fbpx

Tingkatkan Kualitas SDM Melalui In House Traning

In House Traning

In House Training, sudahkah kita mengenali tujuan dan manfaatnya?

In house training bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas SDM. Karena semakin dahsyat dan hebatnya kualitas SDM atau sumber daya manusia yang perusahaan Anda miliki, maka produktivitas perusahaan akan semakin meningkat.

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu aset penting perusahaan. SDM memilki peranan penting dalam pelaksanaan kinerja perusahaan. Kualitas sdm atau karyawan akan mempengaruhi produktivitas perusahaan.

Karena semakin hebatnya kualitas sdm, maka produktivitas perusahaan akan meningkat. Sehingga penting untuk selalu mengembangkan sdm dalam perkembangan bisnis. Karena jika karyawan puas terhadap perusahaan, maka karyawan akan memberikan yang terbaik bagi perusahan. 

Kualitas sdm dapat dikembangkan melalui keikutsertaan dalam pelatihan dan pengembangan sdm. Ada berbagai macam pelatihan yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan kualitas sdm. Salah satunya adalah In house training.

Mengenal In House Training

In house training program (IHT) merupakan salah bentuk program pelatihan dimana penentuan materi palatihan, waktu dan tempat akan disesuaikan dengan keinginan peserta atau perusahaan. Pelatihan IHT ini umumnya  dilakukan oleh satu organisasi yang sama. Misal satu institusi, dinas, atau perusahaan.

Biasnya kegitan IHT akan dilaksanakan di tempat penyelenggara, karena merujuk pada kata “in house” yang artinya di dalam rumah, yaitu lokasi pelatihan akan dilakukan di lingkungan kantor seperti ruangan khusus pelatihan atau aula.     

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas sdm pada perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Manfaatnya adalah meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan karyawan untuk mencapai titik maksimum dari segala potensi yang dimilki dalam menunjang kinerja dan kesuksesan perusahaan. Selain itu pelaksanaan IHT dapat mempererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan karyawan.  

Baca juga : Beberapa Metode Program Pengembangan Karyawan

In House Training Untuk Meningkatkan Kualitas SDM

Ada sebagian orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya, namun kesibukan tersebut tidak membuat produktivitas seseorang menjadi lebih baik. Pada dasarnya produktivitas dan kesibukan adalah dua hal yang mirip, namun ternyata berbeda. Karena aktivitas yang terlihat sebuk belum tentu produktif, sebaliknya produktif bukan berati sibuk.

Orang sibuk akan sulit  membedakan mana yang harus diprioritaskan sehingga mengerjakan semua pekerjaan dan menganggap semuanya penting dan akan dikerjakan semua secara bersamaan. Orang produktif akan mengutamakan waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan yang dianggap penting dan mendesak karena orang produktif akan menilai dan memilh pekerjaan mana yang lebih penting.

Salah satu yang mendukung produktivitas perusahaan adalah sdm atau karyawan. Sehingga sudah saatnya perusahaan mengadakan pelatihan pengambangan karyawan melalui jasa in house training yang siap membantu perusahaan anda untuk memiliki SDM terbaik dan berkualitas.

Materi Pelatihan In House Training

Materi pada pelatihan IHT, biasanya mengambil materi yang sangat relevan dengan permasalahan yang ada pada perusahaan. jelasnya perusahaan yang akan menentukan topik yang ingin dibahas. Training provider terbaik akan merancang materi training sesuai keinginan dan relevan yang berhubungan denga kinerja sauatu bidang tertentu.

Selanjutnya, pihak in house training for employees akan memberikan solusi ketika ada pemasalahan yang terjadi. Sehingga hal ini dapat menjadi jaminan jika organisasi bisa meningkatkan kinerja maupun meningkatkan kualitas hasil kerja para anggota secara langsung. 

Selain itu, materi dari in house training ini tidak harus selalu berhubungan dengan bidang khusus permasalahan instansi atau perusahaan saja. Namun para karyawan juga perlu melakukan updrage wawasan, bahkan keterampilan seputar productivity improvement, working excellence, effective communication, dsb.

Peserta In House Training

In House Training berbeda dengan training sdm yang bersifat terbuka. Ketika dalam training terbuka pelaksanaannya untuk masyarakat umum, tentunya siapa saja dapat mendaftar. Namun berbeda dengan in house management training.

Yang mana penentuan peserta atau anggotanya akan ditentukan oleh organisasi atau perusahaan yang akan menyelenggarakan acara training. Termasuk jumlah peserta instansi yang terkait pun juga perlu menentukan sesuai kesepakatan dengan pihak provider atau trainer in house training.

Tempat In House Training

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa penentuan tempat training biasanya dilaksanakan di kantor sendiri. Namun tidak hanya kantor saja, pelaksanaan IHT dapat dilaksanakan di hotel atau tempat tertentu yang bisa mendukung acara training agar berjalan sukses.

Tempat pelaksanaan training perlu diperhatikan dengan seksama, karena jika tempat training tidak nyaman maka akan mengganggu berlangsungnya acara. Oleh karena itu pastikan tempat training dapat mendukung efektivitas jalannya acara training.

Manfaat In House Training

Pelaksanaan in house project management training ini dilakukan dengan berbagai tujuan maupun target pencapaiannya yang disesuaikan dengan keinginan perusahaan penyelenggara. Namun tahukah Anda apa manfaat utama in house training ini? Berikut beberapa manfaat dari IHT, yaitu :

Pertama, Meningkatkan kualitas SDM. Pada umumnya harapan dari training ini adalah bisa mendukung target perusahaan dalam mewujudkan pencapaian tujuan perusahaan yang sesuai dengan visi maupun misi yang telah ditentukan perusahaan.

Kedua, mempererat kebersamaan dan rasa kekeluargaan sesama karyawan. Bekerja pada perusahaan yang sama dan lingkungan yang sama akan mempererat rasa kekeluargaan karena pasti bisa mencairkan suasana antar sesama karyawan. Jika sudah seperti ini tentunya tidak akan ada rasa kaku untuk berbagi antara satu sama lain. Para karyawan akan semakin kompak dan mereka bisa semakin akrab layaknya keluarga.

Ketiga, menciptakan interaksi sesame peserta. Ketika sebuah perusahaan mempunyai banyak cabang yang terdapat pada berbagai daerah. Kemungkinan saja mereka mempunyai cara kerja berbeda, kualitas yang berbeda, hingga pengalaman hidupnya pun berbeda. Nah dengan in house leadership training ini, maka para peserta bisa bertukar informasi.

Mungkin cara yang satu ini paling efektif dalam menciptakan standardisasi kinerja secara efektif. Para karyawan bisa melihat mana yang efektif, terbaik, maupun paling bagus yang dapat menjadi standar kerja pada semua cabang. Jika sudah seperti ini, maka setiap cabang dapat berkembang dengan baik untuk mendapatkan kualitas SDM yang sesungguhnya.

Keempat, meningkatkan budaya dan motivasi belajar yang berkepanjangan. Melalui IHT, perusahaan dapat mengeksplorasi berbagai permasalahan yang karyawannya hadapi yang berhubungan dengan peningkatan kualitas kinerja. Dengan begitu melaui IHT bisa mencari solusi terbaik secara bersama sehingga dapat mengambil keputusan yang terbaik.

Manfaat yang bisa perusahaan dapatkan ketika mengikuti in house training ini. Yang jelas semuanya sangat tergantung dengan apa yang anda targetkan terhadap perusahaan.

Baca juga : Pelatihan Online Gratis Untuk Pengembangan SDM

Keuntungan Mengikuti In House Training

Tidak hanya manfaat yang didapatkan saat IHT, namun ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika perusahan memilki IHT dalam pengembangan sdm atau karyawan. Lalu apa saja keuntungannya ?

Salah satu keuntungannya adalah biaya yang lebih terjangkau. Karena biaya untuk tempat pelaksanaan training bisa Anda tekan dengan baik. Contohnya bisa memanfaatkan hall meeting kantor. Sehingga Anda hanya perlu memikirkan biaya akomodasi atau biaya transport provider training jika trainer tersebut dari luar kota.

Selain itu dengan IHT, materi yang disampaikan akan lebih spesifik sehingga semakin mudah untuk dipahami karyawan. Training ini juga bisa membantu karyawan secara efektif untuk memperoleh solusi terbaik dari permasalahan yang mereka hadapi. Melaui IHT, perusahaan bisa memberikan masukan kepada para karyawannya.

ALC Leadership Managament sebagai training provider terbaik, akan membantu Anda melaksanakan kegiatan IHT untuk meningkatakan produktivitas karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. ALC juga mempunyai beberapa topik training yang menarik untuk pelatihan leadership.

ALC memilki program pelatihan pengembangan sdm dengan pendekatan yang berbeda. Training dapat diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi training untuk meningkatkan kualitas karyawan yang disukai klien kami diantaranya Maximized Your Potential, Boost Your Performance, Building High Performance Teams, The Power of Working with Emotional Intelligence, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Pelajari cara mudah menggali potensi leadership, memaksimalkannya baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance

– Ketahui cara membangun Team yang berperforma tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan melalui Building High Performance Teams

– Ketahui cara meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

Detail info in house training hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends