Tujuan dan Value Perusahaan : Arti, Manfaat, & Contohnya

Daftar Isi

Tujuan perusahaan adalah untuk mencapai kesuksesan finansial dan operasional dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, mempertahankan keunggulan kompetitif, dan meningkatkan nilai bagi pemegang saham. Sementara itu, nilai-nilai perusahaan mencakup integritas, inovasi, keberagaman, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan.

Integritas menjamin transparansi dan kejujuran dalam semua interaksi perusahaan, sedangkan inovasi memacu perkembangan dan keunggulan produk. Keberagaman memperkaya perspektif dan kreativitas, sementara tanggung jawab sosial mencerminkan komitmen perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Terakhir, keberlanjutan adalah upaya untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Namun apa sih sebenarnya tujuan dan value perusahaan itu? Yuk simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Apa itu Tujuan Perusahaan?

Tujuan perusahaan adalah panduan utama yang menentukan arah dan fokus dari aktivitas bisnis. Secara umum, tujuan perusahaan mencakup pencapaian keberhasilan finansial, pertumbuhan, keberlanjutan, dan memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan. Keberhasilan finansial termasuk mencapai laba yang konsisten, pertumbuhan pendapatan, dan pengembalian investasi yang menguntungkan bagi pemegang saham.

Pertumbuhan mengacu pada ekspansi perusahaan dalam hal pasar, produk, atau layanan yang ditawarkan. Keberlanjutan menggambarkan komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang ramah lingkungan dan sosial untuk jangka panjang.

Selain itu, memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan mencakup memberikan produk atau layanan berkualitas kepada pelanggan, memberikan nilai bagi karyawan melalui kesempatan pengembangan dan kompensasi yang adil, serta berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan di mana perusahaan beroperasi. Dengan mengikuti tujuan yang jelas, perusahaan dapat mengarahkan upaya mereka untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif secara luas.

Apa itu Value Perusahaan?

Value perusahaan mengacu pada prinsip-prinsip, keyakinan, dan perilaku yang menjadi landasan budaya perusahaan. Nilai-nilai ini mencerminkan identitas, moralitas, dan tujuan perusahaan, serta menjadi panduan bagi setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Nilai perusahaan tidak hanya tercermin dalam kata-kata, tetapi juga dalam tindakan nyata yang dilakukan oleh manajemen dan karyawan. Mereka membentuk fondasi untuk membentuk hubungan dengan pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat secara keseluruhan. Contoh nilai perusahaan meliputi integritas, keberlanjutan, inovasi, kerjasama, keadilan, dan tanggung jawab sosial.

Pentingnya nilai-nilai ini tidak hanya terbatas pada kesuksesan finansial, tetapi juga pada reputasi perusahaan, kepuasan pelanggan, retensi karyawan, dan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat. Dengan menerapkan nilai-nilai ini secara konsisten dalam setiap aspek bisnisnya, perusahaan dapat membangun budaya yang kuat, mendukung pertumbuhan berkelanjutan, dan menjaga kepercayaan dari semua pemangku kepentingan.

Baca juga : 

5 Contoh Pelatihan Kerja yang Meningkatkan Kinerja Karyawan

Perbedaan Tujuan dan Value Perusahaan

Meskipun terkait erat, terdapat perbedaan yang penting antara tujuan dan value perusahaan. Tujuan perusahaan berfokus pada hasil yang ingin dicapai, sedangkan value perusahaan berfokus pada prinsip dan nilai yang ingin dijunjung tinggi dalam budaya kerja organisasi tersebut.

Selain itu, value dalam perusahaan juga mencerminkan prinsip yang akan berlaku secara berkelanjutan. Sedangkan, tujuan perusahaan sangat berhubungan dengan hasil yang hendak dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, tujuan perusahaan biasanya akan bersifat konkret dan terukur. Hal ini cukup kontras dengan nilai yang harus dimiliki perusahaan karena memiliki ciri khas abstrak dan lebih sulit diukur secara langsung.

Mengapa Tujuan dan Value Penting Bagi Perusahaan? Apa Saja Manfaatnya?

Setelah mengetahui tujuan beserta core value perusahaan, tentu Anda akan merasa betapa pentingnya kehadiran kedua aspek tersebut dalam membagun sebuah organisasi yang dinamis.

Apalagi, value dan tujuan perusahaan ini merupakan komponen kunci dari budaya tempat kerja yang sehat karena menjelaskan bagaimana setiap individu dalam organisasi tersebut harus berperilaku.

Sayangnya, sebuah riset dari Gallup menunjukkan jika hanya 23% karyawan di Amerika Serikat yang sadar bahwa menerapkan nilai-nilai organisasi mereka ke dalam pekerjaan mereka merupakan hal penting untuk dilakukan.

Padahal, tujuan dan value perusahaan inilah yang mampu memberikan pernyataan dengan jelas kepada karyawan mengenai apa saja yang harus diperjuangkan. 

Nilai-nilai perusahaan ini juga akan memberikan setiap karyawan panduan tepat dan terarah untuk pekerjaan mereka agar merasa lebih aman.

Hal ini tentu akan memberikan dampak yang sangat bagus bagi para karyawan sehingga mereka cenderung mampu dalam membuat keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan organisasi.

Tentunya, ada beberapa manfaat value perusahaan lainnya yang mampu mendukung pertumbuhan organisasi itu sendiri, diantaranya adalah:

1. Menjadi Panduan yang Strategis

Umumnya, tujuan perusahaan adalah membantu mengarahkan perencanaan strategis dan memberikan fokus pada hasil yang ingin dicapai.

Sedangkan, value perusahaan menawarkan manfaat supaya dapat menjadi panduan budaya organisasi sehingga membentuk interaksi dan pengambilan keputusan yang efektif di dalamnya.

2. Identitas Perusahaan yang Semakin Kuat

Jika sebuah organisasi paham betul cara membentuk value perusahaan, maka secara otomatis identitasnya akan semakin menguat. Pada tahap ini, perusahaan Anda sudah memiliki nilai di mata umum yang mampu membedakannya dengan perusahaan pesaing.

Oleh karena itu, kehadiran value perusahaan ini sangat penting untuk memenangkan kepercayaan pelanggan.

3. Meningkatkan Retensi Karyawan yang Berkualitas

Terakhir, manfaat tujuan dan value perusahaan yang kuat dapat menarik karyawan yang berbagi nilai-nilai dan tujuan yang sama.

Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan retensi karyawan, membangun tim yang kuat, hingga meningkatkan produktivitas.

Contoh Tujuan dan Value Perusahaan Ternama

Nilai-nilai organisasi merupakan salah satu faktor mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan menciptakan budaya perusahaan secara keseluruhan.

Value perusahaan ini meliputi banyak aspek termasuk mengelola karyawan, menciptakan pengalaman pelanggan, dan membuat keputusan penting.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh value organisasi pada berbagai perusahaan terkemuka untuk dijadikan pelajaran, diantaranya adalah:

1. Apple

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi raksasa yang membawa nilai-nilai organisasi sederhana tapi ternyata sangat efektif dalam meningkatkan pelayanannya.

Dimana, Apple memiliki company value dalam beberapa hal penting yaitu:

    1. Aksesibilitas dengan teknologi berkualitas dan dapat dijangkau oleh banyak orang di seluruh dunia.
    2. Privasi terjaga karena semua produk Apple dirancang secara khusus untuk melindungi privasi dan memberikan pada penggunanya kendali atas informasi yang mereka miliki.

Nilai-nilai yang dimiliki oleh Apple ini benar-benar menampilkan segala hal yang bisa ditawarkan oleh perusahaan kepada para penggunanya. Dimana mereka menyoroti betul perlindungan privasi data pengguna yang hampir belum mampu dilakukan oleh jenis kompetitornya.

2. Starbucks

Banyaknya kedai kopi baru yang hadir membanjiri banyak kota hampir di seluruh dunia ternyata tetap tidak bisa menyudutkan eksistensi dari Starbucks.

Tentunya, kemampuan Starbucks untuk tetap eksis di tengah gempuran usaha kopi lain ini tidak terlepas dari value brandnya yang sangat kuat bahkan di mata konsumen itu sendiri.

Beberapa value perusahaan yang dimiliki oleh Starbucks ini antara lain adalah:

    1. Menciptakan budaya kehangatan dan rasa memiliki, di mana semua orang dapat diterima dengan baik tanpa dibeda-bedakan.
    2. Selalu bertindak dengan berani dan menemukan cara baru untuk berkembang serta berinovasi.
    3. Selalu bersifat transparan, bermartabat, dan penuh rasa hormat.
    4. Hanya menyajikan yang terbaik dan bertanggung jawab atas hasil yang diberikan.

Bahkan pada poin pertamanya saja sudah sangat terlihat jika kunci kesuksesan Starbucks adalah suasana hangat yang dihadirkan dalam tokonya. Jadi membuat siapapun betah untuk berlama-lama untuk menghabiskan waktu di dalamnya.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Howard Schultz, ketua eksekutif dan mantan CEO-nya bahwa bisnis Starbucks sengaja dihadirkan untuk menciptakan komunitas di tempat ketiga antara rumah dan kantor.

Tidak heran jika bukan hanya kopinya saja yang berkualitas tapi tempatnya juga sangat homie dan nyaman untuk berbincang dengan rekan ataupun hanya sekedar bekerja sekalipun. Faktor inilah yang membuatnya masih terus eksis hingga sekarang.

Baca juga : 

Management Development Program adalah Kebutuhan Setiap Perusahaan

3. Microsoft

Contoh value perusahaan yang tidak kalah menarik untuk dikaji adalah Microsoft. Sebab perusahaan ini masih menjadi pemimpin global dalam bidang teknologi karena selalu berinovasi dan human-centric. Segala hal dirancang untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Walaupun termasuk dalam perusahaan besar dengan banyak inisiatif dan komunitas untuk dikelola, ternyata Microsoft masih menjaga filosofinya tetap sederhana.

Dimana ada 3 core value yang selalu mereka pegang hingga hari ini yaitu:

    1. Hormat (respect) dimana mereka menyadari bahwa pemikiran, perasaan, dan latar belakang orang lain adalah hal yang sangat valid.
    2. Berintegritas dengan selalu jujur, beretika baik dan dapat dipercaya.
    3. Akuntabilitas :Bertanggung jawab penuh atas segala keputusan, tindakan, dan hasil yang dimiliki.

Dalam konteks integritas dan akuntabilitas, Microsoft secara aktif memantau semua fasilitas vendor pemasoknya supaya bisa memastikan pengadaan material dilakukan secara bertanggung jawab.

Jadi tidak heran jika kualitas sistemnya masih menjadi yang banyak digunakan hari ini.

Kesimpulan

Tujuan dan nilai-nilai perusahaan sangat penting untuk membimbing aktivitas bisnis dan membangun budaya perusahaan yang kuat. Tujuan perusahaan mencakup pencapaian keberhasilan finansial, pertumbuhan, keberlanjutan, dan memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan. Di sisi lain, nilai-nilai perusahaan, seperti integritas, inovasi, keberagaman, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan, membentuk fondasi budaya organisasi.

Meskipun terkait erat, tujuan perusahaan dan nilai perusahaan memiliki perbedaan penting. Tujuan perusahaan menetapkan hasil yang ingin dicapai, sementara nilai perusahaan menentukan prinsip-prinsip dan perilaku yang ingin dijunjung tinggi dalam budaya kerja organisasi. Artinya, tujuan perusahaan lebih berkaitan dengan hasil yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu, sedangkan nilai perusahaan lebih abstrak dan mencerminkan identitas dan moralitas perusahaan.

Menerapkan tujuan dan nilai perusahaan dengan konsisten memberikan manfaat berupa panduan strategis, identitas perusahaan yang kuat, dan peningkatan retensi karyawan. Contoh-contoh dari perusahaan terkemuka, seperti Apple, Starbucks, dan Microsoft, menunjukkan bagaimana tujuan dan nilai perusahaan dapat membentuk budaya yang sukses dan berdampak positif pada karyawan, pelanggan, dan masyarakat secara luas. Dengan memahami dan mengimplementasikan tujuan dan nilai perusahaan, organisasi dapat mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan mendukung kepuasan semua pemangku kepentingan.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang
Leadership Fundamental
  • 25/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 14/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2
  • 4