4 Manfaat Menjalani Pelatihan Certified Professional Coach

Certified Professional Coach
Daftar Isi

Menjadi certified professional coach tidaklah mudah, Anda harus menempuh sejumlah jam training tertentu hingga dinyatakan dapat bergabung menjadi certified professional coach. Profesi ini kabarnya merupakan salah satu profesi baru yang mencakup banyak ilmu seperti Ilmu Psikologi, keuangan, filsafat, spiritual, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang certified professional coach, apa manfaat dari profesi ini, dan bagaimana syarat supaya dapat menjadi salah satu coach bersertifikat tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mengenalnya lebih jauh, ALC Leadership Management memiliki pelatihan khusus tentang coaching dan mentoring seperti Coaching and Mentoring In The Digital Revolution yang berisi beragam materi bermanfaat tentang topik tersebut.

Melansir dari laman International Coaching Federation, coaching adalah sebuah rangkaian pembinaan yang dilakukan oleh seorang coach untuk memberikan materi pemikiran yang kreatif dan inspiratif guna memaksimalkan potensi pribadi dan profesional individu tersebut. Proses pembinaan melalui coaching ini seringnya dapat membuka imajinasi, produktivitas, dan mengasah kepemimpinan yang sebelumnya tidak maksimal digunakan.

Apa itu Gelar CPC?

CPC adalah sebuah program bersertifikasi bagi siapa saja yang ingin menjadi profesional coach. Sebelum mendapatkan sertifikat ini, Anda harus mendapatkan sertifikat terlebih dahulu melalui Lembaga ICF untuk menjadi Associate Certified Coach terlebih dahulu.

Jika Anda ingin mendapatkan Associate Certified Coach maka Anda harus mengikuti program pelatihan coaching yang telah diakui oleh Lembaga ICF dan menempuh minimal jam training sebanyak 60 jam. Lalu jika sudah mendapatkan sertifikat tersebut, Anda baru bisa menempuh program yang Anda harapkan.

Program ini mengharuskan Anda memiliki jam terbang sebanyak 125 jam, telah dilatih oleh coach sebanyak 500 jam, memiliki pengetahuan dan penerapan kompetensi inti dari ICF, memiliki kode etik, dan mengerti definisi coaching dengan baik serta fasih.

Mengutip dari laman Coach Foundation, certified professional coach (cpc) certification yang kredensial dan diakui oleh International Coaching Federation (ICF) adalah Associate, Professional, dan Master Certified. Setiap kredensial ini dianggap merupakan standar emas di bidang coaching, sehingga Anda sebaiknya memiliki ketiganya atau salah satunya supaya gelar Anda terpercaya dan profesional.

Untuk program pelatihan coach baru, ICF akan menawarkan dua akreditasi yaitu: Jam Pelatihan Khusus Pelatih Terakreditasi (ACSTH) dan Program Pelatihan Pelatih Terakreditasi (ACTP). Kursus akreditasi ACSTH (Approved Coach Specific Training Hours) dikhususkan bagi siapa saja yang ingin memulai karir di bidang coaching atau ingin meningkatkan keterampilan coaching yang sudah ada. Setelah mengikuti program ini, Anda baru dapat mengajukan sertifikasi melalui website resmi ICF.

Sementara itu, untuk kursus ACTP (Accredited Coaching Training Program) atau Program Pelatihan Pelatih Terakreditasi akan menawarkan program CCE, ACSTH, dan portofolio, yang merupakan akreditasi pelatih tertinggi.

Namun bila Anda belum tertarik untuk mendapatkan sertifikat resmi dari ILC, Anda bisa mencoba mendapatkan sertifikat individu yang didapatkan melalui sekolah coaching local maupun pusat pelatihan karir yang tersedia di daerah Anda.

Baca juga : Coaching Indonesia, Ketahui 3 Manfaat dalam Meningkatkan Kinerja Anda dan Team

Salah satu pusat pelatihan atau Lembaga yang memiliki pelatihan coaching terbaik adalah ALC Leadership Management yang sudah sejak lama dipercaya berbagai macam perusahaan di Indonesia dalam pengembangan karir. Beberapa program menarik yang dapat Anda ikuti baik offline maupun online adalah:

    1. Training for Trainer
    2. Strategic Coaching
    3. Coaching and Counseling
    4. Training Online Coaching and Mentoring

Manfaat Menjalani Pelatihan Bersama Certified Professional Coach

Certified professional coach program saat ini sedang banyak diminati dan sudah menjadi salah satu profesi dengan jenjang karir yang cukup jelas di Indonesia. Dengan menjadi certified professional coach, Anda juga akan membantu banyak profesional di berbagai bidang untuk bekerja lebih produktif, kreatif, dan efektif. Selain itu, berikut ini merupakan manfaat menjalani pelatihan dengan certified professional coach (cpc) certification:

1. Punya Kriteria Khusus Yang Terpercaya

Manfaat mengambil sesi pelatihan dengan certified professional coach salah satunya karena biasanya untuk mendapatkan sertifikat ini, seorang coach harus menempuh sejumlah pelatihan ketat dan diadakan dengan standar yang cukup tinggi. Tak heran bila materi yang akan disampaikan sudah pasti berkualitas tinggi.

2. Selalu Memperbarui Penelitian dan Materinya

Seseorang akan membayar lebih mahal untuk seorang certified professional coach karena mereka juga sudah terlatih untuk selalu memperbarui teknik maupun materi yang akan disampaikan. Untuk mendapatkan sertifikat resmi dari ICF saja para coach profesional ini harus menjalani sesi latihan terbaru dan punya persyaratan yang tidak main-main.

Oleh karenanya, menjadi coach yang bersertifikat cenderung punya daya saing yang lebih tinggi dari coach tanpa sertifikat.

3. Berkomitmen Pada Kode Etik atau Praktik Etis

Coach professional tak hanya akan menjalani pelatihan ketat saja, namun juga bekerja dengan mentor terbaik, punya kemampuan melatih yang mumpuni, dan dapat membantu coach pemula lain untuk menjadi coach yang lebih professional. Menjadi seorang coach adalah komitmen besar bagi klien nantinya. Saat mengikuti pelatihan dan praktik ekstensif, professional coach dapat melayani klien dengan cara yang tepat dan benar.

Baca juga : Coaching Manager, Ketahui 4 Alasan Penting dalam Meningkatkan Kualitas SDM

4. Cenderung Punya Pengalaman Lebih Tinggi

Certified professional coach biasanya sudah punya jam melatih yang cukup tinggi karena syarat memiliki sertifikat resmi dari ILC sendiri harus melampaui jumlah jam pelatihan tertentu. Fakta di lapangan mengungkapkan bahwa pelatih bersertifikat cenderung lebih punya banyak pengalaman dan jam pelatihan lebih tinggi dibandingkan dengan coach biasa.

Kesimpulan

Menjadi seorang certified professional coach harus melampaui jam pelatihan yang ketat terutama bagi mereka yang sudah mendapatkan sertifikat khusus melalui ILC. Menjalani pelatihan bersama certified professional coach juga cenderung lebih efektif dan terpercaya untuk membangun profesional lainnya menjadi pribadi yang lebih produktif dan kreatif.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang