3 Perempuan Ini Merupakan Motivator Terkenal Indonesia, Yang Ke-2 Sering Anda Dengar!

Daftar Isi

Terkadang saat menjalani hidup, kita merasa bosan, hampa, lelah, dan jenuh dengan segala rutinitas yang selalu kita lakukan secara berulang setiap hari. Pemberian motivasi adalah salah satu cara untuk membangkitkan semangat ketika kita sedang mengalami hal-hal seperti itu.

Motivasi merupakan sebuah dorongan atau alasan dasar seseorang untuk membangkitkan rasa semangat dalam melakukan sesuatu demi mencapai tujuannya. Motivasi adalah hal-hal yang dapat menciptakan suatu dorongan atau semangat dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu.

Karena pada dasarnya manusia juga membutuhkan berbagai macam bentuk dorongan baik secara internal/ eksternal untuk dapat menyelesaikan dan mencapai suatu tujuan.

Motivasi sangat erat hubungannya dengan kinerja. Motivasi memilki peranan agar manusia dapat selalu meningkatkan kualitas kinerja untuk mencapai tujuan tertentu. Jika seorang karyawan memilki motivasi yang tinggi, maka produktivitas kinerja yang dihasilkan pun akan tinggi dan akan memberikan dampak yang baik terhadap perusahaan.

Motivasi dapat disebut juga sebagai inspirasi yang bisa datang dari dalam diri ataupun datang dari pengaruh orang lain. Motivasi dari dalam diri adalah keinginan kita untuk melakukan perubahan demi mencapai tujuan yang kita inginkan.

Sedangkan motivasi dari luar dapat diberikan oleh seorang motivator yang akan membantu kita untuk membuat energi positif dan juga mengembalikan semangat agar dapat  fokus pada tujuan. 

Motivator merupakan seseorang yang berprofesi sebagai pembicara dengan tujuan memberikan dorongan kepada banyak orang agar orang-orang tersebut dapat menumbuhkan rasa semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan orang yang memilih profesi sebagai motivator berasal dari kaum pria, akan tetapi wanita pun juga bisa menjadi seorang motivator. Bahkan beberapa motivator wanita masuk ke dalam kategori motivator terbaik Indonesia. 

Sebelum melihat beberapa motivator perempuan terbaik Indonesia, simak terlebih dahulu informasi singkat mengenai motivator wanita itu sendiri.

3 Motivator Perempuan Terkenal di Indonesia

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, motivator tidak hanya profesi bagi pria, namun juga wanita. Pernyataan ini tentu telah terbukti dengan adanya banyak motivator wanita Indonesia yang tidak kalah terkenal dibandingkan dengan motivator pria.

Deretan motivator perempuan Indonesia ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tentunya dengan kutipan kata-kata bijak dan menginspirasi. Yuk simak beberapa  motivator perempuan terkenal Indonesia yang menginspiratif.

Baca juga : 

4 Motivator Terkenal Di Indonesia Ini Bisa Dijadikan Role Model

1. Merry Riana

Siapa yang tak kenal Merry Riana? Motivator Indonesia yang cantik dan energik berkelahiran 29 Mei 1980 ini merupakan salah satu dari sekian banyak keturunan Tionghoa yang terkena dampak kerusuhan 1998. Keinginannya untuk melanjutkan pendidikan di salah satu universitas ternama di Indonesia harus pupus.

Namun Merry Riana tidak berhenti melangkah dan memutuskan untuk mengenyam pendidikan di negeri tetangga yaitu Singapura.

Berkuliah di Nanyang Technological University hanyalah awal dari cerita serta usahanya dalam menempuh pendidikan. Ia harus berhutang untuk bisa menghidupi dirinya selama ia tinggal di sana.

Demi berhemat, ia terpaksa harus membuat strateg, yaitu dengan memakan mie instant di pagi hari, dua lembar roti tanpa selai untuk siang hari.

Bahkan, untuk makan malam ia sengaja mengikuti seminar dan perkumpulan demi makan gratis. Tidak hanya itu, Merry harus melakukan berbagai pekerjaan demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan segala usahanya, perlahan-lahan ia pun bangkit dari keterpurukan. Membangun mimpinya dengan berbisnis bermodalkan ilmu dan informasi yang ia peroleh dari hasil seminar maupun organisasi kemahasiswaan.

Setelah lulus dari Nanyang Technological University, motivator terkenal Indonesia itu satu persatu mulai mewujudkan cita-citanya. Bahkan namanya dimuat dalam artikel¬†the strait Times¬†pada tahun 2007 dengan judul ‚ÄúShe‚Äôs made her first million at just age 26‚ÄĚ.

2. Ainy Fauziyah

Bicara mengenai perempuan inspiratif, pasti tidak luput dari nama Ainy Fauziyah. Salah satu motivator terkenal Indonesia ini adalah seorang pemimpi sejak kecil. Lahir dari keluarga sederhana di kota kecil tidak mematahkan semangatnya untuk terus memiliki banyak impian. Hal itu ia buktikan dengan mengikuti seleksi calon peseta cerdas cermat yang saat itu diselenggarakan oleh TVRI Surabaya.

Walaupun ia menjadi bahan tertawaan teman-teman yang jauh lebih pintar darinya, hal itu justru memotivasi Ainy untuk lolos. Berkat tekadnya yang bulat, Ainy berhasil terpilih mengikuti cerdas-cermat bersama kedua temannya ke TVRI Surabaya.

Bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004 membuat hati Ainy terpanggil untuk ikut serta membantu korban yang terkena dampak dari bencana alam tersebut. Ainy bergabung dengan organisasi OXFAM (organisasi nirlaba Inggris yang berfokus pada pembangunan penanggulangan bencana dan advokasi) sebagai Programme Shelter Coordinator dan melakukan pembangunan kembali di Aceh.

Di tempat itulah Ainy mengajak para wanita khususnya ibu rumah tangga di Aceh untuk menjadi tukang cat bersertifikat. Semula hanya diikuti 37 orang namun setelah itu ia berhasil mengajak 500 wanita Aceh. Tak hanya sampai situ, Ainy memutuskan beralih profesi menjadi seorang motivator untuk membantu lebih banyak orang di luar sana.

Tidak hanya menjadi seorang motivator, Ainy  juga telah menulis buku berjudul Dahsyatnya Kemauan yang 100% hasil royaltinya ia donasikan untuk program beasiswa sekolah bagi anak-anak Indonesia.

Walaupun perjalanan kairernya tidak mudah, Ainy tetap berhasil menerima banyak penghargaan selama menjadi motivator. Mulai dari menerima penghargaan SheCAN!Awawds pada tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Tupperware Indonesia hingga menjadi salah satu ‚Äė100 Perempuan Terinspiratif Indonesia 2011‚Äô oleh Majalah Kartini.

Saat ini Ainy sudah menjadi motivator nomor 1 Indonesia bidang leadership. Ainy menjalankan profesinya sebagai motivator terbaik Indonesia dengan menjadi pembicara dilebih 300 perusahaan. Selain itu motivasinya sering muncul di beberapa siaran televisi dan radio bahkan media cetak seperti majalah dan media online.

Kini Ainy aktif sebagai motivator dan telah mendirikan pusat pelatihan serta pengembangan sdm, yang diberi nama ALC Leadership Management. Ainy tetap aktif dalam menginspirasi banyak orang melalui training offline maupun online dan Ainy juga aktif membagikan kegiatannya melalui Instagramnya dan channel YouTubenya. 

Meskipun telah menjadi motivator terbaik Indonesia, beliau masih menyebut dirinya bahwa  Ainy Fauziyah bukan motivator terbaik Indonesia. 

Baca juga : 

Mengenal Lebih Jauh Motivator Nomor 1 Indonesia Bidang Leadership

3. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi mengawali karirnya dalam dunia pelakonan dan terkenal sebagai pemeran tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Oki Setiana Dewi atau biasa dipanggil Oki ini adalah seorang pembicara sekaligus penulis yang sudah sering kali diundang di beberapa program pertelevisian nasional.

Walaupun namanya sudah sering disebut di pertelevisian nasional, sebelumnya Oki harus memulai karier dengan penuh perjuangan.

Berawal dari banyaknya kegagalan dalam mengikuti berbagai lomba peragaan busana, alih – alih menyerah jutsru ia terus mengasah kemampuannya. Dengan memasuki Sekolah Kepribadian Silhoutee, Oki mulai menjadi langganan juara di berbagai lomba peragaan busana.

Bahkan, ia beberapa kali diundang sebagai MC di berbagai acara. Berawal dari hal tersebut, motivator terkenal Indonesia ini dapat membiayai sekolahnya sendiri di usia muda, ditambah ia juga merupakan murid yang berprestasi. Hal itu dibuktikan olehnya dengan berhasil menjadi salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesia.

Oki juga memperluas kariernya dengan mengjadi pengisi seminar-seminar muslimah. Ia kerap mengajar mengaji di TPA bahkan mendirikan komunitas untuk program ‚ÄúYuk Mengaji, Al-Quran di Hati‚ÄĚ.

Kini Oki aktif menjadi motivator di acara televisi muslimah yang akhirnya ia mendapatkan predikat salah satu motivator terkenal Indonesia. Tak hanya itu, Oki juga sangat konsisten dalam bidang Pendidikan, tidak tanggung-tanggung, Oki berhasil menyelesaikan kuliah pada jenjang S3.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai perempuan inspiratif motivator Indonesia. Semuanya sudah memiliki pengalaman yang luas sehingga pantas untuk dijadikan panutan.

Tidak hanya sukses dalam memotivasi orang lain, beberapa motivator wanita Indonesia juga bahkan sukses dalam membangun pusat leadership training miliki mereka sendiri. Ainy Fauziyah adalah salah satu motivator wanita di Indonesia yang memiliki lembaga training tersendiri, yakni ALC Leadership Management.

Tapi, apakah hanya pencapaian tersebut yang membuat Ainy menjadi salah satu motivator wanita terbaik? Berikut adalah ringkasan informasinya.

Ainy Fauziyah Motivator Wanita di Indonesia

Ainy Fauziyah menjadi salah satu motivator wanita di Indonesia dengan tolak ukur beberapa faktor. Faktor pertama adalah Ainy telah menciptakan banyak karya yang menginspirasi. Salah satu karyanya adalah buku yang 100% royaltinya ia donasikan sebagai beasiswa untuk anak-anak yatim dan dhuafa melalui program 1 juta buku untuk anak-anak yatim dan dhuafa.

Faktor kedua adalah reputasi positif yang dibuktikan dengan diterimanya sejumlah penghargaan oleh Ainy. Salah satu di antaranya ada penghargaan Indonesia Digital Women Award 2013 oleh PT. Telkom pada kategori Professional.

Faktor ketiga adalah Ainy merupakan seorang spesialis dan ahli yang sudah memiliki beberapa sertifikat, antara lain Certified Professional Coach, Hypnotherapist, dan Licensed NLP Master Practitioner.

Faktor keempat, Ainy sudah sejak lama aktif sebagai pembicara untuk klien perusahaan ternama, baik nasional maupun internasional. Kemudian, faktor terakhir adalah memiliki wawasan yang luas.

Kesimpulan 

Dari tolak ukur empat faktor tersebut itulah, Ainy bisa menjadi salah satu motivator wanita terbaik di Indonesia.

Ternyata, menjadi seorang motivator sukses tidak hanya terbatas untuk laki-laki, melainkan juga untuk wanita. Ketiga motivator wanita terbaik di atas membuktikan pernyataan tersebut. Selagi memiliki kapasitas yang cukup, siapapun itu bisa menjadi motivator terbaik.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Strategic Leadership
  • 27/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 04/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 18/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leadership Fundamental
  • 25/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 14/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2