Leadership Fundamental

Leadership Fundamental

Daftar Isi

6 Skills Dasar Leadership Fundamental yang Wajib Anda Kuasai

Ada beberapa hal yang menjadi dasar dari sebuah Leadership Fundamental untuk membantu tim dapat bekerja dengan efektif serta kondusif namun dengan suasana kerja yang solid dan menyenangkan.

Hal tersebut hanya bisa dikuasai jika seorang pemimpin memiliki skills dasar kepemimpinan untuk membantu tim berkembang seperti semestinya. Namun, apa sebenarnya Leadership Fundamental itu? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Apa Arti Leadership Fundamental?

Leadership Fundamental adalah sebuah program training yang akan memberikan Anda cara menguasai 6 skills dasar pemimpin. Program ini akan membantu Anda menjadi pemimpin terbaik, berkompeten, serta menguasai skills dasar kepemimpinan.

Selain itu, leadership program adalah salah satu wadah yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan agar dapat menghadirkan pemimpin yang Fundamental Leadership Skills yang mumpuni. Hal ini tentu akan membuat Anda mampu untuk menjadi pemimpin terbaik bagi team.

Apa Tujuan Leadership Fundamental?

Tujuan Leadership Fundamental adalah membangun karakter dan kepedulian Anda sebagai seorang pemimpin, sehingga mampu untuk tetap fokus pada tujuan sebagai seorang pemimpin serta membantu menjadikan Anda pemimpin yang bijak dan berintegritas.

Sebab, salah satu leadership skill yang akan dilatih adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif sekaligus membangun hubungan sekaligus menciptakan komunikasi yang baik dan efektif (effective communication). Inilah yang membuat Anda mampu memecahkan masalah dan membuat perencanaan.

6 Skills Dasar Leadership Fundamental yang Wajib Dikuasai

Hal paling utama untuk bisa meraih tujuan sebagai pemimpin yang berkualitas tentu adalah menguasai berbagai  skills dasar leadership fundamental. Leadership skill ini hanya bisa dikuasai dengan cara otodidak ataupun mengikuti leadership fundamentals training langsung dari ahlinya.

Harvard Business Review sempat melakukan sebuah penelitian kepada 40 pemimpin terbaik dari berbagai perusahaan dan industri. Hasilnya adalah pemimpin yang baik dengan dampak yang paling besar selalu menerapkan dan mempraktikan 6 skills dasar leadership fundamental.

Adapun beberapa 6 skills dasar leadership fundamental yang wajib kamu miliki untuk mampu memimpin sebuah tim dengan sangat baik dan efisien, antara lain adalah:

Baca juga : 6 Dasar Kepemimpinan Ini Wajib Anda Miliki 

Pertama, Menyatukan Visi Tim

Skills fundamental leadership yang perlu Anda miliki adalah menyatukan orang-orang di sekitar Anda dengan visi yang menarik dan aspiratif. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus mampu menerapkan visi dengan baik.

Salah satu cara yang umumnya dapat digunakan untuk menyatukan visi tim yaitu adalah  kemampuan untuk mengayomi dan mempengaruhi orang-orang yang ada sekitar Anda dengan cara yang baik. Tujuannya adalah agar semua anggota tim Anda dapat bekerja lebih efisien dan tepat target.

Kedua, Mampu Membangun Strategi yang Baik

Skill dasar fundamental kepemimpinan yang kedua yaitu adalah mampu untuk membangun strategi saat menghadapi tantangan saat bekerja.

Sebagai pemimpin Anda harus mampu membangun strategi untuk bisa mencapai visi dan tujuan. Dengan strategi yang baik Anda bisa membuat pilihan tentang apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Ketiga, Mampu Mengembangkan Tim

Adanya leadership training akan sangat mampu untuk membentuk kepribadian pemimpin yang selalu mau untuk belajar, mengembangkan potensi dan talenta yang dimiliki oleh team. Jadi, Anda harus mampu meningkatkan kelebihan Anda dan team untuk mencapai goals yang sudah ditetapkan.

Keempat, Fokus pada Hasil dan Strategi

Skills Fundamental Leadership lainnya yang wajib dimiliki oleh para pemimpin yaitu adalah kemauan untuk selalu fokus pada hasil dan strategi. Apapun tantangan yang ada, sebagai pemimpin yang baik Anda harus selalu memiliki fokus besar untuk menerapkan strategi yang telah Anda buat.

Kelima, Tidak Pernah Berhenti Melakukan Inovasi

Pemimpin yang baik juga haruslah melakukan Inovasi terus menerus. Skills dasar kepemimpinan inilah yang membuat Anda selalu menghadirkan inovasi dan ide-ide terbaru sehingga mampu membawa team dan perusahaan mencapai tujuan dan berani menghadapi tantangan.

Keenam, Mampu untuk Memimpin Diri Sendiri

Untuk menjadi pemimpin yang baik Anda harus memiliki kemampuan dalam memimpin diri sendiri. Dengan skills ini Anda bisa memimpin team Anda dengan efektif.

Nah, dari 6 skills dasar kepemimpinan diatas sudahkah Anda memilikinya? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan seluruh skill kepemimpinan tersebut adalah dengan mengikuti leadership fundamentals training di provider terpercaya, salah satunya adalah dengan ALC Leadership Management.

10 Manfaat Fundamental Leadership

Selain itu, ada beberapa manfaat yang dari fundamental leadership program yang bisa kamu dapatkan saat memutuskan untuk menjalani rangkaian materi yang disampaikan, diantaranya adalah:

Pertama, tahu cara menjadi pemimpin yang baik.

