fbpx

Peluang Kerja Ahli K3 Umum Dengan Sertifikasi BSNP

Peluang Kerja Ahli K3 Umum

Peluang kerja ahli k3 umum, sudahkan Anda memilki sertifikasinya?

Keselamatan dan kesehatan kerja perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan. Perusahaan harus bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan karyawannya. Sehingga dalam setiap perusahaan dibutuhkan seorang ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) umum.

Tenaga ahli K3 umum adalah seorang tenaga kerja yang mempunyai keahlian khusus yang bertugas untuk mengawasi jalannya pekerjaan dalam mengurangi dan mencegah kecelakan dan penyakit yang timbul karena pekerjaan.

Tidak sembarang orang bisa dan mampu menjadi ahli K3 umum. Mereka harus mengikuti pelatihan sertifikasi ahli K3 umum untuk mengukur sejauh mana tingkat kompetensinya. Setelah sertifikasi usai, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat Ahli K3 Umum sebagai tanda bukti bahwa telah lolos pengujian.

Seorang ahli K3 harus berani bertanggung jawab terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerja. Karena seorang yang bekerja di bidang K3 bertugas menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan tenaga kerja dengan berbagai upaya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah tindakan pencegahan kecelakaan seperti kebakaran, cidera ataupun hal–hal lain yang mungkin bisa membahayakan dan merugikan.  

Sertifikat Ahli K3 Umum dapat dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Sertifikat K3 yang dikeluarkan LSP umumnya sama dengan yang dikeluarkan BNSP karena LSP berada di bawah naungan BNSP. Sertifikasi kompetensi ini adalah bukti pengakuan atas keahlian seseorang dalam bidang K3.

Bagaimana mendapatkan sertifikat ahli K3 umum dari BNSP?

Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP adalah badan resmi yang didirikan pemerintah sebagai Lembaga pelaksana sertifikasi kompetensi. Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP merupakan sertifikasi nasional berdasarkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).

Baca juga : Mengenal Ahli K3 Umum, Arti, Tujuan Dan Manfaatnya?

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP, yaitu :

Pertama, Tingkat Utama

– Sarjana (S1) K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 5 tahun

– Sarjana (S1) Teknik Non K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 8 tahun

– Sarjana (S1) Non Teknik dan Non K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 10 tahun

Kedua, Tingkat Madya

– SLTA/ SMK, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 10 tahun

– D3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 8 tahun

– Sarjana (S1) K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 2 tahun

– Sarjana (S1) Teknik, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 5 tahun

– Sarjana (S1) Non Teknik dan Non K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 7 tahun

Ketiga, Tingkat Muda

– SLTA/ SMK, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 3 tahun

– D3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 2 tahun

– Sarjana (S1) K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 6 bulan

– Sarjana (S1) Teknik, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 1 tahun

– Sarjana (S1) Non Teknik dan Non K3, dengan pengalaman kerja di bidang K3 minimal 1 tahun

Selain persyaratan diatas, adapun beberapa dokumen yang disiapkan untuk mengikuti sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP, diantanya :

– Fotokopi ijazah terakhir

– Fotokopi KTP/KITAS/Paspor

– Foto 3×4 2 lembar

– Surat rekomendasi dari pimpinan/ rekan kerja (bila ada)

– Sertifikat pelatihan K3 yang pernah diikuti (bila ada)

– Curiculum Vitae (CV) atau surat keterangan pengalaman kerja

Jika telah dinyatakan lulus sertifikasi oleh BNSP, maka akan mendapatkan sertifikat yang berisi bahwa yang bersangkutan telah lulus dan kompeten dalam unit kompetensi tertentu di bidang K3. Pelatihan sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP diselenggarakan selama 4 hari untuk masing-masing tingkatan (Muda, Madya, Utama).

Masa berlaku sertifikat ini adalah 3 tahun. Untuk perpanjangan sertifikat, yang bersangkutan diminta untuk mengikuti uji kompetensi lagi, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa yang bersangkutan masih menjaga dan memilki kompetensi tersebut.

Sertifikasi Ahli K3 Umum memperbesar peluang kerja

Saat ini perkembangan dan persaingan di dunia kerja semakin ketat, sehingga persaingan dalam memperoleh lapangan kerja pun semakin meningkat. Tidak ada jalan lain bagi seorang pekerja untuk mampu bersaing dalam memperoleh bahkan mempertahankan pekerjannya.

Selain dengan meningkatakan kompetensi yang dimilki bahkan mempelajari kompetensi baru yang asing baginya dan diakui secara hukum. Sehingga pelatihan atau training berbasis kompetensi sangat dibutuhkan.  

Salah satunya adalah memilki sertifikasi Ahli K3 Umum. Karena sertifikasi Ahli K3 Umum adalah bukti atas keahlian yang dimilki dalam bidang K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Seseorang yang sudah memilki sertifikat Ahli K3 Umum mempunyai wewenang untuk menjadi Ahli K3 Umum di perusahaannya.

Perusahaan tidak sembarangan dalam penerimaan karyawan, tentunya perusahaan akan melakukan seleksi dan memilih karyawan yang mempunyai kualitas terbaik dan seseorang yang memilki keahlian khusus akan menjadi nilai plus bagi perusahaan dalam proses rekruitmen.

Baca juga : Kenali Skema Training Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Salah satu keahlian yang saat ini banyak dibutuhkan adalah keahlian K3. Sehingga jika seseorang telah memilki sertifikasi Ahli K3 Umum akan mendapatkan peluang yang lebih banyak dalam penerimaan kerja.

Meningkatkan kompetensi diri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya jual seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Karena untuk melamar di suatu perusahaan kita dituntut untuk mempunyai banyak keahlian agar perusahaan dapat menerima kita menjadi karyawannya.

Dengan mengikuti training Ahli K3 Umum, Anda telah berinvestasi dan menjadi bagian dari para tenaga ahli K3. Sehingga Anda akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang K3. Setelah mengikuti Pelatihan Ahli K3 Umum, memungkinkan Anda untuk menempati posisi di perusahaan sebagai HSE Officer (Health Safety dan Environment Officer), HSE Supervisor, HSE Manager, HSE Trainer, dsb.

ALC Leadership Management sebagai training vendor terbaik, memiliki program pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Kami akan membantu Anda menjadi Ahli K3 Umum dan mendapatakan peluang pekerjaan di bidang K3. Selain itu ALC adalah pilihan yang tepat untuk perusahaan dalam meningkatkan produktivitas karyawan sehingga dapat bersaing dan mencapai tujuan perusahaan. 

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends