7 Tips Meningkatkan Performa Team Di Kondisi Sulit

Meningkatkan Performa Team

Daftar Isi

Meningkatkan performa team, sudahkah Anda mengetahui tipsnya?

Pada 16 Juli 2022 lalu, ALC Leadership Management bekerja sama dengan PT Murotech Indonesia melaksanakan training leadership dengan tema meningkatkan performa team.

Tujuan dilaksanakan training berjudul “7 Tips Meningkatkan Performa Team di Kondisi Sulit” ini adalah untuk membangun performa tim melalui pemberdayaan dan budaya untuk terlibat aktif. Sehingga, akan tercipta kondisi team yang sesuai dengan harapan PT Murotech Indonesia selaku instansi yang menaungi.

Melalui training yang diterapkan dengan metode 10% teori dan 90% praktek ini pula segenap peserta dari PT Murotech Indonesia mendapatkan materi terkait cara membangun performa dan membangkitkan kerjasama team dalam meraih tujuan yang diinginkan.

Dengan performa yang berada pada tingkat high performance tersebut, peningkatan produktivitas kerja juga akan menjadi salah satu output dari pelatihan leadership dengan tema meningkatkan performa team bersama PT Murotech Indonesia.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara dan tips meningkatkan performa team agar selalu siap menghadapi berbagai kondisi, bahkan kondisi sulit sekalipun? Di sini, Anda akan mendapatkan jawabannya. Tapi, sebelum itu, mari simak informasi mengenai kegiatan meningkatkan performa team terlebih dahulu.

Meningkatkan Performa Team Adalah

Terkait dengan pelatihan bersama PT Murotech Indonesia, sudahkah Anda mengetahui apa yaitu meningkatkan performa team?

Meningkatkan performa team adalah sebuah usaha yang dilakukan baik oleh individu atau sekelompok individu untuk mengubah tingkat performa dari yang sebelumnya rendah (low performance) menjadi tinggi (high performance).

Meski terlihat sederhana, namun nyatanya meningkatkan performa team tidak bisa dilakukan secara instan atau sekedar dilakukan hanya dengan memberikan motivasi kerja. Mengadakan training leadership karyawan adalah salah satu solusi untuk meningkatkan team performance dalam sebuah perusahaan.

Program pengembangan kepemimpinan secara umum, menurut salah satu riset dari Procedia – Social and Behavioral Sciences, merupakan metode terpopuler untuk meningkatkan skill managerial dan leadership dalam sebuah organisasi. 

Baca juga :

High Performance Team in The Digital Era

7 Tips Meningkatkan Performa Team Pada Kondisi Sulit

Seperti yang sebelumnya dikatakan, performa team dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Terdapat 7 tips atau cara yang bisa diterapkan guna membangun performa sebuah tim dalam organisasi, antara lain sebagai berikut:

Pertama, Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci dari hubungan hubungan antara anggota tim dan hubungan antara karyawan dengan perusahaan. Komunikasi yang tidak dibangun dengan baik akan menurunkan performa karyawan. Sebaliknya, komunikasi yang jujur dan terbuka dapat memompa semangat kerja.

Kedua, Melihat Tujuan Bersama

Setiap tim tentu memiliki tujuan atau goals yang akan dicapai. Untuk mempermudah proses dalam meraihnya, sebaiknya tujuan atau goals ini dilihat dan dipelajari oleh setiap individu dalam kelompok. Dengan begitu, tekad untuk meraih goals ini akan meningkat dan hasil kerjasama yang baik dapat diperoleh.

Ketiga, Bangun Kepercayaan dan Rasa Hormat

Banyak yang tidak menyadari bahwa salah satu faktor yang akan mempengaruhi kinerja tim adalah adanya sikap saling menghormati. Selain itu, kepercayaan dalam melakukan pekerjaan juga akan memberikan efek peningkatan kinerja karyawan.

Keempat, Libatkan Karyawan dan Lakukan Evaluasi

Melibatkan karyawan secara aktif dalam mencapai goals akan membuat karyawan memiliki rasa tanggung jawab dan meningkatkan semangat karyawan untuk berkontribusi. Selain itu, melakukan evaluasi, terutama di kondisi sulit, juga penting sebagai feedback kinerja karyawan, sehingga akan membuahkan peningkatan performa kerja.

Kelima, Memberikan Apresiasi atau Reward

Terkadang, apresiasi dibutuhkan ketika karyawan telah berusaha maksimal dalam menyelesaikan tugasnya, terlebih lagi ketika situasi dan kondisi yang dihadapi tidak mudah. Reward dapat diberikan sebagai bentuk terima kasih dan penyemangan karyawan agar tetap mempertahankan performa baiknya di tugas-tugas yang akan datang.

Keenam, Mengadakan Gathering Karyawan

Jika memungkinkan, mengadakan gathering karyawan juga bisa dilakukan untuk mempererat hubungan team, membangun kerjasama team, momen refreshing, dan menghilangkan tekanan dari tanggung jawab kerja sehari-hari.

Ketujuh, Mengadakan Training Leadership

Selain dengan enam tips di atas, mengadakan training leadership juga bisa menjadi cara meningkatkan performa team. Topik atau materi dalam training kepemimpinan ini sangat beragam dan dapat membantu mengasah skill, meningkatkan motivasi, hingga kinerja karyawan.

Baca juga : 

Building High Performance Teams Bersama PT OMG Indonesia

Salah satu tema pelatihan yang akan membantu dalam hal ini adalah training dengan tema meningkatkan performa team seperti yang dilakukan ALC Leadership Management bersama PT Murotech Indonesia.

Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa team sehingga akan membuahkan hasil kerjasama yang baik. Salah satu diantaranya adalah dengan mengadakan training leadership bersama lembaga kepemimpinan terbaik. Dengan metode pelatihan yang tepat, maka peningkatan performa team akan mudah didapat.

Berikut ini testimoni peserta setelah training kepemimpinan bersama ALC Leadership Management :

Mulai meminta setiap team untuk menuliskan apa tujuan mereka bekerja di perusahaan ini. Meeting dengan team tidak terlalu serius santai tapi maksud dan tujuan tercapai. Lebih bersabar dan mencoba agar lebih peka terhadap kondisi team. Menyampaikan kepada team jika ada masalah dan selesaikan bersama tampa saling menyalahkan (Diskusikan dan cari solusinya). Sudah mulai progres untuk jalan bersama dengan team dan keluarga agar lebih dekat.

Sulistiawan, PPIC, Warehouse, Purch, Asst. Manager

Evaluasi tujuan kerja team. Review jobdesk. Review target team. Revisi rancangan kerja team. Sharing pemahaman kesemua team

Antonius Sigit A, QC/ QA Asst. Manager

Tertarik dengan pelatihan bersama ALC Leadership Management untuk dapat meningkatkan performa team Anda. Hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp