4 Cara Efektif untuk Membangun Komitmen dalam Organisasi, Yang Ke-4 Wajib Dilakukan!

Daftar Isi

Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kemajuan sebuah organisasi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan yaitu adalah dengan membangun komitmen bagi setiap orang di dalam perusahaan. Memang, membangun komitmen organisasi tentu akan menjadi tantangan bagi banyak orang.

Oleh sebab itulah setiap organisasi selalu berusaha untuk menumbuhkan komitmen kepada para anggotanya agar dapat mewujudkan tujuan yang menguntungkan. Dengan adanya komitmen dikalangan anggota organisasi ini tentu juga akan mendukung dalam kekompakan kerja serta tercapainya kesepakatan bisnis.

Namun apa sebenarnya komitmen kerja ini dan bagaimana cara membangun komitmen diri sebagai anggota di dalam organisasi agar dapat membantu kelancaran berbagai proses bisnis seperti negosiasi? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Apa yang Dimaksud Dengan Komitmen Kerja?

Komitmen kerja adalah sebuah istilah yang mengacu pada keadaan dimana para karyawan memiliki keteguhan untuk mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi tersebut. Dimana mereka akan menjadi sangat solid untuk berjuang bersama dan mendukung tercapainya sebuah tujuan dalam organisasi.

Baca juga :

10 Rahasia Membangun Kerjasama Tim yang Efektif dan Kompak

Bagaimana Cara Membangun Komitmen Organisasi?

Membangun komitmen tim dalam organisasi mampu untuk menginspirasi para anggota yang lainnya agar dapat bekerja dengan baik setiap saat.

Jika seorang karyawan mampu untuk membangun komitmen dalam bekerja maka tentu akan memberikan kontribusi tidak hanya untuk kemajuan tim dan perusahaan namun juga untuk kebaikan diri mereka sendiri.

Dalam sebuah organisasi, ada banyak tujuan yang hendak dicapai. Semua itu hanya bisa didapatkan dengan komitmen yang kuat, baik kepada diri sendiri, perusahaan ataupun pihak eksternal seperti klien, vendor dan pelanggan.

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik sekaligus tim yang solid terutama dalam menyelesaikan masalah (problem solving), berikut adalah beberapa cara membangun komitmen karyawan dalam organisasi yang bisa untuk dilakukan, diantaranya adalah:

4 Cara Efektif untuk Membangun Komitmen dalam Organisasi

1. Komunikasikan Tujuan dan Strategi yang Jelas untuk Anggota Tim

Komunikasi merupakan sebuah seni untuk menyampaikan informasi dari satu orang kepada orang lainnya sehingga dapat mengerti tujuan yang dimaksudkan.

Sebab di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, pengembangan strategi seringkali hanya diketahui oleh para petinggi sehingga membuat karyawan di bawahnya tidak dapat menyadari tujuan sebenarnya yang hendak diraih oleh perusahaan.

Jadi, agar tim dapat membangun rasa kepemilikan dan komitmen maka semua pihak di dalam organisasi juga berhak tahu apa yang hendak mereka capai serta apa tujuannya melakukan strategi tersebut. Dengan cara itulah para pegawai dapat mengerti sehingga dapat membangun komitmen dalam bekerja.

2. Menghargai Setiap Capaian dari Anggota Tim

Salah satu teknik negosiasi di kalangan anggota perusahaan yang dinilai cukup efektif untuk membangun komitmen bersama di dalam tim adalah dengan menghargai setiap capaian yang telah mereka usahakan.

Menghargai capaian mereka ini dapat berupa pemberian reward ataupun memuji setiap capaian kecil yang sudah diraih dalam rangka selangkah mendekati tujuan yang sudah ditentukan bersama.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian mengenai “Recognition and Appreciation and its Psychological Effect on Job Satisfaction and Performance in a Malaysia IT Company bahwa setiap orang sangat peduli dengan bagaimana dia diperlakukan dalam sebuah pekerjaan.

Hal inilah yang membuat adanya apresiasi dan pengakuan terhadap apa yang sudah mereka kerjakan akan memberikan dampak psikologis untuk memotivasi staff dalam meningkatkan kinerja mereka.

Adanya penghargaan atas capaian yang sudah mereka lakukan dapat menjadi strategi negosiasi yang kreatif (Creative Negotiation Technique) untuk meningkatkan persaingan sehat di dalam internal organisasi agar tujuan besar dari perusahaan semakin mudah untuk diraih.

3. Hilangkan Stigma Takut akan Kegagalan

Salah satu cara efektif lainnya untuk membangun komitmen tim di dalam sebuah organisasi adalah menghilangkan stigma takut akan kegagalan.

Sebab, rasa takut akan gagal dat menyebabkan para anggota tim di dalamnya menjadi kurang percaya diri dengan pekerjaan yang sedang dilakukan sehingga dedikasi terhadap tugas yang diberikan malah tidak dapat memberikan performa yang maksimal.

Oleh sebab itu, dalam rangka meningkatkan komitmen karyawan dalam bekerja adalah menghilangkan rasa takut gagal dalam tim dengan menawarkan kesempatan untuk dapat memperbaiki kesalahan sebagai ladang untuk belajar dan berkembang.

Baca juga :

Tujuan dan 5 Manfaat Pelatihan Leadership untuk Skills Kepemimpinan Anda

4. Mendukung Setiap Kreativitas yang Dimiliki Karyawan

Komitmen diri dalam sebuah organisasi akan sangat terasa saat seseorang selalu diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki saat bekerja. Hal ini tentu akan sangat membantu mereka untuk dapat lebih menikmati pekerjaan dan menjadi lebih berkomitmen pada proyek yang mereka kerjakan.

Sebab, ketika komitmen organisasi di dalam diri setiap karyawan sudah dapat ditingkatkan, maka tentu akan menghasilkan pekerjaan yang lebih menarik untuk mencapai tujuan bersama.

Kesimpulan

Keempat cara membangun komitmen dalam organisasi di atas ini merupakan beberapa strategi dalam teknik negosiasi yang diterapkan dalam bisnis dan ditujukan untuk pihak internal di dalam perusahaan. Semua cara ini dapat diterapkan dan diusahakan untuk mewujudkan anggota organisasi atau karyawan yang lebih berkomitmen dengan segala pekerjaan yang mereka lakukan agar dapat mencapai tujuan bersama milik perusahaan.

Ingin mengetahui cara mudah membangun komitmen dalam organisasi agar dapat mencapai tujuan bersama? Yuk gabung dalam pelatihan “Creative Negotiation Skills” sekarang juga. Catat jadwalnya dibawah ini ya!

Creative Negotiation Skills Menjadi Negosiator Handal, Efektif, Kreatif & Unggul
program creative negotiation skill

Jadwal Pelatihan

Senin, 14 Agustus 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555