fbpx

Inilah 5 Tips Agar Pelatihan Kepemimpinan Menjadi Efektif

Pelatihan Kepemimpinan

Pelatihan kepemimpinan, sudahkah Anda mengikutinya?

Pelatihan kepemimpinan bisa kita katakan sebagai proses pengembangan diri seorang pemimpin. Mengapa? karena ini merupakan salah satu sistem yang dapat kita rasakan manfaatnya langsung terhadap pengembangan karakter. Cara untuk mencapai karier yang kita inginkan adalah bekerja keras, mengasah skills, keluar dari comfort zone dan berani mengambil keputusan serta menillai dari sudut pandang baru.

Tetapi sampai batas tertentu, pengembangan karier tidak hanya sekadar melatih skills teknis dan bekerja keras saja. Ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu soft skill. Jika Anda ingin membawa karier Anda sejauh mungkin, maka Anda harus bersedia menginvestasikan waktu mulai dari sekarang.

Training on leadership tidak akan ada artinya apabila kita tidak berusaha memonitoring. Training yang telah Anda ikuti akan terasa manfaatnya Apabila Anda berusaha untuk tidak terdistraksi oleh hal-hal lain dan tetap fokus. Tentu saja Anda akan menikmati ilmu dan apabila berhasil mengaplikasikannya dalam dunia pekerjaan, tentu Anda akan merasakan manfaat dari training on leadership yang telah Anda ikuti.

Inilah 5 Tips Agar Tetap Fokus dan Efektif Ketika Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan

Pertama, buat catatan dengan pena dan kertas. Meskipun mencatat selama pelatihan sedikit menguras waktu, namun hal ini bisa Anda lakukan untuk tetap mengingat poin-poin setelah pelatihan kepemimpinan selesai. Menurut beberapa studi, orang yang mencatat selama pelatihan sebenarnya lebih banyak menyerap ilmu dan informasi.

Karena ketika kita menulis, indra penglihatan kita berfungsi, tangan Anda aktif menulis, dan tentu saja kolaborasi antara indra penglihatan (mata) dan tangan untuk menulis, akan membuat kita mudah mengingat apa yang telah dipelajari.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Kedua, buatlah otak Anda rileks. Istirahatkan pikiran Anda untuk mengembalikan fokus. Kelebihan informasi adalah hal yang biasa. Tetapi stres dan beban yang berlebih akan menghambat otak Anda dalam memproses dan menyimpan informasi. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan menarik napas Panjang dan duduk dengan santai sejenak.

Saat kita bingung, cemas atau merasa kewalahan, fungsi otak kita dalam menyimpan informasi akan berkurang. Anda dapat melihat contohnya ketika terlalu lama mendengarkan materi dan merasakan kantuk yang luar biasa.

Di kondisi ini, Anda tidak dapat menyerap informasi ke dalam memori Anda. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan “istirahat otak”. Bahkan istirahat lima menit dapat meredakan kelelahan otak dan membantu Anda kembali fokus.

Anda bisa juga meminum air putih, karena rasa kantuk bisa juga disebabkan oleh kurangnya supply oksigen ke otak, sehingga menyebabkan rasa kantuk. Anda juga bisa melakukan ice breaking yaitu dengan senam otak sederhana, biasanya kegiatan ini disisipkan ketika training sedang berlangsung.

Ketiga, Niat yang Kuat. Apabila dikatakan semua manusia lahir menjadi pemimpin, ya, hal ini benar. Tetapi pada kenyataannya, pimpinan harus senantiasa dilatih dan dibina agar dapat tetap berkembang sesuai porsi nya. Kita harus memiliki niat yang kuat untuk bisa menginspirasi dan memotivasi orang di sekitar kita. Motivasi dan inspirasi bisa kita cari dan kita dapatkan dimana saja, salah satunya melalui pelatihan kepemimpinan

Niat yang kuat inilah yang menjadi salah satu cara untuk menjaga agar pelatihan kepemimpinan menjadi efektif. Jika kita lihat, banyak orang hanya mengikuti arahan serta perintah dari atasan. Kurang adanya inisiatif dari masing-masing individu. Dengan niat yang kuat usaha Anda agar menjadi pemimpin yang baik dapat terlaksana dengan pelatihan kepemimpinan yang konsisten. 

Keempat, Latih kedisiplinan Anda. Pemimpin merupakan panutan dan contoh bagi orang-orang yang mereka pimpin. Disiplin tidak hanya bermanfaat untuk diri kita pribadi. Tetapi kita pun bisa menginspirasi orang lain agar disiplin juga. Tunjukkan sikap kedisiplinan dimanapun kita berada, entah itu di rumah maupun di tempat kerja.

Seperti contoh, selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang disepakati, menepati janji, dan mengakhiri rapat tepat waktu. Memang, semua ini memerlukan jam terbang. Tetapi Anda sangat bisa memulainya dari sesuatu yang simple. Seperti menerapkan kebiasaan baik di rumah yaitu bangun dan tidur tepat waktu, berolahraga tiap hari, tidak mengulur waktu, serta mengatur pola hidup sehat dari sekarang.

Kelima, lihat manfaat jangka panjang yang akan dirasakan. Manfaat jangka panjang mengikuti pelatihan kepemimpinan tentu saja harus kita tinjau terlebih dahulu. Kemampuan untuk dapat bersosialisasi jauh lebih baik dengan orang lain baik itu atasan ataupun bawahan.

Baca juga : Meningkatkan 4 Skills Leadership Dengan Training Manager

Hal ini agar Anda bisa meningkatkan kinerja individu ataupun bersama rekan Tim menjadi jauh lebih baik lagi tanpa melibatkan emosi. Manfaat yang akan Anda miliki apabila fokus ketika mengikuti pelatihan kepemimpinan akan mendukung proses kerja Anda menjadi jauh lebih sempurna.

Nah, Setelah menyimak Skills 5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Efektif, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan kepemimpinan dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi pelatihan kepemimpinan yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, Lead and Influence to Greatness, Leadership Fundamental, Great Leaders Great influencers.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Pahami bagaimana mengubah cara pandang akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara fokus pada tujuan, bijak dalam bersikap dan menjunjung tinggi integritas. Mengajarkan Anda cara mengembangkan team menjadi lebih baik, melalui Leadership Fundamental

– Ketahui bagaimana cara menjadi pemimpin besar & berpengaruh. Menggali potensi & pengaruh kepemimpinan Anda kemudian menggunakannya secara maksimal dengan ALC method, melalui Great Leaders Great Influencers.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends