4 Manfaat Pelatihan Pengembangan SDM

Pelatihan Pengembangan SDM

Daftar Isi

Sumber daya manusia yang berkualitas akan menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan. Keberhasilan karyawan dalam menghadapi persoalan produktivitas menandakan perusahaan tersebut mampu mengembangkan SDM dengan baik. Pelatihan dan pengembangan SDM perlu diterapkan di suatu perusahaan agar bisa mencapai visi dan misi perusahaan. 

Pelatihan pengembangan SDM dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keahlian/ skill karyawan supaya performa mereka meningkat. Sejatinya program ini dimaksudkan untuk mendidik, melatih dan mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan. Sehingga, perusahaan bisa terus berkompetisi dengan perusahaan lain dan berkembang pesat. 

Metode Pelatihan Pengembangan SDM

Metode pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam memajukan organisasi. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kapasitas karyawan, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi maksimal.

Salah satu metode yang efektif adalah pelatihan berbasis kompetensi, di mana fokus diberikan pada pengembangan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Sistem pelatihan berkelanjutan juga memainkan peran penting dengan menyediakan pembelajaran berkesinambungan yang dapat diakses kapan saja.

Selain itu, simulasi dan permainan peran sering digunakan untuk menciptakan pengalaman praktis tanpa risiko langsung. Metode pengembangan SDM juga melibatkan mentoring dan pembimbingan, di mana para pemimpin memberikan panduan dan dukungan kepada anggota tim yang lebih junior.

Evaluasi teratur membantu menilai efektivitas pelatihan, memastikan bahwa tujuan pengembangan tercapai. Dengan memanfaatkan berbagai metode ini, organisasi dapat memastikan bahwa SDM mereka terus berkembang, meningkatkan daya saing, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Terdapat beberapa metode pelatihan pengembangan SDM yang bisa diselenggarakan diantaranya : 

1. Melatih keahlian karyawan (skill training)

Pelatihan ini cukup sering dilakukan oleh beberapa perusahaan. Program ini juga terbilang mudah dan sederhana, tapi mampu mengembangkan SDM. Caranya dengan menilai apa yang menjadi kebutuhan karyawan atau kekurangan karyawan yang selanjutnya dapat diidentifikasi melalui penilaian yang lebih dalam.

2. Cross Functional Training

Metode pelatihan pengembangan SDM selanjutnya bisa menerapkan cross functional training atau pelatihan lintas fungsional. Training ini bertujuan agar karyawan bisa melakukan pekerjaan di bidang lainnya, selain bidang utamanya. Misalnya seorang karyawan administrasi menjalani program pelatihan marketing supaya mengetahui cara pemasaran produk.

3. Creativity Training

Sesuai dengan namanya pelatihan ini diharapkan melatih kreatifitas SDM dalam perusahaan. Adanya creativity training diharapkan SDM mampu mengeluarkan sebuah gagasan atau ide yang sesuai dengan nilai rasional. Ide tersebut nantinya dapat dikembangkan untuk membangun perusahaan lebih baik lagi. 

4. Pelatihan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat perusahaan harus mengambil bagian. Teknologi yang memadai akan mempengaruhi sistem kerja perusahaan. Bila perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi tersebut malah akan berdampak negatif. Karena, dianggap ketinggalan zaman dan kurang berkembang. Maka dari itu, sebaiknya perusahaan memberikan pelatihan kepada SDM tentang kemajuan teknologi. 

5. Training Team

Dalam sebuah perusahaan bagaimanapun juga karyawan tidak akan bekerja sendirian. Mereka pasti membutuhkan team untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dengan menyelesaikan masalah secara team pasti akan lebih mudah terselesaikan. Dengan begitu, training team SDM sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Baca juga : 

Tujuan Motivasi SDM Ini Sangat Efektif Bagi Peningkatan Kinerja

4 Manfaat Pelatihan Pengembangan SDM 

Ada banyak dampak positif jika perusahaan melaksanakan program pelatihan pengembangan SDM. Salah satunya adalah menciptakan karyawan yang berkinerja tinggi. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari pelatihan pengembang karyawan yaitu :

4 Manfaat Pelatihan Pengembangan SDM

1. Menemukan Potensi Karyawan

Dengan begitu mereka akan mengetahui potensi apa yang mereka kuasai. Selain itu jika karyawan potensi sebenaranya yang ada dalam dirinya, hal tersebut juga dapat mempermudah kerja manajer dalam penempatan posisi sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

2. Meningkatkan Produktivitas

Hal ini berkaitan dengan kepercayaan diri karyawan dalam melakukan pekerjaan. jika karyawan merasa percaya diri, nyaman, serta merasa dibimbing karena adanya pelatihan pengembangan SDM, karyawan tersebut pasti akan memberikan kemampuan terbaik dan loyalitasnya pada perusahaan tempatnya bekerja.

3. Meningkatkan Fleksibilitas Kerja

Ini dapat disesuaikan dengan mudah bila terjadi perubahan lingkungan pada perusahaan. Dengan banyaknya ketrampilan yang dimiliki, maka akan lebih fleksibel juga bagi karyawan untuk menyesuaikan diri dengan kemungkinan adanya perubahan yang terjadi dilingkungan perusahaan.

Contoh saja jika organisasi memerlukan pegawai dengan kualifikasi tertentu, maka perusahaan tidak perlu lagi menambah pegawai yang baru, karena  pegawai yang dimiliki sudah cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

4. Mampu Memahami Perubahan Trend

Sehingga, karyawan bisa dengan mudah memahami perubahan teknologi, teknik pemasaran dan masih banyak lagi. Dengan pelatihan dan pengembangan SDM diharapkan karyawan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada perusahaan, lingkungan kerja, serta competitor perusahaan.

Baca juga : 

Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Kesimpulan

Nah, Setelah menyimak Metode Dan Manfaat Pelatihan Pengembangan SDM, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

‚Äď Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui¬†The Power of Integrity.

‚Äď Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui¬†The Power of Working with Emotional Intelligence

‚Äď Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui¬†Boost Your Focus, Increase Your Impact

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555