5 Cara Membangun Hubungan Bisnis Jangka Panjang yang Efektif, Yang Ke-3 Wajib DIjalankan!

Daftar Isi

Membangun hubungan, sudahkah Anda mengetahui caranya?

Membangun hubungan baik tentu menjadi hal yang sangat krusial untuk dijalani sebuah perusahaan demi tercapainya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Memang, fokus untuk mendapatkan klien baru terkadang menjadi hal penting untuk keberlangsungan sebuah proyek.

Akan tetapi,  Anda sebenarnya tidak perlu bergantung dengan klien baru untuk terus meningkatkan pemasukan bisnis. Sebab, membangun komitmen yang teguh dengan teknik negosiasi yang efektif kepada para klien sebelumnya tentu akan menciptakan kepercayaan yang lebih tinggi kepada bisnis Anda. Hal inilah yang menjadikannya alasan untuk selalu menggunakan jasa Anda lagi di kemudian hari.

Apa Tujuan Membangun Hubungan yang Baik dalam Berbisnis?

Berdasarkan sebuah penelitian yang berjudul “Conceptualising business to business relationship value” oleh Sergio Biggemann dari Macquarie Graduate School of Management, ada beberapa tujuan besar mengapa sangat penting untuk membangun hubungan kerja yang sehat di dalam sebuah bisnis.

Tujuan untuk membangun hubungan sehat dalam berbisnis sehingga dapat memiliki kerjasama dalam jangka waktu yang panjang adalah:

  1. Peningkatan kredibilitas di mata klien, sehingga selalu dapat menjadi rujukan klien dalam negosiasi bisnis.
  2. Peningkatan nilai finansial melalui peningkatan efisiensi klien atas keberhasilan hubungan dalam negosiasi yang telah dilalui.
  3. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam membangun hubungan sosial yang harmonis.
  4. Meningkatkan nilai strategis perusahaan dengan memelihara hubungan jangka panjang dengan berbagai pihak internal dan eksternal yang terlibat di dalam bisnis.

Selain itu, membangun hubungan dalam organisasi baik secara internal dan eksternal dalam berbisnis juga akan membantu Anda lebih stand out dan menonjol. Hal ini tentu akan sangat membantu bisnis untuk lebih dipercaya dan mendapatkan kesuksesan.

Baca juga : 

Tujuan dan 5 Manfaat Pelatihan Leadership untuk Skills Kepemimpinan Anda

Cara Membangun Hubungan yang Baik dalam Berbisnis

Setelah mengetahui tujuan utama pentingnya membangun hubungan jangka panjang dalam berbisnis, tentu ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk dapat mewujudkannya.

Hal ini tentu akan sangat berkaitan dengan hubungan interpersonal yang berarti bahwa manusia tidak akan terlepas dari adanya interaksi dengan orang lain untuk dapat meraih tujuan yang diinginkan.

Tentu, hubungan interpersonal ini berlaku juga untuk dunia bisnis yang bersinggungan dengan klien, perusahaan dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Semuanya berusaha untuk saling memberikan pengaruh baik agar dapat membangun sebuah hubungan jangka panjang yang menguntungkan.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa cara menjalin hubungan baik dengan orang lain khususnya dalam dunia bisnis, agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik, diantaranya adalah:

1. Fokus Pada Komunikasi yang Efisien

Komunikasi yang efisien adalah salah satu cara membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau klien paling utama. Ketika semua orang terlalu fokus untuk menggugurkan kewajiban dalam pekerjaan, komunikasi yang efisien (effective communication) dapat tidak bisa tersampaikan dengan baik.

Lakukan komunikasi dengan membangun komitmen dalam hubungan sehingga klien dapat merasa lebih nyaman dan mampu bersikap terbuka serta jujur dengan kebutuhan yang mereka miliki. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk menyediakan kebutuhan tersebut sesuai dengan jasa yang Anda sediakan.

Jadi, mereka akan merasa bahwa ide dan kekhawatiran mereka akan ditanggapi dengan serius dan nilai bisnis Anda di mata mereka akan semakin meningkat. Komunikasi seperti inilah yang dibutuhkan untuk peningkatan sebuah hubungan dalam negosiasi.

2. Selalu Menjaga Komitmen dan Berkata Jujur

Berkata jujur dan menjaga komitmen juga menjadi cara membangun hubungan yang sehat saat berbisnis. Jika Anda sudah menjanjikan sesuatu pada tanggal tertentu, maka Anda harus sudah menyelesaikannya dengan segera.

Lewat cara membangun komitmen inilah maka Anda akan menjadi semakin dipercaya dan membantu menyadarkan klien bahwa bisnis Anda layak untuk diajak kerjasama dalam jangka waktu yang panjang.

Komitmen dan kejujuran ini akan membantu Anda untuk tetap dipercaya jika suatu hari terjadi suatu kesalahan atau kecelakaan yang mengakibatkan adanya perubahan rencana dari yang sebelumnya dijanjikan.

3. Selalu Memelihara Hubungan Baik dengan Pelanggan atau Klien

Hal lainnya yang menjadi kunci untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau klien di dalam bisnis adalah dengan selalu memelihara hubungan baik dengan mereka bahkan ketika sudah selesai menggunakan jasa Anda.

Sebab, jika Anda tidak memelihara hubungan baik dalam bisnis, maka Anda akan menjadi semakin mudah untuk dilupakan. Oleh sebab itu, memelihara hubungan yang baik akan menjadikan Anda selalu berada di garis depan pikiran seseorang dan kemungkinan besar mereka akan memikirkan Anda ketika peluang baru tersebut muncul.

Baca juga : 

5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Agar Menjadi Lebih Efektif

4. Selalu Tampil Positif

Berpikiran positif dan open minded saat sedang membangun hubungan dalam negosiasi bisnis tentu akan membantu untuk memancarkan energi dan kepercayaan agar klien merasa semakin antusias dengan jasa yang Anda tawarkan.

5. Tetap Rendah Hati

Dalam teknik negosiasi bisnis, rendah hati adalah kunci penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan ataupun klien. Cara ini juga dapat digunakan untuk mendekati pemangku kepentingan utama yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Kesimpulan

Pentingnya membangun hubungan baik dalam bisnis untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan. Meskipun mendapatkan klien baru penting, mempertahankan dan memperkuat hubungan dengan klien yang sudah ada lebih krusial. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan membuat klien lebih cenderung untuk kembali menggunakan jasa perusahaan di masa depan.

Tujuan utama membangun hubungan yang baik dalam bisnis adalah meningkatkan kredibilitas, nilai finansial, wawasan, dan nilai strategis perusahaan. Selain itu, hubungan yang baik membantu perusahaan menjadi lebih menonjol dan dipercaya.

Training Online Creative Negotiation Skills

Ingin mengetahui cara membangun hubungan baik dalam bernegosiasi dengan setiap klien? Yuk gabung dalam pelatihan “Creative Negotiation Skill”. Catat tanggalnya di bawah ini ya!

Creative Negotiation Skills
  • 16/10/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Leadership Fundamental
  • 25/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 14/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2
  • 4
Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555