fbpx

Mengenal Ahli K3 Umum, Arti, Tujuan Dan Manfaatnya

Ahli K3 Umum

Ahli K3 Umum, sudahkah Anda mengenalinya?

Sumber daya manusia (SDM) adalah aset terpenting sebuah perusahaan. SDM memilki peranan penting dalam pelaksanaan kinerja perusahaan. Kualitas sdm atau karyawan akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Karena semakin hebatnya kualitas sdm, maka produktivitas perusahaan akan meningkat.

Perusahaan harus bertanggung jawab atas keselamatan karyawannya, sehingga dalam setiap perusahaan dibutuhkan ahli K3 umum. Pentingnya perlindungan bagi tenaga kerja, khususnya dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mengharuskan pihak pengusaha yang mempunyai tenaga kerja, diwajibkan memilki ahli K3 umum untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat pekerjaan.

Pada dasarnya setiap tenaga kerja berhak mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu K3 juga melindungi keluarga pekerja, konsumen, hingga orang lain yang berpotensi menerima dampak terkait kondisi lingkungan kerja.

Lalu apa itu ahli K3 umum?

Ahli K3 Umum adalah tenaga kerja yang mempunyai keahliah khusus yang bertugas untuk mengawasi jalannya pekerjaan di lokasi kerja masing- masing agar sesuai dengan peraturan undang–undang yang telah ditetapkan pemerintah. Seorang ahli K3 akan membantu perusahaan dalam mengurangi resiko kecelakanaan atau penyakit yang timbul akibat pekerjaan.

Pemerintah telah mengatur tata cara penunjukan ahli K3 umum melalui Permenaker No. 2 tahun 1992. Disebutkan bahwa suatu tempat kerja yang memilki lebih dari 100 orang tenaga kerja atau suatu tempat kerja yang memilki kurang dari 100 orang tenaga kerja, namun memilki resiko pekerjaan yang tinggi wajib mempunyai minimal seorang ahli K3 umum serta P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Baca juga : Kenali Skema Training Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Apa tujuan ahli K3 umum ?

Tujuannya adalah seseorang yang ditunjuk langsung oleh Menteri Tenaga Kerja melalui sertifikasi pelatihan ahli K3 umum. Dengan kata lain ahli K3 umum adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam mengawasi pekerjaan agar sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko baik itu kecelakaan ataupun penyakit akibat kerja. 

Tugas dan tanggung jawab seorang ahli K3 Umum sudah di atur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 2 tahun 1992 tentang Tata cara Penunjukan,Kewajiban dan Wewenang Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yaitu :

– Membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan bidang yang ditentukan dalam keputusan penunjukannya

– Memperoleh informasi seputar syarat-syarat pelaksanaan K3

– Menjaga jalannya pelaksanaan peraturan K3 sesuai bidang yang ditekuninya

– Mengontrol keadaan lingkungan kerja mulai dari mengecek kondisi mesin, menganalisis sifat pekerjaan, dan mengawasi proses produksi

– Membuat laporan terkait pelaksanaan tugas K3 dan diberikan kepada instansi yang berwenang

Tidak sembarang orang bisa menjadi ahli K3. Calon ahli K3 harus mengikuti pelatihan sertifikasi K3 umum untuk mengukur sejauh apa tingkat kompetensinya di bidang K3. Setelah sertifikasi usai, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat K3 umum sebagai bukti telah lolos pengujian.

Pelatihan ini adalah bentuk seleksi, penilaian atau pelatihan khusus bagi seseorang yang ingin menjadi ahli K3 umum. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan ahli K3 umum di setiap perusahaan agar dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan tersebut. Ketika seseorang telah lolos seleksi mereka akan mendapatkan sertifikasi dan selanjutnya mereka memilki wewenang untuk menjadi ahli K3 di tempat mereka bekerja.

Berdasarkan undang–undang, jaminan keselamatan dan kesehatan kerja diperuntukkan bagi seluaruh pekerja yang bekerja di segala tempat kerja, baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air, maupun di udara, yang berada dalam wilyah kekuasaan hukum RI. Persyaratan untuk menjadi ahli K3 umum adalah Pendidikan formal minimal D3 semua jurusan.

Pengetahuan mengenai K3 tidak hanya diwajibkan bagi karyawan yang berada pada bidang tersebut, tetapi wajib bagi seluruh karyawan perusahaan tekait. Sehingga training keselamatan dan kesehatan kerja wajib diikuti seluruh karyawan, karena karyawan juga harus mengetahui manfaat dan fungsi ahli K3.

Berikut manfaat pelatihan ini, yaitu :

Pertama, dapat melaksanakan pembinaan operasinal K3. Melalui pelatihan ini, peserta dapat melaksanakan pembinaan operasional K3 di tempat ia bekerja. Selain itu peserta dapat berbagi ilmu kepada karyawan lain mengenai pentingnya bekerja dengan menerapkan K3.

Kedua, memilki sertifikasi K3. Sertifikasi pelatihan K3 sangat bermanfaat, karena dengan mempunyai sertifikat K3 peserta mempunyai nilai lebih di mata perusahaan. Selain itu sertifikat K3 sangat bermanfaat di bidang finansial, dimana strandar gaji bagi ahli K3 akan mengalami kenaikan dan tidak dapat diragukan lagi.

Ketiga, menunjang promosi jabatan di perusahaan. Saat ini perusahaan sedang membutuhkan karyawan yang memilki sertifikat K3, sehingga dengan mengikuti pelatihan, karyawan berpotensi untuk  mendapatkan promosi jabatan.

Keempat, memahami situasi lingkungan kerja dan mengurangi angka kecelakaan. Pelatihan K3 akan mengajarkan peserta mengenai keselamatan kerja. Dengan mengikuti pelatihan, peserta dapat dengan mudah memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja. Peserta akan mampu menganalisis dan mencarai faktor penyebab. Sehingga peserta akan mampu mengatasi dan melakukan pencegahan mengenai resiko-resiko dalam kesehatan dan kesemalatan kerja.

Kelima, dapat meningkatkan citra positif dan ptofit perusahaan. Seorang pekerja yang memilki sertifikat K3 akan meningkatkan citra positif perusahaan sehingga dapat dipercaya oelh mitra kerja perusahaan. Ia akan mengetahui dan meminimalisir kecelakaan kerja. Sehingga hal ini akan menekan biaya pengeluaran perusahaan untuk mengurangi kerugian dari suatu insiden.

Setelah menyimak apa itu ahli K3 umum, tujuan dan manfaatnya bagi perusahaan. Sudahkan Anda menjalani pelatihan ini? Jika sudah, seberapa efektifkah melakukannya?

ALC Leadership Management memilki program pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sertifikat BNSP. Kami akan membantu Anda untuk menjaga K3 perusahaan, agar angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapata ditekan melalui penerapan aspek-aspek K3. Dalam memenuhi tuntutan dunia usaha berupa kompetensi bagi ahli K3.

ALC memilki metode dengan pendekatan yang berbeda. Dengan 90% praktek dan 10% teori. Jadi percayakan pelatihan Ahli K3 Umum kepada kami. Karena kami memilki narasumber yang ahli di bidangnya.

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends