fbpx

Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Goals Besar Perusahaan

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan Dan Pengembangan SDM, Apa Sih Dampaknya?

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang terpenting bagi perusahaan atau organisasi. Mengapa? Ya jelas, manusia adalah ujung tombak untuk kemajuan sebuah bisnis. Mengingat hal ini, pelatihan sumber daya manusia dari suatu instansi haruslah cukup untuk menunjang segala kegiatan yang ada. Eits, tidak hanya kuantitas/  jumlah, kualitasnya pun harus memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan.

Setiap tenaga kerja wajib memiliki keahlian sesuai dengan tanggung jawabnya. Kemampuan seseorang juga bisa ditingkatkan dengan investasi di pelatihan SDM. Hal ini agar seseorang dapat meningkatkan keahlian yang telah dimiliki atau untuk mendapatkan kemampuan baru di bidang yang mendukung pekerjaannya. 

Apa Itu Pelatihan dan Pengembangan SDM?

Pelatihan merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian seseorang terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. Sementara pengembangan merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keahlian dan kemampuan yang baru.

Praktik pemberdayaan dan perencanaan sumber daya manusia berdampak positif pada inovasi perusahaan. Tidak hanya itu, menurut penelitian dari Universitas Southwest Jiaotong pelatihan pengembangan SDM juga berpengaruh baik terhadap kreativitas para pekerjanya.

Pengembangan biasanya memiliki tujuan untuk mempersiapkan seseorang yang akan memiliki jabatan lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih tinggi. Dan di era digital ini manajemen sumber daya manusia memiliki keterampilan dan peran yang besar. Standar dari Technical University of Liberec sumber daya yang diperlukan untuk masa depan adalah kesadaran dan keterampilan akan teknologi. Jadi, pelatihan dan pengembangan SDM dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan seseorang.

Macam-macam Pelatihan dan Pengembangan SDM

Ada lima jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu karyawan serta ikut mendukung perkembangan suatu perusahaan.

Pertama, Skill Training (Pelatihan Keahlian). Merupakan pelatihan dan pengembangan karyawan dengan cara meneliti kekurangan dan kebutuhan secara jeli. Pelatihan ini diberikan kepada karyawan yang dianggap masih memiliki kekurangan dalam keahlian tertentu.

Baca juga : Pelatihan SDM Di Perusahaan, Simak Apa Saja Tujuan Utamanya

Kedua, Retraining (Pelatihan Ulang). Retraining merupakan pelatihan dan pengembangan SDM yang bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan tenaga kerja dengan perkembangan yang menyangkut pekerjaan. Misalnya saja penggunaan teknologi yang semakin maju setiap saat. Maka diperlukan pelatihan agar SDM mampu menguasai teknologi.

Ketiga, Cross Functional Training (Pelatihan Lintas Fungsional). Pelatihan ini dilakukan dengan cara seorang meminta seorang pekerja untuk melakukan kegiatan di luar bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Kegiatan ini dapat membantu seseorang untuk memahami kegiatan perusahaan secara lebih luas bukan hanya tugas utamanya saja. 

Keempat, Team Training (Pelatihan Tim). Pelatihan tim bertujuan untuk memberikan kebiasaan terhadap para karyawan agar bisa bekerja sama. Dalam setiap perusahaan pekerjaan tidak bisa hanya dilakukan sendiri. Harus ada kerjasama dari berbagai bagian.

Kelima, Creativity Training (Pelatihan Kreatifitas) Pelatihan ini memiliki maksud agar setiap karyawan bisa memunculkan ide dan bisa mengungkapkan ide tersebut. Ide yang ada kemudian akan dikembangkan lebih lanjut sehingga bisa menunjang kemajuan perusahaan.

Personal Development

Pelatihan dan pengembangan SDM juga dapat mempengaruhi personal development pada seseorang. Personal development adalah proses seseorang menjadi lebih baik dalam hal kepribadian, keahlian, maupun hubungan dengan orang lain.

Perlu kita garis bawahi bahwa setiap orang memiliki aspirasi. Inilah yang bisa kita kaitkan dengan professionalisme pekerjaan. Ada satu hal yang menarik dari personal development. Menurut Journal for the Study of Religions and Ideologies, leadership, etis, agama dan personal development berpengaruh besar dalam krisis global.

Sebenarnya personal development selalu terjadi sepanjang hidup manusia dalam hal pertumbuhan. Kemampuan dan akal juga berkembang seiring pertambahan usia. Nah, dalam karir, seseorang diharapkan dapat menerapkan kemampuan personalnya pada dunia professional. Tentunya yang positif ya!

Pengembangan diri bisa kita mulai dari hal-hal yang kecil. Salah satunya dengan menghargai diri kita sendiri. Asalkan tidak berlebihan. Dengan demikian, seseorang bisa lebih percaya diri dalam meningkatkan semangat bekerja.

Bekerja dengan Giat Perlu Adanya Motivasi yang Keras.

Motivasi adalah suatu pendorong yang bisa membuat seseorang lebih giat dalam bekerja atau meraih sesuatu. Hubungan motivasi dengan kinerja sangatlah erat. Jika seseorang memiliki motivasi kuat dalam bekerja, hasil pekerjaannya pun dijamin lebih maksimal.

Motivasi SDM biasanya bisa dipengaruhi oleh faktor psikologis berupa tuntutan ekonomi, kepuasan, pencapaian, hingga rasa hormat pada seseorang. Akan tetapi untuk membangkitkan semangat kerja seseorang bisa didukung dengan pelatihan dan pengembangan SDM.

Training motivasi karyawan bisa sama-sama kita jadikan sebagai topik yang pas untuk karyawan-karyawan kita. Mengapa demikian? Seorang karyawan dengan kemampuan yang lebih akan merasa percaya dirinya bertambah.

Bukan hanya untuk menunjang pekerjaan yang telah dilakukan, pelatihan dan pengembangan SDM juga memberikan pelatihan lainnya. Apa dampaknya? Jika seorang karyawan diberikan jabatan baru maka akan lebih mudah dan percaya diri dalam menjalaninya nanti.

Rutinitas setiap hari bisa membuat seseorang merasa bosan. Akibatnya tidak akan fokus saat bekerja. Semangat bekerja juga akan menurun.

Ada beberapa cara membangkitkan semangat kerja yang bisa dilakukan secara sederhana.

Pertama, mencintai pekerjaan dengan memandang dari sisi positif.

Kedua, menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Ketiga, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja.

Keempat, melakukan peregangan tubuh jika merasa kelelahan.

Kelima, mengkonsumsi makanan yang cukup.

Pelatihan dan Pengembangan SDM di Era Modern

Dengan kemajuan di bidang teknologi, pelatihan dan pengembangan SDM kini bisa dilakukan secara online. Dengan media online pelaksanaan bisa lebih fleksibel. Namun juga harus ada komitmen dalam mengikuti agar tercapai tujuan pelatihan tersebut.

Pelatihan pengembangan SDM dengan cara digital dinilai memiliki banyak keuntungan. Berita baiknya, karyawan bisa melakukan pelatihan dimanapun dan kapanpun. Hal tersebut tentu tidak akan mengganggu pekerjaan sehari-hari karyawan.

Baca juga : Program Training SDM Terbaik Untuk Pengembangan Karakter

Keuntungan lainnya yaitu perusahaan bisa menghemat pengeluaran karena tidak membutuhkan biaya untuk transportasi para karyawan. Cost untuk training online sendiri tentunya jauh lebih murah dibandingkan training online.

Tetapi sayangnya, ada beberapa sisi negatif dari pelatihan dan pengembangan SDM secara online. Beberapa jenis pelatihan akan lebih maksimal jika dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Terlebih untuk pelatihan yang berkaitan dengan hubungan sosial.

Salah satunya pelatihan tim. Tidak semua penyedia jasa pelatihan memiliki program pengembangan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk mendapatkan program yang sesuai, bisa jadi perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. 

Pelatihan online bisa didapat dengan gratis maupun berbayar. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang baik lebih baik memilih yang berbayar daripada pelatihan online gratis. Dan akan lebih baik lagi jika memilih menggunakan cara konvensional untuk pelatihan dan pengembangan SDM.

5 Manfaat Adanya Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM menyajikan banyak manfaat unutk kita. Yuk simak 5 manfaat utamanya berikut.

Pertama, karyawan akan mengasah skills yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal ini akan menambah produktivitas sekaligus kreativitas karyawan. Perusahaanpun akan menjadi lebih cepat berkembang. 

Pertama, untuk menyelaraskan kemajuan yang sedang terjadi. Mau tidak mau pekerjaan harus mengalami perubahan. Jika tidak, perusahaan tidak akan berkembang alias stuck. Sama halnya dengan karyawan. Mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM akan membantu karyawan mengikuti perkembangan di bidang teknologi baik dalam hal mesin, metode untuk menunjang pekerjaan, hingga teknik pemasaran yang modern.

Kedua, menemukan potensi karyawan yang tersembunyi. Ada kalanya seseorang tidak memahami kelebihannya atau merasa malu untuk mengungkapkan. Dengan adanya pelatihan perusahaan dapat mengetahui potensi karyawannya yang kemungkinan bisa menjadi pemimpin perusahaan di masa depan.

Ketiga, dapat memacu karyawan untuk belajar secara terus menerus. Karena bila telah mengetahui manfaat pelatihan maka seseorang akan mendapatkan semangat untuk terus mempelajari hal yang baru. Tentu hal ini perlu dilakukan karena perkembangan terutama di bidang teknologi terus berkembang.

Keempat, pelatihan dan pengembangan SDM juga bisa membuat suasana kantor menjadi lebih kondusif. Dalam pelatihan akan ada waktu untuk mengungkapkan masalah dalam pekerjaan. Pelatihan akan memberikan kesempatan dalam berdiskusi memecahkan suatu masalah. Dengan demikian karyawan akan terbiasa dan mudah untuk menangani masalah yang mungkin akan datang.

Nah, Setelah menyimak Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Goals Besar Perusahaan, sudahkah karyawan milenial perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Jadwal Training Publik

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends