Building Solid Teams

Solid Teams

Table of Contents

Building Solid Teams, Simak Arti, Cara dan Manfaat Membangun Tim Yang Solid

Membentuk tim yang solid memang tidaklah mudah. Salah satu syaratnya adalah membentuk leadership yang kuat di dalam tim. Nah, sebelum bicara lebih jauh, sudahkah Anda tahu apa itu kerja tim/ teamwork? Kalau belum, kita simak dulu yuk pengertian teamwork berikut

Apa Itu Teamwork?

Teamwork atau kerja tim adalah ketika sekelompok individu bekerja secara kooperatif serta efisien memenuhi standar untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan teamwork sendiri adalah mencapai goals dengan efektif serta sinergis. Sedangkan teamwork skills adalah kemampuan yang mengukur sejauh mana individu/ pemimpin dapat bekerja sama dengan tim.

Bagaimana teamwork bisa dikatakan efektif? Ada 7 cirinya, yakni anggota selalu antusias dalam bekerja, senantiasa memberi dorongan dan apresiasi, terciptanya kesetaraan/ hubungan horizontal, serta yang terakhir adanya pemikiran-pemikiran kritis.

Teamwork saja tidak pernah cukup, kita juga perlu membentuk team yang solid atau bahasa kerennya building solid teams. Tetapi sebelum itu, kita pahami dulu yuk apa arti tim yang solid berikut!

Tim Yang Solid Itu Seperti Apa Sih?

Tim yang solid adalah kondisi tim dimana anggotanya memaksimalkan kemampuan mereka serta saling mendukung dan mampu berkolaborasi demi meraih tujuan bersama.

Poin utama dari tim yang solid adalah semua pekerjaan berjalan sehat, tidak saling menjatuhkan, serta kolaboratif & sinergis. Ingin tahu bagaimana cara membangun kerjasama tim untuk menciptakan team yang solid? Simak yuk penjelasannya berikut!

Bagaimana Cara Membentuk Tim Kerja Yang Solid?

Bagaimana cara membentuk sebuah tim yang solid? Membentuk tim kerja yang solid atau building solid teams adalah sebuah kewajiban bagi seorang leader. Yuk simak 3 cara membentuknya!

Pertama, memahami tujuan tim

Supaya teamwork semakin solid, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memahami apa tujuan besar yang ingin dicapai. Seluruh anggota tim wajib memahami dan berkomitmen penuh untuk memenuhi goal tersebut.

Kedua, selalu mengembangkan tim.

Alasan mengapa Anda wajib tahu cara mengembangkan tim adalah untuk memberi mereka kesempatan-kesempatan baru. Mengembangkan tim juga dapat membentuk budaya saling percaya. Ketika saling percaya, mereka akan terbuka dalam berbagi ide, berkolaborasi secara efektif dan membuat keputusan yang tepat.

Ketiga, menerapkan emotional intelligence

Jika Anda ingin tahu cara membangun tim solid, Anda wajib memahami pentingnya kecerdasan emosional (EQ). Dengan EQ, Anda menjadi lebih paham memanage emosi dan dapat menciptakan lingkungan kerja lebih positif. Tidak reaktif terhadap suatu permasalahan.

Baca juga :

5 Cara Membangun Team Solid Dalam Dunia Kerja

Mengapa Membangun Tim yang Solid itu Perlu?

Berikut ini adalah 7 alasan mengapa membangun tim yang solid/ building solid teams itu penting.

Pertama, tim yang solid dapat membangun sifat kooperatif dan saling percaya.

Kedua, dapat membuat budaya saling menghargai di perusahaan.

Ketiga, membuat flow komunikasi yang efektif.

Keempat, menciptakan problem solver terbaik.

Kelima, meningkatkan inovasi dan potensi tim lebih baik.

Keenam, mendorong anggota tim lebih produktif.

Ketujuh, memperluas kreativitas tim Anda.

Setelah Anda tahu mengapa membangun tim yang solid itu penting, lantas apa sih manfaatnya bagi tim dan perusahaan Anda? yuk kita simak bareng-bareng!

Apa Manfaat Building Solid Teams?

Berikut 5 manfaat membentuk tim yang solid

Pertama, menghasilkan ide-ide yang kreatif

Salah satu manfaat membentuk tim yang solid adalah Anda dapat melatih tim Anda untuk berani mengungkapkan ide. Ketika Anda melibatkan tim, ide kreatif mereka akan terekspos lebih baik lagi.

Kedua, pekerjaan Anda menjadi lebih ringan

Selain mentrigger ide kreatif, membentuk tim yang solid juga meringankan pekerjaan Anda loh. Mengapa? Karena pekerjaan yang berat bisa menjadi ringan ketika dikerjakan bersama-sama. Jangan lupa, mendelegasikan pekerjaanpun harus efisien dan sesuai.

Ketiga, kinerja Anda dan tim lebih efisien

Jika teamwork dijalankan dengan baik dan setiap anggota dapat memfungsikan dirinya dengan baik, pekerjaan yang ada dapat berjalan efisien. Semakin efisien, semakin ringan pula beban pekerjaan mereka.

Keempat, jika ada masalah dapat menemukan jalan keluar lebih cepat dan efektif

Tim yang solid pasti akan fokus memecahkan masalah bersama-sama. Dengan melibatkan mereka, Anda mendapatkan berbagai insight. Meningkatkan perencanaan proses berpikir secara rinci, kohesif, dan efektif.

Kelima, meningkatkan produktivitias perusahaan

Goals akhir dari membangun tim yang solid adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Tugas yang banyak bisa diselesaikan dengan cepat dan lebih produktif. Plus, tim Anda dapat belajar atau melakukan aktivitas lain yang dapat menunjang pengembangan dirinya.

Setelah tahu arti, manfaat dan cara membentuk tim yang solid, Anda jadi paham bukan, bagaimana cara membangun tim solid/ building solid teams. Jika permasalahan Anda belum terjawab juga, boleh banget ikutan training building solid teams ALC loh!

Nah sekarang yuk kita bicara tentang training building solid teams ALC. Apa saja yang dibahas didalamnya?

Apa Saja Isi Materi Topik Training Leadership Fundamental ALC?

Dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan sdm bersama ALC Leadership Managemen dengan topik “Building Solid Teams” kami mengajak Anda:

Pertama, menyadari pentingnya membangun team solid dalam menghadapi perubahan.

Kedua, memahami 5 langkah mudah membentuk team solid.

Ketiga, merenungkan tindakan nyata apa saja yang akan mereka lakukan serta membangun tekad untuk mewujudkannya.

Dengan menggunakan metode 90% praktik, 10% teori. Lebih banyak praktek daripada teori. Komunikasi 2 arah, video inspiratif & game yang menyenangkan.

Jika permasalahan Anda belum terjawab, Anda bisa menghubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp