Mengapa Penting untuk Selalu Fokus Pada Tujuan? Ini 5 Dampak Positifnya!

Fokus Tujuan

Fokus pada tujuan, mengapa begitu penting? Yuk lakukan 5 hal ini sekarang!

Banyak orang berpendapat bahwa fokus adalah tetap mengerjakan suatu tugas dalam jangka waktu tertentu tanpa ada gangguan atau beralih ke hal lain yang tidak relevan. Sehingga pada saat dalam kondisi fokus, kita harus menyingkirkan segala pengaruh yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Menurut KBBI, fokus adalah pusat atau titik. Fokus dapat didefinisikan sebagai kemampuan konsentrasi pada tingkat kepekaan suatu objek tanpa menambahkan hal lainnya yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan konsentrasi.

Apa itu fokus pada tujuan ?

Fokus merupakan sebuah kemampuan berharga yang dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan tugas dan dapat meningkatkan produktivitas dalam kehidupan profesional seseorang. Dengan fokus pada tujuan, Anda dapat mencapai tujuan dan meminimalisir gangguan.

Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami segala aspek seputar fokus pada tujuan. Seperti definisi, fungsi, hingga dampak positif jika Anda fokus pada tujuan yang dapat membantu untuk mencapai tujuan.

Sangat penting untuk memiliki cara berpikir yang benar agar dapat mencapai tujuan terbesar dalam hidup Anda. Hal ini secara otomatis akan membawa fokus dan tekad pada diri Anda.

Namun Anda juga membutuhkan manajemen waktu yang baik, karena berfokus pada tujuan membutuhkan pengaturan waktu sehingga Anda dapat membagi kegiatan sehari-hari dengan bekerja untuk mencapai tujuan dalam hidup.

Jadi dengan berfokus pada tujuan, kegiatan lain Anda tidak terganggu. Serta tidak ada alasan lain bagi Anda untuk tidak fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga :

Tujuan dan 5 Manfaat Pelatihan Leadership untuk Skills Kepemimpinan Anda

Fokus tersebut tertuju pada kegiatan yang beragam, dimulai dari hal yang sederhana seperti fokus saat membaca buku favorit Anda, atau fokus ketika berbicara dengan orang lain. Bagi beberapa orang, mungkin tetap fokus satu titik merupakan hal yang dirasa mudah. Namun pada kenyataannya, fokus pada diri sendiri adalah hal yang sulit dilakukan.

Meskipun saat ini banyak kata bijak fokus yang dapat Anda temukan seperti “Pribadi optimis fokus pada tujuan utama dan manfaatnya”, atau “Tentukan tujuan kita sekarang, bertindaklah konsisten, lakukan yang terbaik, syukuri setiap progresnya” yang diberikan oleh Ainy Fauziyah dapat memacu kobaran semangat atau memotivasi Anda.

Namun jika bukan dari keinginan Anda sendiri untuk fokus, maka hal tersebut terasa sangat sulit dilakukan.

Untuk mencapai tujuan Anda perlu memiliki sikap pemberani, serta rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memiliki mimpi yang besar dan memvisualisasikan bagaimana jika tujuan telah tercapai.

Dengan menetapkan tujuan jangka panjang, Anda dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah. Menjadi sosok yang menginspirasi juga dapat membantu Anda mencapai tujuan yang diinginkan.

Beberapa orang memiliki kemampuan alami untuk tetap fokus pada tugas atau tujuan hidup, namun banyak pula orang yang mengalami kesulitan untuk tetap fokus pada tujuan, sehingga mudah terganggu.

5 Dampak Positif Jika Fokus Pada Tujuan

Pertama, Dapat Memicu Perilaku

Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat menarik fokus menjadi perilaku yang dapat ditindaklanjuti. Dengan kata lain, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas dan tetap, agar dapat memotivasi diri sendiri.

Contohnya seperti, jika Anda ingin menghemat uang untuk membeli motor. Lalu jika ada seseorang yang bertanya pada Anda, seperti apa motor yang diinginkan, kemudian Anda menjawab “apapun yang dapat berjalan”.

Jawaban seperti ini tidak dapat memotivasi diri Anda. Jika Anda lebih spesifik akan tujuan yang diinginkan, tentu semakin Anda dapat memotivasi diri dan memicu fokus agar mulai menabung.

Kedua, Dapat Mengarahkan dan Memandu Fokus

Jika Anda memiliki contoh tujuan hidup yang ingin dicapai dan telah menetapkannya, maka secara alami Anda akan mengerahkan perhatian untuk menuju langkah selanjutnya.

Sehingga Anda akan terbawa pada perilaku yang memaksa untuk mengikuti apa yang Anda inginkan. Karena apapun yang diyakini oleh pikiran, maka tubuh akan secara natural mengikutinya.

Ketiga, Dapat Mempertahankan Momentum

Setelah Anda melewati berbagai tantangan untuk tetap fokus pada tujuan, hingga kemudian Anda melihat adanya kemajuan pada diri Anda, hal tersebut dapat menimbulkan rasa ketagihan akibat dari dopamin yang dilepaskan oleh otak.

Hal ini merupakan suatu momentum. Sehingga apapun yang telah Anda lakukan selama berfokus pada tujuan, maka Anda akan merasa tidak ingin berhenti dan tetap fokus hingga mencapai tujuan tersebut.

Seperti salah satu motivasi dari Ainy Fauziyah seorang motivator wanita terbaik, yaitu “Fokuslah pada momentum, ciptakan apa yang kita inginkan. Dari langkah paling sederhana, hingga dahsyat luar biasa”.

Baca juga :

Ketahui 6 Tujuan Seminar Kepemimpinan untuk Karyawan

Keempat, Dapat Menyelaraskan Fokus

Menetapkan tujuan dapat membantu Anda untuk menyelaraskan fokus dengan perilaku. Karena Anda bisa mendapatkan umpan balik tentang seberapa jauh kemajuan yang telah Anda dapatkan.

Sehingga Anda dapat mengetahui kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki, kemudian Anda akan dapat mengoreksinya dan mengatur ulang strategi untuk mencapai tujuan.

Kelima, Dapat Menguasai Diri Sendiri

Proses menetapkan tujuan dirasa penting karena dapat membantu Anda untuk menggali serta mengidentifikasi apa saja hal yang penting bagi Anda, serta apa saja yang Anda inginkan.

Sebenarnya saat Anda berfokus untuk mencapai tujuan sama halnya dengan ketika Anda mencapai tujuan dalam bekerja, yaitu sama-sama untuk membangun karakter. Hal ini dapat membangun self efficacy, atau bentuk pengembangan diri, sehingga Anda dapat menguasai diri sendiri.

Agar Anda dapat fokus pada tujuan yang telah dimiliki, Anda perlu mengatasi segala sesuatu hal yang dapat mengganggu. Biasanya, banyak orang yang selalu meremehkan hal-hal kecil, sedangkan kenyataannya hal tersebut dapat mengganggu Anda di kemudian hari.

Anda juga perlu tetap berpikir tenang, tidak boleh mudah tergesa-gesa agar tidak salah setiap mengambil langkah keputusan. Serta pikirkan tentang apa tujuan Anda, hal tersebut dapat memotivasi Anda untuk tetap fokus pada tujuan yang dimiliki.

Berdasarkan studi dan survei yang dilakukan di tahun 2018 dengan judul Spending Money on Others Promotes Happiness” menemukan bahwa banyak orang cenderung meremehkan manfaat dari merawat diri sendiri, serta tidak menyadari seberapa penting untuk fokus pada diri sendiri.

Cara fokus pada diri sendiri seperti mengenali diri sendiri terlebih dahulu, mencari tahu apa yang diinginkan, merawat diri sebaik mungkin, menyayangi diri sendiri, seeta tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat mempengaruhi kesejahteraan melalui cara yang berbeda dalam segi tujuan dan makna.

Menurut hasil studi, jika Anda berfokus pada diri sendiri maka Anda dapat merasakan kesejahteraan. Sehingga selain Anda dapat mencapai tujuan, dengan fokus pada tujuan Anda, maka Anda bisa memperoleh kesejahteraan.

Kesimpulan

Banyak tujuan yang bisa Anda capai jika Anda tetap fokus. Tidak ada dampak negatif yang dihasilkan jika Anda berfokus untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, namun dengan manajemen waktu yang baik pula.

Salah satu program pelatihan yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan fokus pada tujuan dari ALC Leadership Management, adalah Boost Your Focus, Increase Your Impact. Program ini dapat membantu Anda ataupun karyawan Anda agar tetap fokus untuk mencapai segala tujuan yang dimiliki dalam hidup.

Baca juga : 

Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Berikut 20 Kata-kata Motivasi ini yang Membuat Anda Fokus pada Tujuan :

1. Pribadi optimis focus pada tujuan utama dan manfaatnya –Ainy Fauziyah

2. Ketika kita tidak tahu dan merasa berat untuk melangkah, fokuslah pada tujuan utama kita yang sebenarnya – Ainy Fauziyah

3. Hidup ini bukan masalah menang atau kalah, tetapi gigih tidaknya kita mewujudkan tujuan hidup yang sebenarnya – Ainy Fauziyah

4. Tentukan tujuan kita sekarang, bertindaklah konsisten, lakukan yang terbaik, syujuri setiap progresnya – Ainy Fauziyah

5. Pertandingan mengalami pasang surut, tapi kamu tidak bisa kehilangan focus terhadaptujuan pribadimu dan kamu tidak bisa membiarkan dirimu dikalahkan karena kurangnya usaha –Rachel Jordan

6. Fokuslah pada momentum. Ciptakan apa yang kita inginkan. Dari langkah paling sederhana. Hingga dahsyat luar biasa. – Ainy Fauziyah

7. Fokus pada solusi pertanda optimis. Fokus pada masalah pertanda pesimis. Yang manakah kita selama ini? – Ainy Fauziyah

8. Hidup ini bukan masalah menang atau kalah. Tetapi bagaimana caranya untuk fokus mewujudkan tujuan hidup kita yang sebenarnya. – Ainy Fauziyah

9. Great leaders fokus untuk membangun pengaruh melalui value, integritas & kepercayaan. Bukan kekuasaan apalagi kesewenangan. –Ainy Fauziyah

10. To stand out, focus and work out what you stand for. – Ainy Fauziyah

11. Fokus kepada tujuan, bukan kepada rasa takutmu. – Anthony Robbins

12. Tetapkan tujuan dan fokus, terus berjalan, terus bergerak, karena itulah sejatinya hiduo. Berjalan dan bergerak menuju tujuan. – Bunda Yuni

13. Tujuan mementukan jadi apakah Anda kelak . – Julius Erving.

14. Orang yang fokus pada tujuan, adalah mereka yang tidak peduli terhadap celaan dan pujian. – Abu Yasah Musa.

15. Beberapa orang terlalu fokus pada masalah, sehingga melupakan tujuan. – Deri Suherlan.

16. It always seems impossible until it’s done! – Nelson Mandela

17. Memiliki tujuan yang jelas dalam hidup adalah sangat penting. Hidup bisa lebih fokus pada tujuan dan buanglah hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan tujuan tersebut. Niscaya, hidup akan menjadi lebih efektif. – Henny Perwitosari

18. Komitmen yang kuat akan memantapkan langkah kita dan menjaga fokus dalam memaksimalkan hasil. Jaga komitmen dan teruskan perjuangan. – Andrie wongso.

19. Matahari pun memiliki sinar yang redup saat pertama kali muncul di ufuk timur, namun semakin lama semakin kuat cahayanya seiring beralannya hari. – Charles Dickens.

20. Fokuslah pada tujuanmu, tak usah hiraukan yang tak ikut berkompetisi bersamamu. Karena seorang pelari tidak akan menoleh kanan kiri dia akan fokus ke depan. – Ratna Paryanti.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian