5 Contoh Pelatihan Kerja yang Meningkatkan Kinerja Karyawan

Contoh Pelatihan Kerja
Daftar Isi

Contoh pelatihan kerja di perusahaan ada berbagai macam dan banyak juga disediakan oleh lembaga-lembaga pelatihan kerja di Indonesia ini. Masalahnya, contoh program pelatihan kerja apa saja yang berdampak baik untuk karyawan dan perusahaan? Pelatihan kerja yang ada saat ini sudah cukup variatif, mulai dari pelatihan yang disediakan secara online hingga tatap muka.

Di sini kita akan membahas satu persatu mengenai apa yang dimaksud dengan pelatihan kerja, apa saja contoh pelatihan kerja di perusahaan yang pas untuk karyawan, dan bagaimana proses pelatihan kerja tersebut supaya dapat dijalankan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.

Perusahaan harus lebih berhati-hati dalam memilih pelatihan kerja untuk karyawannya karena banyak yang menawarkan contoh pelatihan kerja dengan harga fantastis namun tidak membuahkan hasil yang nyata bagi karyawan maupun perusahaan. Contoh program pelatihan ini berbasis kompetensi juga sebaiknya diterapkan untuk karyawan Anda.

Apa itu Pelatihan Kerja?

Dilansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, pelatihan kerja merupakan bentuk dari serangkaian aktivitas untuk meningkatkan serta mengembangkan potensi hingga produktivitas karyawan yang disesuaikan dengan jenjang, jabatan, atau pekerjaan karyawan tersebut di sebuah perusahaan.

Beragam contoh program kerja di perusahaan yang ada saat ini diharapkan mampu membantu para karyawan untuk lebih berkembang dan lebih produktif selama bertugas di perusahaan tersebut. Contoh program kerja yang tersedia juga diharapkan dapat membuat karir karyawan tersebut ikut berkembang dan tidak terhenti pada satu posisi saja.

Baca juga : 5 Contoh Program Pelatihan Karyawan untuk SDM Berkualitas

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan dan Contohnya

Melansir dari laman National Center for Biotechnology Information, sebuah studi cross-sectional berdasarkan survei kelima di Korea tentang kondisi kerja yang dilakukan pada 50,205 pekerja di Republik Korea membeberkan fakta bahwa contoh pelatihan kerja di perusahaan untuk para karyawan memiliki efek yang berbeda dan sifatnya subjektif tergantung pada contoh program pelatihan kerja yang diberikan dan frekuensi pelatihannya.

Oleh karenanya, perusahaan harus mengamati secara komprehensif dan menerapkan contoh pelatihan kerja yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan karyawan supaya kesejahteraan karyawan dapat meningkat dengan baik.

Lalu apa saja contoh pelatihan kerja yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan?

1. Pelatihan Tentang Kepemimpinan yang Baik

Contoh pelatihan kerja yang pas untuk para pemimpin salah satunya adalah Strategic Leadership yang diselenggarakan oleh ALC Leadership Management. Contoh program pelatihan kerja ini merupakan training online yang diadakan di Zoom dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Melalui pelatihan ini, para pimpinan di perusahaan Anda akan diajak untuk mendalami lebih jauh tentang cara berpikir dan bertindak secara strategis meski menghadapi masa sulit. Selain itu, Anda juga akan dibimbing supaya dapat menganalisa permasalahan yang ada dan bagaimana mengambil keputusan dengan struktur yang baik.

2. Pelatihan Tentang Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Semua orang bisa bebas berbicara, namun belum tentu punya skill komunikasi yang baik. Namun jangan khawatir, skill komunikasi bisa diasah dan dipelajari lebih lanjut melalui program Training Online Effective Communication Skills bersama tim dari ALC.

Di sini Anda akan belajar banyak tentang bagaimana membangun komunikasi yang mumpuni, melakukan negosiasi, hingga menghadapi orang yang sulit. Pemahaman tentang komunikasi verbal dan nonverbal juga menjadi salah satu materi yang akan disampaikan di sini.

3. Pelatihan Khusus untuk Tim Trainer Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki tim trainer perusahaan khusus untuk menghadapi berbagai macam karyawan yang ada. ALC Leadership Management juga menyediakan contoh pelatihan kerja untuk trainer berkualitas.

Program Training for Trainer ini akan dibimbing secara khusus supaya trainer dapat mengajar, menyelesaikan latihan, dan praktik langsung pada calon trainer di perusahaan sehingga calon trainer tersebut dapat sukses menjadi karyawan yang diharapkan perusahaan.

4. Pelatihan Membangun Karakter Berkualitas

Setiap karyawan memiliki hak untuk mendapatkan pelatihan kerja. Contoh pelatihan kerja yang dapat meningkatkan kualitas dalam dirinya adalah pelatihan membangun karakter berkualitas. Contoh program pelatihan kerja ini adalah Character and Culture Building yang disediakan oleh ALC team.

Tujuan program membangun karakter karyawan ini adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif, meningkatkan produktivitas diri, dan membantu perusahaan untuk terus berkembang.

5. Pelatihan untuk Membangun Tim yang Solid di Era Digital

Apakah pekerjaan Anda saat ini membutuhkan kerjasama tim yang solid? Jika tim yang ada saat ini nampaknya lesu dan kehilangan kekompakan, maka Anda perlu mengikuti salah satu contoh pelatihan kerja yang ada di ALC, yaitu High Performance Team In The Digital Era. ALC akan membantu Anda untuk memiliki tim yang tak hanya solid namun fokus pada tujuan perusahaan.

Baca juga : 5 Manfaat Pelatihan Coaching untuk Menjadi Pemimpin yang Sukses

5 Langkah Proses Pelatihan Karyawan

Melansir dari laman Geek Tonight, proses pelatihan terdiri dari langkah demi langkah yang terencana dengan baik untuk memutuskan contoh pelatihan kerja apa yang berdampak maksimal bagi karyawan dan perusahaan.

Berikut ini merupakan 5 langkah proses pelatihan karyawan yang biasa diterapkan untuk memutuskan program pelatihan apa yang sesuai:

    1. Penilaian karyawan seluruh aspek
    2. Menentukan tujuan pelatihan
    3. Merancang program pelatihan apa yang tepat
    4. Implementasi program pelatihan
    5. Evaluasi dan tindakan lebih lanjut

Kesimpulan

Pelatihan kerja merupakan investasi bagi perusahaan, oleh karenanya bila contoh program pelatihan kerja yang diberikan tepat maka akan memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan. Pertimbangkan kembali tentang contoh program pelatihan kerja berbasis kompetensi yang tepat untuk karyawan Anda

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang