Procurement and Purchasing

Training Procurement

Daftar Isi

Pelatihan pengadaan dan pembelian, a pa saja yang harus kita kuasai?

Dua fungsi ini tidak terlepas dari negosiasi, perdagangan dan manajemen resiko. Mendengarnya saja terdengar sulit. Ya memang, bekerja di fungsi pengadaan dan pembelian untuk memiliki keahlian yang serbaguna (serba bisa). Tapi, dua fungsi ini bisa dijangkau dasar-dasarnya loh. Simak selengkapnya berikut.

Apa sih sebenarnya pengadaan dan pembelian itu?

Pengadaan dan pembelian merupakan aspek penting dalam rantai pasok/ rantai pasokan. Tapi, apakah Anda tahu kalau dua fungsi ini sebenarnya sangat berbeda? Sebelum pergi terlalu jauh, yuk kita simak contoh simpelnya pada saat mengelola peternakan.

Sebelum membeli sapi, kita harus tahu dulu jenis sapi apa yang dibutuhkan. Apakah Sapi untuk qurban, sapi perah atau sapi wagyu? Bagaimana ketersediannya di pasar? Setelah itu berapa jumlah sapi yang diminta? Lalu, setelah tahu jumlahnya, barulah kita melakukan pencarian (sourcing) pemasok sapi-sapi terbaik. Nah, kegiatan inilah yang kita namakan pengadaan.

Pengadaan merupakan semua proses pengadaan barang dan jasa. Melalui pengadaan, kita jadi tahu produk apa yang tersedia di pasar. Kita juga jadi tahu apakah produk tersebut tersedia sesuai permintaan, dan siapa pemasok kompeten yang menawarkan produk dan harga terbaik.

Loh, lantas apa bedanya dengan pembelian? Kita balik ke cerita sapi ya. Setelah mengetahui siapa pemasok sapi terbaik, proses berikutnya adalah pembelian sapi-sapi tersebut. Pembelian sapi dimulai dari pemesanan sapi. Tidak berhenti sampai situ, kita harus memastikan bahwa sapi yang sudah dipesan diterima dalam keadaan sehat dan gemuk.

Yang terakhir, melakukan negosiasi dan pengaturan pembayaran kepada pemasok-pemasok tadi. Paham kan bedanya? Pembelian berfokus pada pemesanan barang atau jasa untuk kegiatan operasional. Sementara pengadaan adalah seluruh proses dalam rantai.

Mengapa Procurement dan Purchasing sangat penting bagi perusahan?

Anda harus tahu, pelatihan pengadaan ini memegang peran yang sangat krusial bagi perusahaan. Mengapa demikian? Ya karena kita harus handal menjalin kerja sama yang baik dengan pemasok (pemasok).

Kita juga dapat menyusun strategi keuangan dengan margin yang sebanyak-banyaknya. Pengadaan juga menangani resiko ( risk management ) apapun pada proses supply chain. Pada dasarnya, semua transaksi antara perusahaan dengan pemasok merupakan tanggung jawab pengadaan dan pembelian.

Baca juga :

10 Kondisi Ini Bukti Anda dan Team Butuh Training Management

4 dasar-dasar yang harus kita kuasai dalam pengadaan dan pembelian.

Seperti yang kita tahu, program ini memiliki peranan yang vital bagi perusahaan. Ingin tahu dasar-dasar yang harus kita kuasai dalam program ini? Simak baik-baik ya, penjelasan di bawah ini.

Pertama , manajemen umum pengadaan dan pembelian. Terdapat beberapa hal yang perlu kita kuasai dalam manajemen pengadaan dan pembelian. Salah satunya adalah pemahaman kode etik dalam manajemen pembelian dan pengadaan. Apa maksudnya?

Kode etik dari program ini adalah etika profesi yang berperilaku saling menghormati terhadap tugas dan fungsi masing-masing pihak, bertindak secara profesional, dan tidak saling mempengaruhi untuk maksud merugikan pihak lain. Lebih lengkapnya, anda bisa cek di Keputusan Presiden No.80 Tahun 2003 tentang etika pengadaan barang dan jasa (procurement).

Kedua, purchasing dan procurement planning. Sebelum kita melakukan pengadaan, tentunya kita memerlukan planning atau rencana kerja. Penyusunan rencana pada pengadaan meliputi material indentify needs, budgeting, Analisa pasar, metode pengadaan. Tahapan terakhir yakni proses pelaksanaan metode dokumentasi dan pelaporan.

Ketiga, strategi pengadaan. Meliputi pengetahuan profile internal material need, profil  material market, profile purchasing/ procurement sourcing, penentuan kerjasama kontrak dan metode pengadaan yang sesuai. Intinya adalah kita harus memahami betul proses awal sampai akhir teknik pengadaan secara praktis.

Pemahaman dasar-dasar siklus dari program ini dan bagaimana setiap fase berkontribusi pada manajemen fungsi rantai pasokan yang efektif, memungkinkan untuk melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik.

Keempat, supplier relation management atau Bahasa sederhananya, manajemen hubungan dengan pemasok. Management ini adalah adalah proses mengidentifikasi dan mendata pemasok yang penting bagi perusahaan. Selain itu, menerapkan sistem pengelolaan hubungan dengan pemasok utama tersebut.

Nah, Anda jadi tertarik kan untuk memiliki skills di procurement dan purchasing? Ayuk gabung di training online Procurement And Purchasing Management langsung bersama pembicara Sutomo Asngadi, SS, MM. Seorang konsultan expert dibidang Export Import dan ia merupakan Procurement Management yang berpengalaman lebih dari 23 tahun.

Yuk mendalami Procurement dan purchasing bersama ALC Leadership Management.

Yuk kenalan langsung dengan pembicaranya

Sutomo AsngadiPembicara :

Sutomo Asngadi

Logistic Customs Export Import and Trade Compliance Consultant/ Executive Trainer.

Seorang profesional menangani perusahaan-perusahaan di berbagai bidang Industri Ekspor Impor Multi National Company (MNC). individual Consultant di Perusahaan Global asal USA. Expert di Procurement Management yang berpengalaman lebih dari 23 tahun pada level managerial di berbagai perusahaan multinasional.

Apa yang special dari kami?

– Metode pelatihan yang diberikan berupa metode belajar aktif. Dalam metode ini lebih menekankan pada pembentukan kerangka berpikir (frame work) praktis yang sistematis dengan menonjolkan berbagai contoh, ilustrasi dan kasus.

– Metode simulasi diarahkan untuk meningkatkan pemahaman praktis secara komprehensif.

– Materi disampaikan oleh trainer yang luar biasa dan berkompeten.

– Modul / materi training berupa pdf.

Baca juga : 

Pelatihan Manajemen, Kenali 5 Manfaatnya untuk Anda Sebagai Manager

4 Perubahan setelah mengikuti training ALC :

– Anda menjadi lebih paham mengenai dasar-dasar dasar siklus Procurement/Purchasing.

– Anda lebih paham bagaimana setiap fase berkontribusi pada manajemen fungsi rantai pasokan yang efektif, memungkinkan untuk melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik.

– Anda menjadi lebih mudah dalam Identifikasi kapan menerapkan berbagai alat dan teknik pembelian

– Anda memahami dalam proses sistematis untuk bekerja dan melakukan fungsi Pengadaan dalam mengoordinasikan beberapa rantai pasok.

Pelatihan online publik diskon 75%

Materi Pelatihan Pengadaan dan Pembelian :

– Pedoman Umum Di Dalam Pengadaan dan Pembelian

– Struktur Organisasi Pengadaan dan Pembelian

– Strategi Pengadaan dan Pembelian

– Manajemen Hubungan Pemasok

Jadwal Pelatihan

Rabu, 24 Agustus 2022

09.00 – 12.00 WIB

Online melalui Zoom

Tertarik dengan pelatihan pengadaan dan pembelian bersama ALC Leadership Management. Kami mengajak Anda memahami proses dari awal sampai akhir dalam mendapatkan pedoman dan teknik pengadaan secara praktis.

Info detail pelatihan, segera hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp