5 Manfaat Dan Tanggung Jawab Supervisory Management, Yang Ke-4 Wajib Dilakukan!

Daftar Isi

Program ini memberikan pengantar menyeluruh dan praktis tentang teknik dan skill yang diperlukan untuk mengkoordinasi karyawan di perusahan. Lantas, mengapa program ini ada?

Setiap supervisor pasti kerap mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai manfaat dan tanggung jawab dari supervisory management  yang menjadi faktor penting untuk mendukung dalam pengelolaan sumber daya agar dapat bekerja dengan efektif.

Mengingat bahwa keberadaan seorang supervisor dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat besar bagi kelancaran kegiatan bisnis di dalamnya.

Pada dasarnya, supervisor bertanggung jawab dalam melaporkan secara langsung produktivitas perusahan. Untuk mengenal apa saja peran dan tugas dari supervisor lebih lanjut, Anda bisa berkunjung ke supervisory development program.

Supervisory development program ini dirancang bukan hanya untuk supervisor, tetapi juga calon supervisor dan supervisor dalam melatih skills yang mereka butuhkan. Sehingga fungsi-fungsi di dalamnya bisa ter-manage dengan efisien.

Apa Itu Supervisory Management?

Supervisory Management merupakan sebuah tindakan dalam mengawasi sebuah tim sebagai seorang pemimpin atau supervisor dalam membimbing kegiatan operasional di dalam bisnis.

Biasanya, pada Supervisory Management ini, seorang supervisor akan menjadi penghubung antara karyawan dengan tim eksekutif dalam bisnis tersebut.

Oleh karena itu, tugas utama dari seorang pemimpin di tahap ini adalah mengarahkan karyawan operasional dengan baik supaya dapat mencapai tujuan dan sasaran organisasi secara efisien.

Baca juga : 

Mengenal Supervisory Development Program Dan 10 Manfaatnya

5 Manfaat Supervisory Management Bagi Karyawan dan Perusahaan

Mungkin banyak yang mengatakan jika seorang pemimpin itu dilahirkan. Namun seiring dengan berkembangnya informasi, kemampuan menjadi pemimpin sebuah tim dapat dipelajari selama pelakunya memiliki komitmen yang besar untuk menjalankannya.

Terlebih, manajemen pengawasan (supervisory management) memiliki peran krusial dalam mengarahkan dan mengawasi karyawan operasional serta menjembatani kesenjangan antara manajemen tingkat atas dan dan para eksekutor.

Memang apa saja manfaat yang ditawarkan oleh program supervisory management di lingkungan profesional? Berikut 5 diantaranya:

1. Meningkatnya Produktivitas Kinerja dalam Tim

Supervisory Management yang tepat akan menciptakan seorang supervisor yang bertanggung jawab. Hal ini tentu akan sangat membantu tim untuk bekerja lebih efisien dan efektif.

Melalui pengawasan yang cermat, para pemimpin dapat mengidentifikasi masalah kinerja, memberikan umpan balik, serta mengarahkan dan membimbing karyawan agar mencapai tingkat produktivitas yang optimal.

Jelas hal ini sejalan dengan studi dari Harvard Business Review yang menemukan jika pemimpin yang tepat akan meningkatkan kinerja pekerjaan hingga 56%.

2. Pemeliharaan Disiplin dan Kepatuhan

Pada dasarnya, supervisor memainkan peran penting dalam menjaga disiplin dan memastikan karyawan mematuhi kebijakan, prosedur, dan aturan organisasi.

Oleh karena itu, adanya supervisory management yang tepat dapat memastikan bahwa norma dan etika kerja ditegakkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional serta produktif.

3. Meningkatkan Retensi Karyawan

Pemimpin yang baik memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan retensi karyawan, yaitu kemampuan untuk mempertahankan karyawan yang berkinerja baik dan berpotensi tinggi agar tetap bertahan dalam organisasi.

Hal ini bisa diwujudkan selama dalam supervisory management Anda haruslah memberikan dukungan aktif kepada karyawan, mendengarkan permasalahan mereka, dan memiliki komunikasi yang terbuka dan transparan.

4. Menciptakan Budaya Kerja yang Positif

Selain itu, supervisory management yang tepat dan baik juga akan menghadirkan budaya kerja yang positif.

Pada tahap ini, pemimpin baik di dalamnya akan mendorong tim untuk bekerja sama, mendukung satu sama lain, dan merayakan keberhasilan bersama.

Pada dasarnya, budaya kerja positif inilah yang menciptakan lingkungan menyenangkan dan membuat karyawan ingin selalu tetap berada dalam tim.

5. Pemeliharaan Disiplin dan Kepatuhan

Program supervisory management yang dijalankan oleh seorang supervisor ini memainkan peran penting dalam menjaga disiplin dan memastikan karyawan mematuhi kebijakan, prosedur yang berlaku dalam organisasi.

Hal ini tentu akan memastikan bahwa norma dan etika kerja ditegakkan supaya lingkungan kerja yang tercipta bisa lebih profesional dan produktif.

Sasaran dari Program Supervisory Management

Tentunya program supervisory management umumnya akan memiliki sasaran khusus dalam proses pembelajarannya terhadap karyawan, diantaranya adalah:

  1. Mengetahui efek domino dari great supervisor
  2. Mempelajari 4 skills great supervisor
  3. Mengajak kita untuk mengetahui kekuatan maupun kelemahan kita sebagai supervisor, yang kemudian memperbaikinya langsung.

Perusahaan akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengontrolan pada karyawannya jika tidak terdapat supervisor yang berkompeten. Perlu kita ketahui bahwa supervisor adalah sebagai “jembatan” antara manajer dan staf pelaksana.

Terlepas dari itu, pekerjaan dari supervisor sangatlah dinamis. Semua bergantung pada culture dari perusahaan dan kompleksitas dari masing-masing fungsi. Bahkan, supervisor bisa saja menjalankan tugas yang berbeda-beda tiap harinya

5 Tanggung Jawab Supervisor

Berikut adalah 5 tanggung jawab supervisor yang harus Anda ketahui. Soft skill ini bisa membantu supervisor dalam mengemban peran dan tanggung jawabnya.

Meliputi pengaturan alur kerja, menetapkan target dan deadline, mendorong produktivitas, dan mendukung karyawan satu sama lain.

Semuanya saling berkolaborasi untuk menghadirkan produktivitas serta kualitas kinerja terbaik dalam sebuah bisnis atau organisasi, diantaranya adalah:

1. Planning Atau Merencanakan

Supervisor memiliki tanggung jawab untuk membuat suatu perencanaan kegiatan yang disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Dengan merencanakan goals yang jelas, ini akan menentukan bagaimana tujuan tersebut nantinya tercapai.

Supervisor memberikan instruksi maupun arahan yang dibutuhkan untuk dirinya maupun karyawan-karyawannya. Saat itulah, perencanaan membantu kita mengantisipasi resiko dan memikirkan langkah-langkah untuk mencegahnya. Supervisory management mencakup coaching and mentoring mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan kita.

2. Staffing atau Menempatkan

Seorang supervisor harus memperkirakan berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan. Jika tenaga yang dibutuhkan tidak mencukupi, di situlah supervisor berhak untuk merekrut karyawan baru. Tidak hanya sampai situ, supervisor juga bertanggung jawab untuk membimbing karyawan baru dalam menjalani jobdesknya. Inilah mengapa coaching dan counseling penting untuk kita jadikan sebagai budaya kerja.

Intinya, peran supervisor dimulai dari perekrutan karyawan, menerapkan kebijakan dan prosedur perusahaan, hingga memastikan bahwa karyawan mampu menjalankan jobdesknya. Oleh karena itu, management development program sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan karyawan agar bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.

Untuk menjadi supervisor yang hebat, terdapat 4 hal yang perlu diketahui yaitu penerapan leadership, problem solver, komunikasi, dan integritas. Bila Anda tertarik untuk mempelajari keempat hal tersebut, ALC Leadership Management memiliki topik leadership Supervisory Skills for Great Supervisor. Yang membantu Anda mengenali efek domino dari great supervisor itu sendiri hingga mengetahui dahsyatnya menyelesaikan masalah.

3. Organizing Atau Mengatur

Tugas lainnya adalah mengkoordinasikan segala aktivitas dan jobdesk supaya dapat berjalan lancar. Tanggung jawab Supervisor adalah mengawasi staff dan mengorganisir proses kerja untuk memastikan tujuan divisinya terpenuhi. Mengorganisir setiap anggota di tim untuk semakin memaksimalkan potensinya juga perlu skills coaching and mentoring.

Supervisor akan mengatur semua sumber daya, termasuk pekerjaan, pendanaan, juga fasilitas. Selain itu, mengoordinasikan inter-department di perusahaan untuk memastikan bahwa aktivitas dilakukan sesuai rencana. Oleh karena itu, sangat penting bagi supervisor untuk memahami praktik yang paling efisien dalam manajemen.

4. Directing Atau Mengarahkan

Mari kita simak kasus berikut. Anggaplah seorang supervisor sudah menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Namun, tetap saja ada satu momen dimana timnya mendapatkan masalah. Di sinilah dilakukan pengarahan/ directing.

Directing dilakukan dengan cara membuat rekomendasi alternatif beserta konsekuensinya. Dalam fungsi directing ini, Supervisor juga melibatkan divisi Human Resource (HR) dan memastikan pertemuan tersebut didokumentasikan secara menyeluruh. Training supervisor memiliki banyak impact, dimulai dari cara pandang, diiikuti sikap & perilaku yang berdampak pada prestasi & produktivitas kerja.

5. Controlling Atau Mengawasi

Seorang supervisor harus bisa mengontrol atau melakukan pengawasan pada tugas maupun pekerjaan yang ada dalam lingkup kerjanya. Dalam hal ini. supervisor harus memantau produktivitas karyawan dengan memberikan feedback yang konstruktif serta melakukan coaching.

Tanpa pengawasan yang baik, lingkungan pekerjaan bisa menjadi Toxic Employee. Permasalahan tersebut timbul karena adanya karyawan yang toxic. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan dan dihindari oleh banyak pihak, termasuk supervisor.

Karena karyawan yang toxic akan membuat masalah dan menyebabkan kinerja tim menjadi terganggu. Seorang supervisor harus cepat dan tanggap dalam mengatasi serta mengenali ciri dan penyebab karyawan toxic dan cara mengatasi permasalahan tersebut.

ALC Leadership Management telah menyediakan tema leadership Toxic Employee. Sehingga kita sebagai supervisor dapat mengenali dengan cepat penyebab karyawan yang toxic maupun cara mengatasinya, hingga cara membangun team work sebagai budaya kerja yang baik.

Menurut University of Virginia, ada metode yang efektif untuk melakukan coaching sebagai supervisor. Supervisor harus meluangkan waktu sepuluh menit seminggu untuk memeriksa masing-masing karyawan. Selama sepuluh menit itu, tanyakan tiga hal berikut dan dokumentasikan hasil percakapannya. Seperti, “Menurut Anda, bagaimana kinerja tim? Apa yang dapat ditingkatkan lagi?”

Supervisory Management Mendukung Supervisor Yang Handal

Kita tahu bahwa supervisi merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seorang supervisor untuk memastikan agar suatu proses pekerjaan telah dilakukan sesuai dengan seharusnya. Keberadaan supervisory management memiliki peranan yang penting bagi kelancaran pekerjaan seorang supervisor.

Di mana hal ini mampu untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan seorang supervisor agar lebih handal dan juga bisa lebih baik dalam memahami target dan strategi perusahaan tempatnya bekerja. Training supervisor memberikan perspektif tentang bagaimana memberikan dampak besar pada perusahaan.

Dengan begitu, supervisor pun bisa semakin meningkatkan performa kerjanya dan membawa perusahaan pada proses kerja yang lebih baik lagi.  Keberhasilan seorang supervisor tidak hanya berupa pengalaman serta kemampuan dalam melakukan tugas-tugasnya saja. Tetapi juga bisa menjadi seorang penasihat dan rekan kerja yang bisa dipercaya.

Seorang supervisor pun harus mengerti dan memahami cara meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient (kecerdasan ketangguhan). Dengan supervisor yang memiliki kecerdasan AQ, seorang supervisor dapat memperkuat kinerja perusahaan, bisa memahami komunikasi interpersonal dan bisa berkolaborasi dengan para staf pekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

Seorang supervisor juga harus mampu mengenali masalah-masalah yang menjadi fokus perhatian serta penyelesaian masalah, mampu mengelola emosi, dan menjaga hubungan dengan semua pihak serta.

Melalui tanggung jawab dari seorang supervisor inilah, mereka haruslah memiliki kemampuan serta keahlian yang baik untuk bisa meningkatkan kinerjanya di perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga : 

8 Tujuan Manager Development Program Ini Wajib Anda Ketahui!

Kesimpulan

Nah, demikianlah berbagai manfaat dari supervisory management berikut dengan tanggung jawab dari seorang supervisor jika ingin timnya tetap produktif dan berkembang.

Melihat bahwa supervisor menempati posisi yang vital dalam perusahaan, maka mereka membutuhkan supervisory management yang bisa membantunya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab agar semakin baik.

Hal ini tentu dapat berpengaruh langsung dalam memberikan dampak yang positif bagi kelancaran proses kerja di perusahaan tersebut.

Nah, Setelah menyimak tanggung jawab Supervisory Management di atas, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

Kabar baiknya, kini ALC Leadership Management telah menghadirkan program Supervisory management dengan pendekatan yang berbeda. Bahkan, pelatihan ini bisa diadakan secara offline maupun online sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa contoh materi program Supervisor Development Program yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Mentoring, Supervisory Skills for Great Supervisor, dsb.

Tentunya ALC hanya menghadirkan materi yang aktikatif, berkualitas dan disampaikan langsung oleh mentor yang berpengalaman di bidang tersebut. Oleh karena itu tunggu apa lagi?

Yuk daftarkan kebutuhan pelatihan Anda dengan ALC Leadership management sekarang jug!

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi great supervisor  yang produktif dengan tim yang handal melalui 4 hal: leadership, problem solver, komunikasi & integritas. melalui Supervisory Skills for Great Supervisor

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team. melalui Coaching & Mentoring

– Pelajari bagaimana cara agar fokus pada tujuan, bijak dalam bersikap dan menjunjung tinggi integritas. Mengajarkan Anda cara mengembangkan team menjadi lebih baik melalui Contract Management 

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555