Kedua, sigap mengambil keputusan.

Ketiga, berani menghadapi resiko.

Keempat, mampu membangun hubungan

Kelima, tanggap menyelesaikan masalah.

Keenam, mampu menciptakan team yang berkinerja tinggi atau istilah kerennya dikenal dengan high performance teams.

Ketujuh, mampu menyelesaikan masalah.

Kedelapan, berubah dan melakukan perubahan melalui budaya kerja yang lebih baik dan produktif.

Kesembilan, memiliki visi sebagai seoang pemimpin, mampu bertindak nyata dan berusaha mencapainya.

Kesepuluh, meningkatkan kinerja dan efektivitas Anda sebagai SDM atau karyawan perusahaan.

Setelah Anda tahu arti, tujuan, manfaat dan 6 skills fundamental leadership, bisa jadi Anda bertanya, “Bagaimana sih caranya agar bisa menguasai leadership fundamental skills?” Mengikuti training Leadership Fundamental bersama ALC jawabannya.

Nah sekarang yuk kita bicara tentang training leadership fundamental ALC. Apa saja yang dibahas didalamnya?

Baca juga : 5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Agar Menjadi Lebih Efektif

Apa Saja Isi Materi Topik Training Leadership Fundamental ALC?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut 4 poin utama yang Anda pelajari :

Pertama, Menentukan Visi

Leadership fundamentals course dari ALC ini akan mengajak Anda untuk lebih mengenal visi hidup dan mengenali kekuatan & kelemahan Anda.

Kedua, Mengenali Karakter Kepemimpinan Anda

Adanya program Leadership training dari ALC ini juga dapat mendorong Anda untuk lebih mengenal kembali bagaimana seorang sebagai pemimpin, dan membangun karakter Anda sebagai seorang pemimpin.

Ketiga, Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

Pelatihan Leadership Fundamental akan menyadarkan Anda akan betapa dahsyatnya sebuah dampak dari komunikasi yang baik. Selain itu, hal ini juga akan membuka kesadaran Anda akan pentingnya berkomunikasi dengan jujur dan santun, dan mebangkitkan kesadaran Anda akan kekuatan sebuah komunikasi.

Keempat, Meningkatkan Apresiasi & Rasa Memiliki

Leadership fundamentals course yang hadir di ALC ini juga akan mengajak Anda untuk menyadari “kekuatan apresiasi” & rasa memiliki.

Selain itu, Anda juga akan diajak untuk menyadari “perubahan positif” Anda dalam 1 hari dan “mengapresiasinya”.

Materi topik training leadership fundamental ini dibawakan langsung oleh expert trainer ALC. ALC mendesain khusus materi kepemimpinan ini untuk memudahkan Anda meningkatkan 6 skills dasar kepemimpinan

Apa yang Spesial dari Training Leadership Fundamental ALC?

– Mindset dan cara pandang Anda 100% berubah.

– Cara kerja Anda berubah lebih baik.

– Motivasi kerja Anda meningkat.

– ALC Method plus komunikasi dua arah.

– Engagement yang kuat Antara pembicara ALC dengan setiap peserta.

Yuk Kenalan Langsung Dengan ALC Trainer Expert Leadership Fundamental

Ainy Fauziyah Ainy Fauziyah

Leadership Coach & Motivator

Ainy Fauziyah Motivator, Professional Coach sekaligus Founder ALC Leadership Management & ALC Talent.

Seorang motivator wanita dan juga motivator leadership terbaik yang memiliki Certified Professional Coach, Hypnotherapist dan Licensed NLP Master Practitioner. Ahli dan spesial di bidang Leadership, Interpersonal, Performance, Career, Executive dan Life.

Penerima penghargaan 100 Perempuan Terinspiratif 2011 oleh Majalah Kartini, SheCAN! Award 2011 dari Tupperware Indonesia, Sekar Bangsa 2013 dari Yayasan Puteri Indonesia, serta Indonesia Digital Women Award (INDI) 2013 dari PT. Telkom.

Ainy Fauziyah juga merupakan pembicara dalam program Pelita Hati di Metro TV (2015-2016), Smart FM & V Radio. Dan aktif dalam menulis buku best seller (Dahsyatnya Kemauan & Rahasia Menembus Kesulitan) yang 100% royaltinya digunakan untuk program beasiswa sekolah anak-anak yatim dhuafa.

Testimoni Alumni :

“Terima kasih kepada Ibu Ainy Fauziyah atas ilmu, bimbingan,masukan dan masih banyak hal lagi yangg saya peroleh setelah mengikuti program Leadership Fundamental. Membuat diri saya banyak perubahan. Lebih berani jujur, lebih percaya diri dan tau bagaimana jadi pemimpin yg hebat. Terimakasih atas semuanya, sehat selalu sukses selalu buat bu Ainy dan Team”

Sutriono

Foreman Mekanik & Irigasi (Subdiv PG 3), PT Great Giant Foods

“Saya sangat berkesan dengan training Leadership Fundamental yang Ibu AIny sampaikan. Saya lebih tahu bagaimana menilai pemimpin. Dan saya semakin menjadi termotivasi untuk menjadi lebih baik di team dan lingkungan kerja”.

Dedy Eko Setyono

Pelaksana GA (Div HRBP Area 2), PT Great Giant Foods

Tingkatkan skills dasar kepemimpinan Anda bersama ALC!

Butuh Training Leadership Fundamental? Detail info hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp