Inilah Hak, Tugas & Tanggung Jawab Karyawan. Cek Sudahkah Anda Mengetahuinya?

Daftar Isi

Tanggung jawab karyawan yang harus diketahui agar bisa bekerja dengan optimal. Bekerja di perusahaan tentunya disertai dengan tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan. Dengan begitu Anda bisa meminta hak  sebagai karyawan kepada perusahaan.

Untuk itulah pentingnya Anda mengetahui apa saja hak, tugas dan tanggung jawab karyawan agar dapat bekerja dengan baik. Caranya dengan menyimak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Tanggung Jawab Karyawan?

Untuk mengerti tanggung jawab karyawan, Anda bisa melihat terlebih dahulu apa pengertiannya.

Tanggung jawab berarti sekumpulan tugas yang menjadi kewajiban bagi individu yang perlu diselesaikan. Tugas yang sudah jadi kewajiban itu juga memiliki konsekuensi yang akan ditanggung individu tersebut.

Sehingga tanggung jawab karyawan adalah kewajiban yang harus ditangani karyawan hingga selesai beserta konsekuensinya. Sehingga karyawan yang akan menanggung resiko dari pembebanan kewajiban tersebut.

5 Tugas dan Tanggung Jawab Anda Sebagai Karyawan

Setelah memahami pengertiannya, lalu apa saja tugas dan tanggung jawab karyawan? Sebenarnya tugas dan tanggung jawab karyawan berbeda-beda sesuai jabatan. Meski begitu tetap ada tugas dan tanggung jawab yang sama seperti berikut ini:

1. Mengerjakan Seluruh Tugas yang Telah Ditentukan Oleh Pimpinan

Seorang karyawan memiliki tugas yang disesuaikan dengan jabatannya. Sehingga Anda harus bisa menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu.

2. Karyawan Harus Memiliki Rasa Hormat Kepada Sesama Rekan Kerja

Seorang karyawan akan bekerjasama dengan banyak orang dari strata sosial berbeda. Sudah kewajiban Anda untuk menghargai semua rekan kerja agar tercipta suasana kerja yang nyaman.

3. Karyawan Harus Menjaga Lingkungan Kerja Tetap Stabil

Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan. Pastikan Anda mengembangkan sikap menghormati dan profesional dalam bekerja.

4. Karyawan Memiliki Kedisiplinan dan Ketepatan Waktu Dalam Bekerja

Sudah menjadi tugas karyawan menyelesaikan pekerjaan dengan baik serta tepat waktu. Apalagi jika itu pekerjaan dalam sebuah tim yang setiap anggota memiliki pengaruh mencapai tujuan bersama.

5. Karyawan Harus Bisa Menjaga dan Menjalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi menjadi kunci penting kerja yang efektif. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa komunikasi yang lancar dalam team mampu meningkatkan produktivitas hingga 25%.

Baca juga : 

5 Ciri Pemimpin yang Baik, Nomor 5 Buat Anda Berdecak Kagum

5 Contoh Tanggung Jawab Karyawan yang Harus Dilakukan

Dalam bekerja tentunya ada beberapa tanggung jawab karyawan yang mungkin berbeda antara tiap individu. Berikut contoh tanggung jawab karyawan yang lazim ditemui di tempat kerja:

1. Datang Kerja Tepat Waktu dan Bekerja Sesuai Durasi

Setiap perusahaan memiliki kebijakan jam masuk kantor dan jumlah jam kerja. Sebagai karyawan, Anda bertanggung jawab untuk disiplin mematuhinya.

2. Menyelesaikan Tugas Sesuai Deadline

Setiap karyawan pastinya mendapatkan beban kerja dengan timbal balik sejumlah uang. Jika Anda tidak menyelesaikan tugas sesuai perintah dan deadline maka akan kesulitan menuntut hak gaji.

3. Mematuhi Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki peraturannya sendiri untuk menjaga kestabilan lingkungan kerja dan mencapai target. Mematuhinya sudah menjadi tanggung jawab karyawan yang baik,

4. Mematuhi Perintah Atasan

Dalam bekerja pastinya Anda memiliki atasan, pimpinan atau bos yang memberikan sejumlah tugas untuk dikerjakan. Bekerja sesuai arahan atasan sudah menjadi bagian dari tanggung jawab karyawan.

5. Bekerja dengan Profesional

Sebagai manusia tentunya Anda akan mengalami tantangan dan terkadang bersikap emosional. Sudah menjadi tanggung jawab karyawan untuk bekerja tanpa terpengaruh masalah dari luar. Pisahkan masalah pribadi Anda dengan pekerjaan.

5 Hak Karyawan yang Patut Anda Ketahui

Setelah memenuhi tanggung jawab sebagai karyawan maka bisa memperoleh hak Anda dari pemberi kerja. Ketahui 5 hak karyawan berikut ini:

1.   Hak Mendapat Upah yang Layak

Pekerjaan yang Anda lakukan berhak untuk digaji dengan layak yang bisa memenuhi penghidupan. Hal tersebut diatur dalam pasal 88 UU Ketenagakerjaan telah diubah Pasal 80 UU Cipta Kerja.

2.   Hak Melaksanakan Kerja Sesuai Waktu yang Ditentukan

Dalam UU Ketenagakerjaan juga mengatur bahwa setiap karyawan berhak melaksanakan kerja sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tentunya durasi jam kerja tersebut juga harus sesuai Pasal 77 ayat 2, yaitu:

– 7 jam dalam sehari dan 40 jam dalam satu minggu (6 hari kerja dalam satu minggu)

– 8 jam sehari dan 40 jam dalam satu minggu (5 hari kerja dalam satu minggu)

3. Hak Mendapatkan Waktu Istirahat dan Cuti

Setiap karyawan berhak mendapatkan waktu istirahat di sela-sela bekerja paling sedikit setengah jam. Selain itu juga istirahat 1 hari untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu. Karyawan juga berhak untuk mengajukan cuti tahunan minimal 12 hari kerja setelah bekerja selama setahun penuh.

4. Hak Mendapat Perlakukan yang Adil

Karyawan berhak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam perusahaan. Anda berhak diperlakukan tanpa diskriminasi dari perusahaan yang sesuai dengan Pasal 6 UU Ketenagakerjaan.

5. Hak Mendapatkan Pelatihan Kerja

Bekerja tidak hanya mendapatkan upah namun juga menjadi tempat untuk mengembangkan kemampuan karyawan. Jadi Anda berhak mengikuti pelatihan kerja untuk meningkatkan skill. Hal itu diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang Ketenagakerjaan lho!

Baca juga :

4 Metode Priority Management Agar Pekerjaan Makin Teroganisir

Kesimpulan

Sebagai karyawan tentunya Anda memiliki tanggung jawab dalam bekerja namun jangan lupa memastikan menerima hak yang seharusnya. Salah satunya adalah hak untuk mengembangkan diri lewat pelatihan kerja.

Anda bisa mengembangkan soft skill dengan mengikuti training di ALC Leadership Management bersama mentor profesional.

Yuk kenalan dengan Program Leadership and Management Training dari ALC di sini! Tersedia juga berbagai training online dan offline yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang