fbpx

10 Tips Sukses Online Training Dalam Proses Pengembangan Karyawan

Online Training

Online Training Untuk Pengembangan Karyawan di Era Pandemic? Yuk Simak 10 Tips Suksesnya!

Pada era pandemic semua hal mengalami perubahan. Mulai cara berinteraksi sampai dengan menyelesaikan dan bekerja dilakukan secara online. Pandemic tidak menghalangi sebuah perusahaan untuk terus berkembang dan persaingan antar perusahaan juga terus berlangsung.

Perusahaan tak hanya memerlukan modal yang cukup, tetapi juga membutuhkan peran dan andil sumber daya manusianya yang mendukung keberhasilan perusahaan tersebut. Bagaimana caranya agar tujuan perusahaan bisa tercapai meskipun ditengah masa pandemic? Yaitu dengan cara mempertahankan kualitas dan potensi terbaik sumber daya manusia di perusahaan tersebut, salah satunya adalah karyawan/staf pekerja.

Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas tidak bisa dengan cara yang cepat dan instan, memerlukan waktu dan juga pelatihan sumber daya manusia.

Pelatihan sumber daya manusia di era pandemic bisa diikuti dan dilaksanakan secara online. Pelatihan online ini bisa dipilih oleh para pemimpin sebagai cara untuk tetap mengembangkan dan meningkatkan kemampuan karyawannya.

Pada saat ini banyak perusahan yang tertarik dengan online training sebagai alternative pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kredibilitas karyawannya. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya perusahaan yang mengadakan online training untuk para karyawannya.

Online Training adalah pelatihan yang diselenggarakan atau diadakan melalui jaringan internet dan menggunakan media/platform digital sehingga tidak memerlukan tatap muka secara fisik dan dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Inilah 10 Tips Sukses Online Training dalam Proses Pengembangan Karyawan

Pertama, pahami kebutuhan perusahaan Anda. Pada setiap perusahaan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Perlu Anda ketahui bahwa pengembangkan karyawan dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas dan performa kerja karyawan yang ada diperusahaan tersebut.

Karena jika karyawan memiliki kredibilitas dan performa kerja yang baik, hal itu semua akan membawa dampak positif pada perusahaan tersebut. Program pengembangan karyawan disusun dan dirancang sesuai dengan kekurangan, dan kelebihan, serta culture yang ada di perusahaan Anda.

Anda juga bisa menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Menurut Freddy Rangkuti, analisis SWOT bisa membantu Anda dalam melihat hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Analisis SWOT juga bisa Anda jadikan dasar untuk menyusun strategi dalam pengembangan karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Baca juga : Jasa In House Training, Tujuan Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Kedua, dukungan Top Management atau petinggi perusahaan. Dukungan Top Management atau petinggi perusahaan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program training yang akan dijalankan.

Contoh kasus sederhananya adalah seperti ini, A bekerja sebagai karyawan sudah bekerja dengan semaksimalnya, lalu A diberikan atau diikut sertakan pada sebuah pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi dalam dirinya, dan pemimpin di perusahaan A memberikan dukungan baik secara lisan dan tindakan, tentu A menjadi senang dan memberikan yang terbaik pada perusahaan tempatnya bekerja.

Dari contoh kasus diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa peran Top Management atau petinggi perusahaan sangat dibutuhkan. Meskipun tidak terjun langsung membantu karyawannya, para petinggi karyawan ini adalah panutan para staf pekerjanya. Adanya komunikasi dan interaksi antara petinggi dan staf pekerja akan menghasilkan kesinambungan untuk tercapainya tujuan perusahaan.

Ketiga, buat karyawan merasa butuh pelatihan. Menempatkan karyawan dalam lingkungan kerja yang memiliki target, membuat karyawan harus bekerja sebaik mungkin menyelesaikan target dan tanggung jawabnya dalam pekerjaan tersebut.

Dengan situasi tersebut ditambah dengan kemajuan dan perubahan teknologi dan situasi yang dialami, membuat pengetahuan dan skills karyawan harus terus berkembang dan bertambah. Hal ini bisa dijadikan acuan bahwa karyawan harus mendapatkan pelatihan yang akan menjadikannya aset besar perusahaan.

Anda bisa mengadakan coaching dan counseling untuk karyawan Anda.  Salah satu manfaat dari coaching dan counseling adalah kinerja tim menjadi jauh lebih baik. Tujuan dari coaching adalah membuka potensi karyawan untuk memaksimalkan kinerjanya, sedangkan counseling itu sendiri adalah membantu karyawan dalam memahami kinerjanya.

Keempat, tingkatkan motivasi karyawan. Meningkatkan motivasi karyawan adalah salah satu kunci keberhasilan berjalannya sebuah pelatihan. Karena dengan motivasi yang tinggi, bisa membuat karyawan memiliki kemauan untuk terus menambah kemampuan dan pengetahuan. Motivasi sangat berpengaruh dalam kinerja karyawan. Dengan motivasi yang besar karyawan  akan merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan Coaching and mentoring. Di mana tujuan dari coaching and mentoring adalah menemukan serta menumbuhkan potensi yang ada didalam diri karyawan. Sehingga jika diberikan pelatihan, tidak akan sia-sia dan bisa tepat sasaran.

Kelima, kenali potensi & minat yang ada dalam diri karyawan. Jika Anda seorang pemimpin, Anda harus mengetahui potensi & minat yang ada dalam diri karyawan Anda. Hal ini bisa Anda antisipasi dengan bekerja sama dan berkomunikasi dengan kepala divis masing-masing bagian, dengan melakukan diskusi dan pelatihan seperti apa yang dibutuhkan untuk dapat menunjang kemampuan dan potensi yang ada di setiap karyawan pada bagian itu.

Sehingga tidak akan terjadi pelatihan tidak memberikan manfaat, karena materi pelatihan tidak ada kesinambungan dengan potensi & minat karyawannya, sia-sia sekali bukan?

Keenam, pilih lembaga training yang berkompeten. Jika Anda membutuhkan lembaga training Indonesia untuk membantu memberikan pelatihan, pastikan lembaga training tersebut memiliki nama yang jelas dan mudah mencari informasi tentang lembang training tersebut.

Anda bisa mencarinya lewat Google. Pastikan lembaga tersebut memiliki penilaian positif dari para kliennya yang sudah bekerjasama dengan lembaga training tersebut, dan memiliki trainer yang berpengalaman, serta pelatihan yang diberikan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi yang terjadi di perusahaan Anda.

Ketujuh, cari trainer/ motivator terpercaya dan ahli dibidangnya. Anda bisa mencari informasi mengenai trainer tersebut dengan mencarinya di Google, melihat riview positif dari para kliennya, dan seberapa banyak perusahaan yang dibantunya serta seberapa besar dampak dari pelatihan yang diberikan.

Anda juga bisa membaca tentang riwayat trainer yang akan Anda pilih, atau Anda bisa membaca artikel mengenai motivator Indonesia 2021, motivator terkenal di Indonesia, motivator Indonesia terbaik, dan motivator terkenal Indonesia.

Kedelapan, sesuaikan budget. Perusahaan besar pasti menyisihkan sejumlah dana atau budget untuk program pelatihan bagi sumber daya manusia di perusahannya. Sebelum Anda memilih bantuan trainer dari luar pastikan budgdet yang disediakan itu mencukupi, karena menggunakan bantuan dari trainer luar pasti memerlukan budget yang tidak sedikit, jika budget tidak cukup Anda bisa menggunakan para trainer internal di perusahaan Anda.

Kesembilan, materi pengembangan yang terjadwal dan berkelanjutan. Program pelatihan pengembangan karyawan yang berhasil dan sukses adalah program yang dilakukan secara rutin, terjadwal, dan berkesinambungan.

Program pelatihan karyawan tidak bisa hanya dilakukan secara sekali atau dua kali saja, lalu setelahnya materi pelatihan diganti lagi dengan materi yang baru. Itu tidak bisa dilakukan dan hanya membuang-buang waktu dan budget.

Karena itu, sebaiknya ketika Anda ingin mengadakan program pelatihan program pengembangan karyawan, pastikan pelatihan itu berkesinambungan, berkala, dan materi yang diberikan terus meningkat sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang dialami oleh perusahaan.

Baca juga : Training Motivasi Karyawan, Ketahui Dampak Besarnya

Kesepuluh, melakukan evaluasi & feedback. Training proses pengembangan karyawan tidak hanya mengenai persiapan dan berlangsungnya program pengembangannya. Perusahaanpun harus memperhatikan tahapan evaluasinya. Sebagai contoh, seorang pelari, berlari di lintasan dimulai dari tahap start dan berakhir di garis finish. Hal itu juga yang harus dilakukan ketika mengadakan training.

Tujuan evaluasi adalah untuk menilai sejauh dan seberapa efektifnya program training yang sudah dilakukan dan mengetahui apa saja hal yang bisa diperbaiki. Perusahaan juga bisa melihat sejauh mana karyawan mengikuti pelatihan yang ada. Selain itu, bisa melangsungkan survey terkait feedback dari para karyawan yang sudah mengikuti training pengembangan karyawan yang sudah dilakukan.

Nah, Setelah menyimak 10 Tips Sukses Online Training dalam Proses Pengembangan Karyawan, sudahkah perusahaan Anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends