fbpx

Sulit Fokus Pada Tujuan? Lakukan 5 Hal Ini Sekarang!

Fokus Pada Tujuan Utama

Fokus pada tujuan, mengapa begitu penting? Yuk lakukan 5 hal ini sekarang!

Banyak orang berpendapat bahwa fokus adalah tetap mengerjakan suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa ada gangguan atau beralih ke hal lain yang tidak relevan. Sehingga pada saat dalam kondisi fokus, kita harus menyingkirkan segala pengaruh yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Menurut KKBI, fokus adalah pusat atau titik. Fokus dapat didefinisikan sebagai kemampuan konsentrasi pada tingkat kepekaan suatu objek tanpa menambahkan hal lainnya yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan konsentrasi.

Lalu apa itu fokus pada tujuan ?

Fokus pada tujuan adalah salah satu cara pengembangan diri (personal development). Proses ini juga dapat membentuk kedewasaan diri kita. Alex Korb, seorang peneliti postdoctoral Neuro Science UCLA University dan penulis The Upward Spiral  menyampaikan bahwa fokus pada tujuan jangka panjang membuat kita merasa termotivasi serta hidup lebih baik.

Fokus pada tujuan membuat diri kita termotivasi untuk selalu gigih pantang menyerah dan berusaha mewujudkannya. Merasa bahagia setiap kali bertindaknyata karena percaya dan yakin menuju ke arah yang kita inginkan.

Setiap orang pasti memilki tujuan hidup, namun dalam mencapai tujuan itu tidak mudah banyak sekali gangguan yang datang yang pada akhirnya menunda semua rencana untuk mencapai tujuan itu. Banyak faktor yang membuat kita sulit untuk fokus pada tujuan kita.

Jika sukses dan Bahagia adalah tujuan hidup kita, maka fokus pada tujuan hidup yang sesungguhnya adalah jawabannya.  Fokus memberi dampak luar biasa baik dalam karir, bisnis maupun kehidupan sehari-hari kita. 

Riset Harvard menunjukkan hasil pelacakan perasaan pada  dari 2.220 pengguna aplikasi iPhone di seluruh dunia. Bahwa 47%  merasa tidak fokus pada apa yang mereka lakukan serta merasa kebahagiaannya rendah.

Maka dari itu kita harus selalu fokus pada tujuan kita dengan menghilangkan segala jenis gangguan dan menghadapi segala jenis tantangan untuk mencapai tujuan. Seperti masa kecil dulu, kita akan selalu bersemangat dan pantang menyerah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Mari kita mengingat kembali masa kecil kita. Masih ingatkah dulu sewaktu kecil, saat pertama kali kita belajar sepeda? Hem, bisa jadi Kita tersenyum simpul sekarang. Pikiran Kita melayang menuju ingatan momen itu. Sebuah momen yang tak terlupakan. Konyol, lucu dan menyenangkan.

Maklumlah. Yang namanya belajar bersepeda itu kan bukan perkara mudah. Sulit, sakit, senang dan ketagihan. Lucu, ya. Tak peduli berapa kali pun terjatuh, tetap saja kita berusaha bangkit, berdiri dan mencobanya lagi. Sampai berkali-kali, tanpa mau berhenti. Yang namanya rasa sakit itu tak terpikirkan lagi.

Satu-satunya yang ada dalam pikiran kita hanyalah bagaimana caranya kita bisa bersepeda.

Menyeimbangkan tubuh kita, duduk asyik di atas pedal sepeda sambil terus mengayuhnya. Menuju sebuah tempat yang sangat kita inginkan.

Baca juga : Inilah Mengapa Training Untuk Supervisor Penting Bagi Perusahan

Bersepeda itu bukan perkara mengayuh saja. Tetapi lebih pada menjaga keseimbangan antara badan dan sepeda. Sulit pada awalnya tetapi indah setelahnya dan ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Sejak kecil kita fokus pada tujuan. Hanya saja belum menggunakannya dengan maksimal, apalagi menjadikannya sebuah habit. Kebiasaan memberi kita kekuatan, kecepatan dan keahlian meraih sebuah tujuan yang kita inginkan.

Jadi sesungguhnya kita dapat fokus pada tujuan dengan berjuang mengerahkan segala usaha kita dengan penuh semangat dan pantang menyerah, menghadapi segala jenis rintangan demi tercapainya tujuan hidup yang sesungguhnya.

Bagaimana cara fokus pada tujuan? Berikut 5 dampak utama jika kita fokus pada tujuan :

Pertama, memusatkan hati dan pikiran kita ke arah yang kita inginkan. Fokus membuat kita tertuju kepada sesuatu yang ingin kita capai.  Tidak ingin melakukan hal menghambat tujuan kita. ALC Leadership Management memberikan training leaership Boost your focus, increase your impact. Training leadership ini membuat Anda lebih fokus  pada tujuan utama dan memberi dampak pada pencapaian yang berkualitas.

Kedua, memberi kita kekuatan untuk terus bertindak nyata. Jika kita sudah menargetkan sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka kita ingin mencapainya secepat mungkin dan tidak ingin mengulur waktu yang lama dengan hanya keinginan. Untuk mencapai sesuatu yang kita targetkan, dibutuhkan tekad dan tindakan nyata yang terarah tidak hanya omong kosong belaka.

Jika kita fokus, maka kita dapat menyusun strateginya dengan langkah-langkah cerdas dan cara yang sederhana dengan memaksimalkan potensi yang kita miliki. ALC Leadership Management memiliki topik Maximized your potential, boost your performance, yang akan membantu Anda dalam memaksimalkan potensi Anda agar dapat fokus pada tujuan.     

–                      

Ketiga, mendorong kita berusaha mencari solusi. Dengan fokus pada tujuan yang ingin di raih, secara otomatis kita akan memikirkan segala cara yang paling efisien. Kita juga akan memikirkan cara untuk mengatasi segala masalah yang mungkin akan menghambat proses kita mencapai tujuan tersebut. Cara membangkitkan semangat kerja adalah berani menghadapi masalah.

Dengan adanya masalah, maka kita akan belajar untuk menemukan solusinya, bukan mencari alasan apalagi adu argumentasi yang hanya menguras energi. ALC Leadership Management memilki topik mengubah penghalang menjadi peluang, memanfaatkan peluang yaitu dengan melangkah setahap demi setahap dan fokus pada tujuan yang diinginkan.

Keempat, menguatkan kita untuk berani mengambil keputusan. Ya, fokus membuat kita untuk berani mengambil segala keputusan yang mungkin akan melalui banyak resiko yang kita terima. Oh ya. Jika Anda tertarik untuk berani mengambil keputusan, ALC Leadership Management memiliki training Creative decision making, training kepemimpinan ini membuat Anda tahu cara untuk berani mengambil keputusan sekaligus menghadapi setiap risikonya.

Kelima, membangkitkan rasa percaya diri kita untuk terus berubah serta melakukan perubahan. Dengan kita berani mengambil keputusan, maka kita akan lebih percaya diri karena kita telah menimbang segala resiko dan segala sesuatu yang akan terjadi. Manajemen diri kita atau bahasa kerennya self leadership menjadi salah satu topik ALC Leadership Management yang mengajarkan kita untuk mempertajam intuisi.

Dengan menggunakan intuisi kita dan yakin bahwa pilihan tersebut adalah pilihan yang terbaik, otomatis rasa percaya diri kita akan tumbuh. Kepercayaan diri yang tumbuh akan membantu kita untuk menghadapi masalah yang akan datang dan kita akan lebih siap karena sudah mulai terbiasa untuk mengambil keputusan.

Setelah mengetahui cara dan dampak utama jika kita fokus pada tujuan. Betapa besar dampak fokus dalam kehidupan kita, karir yang kita bangun  maupun bisnis yang kita kembangkan selama ini.

Pertanyaannya, seberapa fokus kita pada tujuan selama ini? Langkah strategis dan tindakan nyata apa saja yang sudah kita lakukan? Saatnya jujur di dalam hati. Merasa tertarik dan tertantang untuk lebih fokus pada tujuan?

Terkadang dukungan dari luar akan menambah semangat untuk mencapai tujuan. Motivasi yang didaptakan dari orang sekitar mampu membuat lebih fokus dan yakin dengan tujuan hisup yang ingin dicapai.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Berikut 20 Kata-kata Motivasi ini yang Membuat Anda Fokus pada Tujuan :

1. Pribadi optimis focus pada tujuan utama dan manfaatnya –Ainy Fauziyah

2. Ketika kita tidak tahu dan merasa berat untuk melangkah, fokuslah pada tujuan utama kita yang sebenarnya – Ainy Fauziyah

3. Hidup ini bukan masalah menang atau kalah, tetapi gigih tidaknya kita mewujudkan tujuan hidup yang sebenarnya – Ainy Fauziyah

4. Tentukan tujuan kita sekarang, bertindaklah konsisten, lakukan yang terbaik, syujuri setiap progresnya – Ainy Fauziyah

5. Pertandingan mengalami pasang surut, tapi kamu tidak bisa kehilangan focus terhadaptujuan pribadimu dan kamu tidak bisa membiarkan dirimu dikalahkan karena kurangnya usaha –Rachel Jordan

6. Fokuslah pada momentum. Ciptakan apa yang kita inginkan. Dari langkah paling sederhana. Hingga dahsyat luar biasa. – Ainy Fauziyah

7. Fokus pada solusi pertanda optimis. Fokus pada masalah pertanda pesimis. Yang manakah kita selama ini? – Ainy Fauziyah

8. Hidup ini bukan masalah menang atau kalah. Tetapi bagaimana caranya untuk fokus mewujudkan tujuan hidup kita yang sebenarnya. – Ainy Fauziyah

9. Great leaders fokus untuk membangun pengaruh melalui value, integritas & kepercayaan. Bukan kekuasaan apalagi kesewenangan. –Ainy Fauziyah

10. To stand out, focus and work out what you stand for. – Ainy Fauziyah

11. Fokus kepada tujuan, bukan kepada rasa takutmu. – Anthony Robbins

12. Tetapkan tujuan dan fokus, terus berjalan, terus bergerak, karena itulah sejatinya hiduo. Berjalan dan bergerak menuju tujuan. – Bunda Yuni

13. Tujuan mementukan jadi apakah Anda kelak . – Julius Erving.

14. Orang yang fokus pada tujuan, adalah mereka yang tidak peduli terhadap celaan dan pujian. – Abu Yasah Musa.

15. Beberapa orang terlalu fokus pada masalah, sehingga melupakan tujuan. – Deri Suherlan.

16. It always seems impossible until it’s done! – Nelson Mandela

17. Memiliki tujuan yang jelas dalam hidup adalah sangat penting. Hidup bisa lebih fokus pada tujuan dan buanglah hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan tujuan tersebut. Niscaya, hidup akan menjadi lebih efektif. – Henny Perwitosari

18. Komitmen yang kuat akan memantapkan langkah kita dan menjaga fokus dalam memaksimalkan hasil. Jaga komitmen dan teruskan perjuangan. – Andrie wongso.

19. Matahari pun memiliki sinar yang redup saat pertama kali muncul di ufuk timur, namun semakin lama semakin kuat cahayanya seiring beralannya hari. – Charles Dickens.

20. Fokuslah pada tujuanmu, tak usah hiraukan yang tak ikut berkompetisi bersamamu. Karena seorang pelari tidak akan menoleh kanan kiri dia akan fokus ke depan. – Ratna Paryanti

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends