fbpx

Ainy Talk Show – Tidak Ada Murid Yang Bodoh

Tidak Ada Murid Yang Bodoh

Tidak ada murid yang bodoh, bagaimana seorang guru seharusnya bersikap?

Ini adalah kisah dari Pak Teddy, seorang guru fisika di tahun 1997. Alkisah, Ada seorang siswa kelas 5 SD yang acap dibicarakan seluruh guru sekolah. Tulisannya seperti sandi rumput. Suatu hari ia tertidur di kelas IPA. Pak Teddy waktu itu sangat marah, hukuman fisik pada tahun 90an adalah bukanlah hal tabu.

Saat itu, Pak Teddy langsung memanggil orang tuanya. Ayahnya datang dengan penuh emosi. Melayangkan pukulan dengan tali pinggang kepada si anak. Akhirnya Pak Teddy merasa sangat bersalah dan mengatakan “sudah Pak, saya yang akan mengajar anak ini, Bapak boleh pulang”.

Anak ini jadi sangat berubah setelah kejadian itu. Setelah diusut, ternyata dia adalah anak piatu yang membantu bisnis kukur kelapa ayahnya. Setiap jam 5 pagi ia harus bangun untuk mengukur kelapa.

Ujian pun tiba. Di pelajaran IPA, Pak Teddy mengatakan pada anak ini, “Apapun yang kamu pahami, apapun yang kamu mengerti, tuliskan saja”. Dan ketika itu, dia hanya menyalin soal ujian yang diberikan Pak Teddy. Pak Teddy pun memberikan nilai yang tinggi kepada anak ini. Sedangkan di pelajaran lain, ia tetap menulis sandi rumput.

Saat rapat kenaikan kelas, Pak Teddy berusaha meluluskannya. Karena ia melihat ada kepintaran di dalam diri si anak. Namun sayangnya, para guru menyerah. Mereka semua angkat tangan. Pak Teddy tidak mampu menolong dan anak inipun akhirnya tidak naik kelas di usia 5 SD. Anak ini langsung dipekerjakan di Kerinci, sebuah hutan proses pengolahan kayu.

Bertahun-tahun barulah Pak Teddy menemukan kontak anak ini. Pak Teddy langsung meminta maaf karena pernah memukul si anak. Lalu, si anak menyauti, “Jika Bapak tidak memukul saya saat itu, mungkin hari ini saya tidak sukses”. Ya, Benar saja, anak ini sekarang sukses membuka usaha bengkel miliknya sendiri. Wow, merinding banget ya?

Pelajaran apa yang didapatkan?

Pak Teddy sudah membuktikan bahwa tidak ada murid yang bodoh. Bisa jadi seorang anak itu paham, atau mereka hanya marah dengan kondisi. Semakin dimusuhi, semakin menjadi.

Tetapi itulah hebatnya seorang anak. Ketika diberi sentuhan kasih sayang, ia mulai terbuka. Lembutnya kasih sayang bisa memecahkan kerasnya hati mereka.

Walaupun tidak naik kelas, anak ini berhasil membuktikan bahwa dirinya bukan anak yang bodoh. Ia sukses dengan jalan yang telah ia lalui selama ini.

Lantas, bagaimana seorang guru seharusnya bersikap?

Kesalahan terbesar seorang guru adalah menerapkan metode pembelajaran yang sama terhadap anak yang memiliki kemampuan berbeda. Padahal, wajar saja jika kemampuan masing-masing anak tidaklah sama.

Semua dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, keadaan ekonomi, dan kondisi di sekitar mereka. Kita dilarang mencap seorang murid bodoh tanpa mengetahui sesuatu yang melatarbelakanginya.

Karena fungsi guru bukan hanya sekedar mengajar siswa. Tetapi juga sebagai motivator, inspirasi, mediator, serta konstruktor.

Bukan hanya itu, guru juga harus bisa memposisikan diri dalam berbagai kondisi dan keadaan. Jika seorang guru berhasil menanganinya dengan tepat, semua anak mampu berprestasi. Tanpa kecuali. Ingin tahu bagaimana cara menyikapi murid yang bodoh? Pas banget nih, Ainy Talk Show saat ini akan membahas bagaimana caranya. Kenalan dengan Pak Teddy pembicaranya yuk!

Pak Teddy Yaputra Wiranta, Kepala Bimeks (Bimbingan Ekstrakulikuler) Sekolah Maitreyawira Deli Serdang. Seorang guru yang berdedikasi tinggi terhadap murid-muridnya dari Medan. Sejak 1997 sudah mengajar di berbagai sekolah dan berpengalaman dengan karakteristik murid yang beragam.

Penasaran bagaimana perjalanan Pak Teddy selama 24 tahun menjadi guru? Yuk, hadir ramai-ramai. Simak obrolan inspiratif Pak Teddy di Ainy Talk Show – Obrolan Asyik Inspiratif. Catat tanggal webinarnya ya!

📙Materi :

“Tidak Ada Murid yang Bodoh”

🗣️Narasumber :

Pak Teddy Yaputra Wiranta, Kepala Bimeks (Bimbingan Ekstrakulikuler) Sekolah Maitreyawira Deli Serdang.

Host :

Ainy Fauziyah, Leadership Coach & Motivator. Founder ALC Leadership Management & ALC Talent.

Mark your date!

💡 Topik : Tidak Ada Murid Yang Bodoh

Hari/ tanggal : Selasa, 12 Oktober 2021

🔴 Ditayangkan di YouTube Channel Ainy Fauziyah

Link : https://www.youtube.com/ainyfauziyah

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends