Mengenal 9 Metode Program Pengembangan Karyawan

Program Pengembangan Karyawan

Daftar Isi

Program pengembangan karyawan yang harus Anda dan team ikuti!

Program pengembagan karyawan merupakan salah satu hal yang wajib untuk dimiliki dan diikuti oleh setiap karyawan dalam perusahaan. Hal ini tentu tidak terlepas bahwa karyawan adalah aset penting bagi setiap perusahaan.

Tanpa adanya sumber daya manusia yang satu ini, mungkin visi dan misi perusahaan akan sulit dicapai. Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang berkualitas. Maka dari itu, perusahaan perlu menerapkan program pengembangan karyawan berupa pelatihan dan pengembangan SDM.

Apa yang Dimaksud dengan Program Pengembangan Karyawan?

Program pengembangan karyawan adalah sebuah rangkaian metode pelatihan untuk mempersiapkan karyawan dalam menguasai keahlian dan keterampilan baru demi kemajuan perusahaan.

Apa Tujuan dan Manfaat Program Pelatihan Karyawan?

Tujuan sekaligus manfaat adanya pelatihan dan pengembangan karyawan adalah agar dapat membantu keahlian karyawan menjadi lebih meningkat. Tentu dengan kemampuan karyawan yang meningkat akan memberikan manfaat secara langsung baik untuk diri sendiri dan perusahaan.

Manfaat program pelatihan karyawan untuk diri sendiri adalah meningkatkan keahlian atau skill Anda sehingga performa pekerjaan menjadi lebih meningkat serta memperbesar peluang adanya promosi jabatan.

Sedangkan bagi perusahaan, program pengembangan karyawan ini dapat membantu meningkatkan kemajuan bagi perusahaan karena SDM di dalamnya semakin berkualitas.

Baca juga : Cara Memilih Lembaga Training Leadership Indonesia Terbaik

9 Metode Program Pengembangan Karyawan

Apakah Anda tahu jika program pengembangan karyawan menjadi faktor utama penilaian karyawan ditempat kerja? Hal inilah yang membuat berbagai program pengembangan karyawan dilakukan oleh perusahaan agar karyawan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Berikut adalah metode program pelatihan yang umumnya dapat diterapkan untuk memberikan kesempatan bagi karyawan agar semakin berkembang, diantaranya adalah:

Pertama, Pelatihan atau Training

Pelatihan karyawan merupakan salah satu program untuk dapat membantu setiap yang tergabung di dalamnya semakin berkembang. Pelatihan dan pengembangan SDM ini bisa dilakukan di dalam perusahaan (internal training) atau di luar perusahaan (external training).

Beberapa contoh pelatihan karyawan ini umumnya dibagi menjadi dua yaitu, untuk kebutuhan pelatihan internal biasanya perusahaan hanya akan menyelenggarakan program pelatihan di bidang yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk external training, pihak perusahaan akan mengirimkan karyawan ke perusahaan lain atau lembaga pelatihan karyawan untuk intens belajar pengetahuan baru.

Kedua, Program Pendidikan

Metode Program pengembangan karyawan juga bisa dilakukan dengan melalui Pendidikan yang bersifat khusus. Perlu diketahui bahwa tidak semua karyawan bisa menjalankan program Pendidikan. Dalam program ini perusahaan akan memilih karyawan yang terbaik yang dirasa perlu mengembangkan ilmu dan pendidikanya.

Salah satu contoh contoh program pengembangan karyawan dengan program ini bisa dengan memberikannya kesempatan untuk melanjutkan Pendidikan S2 yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Ketiga, Magang

Magang sama halnya dengan pelatihan. Magang bisa juga dilakukan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Jangka waktu magang biasanya dua hingga tiga bulan. Tujuan dari magang ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam divisi berbeda dalam satu perusahaan. Pada program magang eksternal  biasanya perusahaan mengirimkan karyawan ke perusahaan induk, misalnya ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu.

Keempat, Uji kompetensi

Metode program pelatihan karyawan lainnya seperti uji kompetensi ini juga bisa dipakai untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam lingkup perusahaan. Dimana, uji kompetensi ini dapat dilakukan di perusahaan sendiri atau Lembaga sertifikasi profesi (LPS) yang sudah terakreditasi badan nasional sertifikasi profesi (BNSP).

Perusahaan yang melakukan program ini bertujuan untuk menjalankan suatu standar internasional. Bahkan, sertifikat yang dikeluarkan LPS akan diakui secara nasional.

Kelima, Retraining (pelatihan ulang)

Program pengembangan karyawan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara retraining atau pelatihan ulang. Pengembangan SDM yang satu ini akan membantu karyawan,  untuk memberikan keahlian yang dibutuhkan dalam menghadapi tuntutan kerja yang berbeda-beda. Hal ini tentu dapat membuat karyawan menjadi lebih percaya diri menyelesaikan pekerjaan meskipun berubah-ubah.

Keenam, Job Enrichment

Job enrichment adalah program pengembangan untuk menambahkan tanggung jawab dan tugas dalam posisi yang sama. Karyawan yang mengikuti program ini dipilih berdasarkan kualitas dan paling unggul dari karyawan lainnya.

Contoh pelatihan karyawan dalam Job enrichment ini adalah dengan menerima tugas khusus untuk menggantikan pimpinan atasan yang sedang melakukan tugas di luar kota. Atau bisa juga karyawan yang mengisi jabatan baru yang sebelumnya belum ada dengan tingkat yang sama.

Ketujuh, Benchmark

Menurut Hamalatua Pardamea, benchmark atau juga disebut studi banding adalah metode pengembangan karyawan dengan cara mengevaluasi atau membandingkan sesuatu.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan tambang di bidang timah baru membuka usahanya, lalu perusahaan ini mengirimkan karyawannya untuk belajar di perusahaan tambang yang sudah berdiri besar. Metode program pelatihan ini umumnya akan dilakukan untuk membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar.

Kedelapan, Rotasi Kerja

Rotasi kerja ini bisa dilakukan antar departemen di sebuah perusahaan. Contoh Metode pelatihan Karyawan ini bisa dilakukan dengan rotasi antara departemen keuangan di rotasi ke bagian departemen pemasaran.

Hal ini dilakukan untuk menyiapkan karyawan yang akan mendapatkan promosi, memberikan pengalaman dan tantangan baru, dan menambah pengetahuan serta keterampilan karyawan.

Kesembilan, Promosi

Metode pengembangan karyawan yang terakhir adalah promosi. Promosi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan, dan mempertahankan karyawan yang bertalenta dan memiliki kinerja baik, agar tidak mengundurkan diri atau pindah ke perusahaan lain.

Jika karyawan berprestasi mengundurkan dirinya lalu pindah perusahaan. Dimana perusahaan tersebut merupakan kompetitor, sudah dipastikan perusahaan tersebut kehilangan aset besarnya.

Baca juga : Mengenal Beragam Jenis Seminar Untuk Karyawan Yang Perlu Anda Ketahui

Pentingnya program pengembangan karir untuk karyawan

Nah, Setelah menyimak beberapa metode program pengembangan karyawan, tentu Anda akan semakin sadar betapa pentingnya hal ini untuk diikuti oleh setiap anggota dalam perusahaan Anda.

Sebab, program pengembangan karyawan ini dapat membantu untuk meningkatkan kompetensi seseorang sehingga dapat bekerja dan berkembang secara maksimal untuk kemajuan perusahaan.

Bagaimana cara pelatihan dan pengembangan karyawan yang efektif?

Ada beberapa cara pelatihan karyawan yang efektif agar semua kebutuhan pesertanya dapat terpenuhi dengan baik, yaitu mulai dari memahami apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Hal ini bisa didapatkan dengan lebih mudah salah satunya adalah dengan berkonsultasi dengan lembaga penyedia program pengembangan karyawan terpercaya seperti ALC Leadership Management.

Selain itu, penting juga untuk mengenali potensi dari para karyawan dalam perusahaan agar bisa disesuaikan dengan program pelatihan yang hendak diikutsertakan. Paling penting, pastikan seluruh rangkaian pengembangan SDM ini sudah sesuai dengan budget yang dimiliki.

Salah satu lembaga yang mampu untuk menghadirkan program pengembangan karyawan dengan efektif bagi perusahaan Anda yaitu adalah ALC Leadership Management. Lembaga ini memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda.

Sebab, training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp