fbpx

Mengenal Lebih Jauh Ciri-Ciri Dan Arti Pemimpin Yang Baik

Arti Pemimpin

Arti pemimpin, sejauh mana Anda mengetahuinya?

Jika mendengar kata “pemimpin” apa yang terlintas dalam benak Anda? Apakah  Anda akan langsung berpikir pemimpin adalah orang yang mempunyai karyawan? Atau orang yang memberikan instruksi pekerjaan kepada karyawannya? Tentu banyak sekali definisi jika mendengar kata “pemimpin”.

Pemimpin dalam konteks sederhana adalah orang yang yang memimpin beberapa kelompok dan membawahi banyak orang. Bahasa kerennya nih pemimpin adalah Leader yang memiliki tugas untuk bisa melakukan Lead orang atau anggota yang bekerja dengannya. Lead sendiri mempunyai makna Loyality, Educate, Advice, Discipline.

Pemimpin perusahaan dikenal dengan sebutan seperti direktur, supervisior, leader, manager. Bersama dengan karyawan para pemimpin akan membawa perubahan dalam perusahaan sesuai dengan goals yang sudah ditentukan.

Adapun aspek yang mempengaruhi pemimpin dalam kepemimpinannya diperusahaan, antara lain

1. Visi dan misinya untuk perusahaan

2. Keinginan besar dan pengorbanan

3. Rasa percaya diri, tekad, dan ketekunan

4. Komitmennya dalam memimpin perusahaan

5. Caranya dalam beromunikasi

Dalam dunia perusahaan terkadang arti pemimpin sering disalah artikan. Selama ini banyak orang berpikir bahwa menjadi pemimpin adalah pekerjaan yang mudah, karena hanya memberikan instruksi atau perintah kepada karyawannya untuk mengerjakan semua pekerjaan.

Baca juga : Training Kepemimpinan, Mengapa Begitu Penting Bagi Perusahaan?

Kerap kali ditemukan pemimpin yang bersifat otoriter, kaku, tidak merangkul semua SDM atau hal yang menjadi aspek pendukung dalam perusahaannya dan tidak memiliki leadership skill. Tentu terbayang bukan bagaimana jika Anda menjadi karyawannya? Pasti sangat tertekan dan tidak nyaman.

Jika Anda seorang pemimpin lalu bersikap semaunya, dan tidak menyadari bahwa Anda sudah menjadi toxic dalam perusahaan yang Anda pimpin. Pasti sangat merugikan bukan? Tanpa disadari, Andalah penghambat berkembangnya kemajuan perusahaan yang Anda pimpin.

Lalu apakah arti pemimpin yang sebenarnya? Bagaimana menjadi pemimpin yang dikagumi karyawan dan harapan perusahaan?

Ciri Pemimpin yang Dikagumi dan Menjadi Harapan Perusahaan

Pertama, Ainy Fauziah motivator terbaik di Indonesia dibidang leadership, memberikan motivasi melalui video di akun youtubenya dengan judul ”Pemimpin Mengayomi, Mengapa Dikagumi?”, mengatakan bahwa arti pemimpin yang sesungguhnya ada 4 ciri, yaitu MTMR :

M = Meniatkan. Setiap pemimpin meniatkan dari lubuk hatinya untuk mengayomi bukan bertindak sesukanya, ada manfaat yang diberikan untuk setiap karyawannya

T = Tauladan, sebagai contoh untuk setiap karyawannya, bagaimana bersikap, profesionalitas, dan kredibilitasnya dalam memimpin perusahaan

M = Mengayomi, tidak hanya memberikan perintah tetapi juga mengayomi, dan mengajak banyak orang untuk mengayomi orang lain

R = Rendah hati, humble serta mendorong tim untuk bisa menyelesaikan masalah dengan bimbingannya.

Kedua, mempunyai leadership skills di mana seorang pemimpin harus mengetahui fungsi manajemen, mampu memotivasi SDMnya, mengarahkan, mengayomi, mampu bekerjasama dengan karyawannya, dan mengawasi kinerja karyawannya untuk dapat menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan perusahaan.

Ketiga, pemimpin perusahaan yang baik adalah pemimpin yang mampu melihat permasalahan apa yang akan dihadapi, tantangan, memberikan solusi dan action, serta tidak hanya memberikan arahan serta menekan para staffnya untuk memberikan yang terbaik pada perusahaan.

Keempat, memiliki Leadership Agility, menurut William B. Joiner, Leadership Agility adalah gaya kepemimpinan yang lebih mengarah kepada kolaborasi sehingga lebih fleksibilitas dan tidak kaku, serta cepat mengikuti perubahan yang terjadi baik dalam perubahan teknologi,  persaingan antar perusahaan, dan kondisi yang sedang terjadi.

Baca juga : Inilah 5 Tips Agar Pelatihan Kepemimpinan Menjadi Efektif

Nah dari ciri-ciri tersebut di atas, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana menjadi pemimpin yang baik? Sudahkah Anda menjadi pemimpin yang  dibutuhkan oleh perusahaan Anda dan memiliki leadership skills?

Jika belum temukan, jangan ragu untuk mencari motivator dan mengikuti training leadership yang sesuai, agar Anda menjadi pemimpin yang baik untuk perusahaan dan tentu saja dijadikan panutan oleh para karyawan. Jangan salah pilih ya lembaga trainingnya!

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training SDM yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends