4 Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Negosiasi, Yang Ke-3 Sangat Berpengaruh!

Daftar Isi

Sebuah negosiasi tentu tidak bisa dipisahkan dengan bagaimana cara membangun komunikasi yang tepat diantara setiap orang yang terlibat di dalamnya. Sebab di dalam bisnis, mengembangkan komunikasi yang baik akan membantu menempatkan diri dan jasa Anda ke arah yang benar untuk semakin bertumbuh.

Selain itu, membangun komunikasi efektif (effective communication) akan berbanding lurus dengan hasil negosiasi yang didapatkan. Sebab, komunikasi negosiasi ini tidak hanya akan membangun kepercayaan namun juga kesempatan untuk bertukar pikiran dan pendapat satu sama lain agar tercapai tujuan bersama yang diharapkan.

Mengapa Komunikasi Sangat Penting Dalam Sebuah Proses Segosiasi?

Membangun komunikasi yang baik tentu menjadi hal penting dalam sebuah proses negosiasi yang baik. Sesuai dengan pernyataan dalam Business Queensland, menerapkan teknik negosiasi terutama dalam berkomunikasi yang baik tentu akan memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan bisnis.

Hal ini karena, komunikasi yang efektif dan tepat akan membangun kepercayaan serta mendorong terciptanya hubungan jangka panjang yang akan membantu Anda untuk menghindari konflik di masa depan.

Demi tercapainya kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dalam negosiasi maka ada beberapa strategi penting yang dapat Anda jalankan. Apa saja itu? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Baca juga :

5 Cara Membangun Hubungan Bisnis Jangka Panjang yang Efektif

4 Cara Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Negosiasi

Mengembangkan keterampilan dalam komunikasi tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda secara pribadi ataupun kemajuan di dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Sebab, komunikasi yang efektif tentu akan membantu teknik negosiasi dalam dunia bisnis yang hendak dijalankan menjadi semakin baik dan lancar. Sebuah komunikasi yang efektif juga sangat penting dalam kesepakatan bisnis. Karena itulah, mengetahui cara membangun komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Jika Anda sedang berusaha untuk membangun komunikasi dan relasi dalam sebuah negosiasi, maka simak beberapa strategi membangun komunikasi yang efektif untuk mencapai tujuan bersama, diantaranya adalah:

1. Berkomunikasilah Secara Tepat dan Jelas

Salah satu teknik berkomunikasi yang efektif, sangat penting untuk menyampaikan sesuatu kepada lawan bicara secara tetap dan jelas serta tidak bertele-tele. Terlebih, komunikasi verbal ini adalah masalah dalam pilihan kata.

Dimana, kunci untuk komunikasi yang kuat dan persuasi baik secara tertulis maupun lisan adalah kejelasan dan singkat bila menungkinkan. Hindari juga kalimat yang bertele-tele sehingga dapat mengalihkan perhatian dari pesan yang hendak Anda akan sampaikan.

Jadi, membangun komunikasi khususnya dalam negosiasi dapat dilakukan dengan menguraikan secara hati-hati apa yang ingin Anda sampaikan dan membantu memastikan untuk memasukkan semua informasi yang diperlukan. Tujuannya agar audiens dapat mengerti pesan yang hendak Anda utarakan.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh yang Digunakan

Dalam jurnal penelitian “Effective oral and written communication oleh R. Prabavathi dan P. C. Nagasubramani, bahasa tubuh dapat menjadi bantuan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal dan efektif membantu membangun pesan yang hendak disampaikan menjadi semakin jelas.

Bahkan, bahasa tubuh yang digunakan juga dapat membangun kepercayaan diri dalam komunikasi terutama saat hendak melakukan negosiasi baik kepada pihak internal perusahaan ataupun klien sebagai pihak eksternal.

Hal ini sangat penting untuk diterapkan untuk segala jenis pertemuan baik itu tatap muka ataupun secara daring. Pastikan Anda menggunakan bahasa tubuh yang tepat beserta dengan kontak mata kepada audiens agar pemaparan Anda semakin didengarkan.

Selain itu, pastikan untuk tidak menyilangkan tangan selama berkomunikasi dalam rangka menghormati  dan tampak lebih sopan kepada lawan bicara.

3. Perhatikan Nada Suara Selama Berbicara

Cara membangun komunikasi yang efektif lainnya dan tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah nada suara selama berbicara. Sebab, nada dalam berkomunikasi memiliki dua sisi yang berbeda dimana ia akan membantu untuk menambah kekuatan dan penekanan pada pesan yang ingin Anda sampaikan atau malah merusak sepenuhnya hal tersebut.

Karena inilah, nada suara banyak mengakibatkan kesalahpahaman bagi banyak orang sehingga harus benar-benar Anda perhatikan terutama saat melakukan negosiasi. Jadi, pastikan untuk memiliki kata dengan konotasi positif sehingga dapat menciptakan niat baik sekaligus meningkatkan kepercayaan diantara lawan bicara yang mendengarkan.

Baca juga :

5 Manfaat Training Managerial untuk Perkembangan Perusahaan

4. Selalu Hargai dan Dengarkan Pendapat Lawan Bicara dengan Baik

Sebuah komunikasi tentu akan melibatkan dua atau lebih individu di dalamnya. Jadi, salah satu strategi membangun komunikasi yang efektif agar Anda juga dihargai saat mengemukakan pendapat adalah dengan mendengarkan lawan bicara saat melakukan hal yang serupa.

Sebab, menghargai orang lain dengan mendengarkan pendapat mereka tentu akan sama pentingnya dengan berbicara jika kedua belah pihak sama-sama ingin dimengerti.

Tujuan utama dari mendengarkan secara aktif adalah untuk memastikan bahwa Anda tidak hanya mendengar kata-kata yang diucapkan orang tersebut, tetapi juga berhasil menangkap seluruh pesan yang hendak disampaikan. Komunikasi negosiasi seperti inilah yang membuat banyak orang berhasil mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Kesimpulan

Itulah 4 strategi membangun komunikasi yang efektif untuk negosiasi dan dapat membantu Anda untuk bekerja sama dengan orang lain di masa yang akan datang. Jangan khawatir, sebab mengembangkan keterampilan dalam komunikasi dapat dilatih dan diajarkan sehingga akan memungkinkan bagi Anda untuk mengasah kemampuan ini demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Ingin tahu cara membangun komunikasi yang tepat dalam proses negosiasi. Yuk segera daftarkan diri Anda dan team dalam training Creative Negotiation Skills sekarang

Creative Negotioation Skills Menjadi Negosiator Handal, Efektif, Kreatif & Unggul

Jadwal Pelatihan

Senin, 14 Agustus 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan, hubungi team ALC
Training Online Coaching and Mentoring
  • 05/10/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 12/10/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making
  • 19/10/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Great Leaders, Great Influencers
  • 26/10/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 02/11/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leadership Fundamental
  • 09/11/2023
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2