fbpx

5 Cara Untuk Berpikir Kreatif Ini Bisa Dipraktekkan Sehari-hari

Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif merupakan proses berpikir dengan melihat yang tak terlihat.

Sayangnya, belum banyak orang tahu betapa besar dampak berpikir kreatif baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Berpikir kreatif membuat hidup kita terasa lebih mudah, karena kita berusaha berfikir diluar kebiasaan dan tidak menaruh batasan dalam nalar kita. Berikut 5 cara untuk berpikir kreatif :

5 Cara Ampuh Berpikir Kreatif

Pertama, Melakukan sesuatu yang baru. Melakukan sesuatu yang baru membuat kita mengeksplor dan belajar akan hal baru yang sebelumnya belum pernah kita sentuh. Hal baru bisa berubah menjadi hobi baru jika kita merasa senang melakukannya, justru hobi baru biasanya muncul dari hal yang sebelumnya kita anggap remeh dan tidak akan suka melakukannya.

Dengan terbiasa akan hal baru, kita juga akan mendapat insight baru sehingga muncul juga ide baru yang mungkin bisa membantu kita kepada tujuan yang kita inginkan. Melakukan sesuatu yang baru tidak selalu dimulai dari hal-hal yang besar, kita bisa memulai dari hal-hal kecil yang mungkin kita hindari, seperti membersihkan lemari, merawat tanamn, merapihkan meja, dan hal yang lainnya, hal-hal kecil seperti itulah yang membuat kita berpikir kreatif.

Baca juga : Tumpang Tindih Di Pekerjaan? Atasi Dengan 5 Langkah Ini!

– 

Kedua, mengikuti seminar. Kita semua pasti memiliki tujuan masing-masing saat mengikuti seminar, yang pastinya kita ingin mendapatkan sesuatu dari narasumber yang ada untuk menambah wawasan kita mengenai topik yang dibawakan. Mengikuti seminar sama dengan belajar dari praktisinya langsung, dengan begitu kita akan mendapat pemahaman baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Maka dari itu, tanyalah apapun yang ingin kita tanyakan saat kita mengikuti seminar, agar kita mendapat sesuatu, jangan malu untuk bertanya, karena kita tujuan kita untuk mengikuti seminar yaitu untuk mendapat sesuatu, akan percuma jika ada perasaan yang mengganjal hanya karena malu untuk bertanya.

Dengan kita sering mengikuti seminar, maka otomatis kita akan banyak mendapat pengetahuan yang membuat wawasan kita bertambah sehingga kita dapat berpikir kreatif.

Tiga, Gunakan waktu luang untuk menonton film. Ada kalanya kita harus bekerja, namun ada kalanya juga kita beristirahat dan menggunakan waktu luang kita untuk melakukan sesuatu yang berguna, contohnya dengan menonton film. Menonton film membuat kita berfikir kreatif, karena membuat kita memiliki persepsi baru atas momen-momen tertentu dan membentuk sudut pandang kita berdasarkan kejadian dan karakter yang dibuat dalam film.

Tujuan utama dari menonton film yaitu menghilangkan stress, karena kita butuh suatu hiburan yang membuat pikiran kita teralihkan dari hal-hal yang membuat kita tak tenang karena dipikirkan. Menonton film juga membuat kita menghargai karya seni, karena saat kit menonton film, kita tidak hanya dihibur, tetapi kita menikmati sesuatu karya indah yang dibuat dengan sungguh-sungguh dan melibatkan banyak tenaga kerja.

Empat, Rajin membaca berita. Rajin membaca berita membuat kita berpikir kreatif, karena kita selalu terupdate mengenai perkembangan yang sedang terjadi sehingga kita mendapat informasi yang membuat wawasan kita menjadi luas.

Membaca berita membuat kita lebih dahulu tau informasi mengenai seperti apa perkembangan bisnis, kebijakan-kebijakan baru, ataupun peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi, sehingga kita menjadi lebih tau apa yang harus kita lakukan.

Baca juga : 5 Ciri-Ciri Ini Menunjukkan Anda Reaktif, Belum Responsif

Membaca berita membuat kita menambah kosakata dan membuat kita lebih pintar, karena kita akan fokus kepada suatu permasalahan dan kita mengikuti proses-prosesnya yang sedang berjalan, dengan begitu kita belajar akan penyelesaian suatu masalah.

Lima, Bertukar pikiran dengan orang lain. Bertukar pikiran dengan orang lain membuat kita mendapat ide baru, karena kita saling memberikan pendapat tentang apa yang kita pikirkan. Kita menjadi tau sudut pandang satu sama lain dan tidak terjebak di pola pikir yang itu-itu saja. Lain halnya jika kita memikirkan sesuatu sendiri, kita hanya akan berasumsi menurut kita pribadi saja.

Saat kita berdiskusi dengan orang lain, kita akan mendapatkan hal baru yang tidak bisa kita dapatkan jika kita berpikir sendirian. Namun, dalam bertukar pikiran, kita harus memiliki prinsip-prinsip yang kita pegang, agar kita tidak mudah terpengaruh oleh pemikiran orang lain dan tetap menjadi diri sendiri.

Itulah 5 cara berpikir kreatif, dengan berpikir kreatif kita akan menemukan gagasan-gagasan dan inovasi baru yang jika kerjakan akan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera kita praktikkan!

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC. 9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends