10 Dampak Motivasi Leadership Pada Anda dan Team

Motivasi Leadership
Daftar Isi

Motivasi leadership (motivasi kepemimpinan) nyatanya merupakan sebuah dukungan yang kerap kali dibutuhkan oleh para pemimpin dalam sebuah tim baik dalam organisasi ataupun perusahaan.

Hal inilah yang membuat setiap pemimpin membutuhkan booster motivation agar dapat selalu memimpin tim dan menjalankan tugasnya dengan baik. Akan tetapi apa sebenarnya motivasi kepemimpinan itu? Simak jawabannya di bawah ini!

Apa yang dimaksud dengan motivasi kepemimpinan?

Pengertian motivasi kepemimpinan adalah sebuah dorongan bagi leader atau pemimpin untuk mau melaksanakan suatu tugas agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dalam konteks bekerja, motivasi sangat dibutuhkan pemimpin untuk membagun lingkungan kerja yang nyaman serta tim yang selalu berkembang.

Apa pentingnya motivasi Leadership dalam Proses Kepemimpinan?

Motivasi kerja kepemimpinan menjadi sangat penting untuk dimiliki seorang leader agar dapat mendukung serta mendorong karyawannya agar tetap semangat dalam menjalankan tugas. Selain itu, motivasi leadership juga penting untuk menjadi penggerak usaha agar mampu mencapai sebuah tujuan perusahaan.

Sebab, seseorang seringkali baru akan melakukan usaha terbaik yang mereka bisa saat ada motivasi untuk melakukan hal tersebut dari dalam lubuk hatinya. Karena itulah, ada beberapa saat dimana Anda dan tim membutuhkan booster motivation. Kapankah saja hal tersebut dibutuhkan?

Baca juga : Motivasi Online, 7 Tanda Ini Bukti Anda Dan Team Membutuhkannya

10 Ciri Pertanda Anda dan Team Butuh Booster Motivation

Motivasi seseorang tentu akan selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu dan kejadian yang dialaminya, sehingga tentu mengenali kapan Anda membutuhkan booster motivation akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan. 10 ciri berikut ini pertanda Anda dan team butuh booster motivation, yaitu :

1. Mulai Rendahnya Motivasi Kerja

Pertama, rendahnya motivasi kerja. Motivasi kerja adalah dorongan yang berasal dari dalam diri Anda ataupun dari sekitar Anda. Ketika motivasi kerja Anda menurun hal itu disebabkan oleh kurangnya dorongan motivasi.

2. Rendahnya Produktivitas Kerja

Rendahnya produktivitas kerja pada Anda dan team salah satu faktor terbesar adalah rendahnya motivasi. Dengan rendahnya motivasi sehingga Anda membuat Anda dan team merasa tidak semangat dalam bekerja.

3. Tim Anda Belum Solid

Team yang solid mampu terbentuk dengan motivasi dan interaksi yang baik Antara team dengan pemimpinnya. Jika team Anda belum solid dapat dipastikan bahwa hal tersebut terjadi karena kurangnya motivasi.

4. Lingkungan Kerja yang Toxic

Berdasarkan jurnal How Toxic Workplace Environment Effects the Employee Engagement ada korelasi penting antara lingkungan kerja toxic dengan motivasi seorang karyawan.

Lingkungan kerja yang toxic membuat motivasi kerja kepemimpinan dalam diri Anda dan juga anggota team menurun. Sebab, lingkungan kerja toxic atau beracun membawa dampak yang buruk untuk produktivitas kinerja Anda.

5. Kurang Profesionalisme dalam Bekerja

Profesionalisme merupakan kunci menuju keberhasilan dalam pekerjaan. Ketika Anda mampu menempatkan diri dan bertanggung jawab atas pekerjaan Anda, Anda termasuk memiliki profesionalisme yang tinggi.

Namun sebaliknya, jika Anda tidak bisa menempatkan diri dan kurang bertanggung jawab Anda termasuk kurang memiliki profesionalisme. Kurangnya profesionalisme ini disebabkan oleh rendahnya motivasi kepemimpinan yang ada pada diri Anda.

6. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi yang buruk terjadi karena kurangnya motivasi kerja dalam diri Anda dan team. Motivasi tersebutlah yang sangat mempengaruhi kualitas dan efektivitas komunikasi dalam team kerja.

7. Disiplin Kerja yang Rendah Mempengaruhi Leadership Motivation

Salah satu dampak rendahnya motivasi leadership menyebabkan disiplin kerja yang rendah. Dengan rendahnya disiplin Anda, maka Anda merasa sesuka hati dalam mengerjakan sesuatu dan tidak memiliki rasa profesional.

8. Team Kerja Kurang Tanggung Jawab

Motivasi yang rendah dalam team menyebabkan kurangnya rasa tanggung jawab. Sehingga kinerja Anda dan team semakin menurun dan tidak efektif. Rendahnya tanggung jawab sangat berdampak pada produktivitas kerja.

9. Rendahnya Semangat Kerja

Semangat kerja yang rendah karena kurangnya motivasi dalam diri Anda dan team. Motivasi sangat mempengaruhi semangat Anda dalam bekerja. Dengan motivasi yang rendah kualitas dan semangat Anda menjadi menurun.

10. Kualitas Kerja yang Rendah

Kualitas kerja yang rendah merupakan dampak dari kurangnya motivasi dalam diri Anda dan team. Jika kualitas kerja rendah maka Anda tidak mampu memenuhi target dan tujuan yang telah ditetapkan.

Dari 10 ciri diatas apakah Anda dan team sedang atau pernah mengalaminya? Jika iya, sudahkah Anda mampu mengatasinya? Jangan sampai menurunnya motivasi kerja ini menghambat tujuan Anda dan team.

Sebagai pemimpin Anda harus menyadari ciri Anda dan team membutuhkan booster motivation. Sehingga Anda mampu menangani turunnya motivasi dalam diri Anda.

Jangan sampai motivasi ini hilang dalam diri Anda. Jika motivasi ini hilang, tidak menutup kemungkinan kinerja Anda dan team jadi terhambat. Serta tujuan perusahaan juga tidak mampu tercapai.

Jika Anda bertanya, apa sih hubungannya antara booster motivasi dengan motivasi leadership? Anda penasaran bukan? Yuk simak hubungan antara motivasi booster dengan motivasi leadership.

Baca juga : Training Motivasi Karyawan, Ketahui Dampak Besarnya

Hubungan Motivasi Leadership dengan Booster Motivation?

Motivasi leadership adalah dorongan dari dalam diri Anda sebagai pemimpin untuk bekerja memberikan yang terbaik dan mampu mensupport team, rekan kerja dan orang-orang disekitar Anda.

Sedangkan booster motivasi adalah suntikan motivasi yang bersumber dari dalam diri Anda dan lingkungan sekitar, sehingga cara kerja Anda menjadi meningkat. So, apa sih hubungan antara motivasi leadership atau yang biasa dikenal dengan motivasi kepemimpinan dengan booster motivasi?

Motivasi leadership dapat meningkat karena adanya suntikan motivasi baik dari dalam diri Anda sebagai pemimpin atau pun dari lingkungan sekitar. Dengan meningkatnya motivasi leadership maka cara kerja Anda dan team menjadi lebih produktif.

Ketika Anda memiliki motivasi leadership yang kuat, Anda mampu menciptakan ide dan inovasi terbaru untuk team dan perusahaan Anda. Tapi Anda harus ingat, bahwa motivasi leadership ini harus ada dalam diri anggota team Anda.

Oleh karena itu, sebagai pemimpin Anda harus mampu mempengaruhi team kerja Anda untuk selalu bisa memberikan yang terbaik untuk mencapai kesuksesan bersama.

Eits, jangan anggap motivasi leadership atau yang biasa disebut motivasi kepemimpinan sepele ya. Hal ini sangat berdampak untuk Anda sebagai pemimpin loh.

Nah, kali ini kami sudah merangkum 10 dampak motivasi leadership yang Anda rasakan menurut survey ALC. Simak dan baca sampai selesai ya!

10 Dampak Motivasi Leadership Menurut Survey ALC

ALC sebagai salah satu penyelenggara pelatihan motivasi leadership telah melakukan survey ke 473 alumni yang berasal lebih dari 300 perusahaan multinasional. Adanya pelatihan motivasi yang diadakan nyatanya mampu  menunjukkan hasil yang menakjubkan.

Ternyata dari motivasi leadership memberikan dampak pada kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin. Berikut 10 dampak motivasi leadership yang mereka kerap rasakan setelah memiliki motivasi mengikuti kegiatan leadership, yaitu:

1. Mindset yang Lebih Terbuka

Motivasi leadership mampu membuka mindset Anda. Dengan motivasi leadership Anda mampu berpikir lebih luas dan dari sudut pandang yang tidak orang lain pikirkan.

2. Cara Kerja Menjadi Jauh lebih Baik

Melalui motivasi kepemimpinan yang tinggi, Anda mampu untuk selalu produktif dan Anda selalu memiliki semangat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi team serta perusahaan.

3. Motivasi Leadership Mendukung Leadership yang Lebih Meningkat

Motivasi leadership yang tinggi mampu membentuk Anda menjadi pemimpin yang baik dan berkompeten. Dengan motivasi leadership yang tinggi berdampak meningkatnya  leadership skills Anda. Sehingga Anda mampu mengatasi permasalahan yang menjadi hambatan dalam team kerja Anda.

4. Mampu Membangun Teamwork yang Solid

Adanya motivasi kepemimpinan dalam diri Anda, Anda mampu untuk bisa membangun dan menciptakan team work yang solid.

Team kerja yang solid bisa terbentuk dari pemimpin yang memiliki motivasi dan skills kepemimpinan yang mumpuni. Anda juga harus mampu mempengaruhi team untuk bisa memiliki motivasi leadership yang tinggi.

5. Motivasi Leadership Menungkung Budaya Kerja yang Lebih Baik

Memiliki motivasi belajar leadership yang tinggi dalam diri Anda sebagai pemimpin, memberikan pengaruh kepada kualitas pekerjaan Anda dan juga team. Jika Anda dan team selalu berhasil meningkatkan kualitas pekerjaan menjadi jauh lebih baik, hal ini berdampak pada berubahnya budaya kerja yang ada dalam team Anda.

6. Berani Mengambil Keputusan

Dengan motivasi leadership yang tinggi, Anda mampu memiliki keberanian dalam mengambil keputusan. Sehingga Anda bisa menjadi pemimpin yang memiliki pendirian yang kuat dan tidak mudah terpengaruhi.

7. Semangat Kerja Meningkat

Pelatihan motivasi leadership ini juga berpengaruh dalam meningkatkan semangat kerja. Dengan semangat kerja yang meningkat Anda terus berusaha menciptakan inovasi dan ide terbaru.

Dengan semangat kerja tinggi, Anda juga siap dan tidak takut untuk menghadapi persaingan serta perubahan yang pasti terjadi baik dalam team ataupun perusahaan Anda.

8. Terciptanya Suasana Kerja yang Nyaman

Motivasi leadership juga mempengaruhi suasana kerja, sehingga Anda dan team selalu antusias dalam meningkatkan kinerja menjadi jauh lebih baik. Ketika Anda dan team selalu antusias dalam mengerjakan pekerjaan, tanpa disadari suasana lingkungan kerja menjadi jauh lebih nyaman dan positif.

9. Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan dalam Diri

Ketika Anda memiliki motivasi leadership yang kuat dalam diri Anda, Anda mampu untuk memaksimalkan potensi dan kekuatan yang Anda miliki. Tidak hanya itu, kelemahan yang Anda miliki juga bisa teratasi dengan baik. Sehingga kelemahan tersebut tidak menjadi faktor penghambat dalam diri Anda sebagai pemimpin.

10. Berubah dan Melakukan Perubahan

Dengan motivasi leadership yang kuat Anda mampu memiliki keinginan yang kuat untuk bisa melakukan perubahan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Wah, semakin asyik saja nih pembahasannya. Setelah kita sama-sama simak 10 dampak motivasi leadership menurut ALC survey, semakin tahu kan bahwa motivasi leadership itu penting loh.

Sekarang yuk ketahui 10 cara memberikan motivasi leadership yang efektif. Baca sampai selesai ya, jangan ada yang dilewatkan loh.

Baca juga : 5 Jenis Motivasi Kerja Yang Mendorong Anda Untuk Lebih Produktif

10 Cara Memberikan Motivasi Leadership Yang Efektif

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyampaikan motivasi leadership kepada para anggota di dalam tim agar lebih efektif untuk membantu mereka lebih semangat dalam mengerjakan tugas, diantaranya adalah:

1. Mendengarkan dan Menghargai Ide dari Anggota Team

Cara memberikan motivasi kerja yang satu ini ini bisa Anda lakukan untuk sebab setiap orang senang jika merasa didengarkan ketika menyampaikan sesuatu bukan? Begitu pula dengan team Anda.

Mereka merasa senang jika idenya didengarkan. Anda juga harus mampu memberikan sarana dan prasarana untuk team Anda agar bisa selalu mengembangkan ide-ide terbaru. Hal ini mampu meningkatkan motivasi leadership dalam diri anggota team Anda.

2. Apresiasi Kinerja Team

Sebagai pemimpin sudah seharusnya Anda mengapresiasi kinerja team Anda sekecil apapun membuat team Anda merasa senang. Dan Anda juga perlu ingat bahwa pemimpin yang baik tidak hanya selalu menuntut kerja cepat tanpa memberikan apresiasinya.

3. Memberikan Kritik yang Membangun serta Solusinya

Ketika Anda ingin meningkatkan motivasi leadership dalam team, jangan pernah lakukan kritik dan mengoreksi secara berlebihan. Mengkritik dan mengoreksi boleh Anda lakukan tetapi harus dilengkapi dengan solusi dan saran. Dengan begitu team Anda yang melakukan kesalahan mampu memperbaiki kesalahannya tersebut.

4. Bangun Hubungan dan Interaksi yang Baik

Membangun hubungan dan interaksi merupakan langkah awal untuk Anda bisa memberikan motivasi leadership kepada team. Dengan interaksi yang baik maka terciptalah komunikasi yang efektif, sehingga terjalin hubungan yang baik. Hal ini mampu meningkatkan motivasi leadership dalam team Anda.

5. Melakukan Kegiatan untuk Meningkatkan Motivasi Leadership Team

Kegiatan ini dilakukan untuk bisa menghasilkan output yaitu meningkatnya motivasi kepemimpinan dalam diri anggota team Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengadakan kegiatan workshop dengan tema motivasi leadership atau mengundang motivator leadership terbaik.

6. Buat Suasana Kerja Positif dan Menyenangkan

Sebagai pemimpin Anda harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan juga positif dalam team. Cara ini bisa Anda mulai dari diri sendiri, misalnya Anda selalu berpikir positif kepada team Anda. Dengan pemikiran positif inilah berdampak pada team.

Jadilah pemimpin yang selalu menciptakan kesan yang positif, miliki kecerdasan emosi yang baik. Sehingga suasana kerja positif dan menyenangkan mampu tercipta dengan sendirinya.

7. Memberikan Reward

Memberikan penghargaan kepada anggota team mampu meningkatkan motivasi leadership dalam diri mereka. Sebagai pemimpin tidak ada salahnya Anda memberikan penghargaan kepada anggota team Anda setelah bekerja keras.

Penghargaan ini tidak selalu berupa hadiah/ barang. Misalnya Anda bisa memberikan pujian, atau mempromosikan anggota team Anda dengan kinerja yang baik untuk bisa naik jabatan.

8. Memberikan Kesempatan dan Kepercayaan akan Meningkatkan Motivasi Leadership

Memberi kesempatan dan kepercayaan kepada anggota team mampu menimbulkan dampak terciptanya motivasi leadership dalam diri mereka. Sebagai pemimpin Anda tidak boleh merasa bahwa team Anda tidak berkompeten dalam mengerjakan pekerjaan yang Anda berikan.

Oleh karena itu penting sekali sebagai seorang pemimpin Anda harus memberikan kesempatan dan kepercayaan pada team Anda, tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas dan hasil kerja mereka.

9. Menetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan atau hasil yang ingin dicapai mampu meningkatkan motivasi leadership dalam diri setiap anggota team Anda. Misalnya, ketika Anda dan team mengerjakan suatu proyek besar pasti Anda goals besarnya bukan?

Sehingga Anda dan team selalu berusaha memberikan yang terbaik. Dengan adanya goals besar yang ingin dicapai tanpa Anda sadari mampu meningkatkan semangat dan juga memberikan dorongan untuk Anda dan team.

10. Memberikan Hukuman yang Mendidik

Memberikan hukuman bisa meningkatkan motivasi leadership dalam diri anggota team Anda. Hukuman atau peringatan ini mampu menjadi jalan yang efektif agar motivasi dalam diri team Anda meningkat. Serta mereka mampu mengevaluasi diri dan berubah menjadi jauh lebih baik.

Nah, setelah membaca artikel ini semakin menambah pengetahuan Anda mengenai hubungan 10 ciri Anda dan team membutuhkan booster motivation, hubungan booster motivation dengan motivasi leadership. Serta 10 dampak motivasi leadership dan 10 cara memberikan motivasi leadership.

Pertanyaannya, sudahkah Anda dan team memiliki motivasi leadership yang tinggi? Jika belum, mengikuti pelatihan motivasi leadership bersama ALC adalah solusinya.

ALC Leadership Management adalah pusat training leadership management Indonesia yang sudah dipercaya berbagai perusahaan multinasional di Indonesia.

Mempunyai topik training leadership terbaik dan up to date, yang bisa dilaksanakan secara online dan  offline. Dipandu langsung oleh Coach And Motivator Leadership terbaik Ainy Fauziyah, seorang expert dibidang leadership.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini bersama ALC  :

  1. Pahami bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence
  2. Pahami bagaimana cara membangun performa team melalui 4TKI dan mengeksplorasi tantangan dan menciptakan solusinya, memalui Building High Performance Teams
  3. Pahami bagaimana cara meningkatkan karakter dan kepedulian Anda, tetap fokus pada tujuan, dan mampu menjadi pemimpin berintegritas, melalui Leadership Fundamental

Butuh training Leadership ALC? Hubungi team ALC di 087779199555

Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom