4 Kemampuan Yang Didapat Dari Training Leadership Skills

seorang pria sedang berdiri dan menjelaskan sesuatu depan rekan-rekannya
Daftar Isi

Anda seorang manajer yang tengah memimpin proyek besar? Apakah Anda sudah memiliki skills kepemimpinan yang diharapkan oleh perusahaan? Siapapun Anda, semua pemimpin yang berkompeten memerlukan seperangkat soft skill untuk dapat berinteraksi positif dengan karyawan atau anggota tim.

Banyak yang setuju bahwa ada beberapa orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin hebat. Ada juga yang percaya bahwa pemimpin hebat itu bukan dilahirkan, melainkan dibentuk. Pertanyaannya, bagaimana cara membentuk pemimpin hebat ini? Dan bagaimana proses pembelajarannya? Nah, masalahnya tidak sesimpel itu.

Tidak ada manual atau buku panduan yang memberikan semua trik untuk menjadi pemimpin hebat. Bahkan saat di sekolahpun tidak ada mata pelajaran yang bersinggungan dengan leadership. Tetapi ada satu hal dasar yang pasti. Kepemimpinan melibatkan soft skill. Intinya adalah, kepemimpinan yang hebat memiliki soft skill yang hebat pula.

 

Soft Skill Apa Saja Yang Dibutuhkan Perusahaan?

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dimana dapat mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi, mengawasi, dan juga mengayomi SDM agar bisa menyelesaikan tugas yang sudah direncanakan sesuai dengan tujuan perusahaan. Suatu perusahaan dapat berkembang dengan baik atau tidak, salah satu faktor penentu adalah kemampuan kepemimpinan seorang pemimpin perusahaan.

Baca juga : Inilah Manfaat Training On Leadership Untuk Kesuksesan Karir

Training leadership memfasilitasi kita untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Dari sinilah kita akan mendapatkan banyak sekali skill set untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. Jadi, Apa saja soft skill yang paling banyak diminta oleh perusahaan? Mengapa mengembangkan skills kepemimpinan sangat penting di tempat kerja? Yuk kita simak bersama-sama!

1. Skill Set Training Leadership 

Kemampuan berkomunikasi pada umumnya sudah ada pada setiap individu. Namun tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Pesan yang disampaikan harus dapat diterima dengan baik. Diterima secara cepat tanpa adanya pengulangan dan mispersepsi.

Sebagai seorang pemimpin, kita harus dapat menjelaskan dengan jelas dan ringkas kepada karyawan atas segala sesuatu. Mulai dari goals besar organisasi hingga tugas tertentu. Pemimpin harus menguasai semua bentuk komunikasi.

Baik itu komunikasi langsung, maupun komunikasi melalui telepon, email, chat, dan media sosial. Kunci utama komunikasi adalah mendengarkan. Seorang pemimpin harus mau meluangkan waktu untuk mendengarkan masalah dan keluhan karyawannya. Agar bisa mencapai tujuan ini kita perlu melatih kemampuan berkomunikasi kita melalui Training on leadership.

2. Kemampuan Mengembangkan Kinerja Tim 

Teamwork makes the dream work. Pemimpin bertanggung jawab untuk memberikan tugas kepada tim. Namun tidak hanya sebatas itu. Pemimpin harus mempercayai skills dan kompetensi anggota tim lainnya untuk membangun teamwork dan menciptakan team solid.

Tugas seorang pemimpin ketika dipercaya memimpin sebuah tim adalah bisa mengembangkan kinerja tim tersebut agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan tepat waktu.

Kita juga harus memahami kepribadian setiap anggota tim sehingga bisa bisa menyesuaikan cara berkomunikasinya. Memiliki komunikasi yang baik ketika menyampaikan tujuan adalah hal yang akan dipelajari dan didapatkan ketika mengikuti training leadership. Sebagai pemimpin yang baik Anda harus mengikuti training leadership agar dapat mengembangkan kinerja tim Anda.

3. Menciptakan Suasana Kerja Yang Positif 

Sikap kita yang selalu positif sangat berpengaruh di tempat kerja. Fakta menariknya, kita harus bisa tertawa bahkan ketika sesuatu tidak sesuai rencana. Eits, jangan salah loh. Justru sifat positif inilah yang membuat lingkungan kerja menjadi menyenangkan. Sehingga stress akibat tekanan dan tuntutan yang tinggi bisa kita minimalisir.

Jika kita bisa membuat karyawan kita bekerja di lingkungan yang positif, keinginan mereka untuk bekerja lebih tinggi. Bukankah ini yang diharapkan perusahaan? Nah, beberapa skills yang membantu menciptakan suasana seperti ini adalah peduli, hindari konflik, empati, menolong sesama, humor, interpersonal, dan saling menghormati.

4. Fleksibel Dalam Memimpin 

Trouble dan perubahan selalu terjadi di tempat kerja. Kita sebagai pemimpin harus fleksibel, menerima perubahan apa pun yang menghampiri kita. Di sinilah karyawan akan lebih respek kepada kita karena menerima perubahan dengan tenang.

Fleksibel pada intinya adalah terbuka terhadap segala kritik dan feedback. Contoh, ketika ada karyawan yang tidak puas dengan aspek lingkungan kantor, justru kita tidak boleh emosi. Dengarkan kekhawatiran mereka dan beranilah untuk melakukan perubahan.

Baca juga : Simak Pentingnya Leadership Training Bagi Perusahaan

Skills yang terkait dengan fleksibilitas seorang pemimpin adalah adaptasi, improvisasi, negosiasi, terbuka terhadap saran, mengenali potensi dan skills masing-masing karyawan, dan yang terakhir memperlakukan karyawan sebagai individu.

Manfaat Training Leadership

Pertama, meningkatkan produktivitas karyawan.

Kedua, menciptakan regenerasi kepemimpinan di sebuah perusahaan.

Ketiga, mengembangkan kemampuan Power of Working with Emotional Intelligence.

Keempat, dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan.

Nah, Setelah menyimak Skills Yang Anda Dapatkan Setelah Mengikuti Training Leadership, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training Leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training leadership yang disukai klien kami di antaranya Leading Change, Lead and Influence to Greatness, Maximized Your Potential, Boost Your Performance dsb.

 

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

  1. Pahami bagaimana cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan Dengan ALC METHOD, melalui Leading Change.
  2. Pelajari bagaimana cara membangun pengaruh melalui pemberdayaan team. Juga meningkatkan ownership & komitmen Anda beserta Team. Dan bukan dengan melalui perintah semata, melalui Lead and Influence to Greatness
  3. Ketahui bagaimana cara sederhana menggali potensi, mengenal karakter, values & beliefs Anda selama ini. Menjadikan values perusahaan menyatu di pekerjaan serta meningkatkan keahlian dengan potensi maksimal, melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555S

Artikel Lainnya
Strategic Leadership
  • 27/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 04/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 18/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom