory Development Program, pentingnya, hingga manfaat dari supervisory management program ini.

Tapi, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai Supervisory Development Program, sekarang mari kita pahami terlebih dahulu pengertian spv dan jobdesk supervisor di perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan yang sedang berkembang hingga perusahaan besar, akan ada jabatan bernama supervisor. Jadi, supervisor itu apa, sih?

Pengertian Supervisor

Apa itu supervisor? Supervisor atau spv artinya adalah jabatan dalam struktur perusahaan yang memiliki kekuasaan atau otoritas untuk mengeluarkan instruksi kepada staff yang berada di bawah pimpinannya.

Dalam posisinya di perusahaan, masih banyak orang yang mengira jabatan supervisor ini sama dengan manager. Padahal, selain melihat arti dari supervisor, perbedaan manager dan supervisor sangat terlihat jelas dari posisinya di perusahaan. Dalam perusahaan, posisi supervisor berada di antara manager dan staff pelaksana.

Kemudian, Anda juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah supervisor trainee. Supervisor trainee adalah supervisor yang bertanggung jawab terhadap karyawan baru dalam perusahaan.

Lalu, bagaimana dengan cara kerjanya supervisor trainee? Apakah berbeda dengan supervisor pada umumnya? Secara umum, tugas spv trainee tidak jauh berbeda dengan supervisor lainnya karena spv trainee adalah salah satu jenis supervisor dalam sebuah perusahaan.

Tapi, apakah Anda sudah tahu tugas-tugas seorang supervisor? Kalau belum, intip informasinya di bawah ini, ya!

Apa Saja Tugas Seorang Supervisor?

Seorang supervisor memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sebab kata ‚Äúsupervisor‚ÄĚ yang berasal dari kata ‚Äúsupervise‚ÄĚ artinya memimpin, dan mengawasi. Sesuai dengan arti tersebut, dapat kita pahami bahwa tugas spv adalah bertindak sebagai pemimpin yang mengawasi karyawannya baik dalam bidang produksi, penjualan, maupun pekerjaan harian lainnya.

Selain itu, seorang supervisor juga bertanggung jawab dalam keamanan, keselamatan, dan kesehatan para staff pekerjanya, serta melakukan monitoring dan juga pengawasan. Namun secara umum, ada 6 tugas supervisor yang paling utama, di antaranya adalah:

1. Penghubung Manager dengan Staff

Cara kerja supervisor sebagai penghubung antara manager dan staff itu seperti apa ya? Contohnya seperti ini, dalam sebuah perusahaan, pendelegasian tugas merupakan sebuah kegiatan yang selalu dilakukan.

Misalnya pada sebuah tugas pekerjaan dari direktur kepada manager, tentu manager tidak akan langsung melimpahkan kepada staff-nya. Para manager ini akan memberikan tugas tersebut kepada supervisor terlebih dahulu, yang nantinya akan dikerjakan oleh staff dengan pengawasan langsung oleh supervisor.

Baca juga : 

Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

2. Memotivasi Staffnya

Tugas supervisor yang kedua yaitu adalah memberikan motivasi kerja untuk para karyawannya. Kenapa sih karyawan harus selalu dimotivasi oleh para supervisor? Sebab karyawan merupakan aset perusahaan, sehingga semakin bagus etos kerja serta kinerja karyawan, maka semakin bagus pula output yang dihasilkan. Dengan begitu, perusahaan dapat semakin dekat dalam mencapai tujuannya.

3. Menegakkan Aturan Sesuai Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan

Seorang supervisor juga memiliki dituntut untuk mampu menyampaikan kebijakan. Kebijakan dalam hal ini adalah peraturan yang diciptakan oleh perusahaan dan harus ditaati oleh seluruh komponen perusahaan.

4. Mampu Mendeskripsikan Tugas Dengan Baik

Sama halnya dengan tugas supervisor di poin pertama, seorang supervisor harus mampu mendeskripsikan tugas dengan baik kepada karyawan yang dibawahinya. Hal inilah yang membuat kemampuan komunikasi menjadi salah satu supervisory skills yang wajib dimiliki oleh para supervisor selain kepemimpinan.

Penting bagi seorang supervisor memiliki supervisory skills berupa public speaking yang baik, agar miskomunikasi yang bisa saja terjadi dapat dihindarkan. Ketika seorang supervisor tidak memilki kemampuan komunikasi yang baik, hal ini tentu akan sangat berdampak kepada kinerja karyawannya.

5. Mengelola Karyawan

Dalam hal ini tugas mengelola karyawan yang dimaksud adalah seorang supervisor harus mampu membantu, bertanggung jawab, memberikan arahan kepada para staff pekerjanya untuk bisa bekerja dengan sebaik mungkin, melakukan kolaborasi, dan bekerja sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan.

6. Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Supervisor juga bertugas untuk mengontrol dan melakukan evaluasi dari setiap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawannya. Dengan adanya pengawasan dan kontrol yang kuat ini akan berdampak kepada eksekusi pekerjaan yang tepat sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Dengan adanya kontrol dan evaluasi maka seorang supervisor dapat melakukan koreksi terhadap hasil kinerja karyawannya, apakah sudah mencapai target atau belum.

Itulah pengertian dan tugas utama seorang Supervisor. Tentu sangat tidak mudah, bukan? Sebab seorang supervisor ternyata tidak hanya bertanggung jawab atas pekerjaannya saja, tetapi juga bertanggung jawab untuk bisa meningkatkan kemampuan serta kinerja para staff karyawannya.

Untuk melakukan semua hal tersebut tentu dibutuhkan supervisory skills yang mumpuni guna bisa mewujudkan seorang supervisor yang berkualitas. Tidak hanya knowledge dan hard skills saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang supervisor yang handal, dibutuhkan juga soft skills untuk menunjang knowledge dan hard skills sebagai salah satu program pelatihan karyawan yang mereka miliki.

Itulah sebabnya perusahaan wajib memberikan pembekalan kepada para supervisor atau calon supervisor secara terstruktur dan sistematis melalui Supervisory Development Program.

Tapi, sudahkah Anda mengenali apa arti dan manfaat dari Supervisory Development Program? Kalau belum, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga : 

Training Untuk Supervisor, Pahami 5 Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Apa itu Supervisory Development Program?

Supervisory development program adalah program training manajerial yang dirancang secara khusus untuk para supervisor agar mampu menjadi representatif yang baik bagi kemajuan perusahaan.

Tidak heran jika program training supervisory management ini menjadi solusi dalam membantu menjelaskan bagaimana mengkomunikasikan tujuan manajemen tersebut kepada orang-orang di bawahnya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sama halnya dengan manajer dan karyawan lainnya di dalam perusahaan, supervisor juga mempunyai peran dan tugas yang penting. Supervisor memiliki peranan yang cukup kompleks, dimana ia tidak hanya harus mampu membuat perencanaan, lalu mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi, namun juga memproduksi barang sesuai standar dan kualitas perusahaan.

Hal di atas tentu membuka mata kita akan pentingnya supervisory development program untuk dijalankan di perusahaan. Selain membangun supervisor yang bagus dan berkualitas, program pengembangan ini juga akan menciptakan supervisor yang ahli dan kompeten di bidangnya. Training supervisor akan memberikan output yaitu meningkatkan skill seorang supervisor dalam menyampaikan informasi secara efektif, mencegah miskomunikasi, kesalahpahaman, dan konflik.

Mengapa Penting Melakukan Supervisory Development Program?

Supervisory development program sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu pelatihan manajerial dalam sebuah perusahaan. Tujuan pelatihan dan pengembangan supervisor ini adalah agar dapat membantu serta melatih para supervisor dalam menjaga semangat dan konsistensi dalam menjalankan visi, value, dan strategi perusahaan.

Selain itu, pelatihan Supervisory Development Program ini juga akan membantu memperkuat kemampuannya dalam meraih tujuan  Sebab jika supervisor dibiarkan tanpa pengawasan tentu akan membuat supervisory skills mereka sulit untuk berkembang.

Menurut South African Journal of Human Resource Management,  jika supervisory development program diberikan pada supervisor di sebuah perusahaan maka akan meningkatkan kinerja seorang supervisor dan perusahaan akan memiliki seorang supervisor yang terampil dan siap menghadapi perubahan serta persaingan dalam dunia perusahaan.

Oleh karena itu, memberikan supervisory development program akan membawa mereka selangkah lebih dekat untuk mencapai kemajuan perusahaan. Karena pada akhirnya, baik itu supervisor maupun manajer bertanggung jawab untuk memelihara kultur yang konstruktif.

Dalam kata lain, supervisory development program akan berpengaruh terhadap business development perusahaan yang artinya tingkat kesuksesan bisnis perusahaan akan meningkat.

Baca juga : 

Training Kepemimpinan, Ketahui 5 Alasan Pentingnya Sekarang!

Siapa Saja yang Butuh Supervisory Development Program?

Supervisory development program dirancang bukan hanya untuk supervisor saja, tetapi juga dapat diberikan kepada calon supervisor. Tujuannya tentu adalah agar keduanya bisa mendapatkan mendapatkan berbagai supervisory skills yang sangat berguna untuk kemajuan perusahaan, sehingga fungsi-fungsi yang ada di dalamnya dapat dikelola secara efisien.

Apa Manfaat Supervisory Development Program?

Manfaat Supervisory Development Program dalam sebuah pelatihan manajerial  rutin perusahaan ini yaitu dapat membantu untuk memberikan perspektif tentang bagaimana memberikan dampak besar kepada perusahaan. Tidak hanya itu, pelatihan manajerial yang satu ini juga mampu membentuk kerangka berpikir yang baru agar bisa menjadi supervisor yang lebih produktif.

Hal ini tentu akan membuat seorang supervisor akan menjadi lebih mudah dalam mengatur skala prioritas dan pengelolaan tugasnya. Dimulai dari tahap perencanaan hingga pengontrolan.

10 Manfaat Supervisory Development Program Yang Wajib Anda Ketahui

Selain untuk membantu meningkatkan pola pikir dan perspektif seorang supervisor dalam perusahaan, ada 10 manfaat supervisory development program yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Menajamkan Visi dan Misi Perusahaan

Seorang supervisor yang handal harus mampu melakukan coaching and counseling. Mengapa? Karena dengan kemampuan ini berarti Anda telah dapat menjadi atasan yang handal dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja bawahan Anda.

Hadirnya training supervisory management ini mampu untuk menajamkan visi dan misi perusahaan kepada para supervisor sehingga dapat membantunya lebih fokus untuk mencapai tujuan bersama sebagai sebuah tim.

2. Meningkatkan Keterampilan Menangani Staff

Salah satu supervisory skills oleh para Supervisor yaitu adalah keterampilan untuk menangani bawahan-bawahan khususnya bagaimana cara membangun disiplin kerja yang produktif. Anda juga harus menjadi atasan yang handal dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team melalui coaching and mentoring.

3. Membangun Kerjasama Tim

Manfaat pelatihan Supervisory Development Program yang ketiga yaitu adalah membangun adanya kerjasama dengan kelompok atau tim yang lebih solid sehingga bisa mencapai sasaran program perusahaan. Dengan adanya kerjasama yang baik antara Anda dan para karyawan yang menjadi bawahan Anda maka akan tercipta teamwork yang baik dalam sebuah tim kerja.

4. Lebih Memahami Peran Supervisor dengan Baik

Adanya training manajerial yang satu ini tentu akan membantu Anda untuk memahami peran serta fungsi dari supervisor dengan baik. Ditambah, program supervisory management ini dirancang bukan hanya untuk supervisor, tetapi juga calon supervisor.

Tentu training supervisory management yang satu ini dapat melatih skills yang mereka butuhkan agar fungsi-fungsi di dalam perusahaan bisa berjalan secara efektif dan efisien.

5. Mampu Mengenali Masalah dengan Baik

Salah satu supervisory skills yang harus dimiliki oleh para supervisor yaitu adalah mampu menyelesaikan masalah dalam timnya. Sehingga kemampuan untuk mengenali dan mengidentifikasi masalah harus lebih dulu ditingkatkan.

Adanya pelatihan Supervisory Development Program ini tentu dapat membantu Anda untuk mengenali berbagai masalah yang harus untuk menjadi titik fokus serta mencari bagaimana jalan keluarnya yang paling tepat.

6. Meningkatkan Kemampuan untuk Menyelesaikan Konflik

Setiap tim dan pekerjaan tentu akan memiliki konflik. Hal inilah yang membuat materi leadership dalam Supervisory Development Program dapat membantu Anda untuk mengenali serta mengatasi konflik yang ada.

Kemampuan mengelola manajemen konflik sangat diperlukan oleh seorang Supervisor agar dapat mengatasi dan menangani konflik yang terjadi dalam tim kerjanya, sehingga meminimalisir toxic employee pada lingkungan kerja yang Anda pimpin.

7. Melatih Menjadi Pemimpin yang Bertanggung jawab

Adanya materi training supervisory skill yang akan disampaikan ini mampu untuk membantu Anda seorang pemimpin yang lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab ini termasuk juga dalam hal leadership, problem solver, komunikasi dan integritas.

8. Mampu Membentuk Kerjasama yang Baik

Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu membentuk kerjasama yang baik sehingga akan dengan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dan target sesuai dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan.

9. Meningkatkan Motivasi untuk Meraih Prestasi

Ketika Anda mempunyai motivasi untuk mempunyai prestasi yang tinggi, Anda juga dapat menularkan motivasi ini kepada karyawan Anda dengan memberikan motivasi kerja. Adanya Supervisory Development Program dalam training manajerial ini dapat meningkatkan motivasi karyawan Anda dalam bekerja.

10. Mendukung untuk Menjadi Pemimpin yang Dapat Diandalkan

Manfaat Supervisory Development Program lainnya yang terakhir yaitu adanya materi leadership untuk mendukung Anda agar dapat menjadi pemimpin yang bisa diandalkan, berani mengambil risiko dan menerima tantangan.

Baca juga :  

Ketahui 4 Tujuan Training Leadership bagi Karier Anda

Program Training untuk Supervisor yang Dimiliki ALC

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC merupakan training provider terbaik yang menyediakan untuk supervisor dalam program Supervisory Development Program. Training supervisor dari ALC bisa dilakukan secara online, offline, dan juga dapat dilaksanakan secara inhouse training. Adapun topik training yang kami miliki untuk dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai supervisor adalah :

1. Leadership

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan leadership untuk supervisor yaitu Supervisory Skills for Great Supervisor. Anda akan mengetahui cara menjadi great supervisor  yang produktif dengan tim yang handal melalui 4 hal : leadership, problem solver, komunikasi & integritas.

Adapun topik training yang akan meningkatkan leadership skill seorang supervisor disebuah perusahaan, antara lain Character And Culture Building, Leadership Fundamental, Maximized Your Potential, Bost Your Performance, Self Leadership in Challenging Times.

2. Management

Topik-topik training terbaik ALC Leadership Management yang bisa Anda berikan dalam training untuk supervisor di perusahaan Anda  adalah Change Management, Creative Negotiation Skills, Creative Thinking, Creative Problem and Decision Making.

Dengan training ini akan memberikan output yaitu tercapainya fungsi dalam menciptakan kebijakan sehingga pengorganisasian dan pengarahan serta pengembangan dapat terkendali dan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan.

3. Finance

ALC Leadership Management memiliki program terbaik dalam bidang pelatihan dan pengembangan finance yaitu Fraud Audit, yang akan memberikan pengetahuan dan juga skills pada supervisor di perusahaan Anda dalam bidang pengelolaan keuangan dan mencegah tindak kecurangan dalam penyusunannya.

4. Communication

ALC Leadership Management memiliki topik training yaitu Effective Communication dan powerfull business presentation. Dari pelatihan ini akan menghasilkan output meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi seorang supervisor.

5. Procurement

ALC Leadership Management memiliki topik training yaitu Procurement and Purchasing Management. Dari pelatihan ini akan menghasilkan output yaitu supervisor di perusahaan Anda akan semakin memahami dasar-dasar dasar siklus procurement dan purchasing.

Memahami fase berkontribusi pada manajemen fungsi serta memastikan rantai pasokan yang efektif, lebih mudah dalam mengidentifikasi kapan untuk bisa menerapkan berbagai alat dan teknik pembelian, serta mampu memahami proses sistematis dan fungsi pengadaan dalam mengkoordinasikan beberapa rantai pasok yang memiliki fungsi penting dalam perusahaan.

Perusahaan Yang Melakukan Training Bersama Kami

ALC Leadership Management sudah dipercaya oleh beberapa perusahaan multinasional dalam memberikan training kepemimpinan untuk supervisor. Anda juga bisa menyimak testimoni dari para klien kami dalam training kepemimpinan untuk supervisor di youtube channel Ainy Fauziyah. Dan berikut beberapa klien kami yang pernah mengikuti program training ini yaitu :

1. PT Great Giant Pineapple

Simak perubahan peserta PT Great Giant Pineapple setelah training online dengan topik “Leadership Fundamental”

Enike Dwiyanti, Koordinator Seamer PT Great Giant Pineapple. “Bisa bersikap dan bertindak lebih tenang dan lebih sabar serta berusaha menjadi pendengar yang baik saat tim menyampaikan masalah dengan mencari jalan keluar yang baik untuk mencapai target produksi.”

Abdul Hasim, Pelaksana PT Great Giant Pineapple. “Saya semakin mengerti bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, mengerti arti penting integritas dan apa yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin”

Kisno Susilo, PJS Kasie Pupuk PT Great Giant Pineapple. “Mengubah cara pandang lebih baik,¬†termotivasi, sabar dalam menghadapi masalah, dan memahami apa yg harus di lakukan sebagai atasan”

2. PT Bukit Muria Jaya

Testimoni peserta PT Bukit Muria Jaya saat training online dengan topik materi “Working Exellence”

Yune Oktavia Wijaya, Supervisor Logistic PT Bukit Muria Jaya : “Saya mengikuti training Online “Working Excellence”. Saya pikir awalnya akan bikin ngantuk dan membosankan. Karena yang sudah-sudah kalau training online pasti begitu. Tapi ternyata dengan pembicara Bu Ainy suasana training menjadi lebih hidup, karena beliau selalu aktif dengan semua peserta. Setelah mengikuti training ini merasa lebih termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Terima Kasih ALC dan Bu Ainy”

3. PT HM Sampoerna

Simak testimoni peserta dari PT HM Sampoerna setelah mengikuti training dengan topik “The Power of Working with Emotional Intelligence”

Nufarrofah, Ketua Plant Rungkut 2 PT HM Sampoerna. “Sudah memulai perubahan dalam diri, lebih ikhlas dalam menjalani hidup dan dapat berguna untuk banyak orang”

Ike Vivi Susanti, Ketua Plant Kraksaan PT HM Sampoerna. “Mulai menjadi orang yang sabar, menjadi pendengar yang baik, dan ingin menularkan ilmu yang didapat ke orang terdekat serta ingin bermanfaat untuk orang lain”

M. Rof’i, Bendahara, Plant Kraksaan PT HM Sampoerna. “Saya menjadi orang yang lebih peduli, aware, sabar, percaya diri, dan semangat dalam segala hal serta ingin menjadi orang bermanfaat”

Kesimpulan

Supervisory Development Program, yang dirancang untuk melatih supervisor atau calon supervisor dalam sebuah perusahaan. Program ini sangat penting karena peran supervisor adalah mengawasi dan memimpin staf, serta menjembatani komunikasi antara manajer dan staf. Tugas-tugas utama seorang supervisor meliputi motivasi staf, menegakkan aturan perusahaan, mendeskripsikan tugas, mengelola karyawan, dan melakukan evaluasi kinerja.

Supervisory Development Program membantu supervisor meningkatkan kemampuan dalam berbagai aspek seperti komunikasi, kepemimpinan, problem solving, dan manajemen konflik. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis (hard skills) tetapi juga keterampilan lunak (soft skills) yang diperlukan untuk efektif memimpin tim. Manfaat dari program ini termasuk peningkatan visi dan misi perusahaan, keterampilan menangani staf, kerjasama tim, penyelesaian masalah dan konflik, serta peningkatan motivasi dan tanggung jawab.

Program ini juga disediakan oleh ALC Leadership Management, yang menawarkan pelatihan dalam bidang kepemimpinan, manajemen, keuangan, komunikasi, dan pengadaan, baik secara online, offline, maupun in-house. Dengan mengikuti Supervisory Development Program, supervisor diharapkan dapat membawa perusahaan lebih dekat ke tujuannya melalui peningkatan kinerja dan keterampilan kepemimpinan yang lebih baik.

Training Online Supervisory Skills for Great Supervsior – ALC

Demikian informasi mengenai posisi supervisor, tugas-tugasnya, hingga penjelasan lebih mendalam mengenai Supervisory Development Program sebagai salah satu program pelatihan yang bisa diterapkan perusahaan untuk supervisor-nya.

Dari informasi di atas dapat kita lihat bahwa Supervisory Development Program memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya bagi supervisor sebagai peserta tapi juga bagi perusahaan.

ALC membuktikan bahwa program pegembangan supervisor ini dinilai dapat berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan. Nah, gimana? Tertarik memajukan perusahaan bersama ALC? Yuk daftar sekarang juga dan cek jadwal pelaksanaannya dibawah ini ya!

Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Strategic Leadership
  • 27/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 04/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 18/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Detail info hubungi team kami di 087779199555