10 Tips Sukses Online Training Ini Terbukti Ampuh Upgrade Skills Anda

Online Training

Online training – Ketahui 10 Tips sukses berikut ini terbukti ampuh upgrade skills Anda

Online training adalah pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan dalam diri Anda. Pelaksanaan kegiatan ini melalui sebuah platform digital dan memerlukan jaringan internet.

Pelatihan secara online ini merupakan sebuah solusi untuk Anda yang tetap ingin belajar namun tidak harus melakukan usahan yang besar, seperti menyediakan waktu khusus untuk hadir, biaya untuk transport dan sebagainya.

Namun dalam mengikuti pelatihan online tidak bisa asal saja loh. Anda harus memastikan bahwa training yang Anda ikuti baik dan benar agar hasilnya berdampak untuk diri Anda.

Oleh karena itu, sudahkah Anda mengetahui tips sukses pelatihan secara daring untuk dapat meningkatkan kemampuan Anda? Kali ini ALC sudah merangkum 10 tips agar pelatihan online yang Anda ikuti bermanfaat untuk meningkatkan skills Anda.

Tapi sebelum kita membahas mengenai tips sukses pelatihan online, yuk sama-sama kita ketahui terlebih dahulu pengertiannya secara detail. Baca sampai selesai ya jangan sampai ada yang terlewatkan.

Apa Itu Online Training?

Online training adalah kegiatan pelatihan yang pelaksaannya melalui aplikasi, web maupun platform digital dan memerlukan koneksi internet. Sehingga Anda tidak perlu melakukan tatap muka secara fisik dalam kegiatan ini.

Pelatihan online merupakan sebuah solusi untuk Anda yang memiliki kesibukan tetapi tetap terus ingin belajar dan mengupgrade skills Anda. Selain itu training ini juga sangat memudahkan Anda dalam hal waktu serta bugdet.

Bukan hanya itu saja, melalui training online Anda bisa mengasah skills, menambah pengetahuan & wawasan, Anda dapat bertukar pikiran dengan orang baru serta menjalin interaksi dan relasi. Tidak heran jika metode pelatihan secara online ini sangat diminati beberapa tahun belakangan ini.

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian dari pelatihan online kan? Selanjutnya yuk sama-sama kita ketahui 10 tips sukses berikut ini yang sudah terbukti ampuh meningkatkan skills Anda. Simak sampai habis ya!

10 Tips Sukses Online Training

Pertama, ubah mindset Anda bahwa online training itu tidak efektif.

Sebelum mengikuti pelatihan online Anda perlu mempersiapkan diri Anda dengan baik. Hindari pola pikir negatif mengenai e-learing. Mungkin Anda sering mendengar bahwa mengikuti kegiatan tersebut adalah membuang waktu dan tidak ada hasil.

Tapi hal tersebut tidaklah benar. Berdasarkan ALC Survey di tahun 2020-2021 pada 473 alumni yang berasal dari perusahaan multinasional di Indonesia yang pernah mengikuti training online menunjukkan peningkatkan yang signifikan baik dalam kinerja dan juga mindset. 

Menurut Continuing Professional Development training online memiliki manfaat, diantaranya bersifat fleksibel, bisa diakses di manapun dan kapanpun dan menghemat biaya karena training online pelaksanaannya 25%-60% lebih pendek dari pada pelatihan secara offline tentu saja hal ini dapat menghemat budget dan waktu Anda.

Kedua, ciptakan suasana yang membuat Anda nyaman.

Pastikan ketika mengikuti kegiatan pelatihan secara online, Anda dalam kondisi lingkungan yang tenang dan nyaman. Karena hal ini adalah salah satu kunci utama agar Anda tetap bisa fokus.

Ketika Anda tidak dapat menemukan tempat yang nyaman dan tenang, Anda bisa menggunakan earphone maupun headset agar Anda tetap bisa fokus mendengarkan materi yang trainer sampaikan. Sehingga Anda tetap bisa mengikuti pelatihan online secara efektif dan efisien.

Ketiga, pelajari materi sebelum online training berlangsung.

Dengan mempelajari materi sebelum pelatihan online berlangsung membuat Anda semakin siap dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ibaratnya nih Anda sudah siap senjata sebelum berperang.

Mempelajari materi training membantu Anda untuk memahami pengetahuan apa saja yang Anda dapatkan selama training berlangsung. Anda juga bisa merangkum bagian materi yang Anda anggap susah dan bisa Anda tanyakan pada trainer ketika sesi tanya jawab.

Tidak ada ruginya untuk mempelajari materi training di luar jadwal pelaksanaannya. Karena hal tersebut dapat memudahkan Anda mengingat materi dan membuat Anda menjadi pembelajar sejati.

 –

Keempat, jangan lakukan multitasking.

Banyak orang beranggapan bahwa multitasking membuat suatu hal yang kita kerjakan dapat terselesaikan dengan cepat. Memang tidak ada salahnya memiliki skills multitasking. Eits, tapi multitasking ternyata memiliki dampak buruk loh.

Dampak buruk multitasking adalah Anda lebih cepat stres dan apa yang Anda kerjakan tidak terselesaikan dengan baik & maksimal. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan ketika mengikuti pelatihan online.

Pastikan ketika mengikuti training online, Anda tidak melakukan kegiatan lain. Karena hal tersebut dapat merusak fokus dan konsentrasi Anda sehingga hasil dari training online yang Anda ikuti tidak maksimal.

Kelima, buat catatan.

Buatlah catatan dengan merangkum poin yang Anda anggap penting ketika Anda mengikuti pelatihan online. Sehingga Anda tetap bisa memahami isi materi yang trainer sampaikan dan memudahkan Anda untuk mengingat kembali apa yang trainer sampaikan selama kegiatan berlangsung.

Keenam, manfaatkan online training sebaik mungkin.

Ketika mengikuti pelatihan secara daring, jangan ragu memanfaatkan setiap fasilitas yang disediakan oleh lembaga training dan juga perusahaan. Misalnya, ada fasilitas berupa e-book atau jam tambahan untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. Kesempatan itu jangan Anda sia-siakan, maanfaatkan dengan baik.

 –

Ketujuh, ikuti seluruh kegiatan online training.

Biasanya pelaksanaan pelatihan online bisa dalam beberapa hari terbagi dalam beberapa batch (grup). Tentu saja Anda ingin mendapatkan pengetahuan dan wawasan secara penuh kan?

Caranya adalah sangat mudah, yaitu pastikan Anda selalu mengikuti seluruh kegiatan pelatihan online secara full dan sampai selesai sesuai dengan jadwal pelaksaannya.

Karena tentu saja setiap materi yang trainer berikan berbeda, jadi ketika Anda melewatkan kesempatan tersebut begitu saja Anda dapat dipastikan output yang Anda terima dari kegiatan pelatihan online tidaklah maksimal.

 –

Kedelapan, dorong diri untuk aktif selama kegiatan online training berlangsung.

Ketika Anda mengikuti pelatihan online pastikan Anda menjadi peserta training yang aktif dan antusias selama kegiatan berlangsung. Aktif dalam hal ini bukan berarti Anda terus berkomentar dalam kolom chat peserta ya.

Lalu bagaimana ya caranya menjadi peserta training yang aktif dan antusias? Caranya adalah Anda memberikan respon yang baik plus aktif menjawab pertanyaan. Ketika Anda menjadi peserta yang aktif, Anda dapat menciptakan komunikasi yang efektif antara Anda, trainer maupun perserta lainnya.

Dengan menjadi peserta yang aktif dapat melatih rasa percaya diri Anda dalam menyampaikan pendapat maupun komentar plus skills komunikasi Anda semakin terasah dengan baik.

Kesembilan, cermat dan teliti dalam memilih jasa provider training.

Banyak sekali provider ataupun lembaga yang membuat program online training gratis. Eits tapi Anda jangan mudah terjebak dengan kata-kata gratis ini. Karena belum tentu materi yang Anda dapatkan bisa Anda aplikasikan dengan baik dalam pekerjaan dan keseharian.

Pastikan Anda memilih training provider terbaik dan berkompeten di bidangnya. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu mengenai lembaga training tersebut melalui Google.

Anda juga harus cermat dan teliti sebelum memilih, lihatlah bagaimana penilaian para costumer yang menggunakan jasa provider training tersebut, pengalaman mereka serta kemampuan lembaga pelatihan dalam menjawab & menyesuaikan kebutuhan dan kondisi Anda.

 

Kesepuluh, cari trainer yang expert di bidangnya.

Sama seperti poin sebelumnya, untuk mendapatkan pelatihan online berkualitas pastikan trainer/ coach dan motivator yang Anda pilih berkualitas. Karena berhasil atau tidaknya sebuah pelatihan bergantung dari bagaimana seorang pelatihan menyampaikan materinya.

Pastikan melihat seberapa banyak review positif atas trainer atau motivator yang Anda pilih, lihat kiprahnya dan seberapa banyak orang yang merasakan dampak positifnya.

Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai trainer trainer/ coach dan motivator yang baik dan berkualitas Anda bisa membaca artikel berikut ini motivator Indonesia terbaik di bidangnya, motivator terkenal di Indonesia dan motivator Indonesia terbaik.

Setelah Anda membaca artikel ini yang membahas mengenai pengertian dan bagaimana cara agar training online yang Anda ikuti dapat berdampak untuk meningkatkan skills Anda melalui 10 tips yang sudah ALC berikan di atas.

Karena pelatihan online yang Anda ikuti tidak dapat bermanfaat jika Anda hanya duduk dan mendengarkan saja. So, jangan lupa aplikasikan 10 tips dari ALC ya!

Pernahkah Anda mengikuti online training? Tapi hasilnya belum maksimal, perubahan dan dampak yang Anda rasakan tidak bertahan lama? Anda juga tidak bisa menemukan jasa provider training online terbaik?

Tidak usah panik ya. Tenang saja. Ada solusinya ko. Mengikuti pelatihan online bersama ALC Leadership Management adalah jawaban terbaik untuk meningkatkan skills Anda.

Kenapa harus ALC?  Karena ALC merupakan pusat training leadership management online dan offline terbaik di Indonesia yang sudah dipercaya 357 perusahaan dan 35.276 alumni. ALC memiliki topik pelatihan secara daring ter up to date dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dimana materi pelatihan online yang ALC berikan mudah Anda aplikasikan dalam pekerjaan dan keseharian. Serta perubahan yang Anda rasakan dapat bertahan lama meskipun program telah selesai Anda ikuti.

Tingkatkan skills Anda bersama ALC Leadership Management:

– Pahami bagaimana cara meningkatkan kemampuan memikirkan dan mengucapkan hal-hal yang tidak terpikiran oleh orang, menubah cara pandang & mendorong Anda bertindak nyata serta meningkatkan jiwa kreatif Anda,  melalui Creative Thinking In Digital Era.

–  Mengajak Anda meningkatkan kemampuan berpikir dan analitis dengan siklus PDCA dan 7 QC Tools, melalui Problem Solving And Continuous Improvement Using PDCA & 7 QC Tools.

– Mengajak Anda mempelajari bagaimana cara ampuh agar percaya diri, mampu meyakinkan mitra bisnis Anda serta sukses dalam presentasi, melalui Powerful Business Presentation.

Butuh training ALC? Silahkan Hubungi team ALC di 087779199555

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp