5 Cara Ampuh Untuk Berpikir Kreatif, Yang Ke-3 Sangat Berdampak!

Berpikir Kreatif

Daftar Isi

Berpikir kreatif, merupakan proses berpikir dengan melihat yang tak terlihat. Sayangnya, belum banyak orang tahu betapa besar dampak berpikir kreatif baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Berpikir kreatif membuat hidup kita terasa lebih mudah, karena kita berusaha berfikir diluar kebiasaan dan tidak adanya batasan dalam hal berpikir kreatif.

Ingatlah bahwa kreativitas adalah keterampilan yang dapat Anda latih dan tingkatkan seiring waktu. Praktek teratur dalam berpikir kreatif akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam menghasilkan ide-ide yang inovatif.

Inilah 5 Cara untuk Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, solusi-solusi inovatif, dan pandangan yang segar dalam berbagai konteks. Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir kreatif:

5 Cara Ampuh Berpikir Kreatif

1. Melakukan Sesuatu yang Baru

Melakukan sesuatu yang baru membuat kita mengeksplor dan belajar akan hal baru yang sebelumnya belum pernah kita sentuh. Hal baru bisa berubah menjadi hobi baru jika kita merasa senang melakukannya, justru hobi baru biasanya muncul dari hal yang sebelumnya kita anggap remeh dan tidak akan suka melakukannya.

Dengan terbiasa akan hal baru, kita juga akan mendapat insight baru sehingga muncul juga ide baru yang mungkin bisa membantu kita kepada tujuan yang kita inginkan. Melakukan sesuatu yang baru tidak selalu dimulai dari hal-hal yang besar, kita bisa memulai dari hal-hal kecil yang mungkin kita hindari, seperti membersihkan lemari, merawat tanamn, merapihkan meja, dan hal yang lainnya, hal-hal kecil seperti itulah yang membuat kita berpikir kreatif.

Jika kita terbiasa melakukan sesuatu yang baru, maka kita tidak akan mudah merasa jenuh dan bosan. Dengan melakukan seuatu yang baru membuat kita bisa lebih melakukan explore mengenai kemampuan, potensi, dan juga kemampuan berpikir kreatif loh.

Baca juga : 

Tumpang Tindih Di Pekerjaan? Atasi Dengan 5 Langkah Ini!

2. Mengikuti Seminar

Kita semua pasti memiliki tujuan masing-masing saat mengikuti seminar, yang pastinya kita ingin mendapatkan sesuatu dari narasumber yang ada untuk menambah wawasan kita mengenai topik yang dibawakan. Mengikuti seminar sama dengan belajar dari praktisinya langsung, dengan begitu kita akan mendapat pemahaman baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Maka dari itu, tanyalah apapun yang ingin kita tanyakan saat kita mengikuti seminar, agar kita mendapat sesuatu, jangan malu untuk bertanya, karena kita tujuan kita untuk mengikuti seminar yaitu untuk mendapat sesuatu, akan percuma jika ada perasaan yang mengganjal hanya karena malu untuk bertanya.

Dengan kita sering mengikuti seminar, maka otomatis kita akan banyak mendapat pengetahuan yang membuat wawasan kita bertambah sehingga kita dapat berpikir kreatif.

Mengikuti seminar juga bisa menambah pengetahuan dan juga memperluas relasi Anda. Menambah relasi akan memberikan dampak positif loh. Selain Anda semakin berkembang, Anda juga bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan baru dari orang lain. Nah, jika Anda mau melatih creative thinking skills khususnya di masa sulit sekarang ini, yuk gabung di training online creative thinking bersama ALC Leadership management.

3. Gunakan Waktu Luang untuk Menonton Film

Ada kalanya kita harus bekerja, namun ada kalanya juga kita beristirahat dan menggunakan waktu luang kita untuk melakukan sesuatu yang berguna, contohnya dengan menonton film. Menonton film membuat kita berfikir kreatif, karena membuat kita memiliki persepsi baru atas momen-momen tertentu dan membentuk sudut pandang kita berdasarkan kejadian dan karakter yang dibuat dalam film.

Tujuan utama dari menonton film yaitu menghilangkan stress, karena kita butuh suatu hiburan yang membuat pikiran kita teralihkan dari hal-hal yang membuat kita tak tenang karena dipikirkan. Menonton film juga membuat kita menghargai karya seni, karena saat kit menonton film, kita tidak hanya dihibur, tetapi kita menikmati sesuatu karya indah yang dibuat dengan sungguh-sungguh dan melibatkan banyak tenaga kerja.

Anda bisa mencoba menonton genre film yang berbeda dari genre favorite Anda. Dengan demikian otak akan menjalankan fungsinya untuk menyerap informasi dan akan menimbulkan efek yaitu munculnya ide baru.

Rajin Membaca Berita

Rajin membaca berita membuat kita berpikir kreatif, karena kita selalu terupdate mengenai perkembangan yang sedang terjadi sehingga kita mendapat informasi yang membuat wawasan kita menjadi luas.

Membaca berita membuat kita lebih dahulu tau informasi mengenai seperti apa perkembangan bisnis, kebijakan-kebijakan baru, ataupun peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi, sehingga kita menjadi lebih tau apa yang harus kita lakukan.

Dengan membaca berita terbaru, maka kita juga akan terus mengetahui informasi terbaru yang akan membuat meningkatkan cara berpikir kreatif kita. Kita juga tidak akan tertinggal mengenai informasi terbaru apa yang sedang terjadi.

Membaca berita membuat kita menambah kosakata dan membuat kita lebih pintar, karena kita akan fokus kepada suatu permasalahan dan kita mengikuti proses-prosesnya yang sedang berjalan, dengan begitu kita belajar akan penyelesaian suatu masalah.

Baca juga : 

5 Ciri-Ciri Ini Menunjukkan Anda Reaktif, Belum Responsif

5. Bertukar Pikiran dengan Orang Lain

Kegiatan ini membuat kita mendapat ide baru, karena kita saling memberikan pendapat tentang apa yang kita pikirkan. Kita menjadi tau sudut pandang satu sama lain dan tidak terjebak di pola pikir yang itu-itu saja. Lain halnya jika kita memikirkan sesuatu sendiri, kita hanya akan berasumsi menurut kita pribadi saja.

Saat kita berdiskusi dengan orang lain, kita akan mendapatkan hal baru yang tidak bisa kita dapatkan jika kita berpikir sendirian. Namun, dalam bertukar pikiran, kita harus memiliki prinsip-prinsip yang kita pegang, agar kita tidak mudah terpengaruh oleh pemikiran orang lain dan tetap menjadi diri sendiri.

Dengan berdiskusi dengan orang lain, kita akan memiliki sudut pandang yang berbeda. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menimbulkan ide-ide baru yang kreatif dan kegiatan bertukar pikiran dengan orang lain Anda tidak akan menjadi jenuh dan mendapatkan saran atau masukan dari orang lain.

Kesimpulan

Pentingnya berpikir kreatif dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan bisnis. Berpikir kreatif dijelaskan sebagai kemampuan untuk melihat yang tak terlihat dan menghasilkan ide-ide baru yang inovatif.

Jadi, berpikir kreatif bukan hanya tentang memiliki ide-ide cemerlang, tetapi juga tentang membuka diri terhadap pengalaman baru dan berusaha untuk melihat dunia dengan mata yang segar. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mereka dan mengaplikasikannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Nah untuk Anda yang ingin memiliki tim yang dapat berpikir kreatif, untuk melatihnya yuk ikuti training online ALC dengan topik “Creative Thinking”, cek jadwal lengkapnya dibawah ini ya!

Creative Thinking Berpikir Kreatif & Menjadi Lebih Produktif
Creative Thinking

Jadwal Pelatihan :

Kamis, 27 Juli 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Jadwal Publik Training Online 2023
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom