Mengenal 9 Metode Program Pengembangan Karyawan, Yang Ke-6 Banyak Digunakan!

Daftar Isi

Program pengembangan karyawan nyatanya merupakan salah satu hal penting yang harus rutin diadakan oleh perusahaan. Terlebih jika ingin sumber daya di dalamnya terus berkembang dan memberikan dampak baik bagi kemajuan bisnis.

Oleh sebab itulah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai 9 metode program pengembangan karyawan agar sumber daya manusia (SDM) di dalamnya mampu menjadi pribadi yang lebih kompeten dan selalu berinovasi saat bekerja.

Namun, apa yang dimaksud dengan program pengembangan karyawan? Serta, apakah program tersebut penting untuk sebuah perusahaan? Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Program Pengembangan Karyawan?

Program pengembangan karyawan adalah proses untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan seluruh karyawan yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan kompetensi serta hal yang lebih baru.

Tentu tidak dapat dipungkiri jika pengembangan SDM merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi maupun perusahaan. Sebab, SDM yang berkualitas dan kompeten lah yang akan membantu perusahaan untuk terus berkembang dan mencapai targetnya.

Apa Tujuan dari Pengembangan Karyawan?

Sesuai dengan pengertiannya, tujuan dari program pengembangan karyawan di perusahaan yaitu untuk mendukung target yang ingin dicapai baik dalam tim maupun organisasi tersebut. Jadi, pengembangan karyawan sdm ini tentunya untuk menghadirkan individu yang berkualitas dan optimal bagi kemajuan perusahaan.

Oleh karena itu, program pengembangan karyawan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki dan penting untuk diikuti oleh setiap karyawan dalam perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari karyawan yang merupakan aset penting bagi setiap perusahaan.

Jika perusahaan tidak memiliki sumber daya manusia, tentunya visi dan misi perusahaan akan sulit untuk dicapai. Jadi, jika perusahaan ingin mencapai visi dan misinya, maka setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang berkualitas.

Baca juga :

5 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM ini Meningkatkan Kinerja Anda

Pentingnya Pengembangan Karyawan

Saat ini, pengembangan karyawan SDM dapat dilakukan dengan lebih mudah yaitu melalui beberapa pelatihan yang telah disediakan perusahaan. Memang seberapa pentingnya pengembangan karyawan dan kenapa penting bagi perusahaan?

Alasan ini tentu tidak bisa dipisahkan dari setiap perusahaan yang mampu menyediakan bahan, sumber daya, hingga dukungan yang dibutuhkan oleh setiap karyawan. Tujuannya agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan profesional mereka.

Melalui proses program pengembangan diri karyawan inilah, seluruh anggota yang terlibat akan mempelajari keterampilan profesional baru yang dapat membantu mereka menjadi semakin mahir pada bidangnya.

Selain itu, pentingnya program pengembangan karir untuk karyawan ini juga sengaja dirancang untuk membantu karyawan belajar dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Jadi, mereka dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh setiap perusahaan sekaligus meningkatkan kualitas skill yang dimilikinya.

9 Metode Program Pengembangan Karyawan

Apakah Anda mengetahui bahwa program pengembangan karyawan menjadi faktor utama penilaian karyawan di tempat kerja? Hal ini yang membuat berbagai program pengembangan karyawan dilakukan perusahaan agar mereka mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Berikut ini adalah beberapa metode atau cara pengembangan karyawan yang dapat diterapkan, agar para karyawan dapat semakin berkembang, yaitu:

1. Training atau Pelatihan

Pelatihan atau training bagi para karyawan adalah salah satu program yang dapat membantu setiap orang yang tergabung didalamnya agar semakin berkembang. Pelatihan dan pengembangan SDM dapat dilakukan di dalam perusahaan atau di luar perusahaan.

Metode ini dapat mencakup pengembangan keterampilan karyawan melalui kombinasi pelatihan secara langsung, simulasi, penyampaian materi, hingga tugas berbasis individu atau kelompok.

Untuk kebutuhan pelatihan internal (internal training), biasanya perusahaan akan menyelenggarakan program pelatihan pada bidang yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk pelatihan luar perusahaan (external training), perusahaan mengirimkan karyawan ke perusahaan lain atau lembaga pelatihan karyawan agar dapat belajar dengan intens untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru.

Apalagi, berdasarkan hasil survey dari HR Magazine yang melaporkan bahwa perusahaan yang menginvestasikan $1.500 atau lebih setiap tahunnya untuk mengadakan pelatihan ternyata memiliki margin keuntungan 24 persen lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak melakukannya.

2. Program Pendidikan

Program pengembangan karir karyawan selanjutnya juga dapat dilakukan melalui pendidikan yang bersifat khusus. Namun hal yang perlu diketahui jika tidak semua karyawan dapat mengikuti atau menjalankan program pendidikan.

Pada program ini, perusahaan akan menentukan karyawan yang dirasa perlu untuk mengembangkan ilmu dan juga pendidikannya. Contohnya seperti memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S2 untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikan sehingga menjadi lebih kompeten untuk menempati posisi yang lebih tinggi.

3. Magang

Magang merupakan contoh program pengembangan karyawan yang seringkali dilakukan perusahaan agar meningkatkan kemampuan pesertanya. Magang dapat dilakukan didalam maupun di luar perusahaan. Tujuan dari adanya program magang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam divisi yang berbeda-beda.

Sedangkan pada program magang eksternal, umumnya perusahaan akan mengirimkan karyawan ke perusahaan utama atau induk, contohnya ke luar negeri dalam waktu yang telah ditentukan untuk mendapatkan ilmu baru maupun memperdalam ilmu untuk diimplementasikan ke perusahaan setelah program tersebut selesai dilakukan.

4. Uji Kompetensi

Uji kompetensi juga ternyata dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Uji kompetensi dapat dilakukan di perusahaan atau lembaga sertifikasi profesi yang terakreditasi badan nasional sertifikasi profesi.

Perusahaan yang melakukan program ini memiliki tujuan, untuk menjalankan suatu standar internasional. Bahkan sertifikat yang dikeluarkan oleh LPS diakui secara nasional.

5. Job Enrichment

Program pelatihan dan pengembangan karyawan yang juga dapat diterapkan oleh perusahaan adalah Job enrichment. Program pengembangan ini bertujuan untuk memberikan tanggung jawab dan tugas dalam posisi yang sama. Kemudian karyawan yang akan mengikuti program ini dipilih berdasarkan kualitasnya

Contoh dari job enrichment ini, yaitu dengan menerima tugas khusus untuk menggantikan pimpinan atasan yang sedang memiliki urusan atau tugas lain. Atau karyawan dapat mengisi jabatan baru yang sebelumnya belum ada dengan tingkat yang sama.

6. Workshop (komite) atau Membuat Kelompok Kerja

Metode pengembangan SDM berupa workshop maupun kelompok kerja ini dapat memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk dapat berinteraksi dengan rekan kerja dari dalam maupun luar perusahaan. Hal ini dapat bermanfaat agar karyawan dapat memiliki akses atau jaringan yang lebih luas.

Saat program ini berjalan, nantinya setiap karyawan akan mendapatkan berbagai masukan dan pengetahuan yang berguna untuk memecahkan masalah, dan lain sebagainya.

7. Rotasi Kerja

Rotasi kerja dapat dilakukan antar departemen atau divisi dalam sebuah perusahaan. Contoh program pelatihan dan pengembangan karyawan dengan rotasi kerja, yaitu karyawan yang berada di departemen keuangan di rotasi ke bagian departemen pemasaran.

Hal ini dapat berguna untuk menyiapkan karyawan yang akan mendapatkan promosi, memberikan pengalaman, dan menambah pengetahuan dan keterampilan.

8. Promosi

Selanjutnya, promosi memiliki tujuan untuk dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan, serta dapat mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja baik agar tidak mengundurkan diri atau pindah ke perusahaan lain.

Jadi, karyawan yang kompeten dan berprestasi tidak pindah ke perusahaan lain, apalagi jika perusahaan tersebut merupakan kompetitor. Tentu hal tersebut akan menjadi kerugian yang sangat besar bagi perusahaan.

Baca juga :

7 Jenis Program Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Perlu Anda Ketahui

9. Studi Banding

Studi banding atau benchmark adalah metode pengembangan karyawan dengan cara mengevaluasi atau membandingkan sesuatu. Hal ini dapat membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar.

Contohnya, sebuah perusahaan yang baru berdiri mengirimkan karyawannya untuk belajar di perusahaan yang sama namun sudah berdiri cukup lama dan merupakan perusahaan besar.

Di Beberapa perusahaan, studi banding menjadi salah satu program pelatihan dan pengembangan karyawan secara periodik atau rutin dalam kurun waktu tertentu. Jadi, cara seperti ini sudah bukan merupakan hal yang aneh lagi untuk diterapkan oleh perusahaan.

Menurut jurnal International Journal of Engineering Technologies and Management Research yang berjudul “Employee Training and Development as a Model For Organizational Success”, untuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan karyawan, maka manajemen perlu meningkatkan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan tersebut.

Hal ini dapat dilakukan oleh perusahaan dengan memberikan insentif yang dapat memotivasi karyawan agar dapat mengambil bagian dalam program pelatihan dan pengembangan yang diadakan.

Kesimpulan

Jika Anda sedang mencari training atau pelatihan yang secara khusus dirancang untuk program pengembangan karyawan, maka ALC Leadership Management dapat membantu hal tersebut. Ada beberapa pelatihan pengembangan SDM dari ALC yaitu mulai dari executive development program, dan management development program.

Para karyawan dapat melakukan training secara online maupun offline. Melalui program pelatihan ini, seluruh karyawan dapat menambah skill, dan pengetahuan yang lebih baik.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2
  • 4