fbpx

Creative Problem Solving And Decision Making

Creative Problem Solving

Creative Problem Solving, sudahkah Anda mengenalinya?

Tahukah kamu menjadi seorang pemimpin sukses bukan berarti terlepas dari berbagai masalah? Menjadi pemimpin yang sukses bukan hanya berteori saja, tetapi dibutuhkan action dan solution untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Semakin banyak tanggung jawab, malah justru semakin complicated masalahnya. Itulah mengapa seorang pemimpin diminta untuk selalu Creative thinking dalam mengatasi masalah yang ditemukan.

Inilah yang membedakan antara pemimpin biasa dan pemimpin sukses. Ada tidak sih, alat yang dipakai pemimpin sukses untuk membantu menyelesaikan masalah dengan benar dan efektif?  Yuk simak artikel ini yang sangat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah di pekerjaan.  

Apa itu Creative Problem Solving and Decision Making?

Kita sama-sama artikan dulu yuk tools keren ini. Problem solving adalah aksi untuk mendefinisikan masalah, menentukan penyebab masalah, memprioritaskan, dan memilih alternatif untuk solusi; dan membuat keputusan (decision making). Ini mendorong kita untuk menemukan perspektif baru dan menghasilkan solusi yang inovatif. Sehingga kita dapat merumuskan rencana untuk mengatasi nya.

Nah, lantas apa itu decision making? Ini merupakan proses penting dalam penyelesaian masalah, loh. Proses ini membuat pilihan dengan cara mengidentifikasi keputusan, mengumpulkan informasi, dan membuat alternatif pilihannya. Setiap masalah harus diselesaikan dan diputuskan solusinya dengan tepat. Jadi, apakah selama ini anda sudah mengambil keputusan secara tepat dan bijak?

Mari kita lihat salah satu contoh kasus ini. Nadiem makarim, founder Gojek Indonesia seringkali menggunakan jasa ojek setiap pulang-pergi saat masih bekerja. Masalahnya, Nadiem kesulitan mencari ojek di waktu tertentu.

Di samping itu, ia juga sering mendengar kisah tukang ojek yang sulit menemukan pelanggan. Dari sini kemudian Nadiem mulai membangun fasilitas pendukung berbasis teknologi yang mampu menjembatani antara ojek dengan pelanggan. Nah, ini baru creative problem solving!

Masih banyak contoh kasus yang merupakan gambaran dari pengertian Creative Problem Solving and Decision Making. Banyak sekali bukan manfaat dari Creative Problem Solving and Decision Making. Selain menjawab permasalahan yang kamu alami, namun bisa juga memberikan manfaat untuk banyak orang. Keren kan?

Mengapa creative problem solving & decision making itu sangat penting?

Pertama, membantu kita dalam memperbaiki yang permasalahan dengan efektif. Di lingkungan kerj yang penuh dengan aktivitas dan interaksi, kadang ada saja masalahnya, ‘kan? Nah, creative problem solving memberi kita mekanisme untuk mengidentifikasi, mencari tahu dan menentukan tindakan untuk memperbaikinya.

Kedua, mengatasi risiko. Skills ini tidak hanya memungkinkan kita untuk memperbaiki sesuatu tetapi juga mengantisipasi apa yang mungkin terjadi di masa depan (berkaca pada pengalaman masa lalu).

Ketiga, meraih peluang. Problem solving & decision making juga membuka kesempatan untuk berinovasi, menciptakan hal-hal baru dan mengubah lingkungan menjadi lebih dari yang kita inginkan. Wow, menakjubkan ya! Selain itu, memungkinkan kita untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang di lingkungan untuk masa depan.

Creative problem solving & decision making sangat penting bagi semua orang. Dari karyawan, pebisnis, sampai dengan mahasiswa harus mampu mengembangkan dan menggunakan keterampilan ini agar pengetahuan dan kemampuan diri terus meningkat.

Creative problem solving & decision making membantu kita dalam mengidentifikasi hal-hal tertentu, mencari tahu, dan menentukan tindakan untuk bisa menghadapi sebuah masalah dan menyelesaikannya. Biasakan untuk berpikir positif dan kreatif dalam mengatasai masalah-masalah yang akan datang di masa depan, jangan menunggu masalah berikutnya terjadi.

Langkah menyelesaikan masalah

Kenali masalah secara umum atau identifikasi Masalah. Ajukan pertanyaan seperti, apa yang terjadi apabila hal ini berjalan sesuai sebagaimana mestinya. Lalu, cari penyebab/akar permasalahan. Mengapa masalah ini terjadi? Identifikasi kemungkinan penyebab permasalahan. Setelah tahu akar permasalahan, kembangkan solusi. Buat plan-plan solutif yang kemungkinan bisa diterapkan.

Yang terakhir, terapkan solusi. Setelah solusi diterapkan, evaluasi hasilnya. Cari peluang tambahan untuk menerapkan solusi. Pastikan masalah yang sama tidak akan terulang dan sampaikan semua pelajaran yang bisa dipetik.

Nah, jika Anda mau melatih creative problem solving & decision making khususnya di masa sulit sekarang ini, yuk gabung di training online creative problem solving & decision making langsung bersama Ainy Fauziyah Leadership Coach & Motivator. Coach satu ini sangat ahli dalam membangkitkan kreativitas kita yang tertidur selama ini.

Yuk bangun Creative Thinking skills Anda bersama ALC Leadership Management.

Apa yang spesial dari kami?

– Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan dipahami.

– Mudah dimengerti dan dipraktikkan baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

– Tools berpikir kreatif yang teruji sangat berguna untuk Anda

– Materi disampaikan oleh trainer yang luar biasa dan berkompeten.

– Modul/ materi training berupa pdf.

5 Perubahan setelah mengikuti training

Pertama, meningkatkan keahlian Anda dalam menyelesaikan masalah yang lebih kreatif & lebih berkualitas.Mengasah habit Anda sebagai pemimpin yang menyelesaikan masalah melalui 7 langkah sederhana.

Kedua, meningkatkan rasa percaya diri Anda setiap kali menghadapi permasalahan.

Ketiga, kesadaran Anda meningkat saat memetakan permasalahan.

Keempat, meningkatkan kemampuan Anda dalam mengambil keputusan khususnya di kondisi yang sulit.

Kelima, menjadikan Anda lebih berani memberi solusi dengan mengambil keputusan yang pasti.

MATERI :

– Apakah Anda seorang creative problem solver?

– Kenali mindset & habit creative problem solver

– 6 langkah menyelesaikan permasalahan & mengambil keputusan

– Menjadi seorang creative problem solver, mengapa tidak?

Ainy FauziyahPembicara : Ainy Fauziyah Motivator, Professional Coach sekaligus Founder ALC Leadership Management & ALC Talent.

Seorang motivator wanita terbaik Indonesia sekaligus Certified Professional Coach, Hypnotherapist dan Licensed NLP Master Practitioner. 1 dari 100 Perempuan Terinspiratif 2011 versi Majalah Kartini serta penerima penghargaan Indonesia Digital Women Award (INDI) 2013 kategori Professional oleh PT. TELKOM. Pakar leadership Idonesia, spesial dalam interpersonal, performance, career, executive.

Jadwal pelatihan online :
Kamis, 21 Oktober 2021

(09.00 – 11.30 WIB)

via Zoom

Investasi : Rp. 500.000,-/peserta

Detail info hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends