fbpx

Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan, sudahkah mengenali tipe-tipenya?

Program ini akan membuat karyawan menjadi lebih produktif, kreatif bahkan inovatif dalam bekerja. Dalam mengembangkan perusahaan, anda tentu harus terus menjaga stabilitas dari sumber daya manusia. Hal ini akan berpengaruh pada internal serta eksternal untuk membangun perusahaan sesuai dengan tujuannya.

Kita bisa lihat bahwa persaingan antar perusahaan semakin ketat. Oleh karenanya, perusahaan harus terus mengembangkan kualitas dari karyawan. Langkah terpenting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang diinginkan dengan mengikutkan karyawan dalam program pelatihan dan pengembangan.

7 Tipe pelatihan dan pengembangan karyawan

Setelah Anda tahu bahwa pelatihan penting untuk perkembangan karyawan, apa saja metode yang efektif kita lakukan? Berikut 7 tipe pelatihan dan pengembangan sdm yang berguna untuk perusahaan. 

Pertama, Pelatihan Bahasa (language training). Tipe pelatihan ini berfokus pada mengembangkan kemampuan berhasa asing pada karyawan. Bahasa sangat penting untuk bisa bersaing di dunia bisnis.

Untuk bisa menjangkau target yang luas dan Global, tentu perusahaan Anda harus memiliki SDM yang mendukung. Anda tentu harus mengembangkan kemampuan karyawan dalam hal berbahasa yang beragam (multilingual). Pelatihan ini juga akan meningkatkan value tambahan pada karyawan.

Baca juga : Pelatihan SDM Di Perusahaan, Simak Apa Saja Tujuan Utamanya

Kedua, Pelatihan Teknologi (technology training). Perkembangan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan, salah satunya sistem kerja di dalam perusahaan. Namun, seperti yang kita tahu, teknologi selalu berkembang dan berevolusi.

Para karyawan memerlukan amunisi yang cukup untuk mengejarnya agar tidak tertinggal. Dengan menyadari pentingnya teknologi, pelatihan dan pengembangan karyawan sangat perlu agar mengatasi ketidaktahuan teknologi serta menambah kemampuan serta pemahaman karyawan akan teknologi.

Ketiga, Pelatihan Meningkatkan Keahlian Karyawan (skill training). Training tipe ini ditargetkan kepada karyawan untuk memperoleh pengetahuan dan skills yang diperlukan dalam memenuhi persyaratan khusus di posisi pekerjaan.

Pelatihan ini bisa dimanfaakan oleh perusahaan untuk melatih, mengembangkan, dan mempersiapkan karyawan dalam hal keahlian. Karena semua hal pasti mengalami perubahan, seperti sistem, teknologi, serta persaingan antar perusahaan.

Keempat, pelatihan lintas fungsional (Cross Functional Training). Tipe pelatihan selanjutnya yang bisa disediakan untuk karyawan adalah cross functional training atau pelatihan lintas fungsional. Maksud dari lintas fungsional adalah karyawan perusahaan yang bekerja atau melakukan kegiatan yang di bidang lain, selain dari pekerjaan utamanya.

Anda tidak dapat mempekerjakan karyawan di bidang lainnya tanpa melakukan pelatihan karyawan sebelumnya. Pelatihan ini juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. 

Kelima, petihan tim (Team Training). Tipe pelatihan yang wajib juga untuk diketahui untuk mengembangkan sumber daya manusia adalah pelatihan tim. Dalam perusahaan tentu akan bekerja secara individu dan juga kelompok. Namun, tidak semua orang bisa bekerja dalam tim sehingga pelatihan tim akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah pekerjaan agar tercapainya tujuan dari perusahaan. 

Keenam, pelatihan ulang (Retraining). Pelatihan ulang akan memberikan kesempatan untuk karyawan agar bisa menghadapi segala bentuk tuntutan dari pekerjaan yang mungkin akan berubah. Dengan adanya pelatihan dan pengembangan karyawan maka karyawan akan lebih percaya diri pada saat bekerja di perusahaan. 

Baca juga : Program Training SDM Terbaik Untuk Pengembangan Karakter

Ketujuh, pelatihan kreativitas (Creativity Training). Creativity Training merupakan tipe pelatihan yang akan membantu karyawan untuk bisa menbangun perusahaan menjadi lebih baik. Kreativitas mengarah kepada gagasan rasional yang dikeluarkan oleh sumber daya manusia dari perusahaan. 

Nah, Setelah menyimak 7 Tipe pelatihan dan pengembangan karyawan, sudahkah karyawan milenial perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends