fbpx

Tujuan Motivasi SDM Ini Sangat Efektif Bagi Peningkatan Kinerja

Motivasi SDM

Motivasi SDM, seberapa besar tujuan dan efeknya?

Motivasi SDM merupakan komponen yang sudah sewajarnya ada di dalam diri karyawan. Karena menghasilkan kinerja yang baik adalah dambaan semua perusahaan. Tetapi tentu saja motivasi tidak bisa datang dengan sendirinya. Karena ada beberapa dari kita bisa terdorong hanya jika diberi motivasi ekstrinsik (dari luar).

Pernahkah Anda merasa kehilangan motivasi dalam bekerja? Jika pernah, Anda harus disupport dan bahkan perlu melakukan pelatihan dan pengembangan SDM. Tujuannya agar menghasilkan kualitas kerja yang lebih baik. Berkualitas dalam artian dapat mengambil keputusan yang bijak serta hubungan antar manusia dan sosialisasinya tetap terjaga.

Dampak dari motivasi sangat besar bagi kita maupun tim. Orang-orang yang termotivasi akan terus melakukan suatu tindakan, meskipun tugas tersebut mungkin lebih berat. Misalnya, kita bisa melakukan pekerjaan yang bahkan tidak kita sukai. Karena kita terbiasa melakukan sesuatu dengan optimis.

Baca juga : Yuk Ketahui Pentingnya Hubungan Motivasi Dengan Kinerja

Jadi, seberapa efektif kah Motivasi SDM?

Bagi Anda yang masih ragu, mari kita bahas topik ini bersama. Motivasi SDM bisa sangat efektif. Bahkan sudah banyak penelitian dan studi yang memaparkan efektivitasnya. Studi kasus dari Sumy State University, Armenia menyimpulkan bahwa motivasi sangat besar pengaruhnya terhadap efisiensi kerja, baik bagi karyawan maupun atasan selama pandemi COVID-19. Penelitian psikologis dari Jurnal Frontiers in Psychology juga menerangkan motivasi personal bagi karyawan meningkatkan keterlibatan (engagement) dan hubungan intrapersonal antar karyawan.

Tidak hanya itu, studi Cloudfront.net kasus lain di perusahaan Somalia mengatakan ada hubungan baik antara motivasi dengan kinerja karyawan. Bagaimana? Sudah banyak bukti yang membuat motivasi SDM ini efektif bagi perkembangan perusahaan.

Tujuan Motivasi SDM

Setelah kita berbicara tentang manfaat dan keefektifan dari motivasi SDM, lantas apa tujuannya? Yuk simak bersama tujuan motivasi SDM berikut.

Pertama, meningkatkan produktivitas kerja. Produktivitas kerja merupakan hal yang ingin dicapai setiap perusahaan. Karena karyawan hanya memahaminya sebagai sebuah kesibukan. Akibatnya, produktivitas menjadi sesuatu yang sulit untuk kita dapatkan.

Hasil atau kualitas yang didapatkan sering tidak sesuai dengan harapan perusahan. Banyak waktu terbuang karena mengejar kata-kata atau prinsip produktivitas kerja. Agar Anda bisa meningkatkan produktivitas kerja dalam cara yang tepat, tentu saja motivasi SDM dalam dapat membantu kita memahami arti produktivitas sebenarnya.

Tujuan ini merupakan tujuan yang banyak dicari dan ingin dicapai oleh semua karyawan. Karena dalam perjalanannya tidak semudah itu. Kita akan kesulitan tanpa bimbingan trainer atau pelatih yang sudah terpercaya. Sebelum ini tentu saja sudah dilakukan analisis pekerjaan atau analisis pegawai sehingga tujuan dalam motivasi SDM yang akan dilatih atau dikejar dapat sesuai target.

Kedua, meningkatkan interpersonal pegawai. Kepribadian yang baik merupakan awal yang sangat tepat untuk bisa memiliki motivasi SDM yang sempurna. Akan sangat sulit jadinya apabila pribadi seorang pegawai sudah jauh dari kata baik karena hal ini hanya akan menyulitkan pegawai tersebut di dalam dunia kerja.

Masalah hubungan interpersonal biasa terjadi dimanapun. Pada batas tertentu, setiap orang mengalami konflik atau kesalahpahaman dalam komunikasi. Tetapi jika kita mengalaminya terus-menerus, sebaiknya berhati-hati. Berselisih dengan orang lain akan membuat pertemanan dan hubungan dengan rekan kerja bisa putus. Ada baiknya kita meminta lebih banyak bantuan untuk memahami apa yang salah.

Salah satu cara agar interpersonal membaik, dan menjadi pribadi yang diterima oleh seluruh rekan kerja adalah dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM. Di dalam pelatihan dan pengembangan SDM ini akan dilatih dan diberi materi agar kepribadian seseorang menjadi lebih baik. Sehingga dalam dunia kerja tidak akan ada lagi permasalahan yang diakibatkan oleh kepribadian seseorang.

Baca juga : Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Anda tidak perlu ragu karena motivasi SDM dapat diraih dengan mengikuti pelatihan. Materi pelatihan dan pengembangan sudah sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai sehingga Anda tidak perlu khawatir Apakah output atau hasil yang diinginkan berbeda dari Anda inginkan.

Nah, Setelah menyimak Tujuan Motivasi SDM di atas, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya Maximized Your Potential, Boost Your Performance, Building Solid Teams, Mengubah Penghalang Jadi Peluang, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui cara sederhana menggali potensi, mengenal karakter, values & beliefs Anda selama ini. Menjadikan values perusahaan menyatu di pekerjaan serta meningkatkan keahlian dengan potensi maksimal, melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance

– Pahami bagaimana cara memahami 5 langkah mudah membangun team solid melalui tujuan, action, support, evaluasi & apresiasi, melalui Building Solid Teams

– Pelajari bagaimana cara percaya diri untuk mengubah setiap penghalang menjadi peluang mengunakan ALC Method, melalui Mengubah Penghalang Jadi Peluang

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends