4 Cara Melatih Skill Komunikasi untuk Karir yang Cemerlang!

Daftar Isi

Skill komunikasi adalah salah satu aspek penting dalam hidup manusia karena akan selalu digunakan dalam berbagai kesempatan. Kemampuan komunikasi yang baik rupanya tak cukup hanya mahir berbicara di depan umum saja, faktanya hal ini juga mencakup sejumlah hal penting lainnya. Kira-kira apa saja ya?

Melalui ulasan berikut ini Anda akan kami ajak untuk memahami lebih jauh tentang apa saja skill komunikasi yang harus dimiliki hingga mengapa skill komunikasi sangat penting untuk terus diasah dan dikembangkan.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan semakin mengenal lebih dalam lagi tentang ALC Leadership yang menyediakan berbagai macam kegiatan training online maupun training offline untuk menunjang skill komunikasi yang akan bermanfaat untuk karir Anda nantinya.

Pentingnya Skill Komunikasi

Seberapa penting skill komunikasi untuk pekerjaan dan kehidupan sehari-hari? Skill komunikasi yang baik setidaknya harus mengandung satu hal terpenting saat disampaikan oleh lawan bicaranya, yaitu kontak mata yang meyakinkan.

Tanpa kemampuan komunikasi yang kuat, seseorang bisa saja kehilangan kesempatan yang sedang ia perjuangkan. Misalnya dalam sebuah wawancara dengan calon perusahaan impian, Anda tidak memiliki skill komunikasi yang baik sehingga dalam menyampaikan pendapat terbata-bata, tidak dengan data akurat, atau tidak  sesuai dengan pertanyaan interviewer. Alhasil kesempatan Anda untuk mendapatkan posisi di kantor baru bisa menguap begitu saja.

Menurut studi tentang Developing Effective Communication Skills yang dikutip melalui laman National Center for Biotechnology Information, skill komunikasi yang paling efektif dan harus terus diasah adalah menjadi pendengar yang baik bagi orang lain.

Hal ini erat kaitannya dengan memperhatikan baik-baik saat orang lain sedang berbicara supaya pesan yang disampaikan tepat. Misalnya, hindari memotong pembicaraan orang, bermain handphone saat orang lain sedang menjelaskan sesuatu, atau tidak punya kontak mata yang kuat.

Baca juga : 4 Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Negosiasi

Apa Saja Skill Komunikasi Itu?

Setidaknya, Anda harus memahami dan mengerti tentang lima jenis skill komunikasi yang baik dan bermanfaat untuk bekal masa depan. Berikut ini merupakan skill komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap individu:

    1. Komunikasi verbal (menyangkut keterampilan berbicara dengan orang lain baik offline maupun online)
    2. Komunikasi nonverbal (skill komunikasi yang berupa ragam ekspresi Anda saat berbincang dengan orang lain, kontak mata, bahasa tubuh, hingga gerakan tangan)
    3. Komunikasi writer (tertulis) (skill komunikasi melalui tulisan seperti saat menggunakan media chat, e-mail, memo, laporan, dan sebagainya)
    4. Komunikasi listening (kemampuan memahami dan mendengarkan lawan bicara sehingga mengerti apa yang sedang didiskusikan)
    5. Komunikasi visual (berkaitan dengan hal-hal visual seperti media sosial, televisi, dan sejenisnya)

Bagaimana Cara Melatih Skill Komunikasi yang Baik?

Tak perlu berkecil hati bila saat ini Anda merasa belum memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Pada dasarnya, kemampuan komunikasi adalah hal yang harus terus diasah dan disesuaikan dengan kemajuan zaman. Berikut ini merupakan beberapa kiat untuk melatih komunikasi Anda:

Skill Komunikasi

1. Mengikuti Sejumlah Training Bermanfaat dan Berkualitas

ALC Leadership Management merupakan pusat training leadership terbaik di Indonesia yang menyediakan sejumlah training online yang mumpuni seperti Creative Problem Solving and Decision Making, Service Excellent, hingga Effective Communication Skills yang dapat membantu mengubah pola pikir serta membuat Anda bekerja lebih produktif.

2. Membaca Buku yang Berkaitan Dengan Mengasah Komunikasi

Selain mengikuti training online melalui ALC, Anda juga dapat mempelajari hal ini melalui sejumlah buku-buku dengan ulasan menarik. Ilmu tentang keahlian komunikasi sudah banyak diulas oleh berbagai kalangan dan sudah dipastikan melalui hasil riset yang teruji.

3. Mengikuti Training Offline Supaya Lebih Mantap Melangkah

Training offline juga tersedia di ALC Leadership Management dengan tutor yang pastinya sudah berpengalaman. ALC juga sudah lama bekerja sama dengan berbagai macam perusahaan ternama untuk membantu banyak pekerja menjadi pribadi yang lebih produktif dan kompeten dibidangnya. Untuk mengetahui pelatihan apa saja yang disediakan, Anda bisa langsung memilih jenis latihannya melalui website resmi ALC.

Baca juga : 5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

4. Mengasah Kemampuan Komunikasi Melalui Bootcamp Online

Ada berbagai macam cara untuk mengasah komunikasi yang harus dimiliki supaya mampu bersaing dengan pekerja lainnya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti bootcamp online yang disediakan oleh banyak lembaga. ALC juga turut menyediakan bootcamp online yang Anda butuhkan untuk menunjang karir Anda.

Kesimpulan

Jadi, sudah tahu kan mengapa komunikasi sangat penting untuk terus dilatih? ALC juga sudah terbukti mampu memberikan pelatihan komunikasi yang tepat bagi para pekerja. Tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti berbagai macam pelatihan berkualitas!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang