Training Coaching, Berikut 4 Manfaat Utama Bagi Perusahaan

Training Coaching

Training coaching merupakan program pelatihan untuk karyawan.

Setiap perusahaan tentu memiliki working culture yang berbeda-beda. Agar kebiasaan dalam perusahaan tersebut bisa terjaga dengan baik, pihak perusahaan wajib untuk memberikan pelatihan yang dilakukan secara rutin untuk para karyawannya. Pelatihan bisa dilakukan dalam bentuk training atau coaching secara berkala.

Program tersebut sebaiknya dilakukan berdasarkan bidang peminatan atau divisi dari setiap bidang yang akan dilatih. Program tersebut bisa meningkatkan kemampuan para karyawan sekaligus meningkatkan keuntungan untuk perusahaan. Sebelum masuk ke manfaat dari training coaching, mari pahami terlebih dahulu pengertian dari training dan coaching.

Apa yang Dimaksud dengan Coaching?

Coaching adalah sebuah proses untuk membuka potensi diri seseorang agar bisa memaksimalkan kemampuan diri, baik personal maupun profesional, serta memaksimalkan kinerjanya sehari-hari.

Program coaching ini biasanya diawali dengan percakapan dua arah antara trainer dan peserta agar trainer dapat memahami kondisi peserta tersebut dan solusinya.

Apa Bedanya Training dan Coaching?

Jika dilihat dari tujuannya, coaching dan training adalah dua hal yang sama. Namun, ternyata ada perbedaan yang cukup jelas di antara keduanya.

Pada training, proses belajar berjalan satu arah dimana pengajar menyampaikan materi kepada peserta. Dari situ Anda tentu sudah melihat perbedaan coaching dan training.

Berbeda dengan training, pelatihan coaching adalah pelatihan yang memiliki sistem belajar dua arah karena coach atau akan memberikan beberapa pertanyaan terkait keahlian yang dimiliki oleh peserta coaching.

Riset tentang Training Coaching

Coaching adalah metode mengembangkan kemampuan karyawan dengan cara memberikan bimbingan, petunjuk, transfer ilmu, serta memberikan pengarahan kepada karyawan agar mendapatkan keahlian baru.

Coaching dalam perusahaan merupakan tools yang sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan banyak karyawan di berbagai kebutuhan. Manfaat coaching menurut Institute Of Coaching, Harvard Medical School 80% meningkatkan kepercayaan diri, dan lebih dari 70% meningkatkan kinerja, hubungan, dan komunikasi yang efektif.

Ada sebuah studi researchportal.coachfederation.org yang meneliti 31 manajer di dinas kesehatan AS mengenai efek dari coaching. Adapun manfaatnya adalah 53% melatih skills baru, 50% perubahan perilaku, 48% memaksimalkan potensi kepemimpinan dan manajemen dan 33% mengatasi permasalahan pribadi masing-masing karyawan.

4 Manfaat Utama Training Coaching

Manfaat dari training coaching sudah terbukti secara ilmiah dan empiris. Selain itu juga sangat luas dan dapat berdampak positif terhadap karier masing-masing karyawan. Dari training coaching ini akan mendukung karyawan untuk mencapai tujuan secara personal ataupun perusahaan. Yuk simak selengkapnya berikut.

Manfaat Training Coaching

Pertama, training coaching untuk meningkatkan leadership skill. Program pelatihan bisa dilakukan untuk meningkatkan leadership para karyawan dalam bidang pekerjaan mereka.

Training coaching bisa dijalankan oleh perusahaan dengan mendatangkan jasa trainer yang terbiasa memberikan pelatihan untuk para karyawan, misalnya training leadership, atau pelatihan kepemimpinan untuk bisa meningkatkan leadership skills karyawan di perusahaan tersebut.

Kedua, tingkat pembelajaran yang lebih dalam. Coaching di perusahaan tidak hanya tentang meningkatkan skills individu di tempat kerja. Ini juga memberikan pembelajaran ke tingkat yang lebih dalam. Melalui coaching, seseorang dapat belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri, mengetahui bagaimana mereka dipandang oleh orang lain, dan meningkatkan dan mempositifkan kepribadian yang tidak mereka sukai.

Selain itu, coaching juga membuat karyawan terus belajar, mengingat, dan memahami serta mengambil ilmu yang sudah diberikan dalam pelatihan dan mengaplikasikannya dalam dunia kerja sebagai keterampilan baru yang dimiliki. Penerapan dalam berbagai situasi akan memperkuat skills pada individu.

Ketiga, peningkatan kinerja karyawan. Selain dapat mengasah skill para karyawan, Program pelatihan atau training yang dilakukan juga bisa meningkatkan kinerja karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan. Tanpa adanya peningkatan skill yang dilakukan secara rutin, kemampuan karyawan kemungkinan akan mengalami stagnan dan tidak akan mengalami perkembangan.

Dengan program pelatihan, diharapkan karyawan memiliki kemampuan untuk mengaktualisasi diri sekaligus melihat kemampuan seperti apa yang ingin ia capai. Dari situ kinerja karyawan juga dapat ditingkatkan. Kinerja karyawan yang tinggi dan optimal nantinya dapat menambah keuntungan bagi perusahaan.

Keempat, bisa digunakan untuk melihat kompetensi karyawan. Program pelatihan atau training juga bisa digunakan untuk melihat kompetensi dan minat yang dimiliki oleh para karyawan. Tidak semua karyawan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki. Agar potensi mereka tidak sia-sia, sebaiknya perusahaan memberikan media untuk melihat kompetensi yang dimiliki para karyawan dengan memberikan training.

Hasil training akan terlihat lebih optimal bila perusahaan memberikan program training yang dilakukan secara rutin. Program yang dilakukan secara berkala dijamin akan memberikan imbas positif baik untuk para karyawan maupun untuk produktivitas dalam sebuah perusahaan. Program pelatihan training on leadership dapat dilakukan dengan sistem pelatihan bersertifikat resmi.

Perusahaan dapat mendatangkan para trainer yang sudah berpengalaman untuk memberikan pelatihan dalam berbagai bidang. Nantinya, Anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu kepada trainer dan mempersiapkan tujuan atau hasil apa yang diinginkan untuk training coaching sebelum menyerahkan proses tersebut kepada pihak penyelenggara pelatihan.

Baik training maupun coaching, masing-masing memiliki manfaat dan dampak positif yang begitu besar. Anda hanya perlu memilih sistem pelatihan seperti apa yang kiranya sesuai dengan karyawan dan kultur perusahaan Anda. Apakah training atau coaching.

ALC Leadership Management memiliki program training coaching dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program Training Coaching yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Counseling, Strategic Coaching, Coaching & Mentoring, dsb.

Tingkatkan keahlian Coaching & Counseling Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi menjadikan Anda pemimpin yang strategis dalam  mengembangkan team sekaligus efektif dalam membangun komunikasi melalui Strategic Coaching

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team. melalui Coaching & Mentoring

– Pelajari bagaimana cara menjadi atasan, coach & conselor yang baik serta supportif pada team. Meningkatkan teknik coaching & counseling skills Anda Coaching & Counseling

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian