Beberapa Metode Program Pengembangan Karyawan

Program Pengembangan Karyawan

Program pengembangan karyawan yang harus Anda dan team ikuti!

Karyawan adalah aset penting bagi setiap perusahaan. Tanpa adanya sumber daya manusia yang satu ini, mungkin visi dan misi perusahaan akan sulit dicapai. Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang berkualitas. Maka dari itu, perusahaan perlu menerapkan program pengembangan karyawan berupa pelatihan dan pengembangan SDM

Pengembangan karyawan merupakan menyiapkan karyawan untuk menguasai keahlian baru karena mereka akan ditunjuk untuk memegang pekerjaan berbeda. Tahukah anda program pengembangan karyawan menjadi faktor utama penilaian karyawan ditempat kerja.

Berbagai program pengembangan karyawan dilakukan oleh perusahaan agar karyawan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Berikut adalah metode yang bisa diterapkan untuk mengembangkan karyawan.

 

Pelatihan atau Training

Pelatihan merupakan salah satu program untuk mengembangkan karyawan. Pelatihan bisa dilakukan di dalam perusahaan (internal training) atau di luar perusahaan (external training). Untuk pelatihan internal biasanya perusahaan menyelenggarakan program pelatihan di bidang yang dibutuhkan. Sedangkan external training, pihak perusahaan akan mengirimkan karyawan ke perusahaan lain atau Lembaga pelatihan karyawan. 

Baca juga : Kenali 3 Metode Dan Manfaat Pelatihan Sumber Daya Manusia

Program Pendidikan

Program pengembangan karyawan melalui Pendidikan bersifat khusus. Tidak semua karyawan bisa menjalankan program Pendidikan. Dalam program ini perusahaan akan memilih karyawan yang terbaik yang dirasa perlu mengembangkan ilmu dan pendidikanya. Misalnya seorang karyawan lulusan S1 diberikan beasiswa untuk melanjutkan Pendidikan S2 yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. 

Magang

Magang sama halnya dengan pelatihan. Magang bisa juga dilakukan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Jangka waktu magang biasanya dua hingga tiga bulan. Tujuan dari magang ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam divisi berbeda dalam satu perusahaan. Pada program magang eksternal  biasanya perusahaan mengirimkan karyawan ke perusahaan induk, misalnya ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu. 

Uji kompetensi

Metode ini juga bisa dipakai untuk mengembangkan kemampuan karyawan. Uji kompetensi dapat dilakukan di perusahaan sendiri atau Lembaga sertifikasi profesi (LPS) yang sudah terakreditasi badan nasional sertifikasi profesi (BNSP). Perusahaan yang melakukan program ini bertujuan untuk menjalankan suatu standar internasional. Bahkan, sertifikat yang dikeluarkan LPS akan diakui secara nasional. 

Retraining (pelatihan ulang)

Program pengembangan karyawan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara retraining atau pelatihan ulang. Disini karyawan akan diberikan keahlian yang dibutuhkan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berbeda-beda. Sehingga karyawan akan lebih percaya diri menyelesaikan pekerjaan meskipun berubah-ubah. 

Baca juga : Pelatihan SDM Di Perusahaan, Simak Apa Saja Tujuan Utamanya

Job Enrichment

Job enrichment adalah program pengembangan untuk menambahkan tanggung jawab dan tugas dalam posisi yang sama. Karyawan yang mengikuti program ini dipilih berdasarkan kualitas dan paling unggul dari karyawan lainnya.

Contohnya karyawan menerima tugas khusus untuk menggantikan pimpinan atasan yang sedang melakukan tugas di luar kota. Atau bisa juga karyawan yang mengisi jabatan baru yang sebelumnya belum ada dengan tingkat yang sama. 

Nah, Setelah menyimak Beberapa Metode Program Pengembangan Karyawan, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Jadwal Training Online

4 Rahasia Melatih Creative Thinking
  • 19 Agt 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 13 Sept 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 16 Sept 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit : Crucial Function Untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC. 9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends