Asesmen 12 Kompetensi Kepemimpinan

Asesmen 12 Kompetensi Kepemimpinan

Kompetensi kepemimpinan, mengukur efektif 12 leadership competency Anda

Kompetensi kepemimpinan adalah skills dan perilaku Anda sebagai pemimpin. Mengetahui kompetensi kepemimpinan atau yang dikenal dengan leadership kompetensi Anda semakin memahami potensi dalam diri Anda sebagai pemimpin.

Mengukur efektif leadership competensi membantu Anda mengetahui kompetensi kepemimpinan dalam diri Anda. Dengan mengetahui leadership kompetensi ini Anda semakin tahu potensi, kemampuan dan kekuatan dalam diri Anda sebagai pemimpin

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara mengukur kompetensi kepemimpinan Anda sebagai pemimpin, tes kompetensi kepemimpinan adalah jawabannya.

Sebelum mengetahui lebih detail mengenai tes kompetensi kepemimpinan secara detail, yuk sama-sama kita ketahui terlebih dulu apa sih arti kompetensi kepemimpinan.

Apa Arti Kompetensi Kepemimpinan?

Kompetensi kepemimpinan adalah kemampuan, skills dan pengetahuan seseorang dalam memimpin secara efektif. Sebagai seorang pemimpin, Anda wajib memiliki kompetensi kepemimpinan ini.

Dengan mengetahui kompetensi kepemimpinan atau bahasa kerennya nih leadership competency, Anda menjadi tahu kompetensi mana sajakah yang patut Anda kembangkan dan tingkatkan. Sehingga Anda mampu untuk melakukan evaluasi atas kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin.

Nah sekarang sudah tahu kan apa arti kompetensi kepemimpinan. So, agar tidak berlama-lama lagi, yuk sama-sama kita ketahui apa arti asesmen 12 kompetensi kepemimpinan.

Baca juga :

12 Kompetensi Soft Skill Wajib Anda Miliki Untuk Jadi Pemimpin Berkompeten

Apa Arti Asesmen 12 Kompetensi Kepemimpinan?

Asesmen 12 kompetensi kepemimpinan adalah penilaian efektif atas 12 leadership competency terkait kemampuan, skills dan pengetahuan Anda sebagai pemimpin.

Asesmen kompetensi kepemimpinan merupakan penilaian test secara efektif atas kemampuan, skills dan pengetahuan yang Anda miliki sebagai pemimpin. ALC menyelenggarakan assessment leadership competency untuk membantu Anda mengetahui potensi dan kekuatan Anda sebagai pemimpin.

Kompetensi kepemimpinan ini didesain ALC khusus untuk mengukur secara efektif leadership competency Anda. Membantu Anda Anda mengetahui kemampuan kepemimpinan dalam diri Anda, sehingga Anda mampu mengoptimalkan kekuatan yang Anda miliki.

Dengan asesmen 12 kompetensi kepemimpinan kami memberikan Anda jawaban bagaimana kemampuan dan sikap yang harus dimiliki pemimpin. Sehingga Anda mampu mengoptimalkan kekuatan dan memperbaiki kekurangan.

Adapun poin yang ada dalam tes 12 kompetensi kepemimpinan diantaranya Emotional Intelligence, Communication Skill, Delegation, Motivating Others, Problem Solving, Supervising Others, Manage Performance, Building High Performance Teams, Lead & Influence, Conflict Resolution, dan Strategic Leader. Untuk lebih detail, simak penjelasan selanjutnya. 

Wah semakin asyik saja nih pembahasannya. Nah sekarang yuk ah sama-sama kita simak lebih detail assesment 12 kompetensi. Baca sampai selesai ya, jangan ada yang terlewatkan loh.

Detail Assesment 12 Kompetensi Leadership

Menurut Ainy Fauziyah,  Leadership Coach & Motivator Indonesia yang merupakan founder ALC pusat training leadership management di Indonesia, mengatakan bahwa seorang pemimpin yang berkompeten harus memiliki 12 kompetensi kepemimpinan. Diantaranya :

Pertama, emotional intelligence. Sebagai pemimpin Anda harus memiliki kecerdasan emosional atau emotional (EQ). Dimana kemampuan ini memudahkan Anda untuk bisa mengidentifikasi, mengontrol, mengekspresikan, dan juga mengevaluasi.

Kedua, communication skills. Kepemimpinan bergantung pada komunikasi Anda yang efektif. Anda harus menyadari bahwa effective communication  membawa dampak positif yaitu kesuksesan Anda dan team.

Selain itu keterampilan ini juga memudahkan Anda sebagai pemimpin dalam menerapkan teknik berdiskusi dan menjalin komunikasi yang baik dengan team Anda.

Ketiga, delegation. Pemimpin yang kompetensi leadership harus memiliki kemampuan delegasi yang baik. Delegasi merupakan proses pengalihan tugas dari pemimpin kepada anggota team.

Sebagai pemimpin Anda harus mampu mendelegasikan tugas dengan baik dan efisien. Sehingga tugas/ pekerjaan lebih mudah diselesaikan, tetapi sebelum mendelegasikan tugas Anda harus memperhatikan beban kerja dan kemampuan anggota team Anda.

Baca juga:

Leadership Fundamental (1) – 6 Dasar Kepemimpinan Yang Wajib Anda Miliki

Keempat, motivating others. Mampu menginspirasi dan juga memotivasi orang lain hal ini adalah salah satu kunci dalam keberhasilan seorang pemimpin. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memberikan motivasi serta menginspirasi anggota tim Anda.

Dengan kemampuan ini, Anda mampu memberikan dampak positif untuk team Anda. Sehingga motivasi dan kinerja team Anda meningkat.

Kelima, problem solving. Salah satu skill seorang pemimpin baik adalah mampu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi. Sebagai pemimpin Anda wajib memiliki kemampuan ini.

Mampu menyelesaikan masalah dan berpikir kreatif memudahkan Anda dalam menemukan cara/ strategi menyelesaikan masalah. Tetapi Anda juga harus mampu meminimalisir resiko atas solusi atau jawaban yang Anda berikan.

Keenam, supervising others. Sebagai pemimpin Anda harus memiliki kemampuan untuk mengawasi kinerja teamnya. Eits, tapi jangan salah dulu ya pengawasan disini bukan berarti sebagai pemimpin Anda harus mengawasai setiap gerak-gerik team Anda.

Pengawasan disini lebih menekankan pada kinerja team Anda. Dengan kemampuan ini Anda dapat mendisiplinkan dan memantau serta mengevaluasi kinerja team Anda.

Ketujuh, manage performance. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu mengelola kinerja Anda dan juga team. Ingatlah dalam sebuah team kesuksesan bukan hanya milik Anda sebagai leader.

Dengan kemampuan mengelola kinerja yang baik, memudahkan Anda untuk bisa melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja team untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kedelapan, coaching, mentoring, counseling. Kemampuan selanjutnya yang harus Anda miliki adalah coaching, mentoring dan counseling. Kemampuan ini berguna untuk Anda mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengetahui kebutuhan setiap anggota team Anda.

Kesembilan, building high performance teams. Anda harus mampu membangun team dengan kinerja yang tinggi. Sebagai pemimpin Anda harus memahami bahwa kolaborasi mampu meningkatkan kinerja Anda dan team.

Sehingga Anda dan team mampu untuk terus menciptakan inovasi dan meningkatkan produktivitas untuk mencapai tujuan.

Kesepuluh, lead & influence. Memimpin melalui pengaruh. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu membangun hubungan yang kuat dan rasa hormat dengan team Anda. Anda juga harus mampu menyampaikan visi, misi dan tujuan Anda dengan baik.

Inilah fungsi seorang pemimpin, tidak hanya memberikan kepercayaan serta perintah saja. Tetapi harus memberikan arahan dan mengawasi kinerja team Anda agar sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga :

Leadership Fundamental (2) – Miliki 12 Kompetensi Leadership Berikut Ini

Kesebelas, conflict resolution. Anda harus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam team. Oleh karena itu sangat diperlukan conflict resolution skill untuk bisa menyelesaikan permasalahan tanpa memihak.

Anda harus mampu mendengarkan dan memberikan solusi yang baik atas permasalahan tersebut. Sehingga dapat terciptanya charachter and culture building yang positif dalam tim kerja dan lingkungan pekerjaan.

Keduabelas, strategic leader. Dengan kemampuan Anda mampu melakukan sebuah perencanaan strategis yang berdasarkan pada analisis dan juga evaluasi. Serta mampu menciptakan sebuah solusi yang menghasilkan sebuah pencapaian yang sesuai dengan tujuan.

Wah pembahasan kita semakin keren kan? So pasti pengetahuan Anda semakin bertambah kan mengenai assesment 12 competency leadership. Nah, sekarang yuk kita ketahui 5 manfaat mengikuti tes 12 komepetensi kepemimpinan. Simak sampai selesai ya.

5 Manfaat Mengikuti Asesmen/ Tes 12 Kompetensi Kepemimpinan

Pertama,meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja Anda. Salah satu manfaat mengikuti asesmen 12 kompetensi pemimpinan adalah Anda mengetahui kemampuan dalam diri Anda sebagai pemimpin.

Semakin Anda mengetahui kompetensi yang ada dalam diri Anda, Anda semakin termotivasi untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Produktivias kerja adalah kemampuan Anda bekerja yang terbaik sesuai standard dan kualitas yang telah ditentukan perusahaan.

Dengan meningkatkan produktivitas kerja Anda artinya Anda mampu membawa perusahaan menuju kesuksesan sesuai dengan tujuan, visi dan misi. Plus karir Anda dalam pekerjaan semakin meningkat.

Kedua, memudahkan pihak HC (Human Capital) perusahaan memetakan kebutuhan kompetensi apa saja yang sudah dan belum Anda miliki guna mencapai tujuan, visi dan misi perusahaan.

Baca juga :

10 Bukti ALC Sebagai Lembaga Training Leadership Terfavorit Di Jakarta

Ketiga, memudahkan pihak SDM atau HRD dalam melakukan seleksi kandidat untuk sebuah promosi jabatan.

Hasil dari test 12 kompetensi kepemimpinan memudahkan Anda dalam menempatkan posisi staff sesuai dengan kemampuannya, sehingga promosi jabatan bisa dilakukan dengan tepat.

Keempat, memudahkan perusahaan dalam mengembangkan Anda menjadi sdm unggul.

SDM unggul adalah karyawan yang cara kerjanya berkualitas serta memiliki kemampuan, skills dan pengetahuan di bidangnya.

Dengan hasil test 12 kompetensi kepemimpinan ini perusahaan bisa mempersiapkan strategi untuk bisa meningkatkan kemampuan  serta kompetensi Anda dan SDM lainnya sebagai aset perusahaan di masa depan.

Kelima, Memudahkan Anda mengetahui kompetensi apa sajakah yang sudah Anda dan belum Anda.

Anda menjadi tahu kompetensi mana sajakah yang patut Anda kembangkan dan tingkatkan.

Anda menjadi semakin termotivasi. Begitu juga dengan cara kerja Anda menjadi lebih baik. Hasil dari asesmen atas 12 kompeteni leadership ini memacu cara kerja Anda menjadi lebih baik.

Nah setelah mengetahui apa arti kompetensi kepemimpinan, mengenal lebih jauh mengenai assesment 12 kompetensi kompetensi dan 5 manfaat besar mengikuti tes 12 kompetensi kepemimpinan bersama ALC.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC. ALC merupakan pusat training leadership management Indonesia yang sudah dipercaya lebih berbagai perusahaan multinasional di Indonesia.

Memiliki tes online tools 12 kompetensi soft skill pemimpin berkompeten satu-satunya di Indonesia yang dampaknya sangat berguna untuk Anda sebagai pemimpin.

Yuk tingkatkan kompetensi kepemimpinan Anda bersama ALC. Kami akan mengajak Anda mengenal jauh lebih dalam kompetensi, potensi dan kekurangan dalam diri Anda sebagai pemimpin melalui test assesment 12 competency leadership. Sehingga Anda mampu menjadi pemimpin berguna, pemimpin yang bernilai dan bermanfaat.

Investasi

Bagaimana Cara Pelaksanaan Test 12 Kompetensi Leadership Ini?

Pelaksanaan : online.

Bukan via zoom. Tetapi ALC memiliki sistem dan tools khusus untuk memudahkan setiap peserta ketika mengikuti pelaksanaan test 12 kompetensi leadership ini.

– Durasi : 120 menit. Setiap peserta memiliki waktu yang sama yaitu 120 menit.

– Jumlah minimal peserta : Minimal 1, maksimal tak terbatas. Test bisa dilakukan perorangan, kelompok maupun skala besar.

– Jadwal pelaksanaan : Hari dan jam kerja.

Butuh test 12 Kompetensi Leadership? Hubungi team ALC di 087779199555

Tertarik Asesmen 12 Kompetensi Leadership (Kepemimpinan) Hubungi Kami

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp