Mengenal 6 Ciri Pemimpin Sejati, Yang Ke-6 Wajib Anda Miliki!

Daftar Isi

Setiap organisasi tentu memiliki setidaknya satu pemimpin yang akan menjadi kepala bagi para anggotanya. Namun tidak semua pemimpin hari ini sudah memenuhi kriteria sebagai seorang pemimpin sejati.

Oleh sebab itu, pada artikel ini Anda akan semakin memahami bagaimana ciri pemimpin sejati yang mampu menginspirasi, memotivasi, dan memberi contoh bagi para anggotanya. Tujuannya tentu agar tercipta hubungan yang kuat dengan anggota timnya sekaligus mampu membantu siapapun yang ada di bawahnya dapat berprestasi lebih jauh.

Namun, sebelum mengenal bagaimana karakter pemimpin yang baik, penting untuk memaknai terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pemimpin sejati? Seperti apa sosoknya? Serta, bagaimana cara menjadi pemimpin sejati? Semua itu akan dijelaskan dalam pembahasan kali ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pemimpin Sejati?

Pemimpin sejati adalah seseorang yang menjadikan hidupnya bermanfaat untuk sesamanya. Tidak hanya itu, seorang pemimpin sejati tidak akan memandang kekuasaannya, melainkan kesempatan yang dimiliki untuk melakukan suatu perubahan.

Salah satu kompetensi pemimpin sejati ini dapat terlihat dari bagaimana dirinya berusaha membantu mengembangkan keterampilan tim agar potensi setiap orang dapat terpenuhi. Terlebih, ciri ciri kepemimpinan ini juga dapat menjadi representasi dari cara Anda bekerja dengan tim dalam mencapai sebuah tujuan.

Baca juga :

4 Jenis Program Training SDM yang Penting Bagi Perusahaan

Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Sejati?

Salah satu cara untuk menjadi pemimpin sejati yaitu mereka berusaha untuk mengangkat derajat hidup seluruh orang yang berada di sekitarnya tanpa putus asa. Serta menjunjung integritas dalam hidupnya, dengan berusaha untuk melakukan sesuatu yang benar.

Dalam segala aspek kehidupan membutuhkan sosok pemimpin, baik itu di keluarga, tempat kerja, hingga pemerintahan dan negara. Dunia membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan efektif, agar dapat menjadi panutan bagi para anggotanya.

Oleh sebab itulah, ciri-ciri kepemimpinan yang baik ini dapat terlihat dari sifat yang dimiliki setiap individunya mulai dari

    1. Integritas yang baik
    2. Pola pikir yang luas
    3. Komunikasi yang baik
    4. Sikap yang positif
    5. Selalu mengutamakan hasil dari keputusan kelompok.

6 Ciri-Ciri Pemimpin Sejati

Sayangnya, banyak orang masih memiliki beberapa anggapan, bahwa menjadi pemimpin adalah seseorang yang hanya sekedar memberikan perintah bagi anggotanya untuk melakukan suatu pekerjaan.

Sedangkan tanggung jawab dari seorang pemimpin, yaitu mengatur, membimbing, serta mengelola seluruh anggotanya. Mereka adalah seorang visioner yang memberikan motivasi dan mendorong tim agar dapat mencapai hasil dan tujuan bersama.

Lalu bagaimana ciri pemimpin yang baik? Berikut ini adalah ciri-ciri kepemimpinan yang dapat Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain adalah:

1. Memiliki Niat Yang Baik

Maksud dari niat yang baik ini berarti Anda perlu memiliki niat agar dapat melakukan perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Bukannya untuk mendapatkan keuntungan secara lebih.

Sebab, setiap hal apapun yang dilakukan dengan niat yang baik, maka terdapat usaha, dukungan, hingga hasil yang baik pula. Sehingga langkah yang Anda jalani akan terasa lebih mudah.

Kriteria seorang pemimpin yang seperti ini akan membuat Anda dan seluruh orang yang berada bersama Anda akan mampu meraih tujuan yang diinginkan. Semakin baik niat yang dimiliki, maka selalu ada jalan untuk mencapai target dan tujuan bersama. Bahkan, segala hal positif akan menghampiri Anda, seperti berada dalam lingkungan yang baik pula.

2. Memiliki Sikap Jujur

Ciri ciri pemimpin yang berkarakter baik yaitu adalah mereka yang selalu bersedia memiliki percakapan yang terbuka dan jujur kepada seluruh anggota. Sikap jujur dari seorang pemimpin inilah yang dapat meningkatkan rasa saling percaya di dalam timnya.

Terciptanya rasa saling percaya dapat memberikan rasa hormat dari para anggota tim kepada Anda. Karyawan akan merasa lebih dihargai ketika mereka mengetahui bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan mereka.

Sikap jujur dapat Anda terapkan dalam hal transparansi terkait perubahan dalam organisasi, atau apapun perihal kinerja tim dan perusahaan. Melalui sikap jujur yang Anda lakukan, dapat memberikan umpan balik pada anggota tim Anda.

3. Mampu Menjaga Kepercayaan

Kriteria pemimpin yang berhasil selanjutnya, yaitu mereka yang dapat menjaga kepercayaan. Kepercayaan seorang pemimpin bersifat timbal balik, dan diciptakan secara bertahap.

Umumnya, agar dapat saling percaya dengan para anggota tentu seorang pemimpin perlu menunjukkan hal tersebut terlebih dahulu. Barulah seiring berjalannya waktu, para anggota pun akan memberikan kepercayaan pada Anda.

Apalagi, pimpinan merupakan representasi dari perusahaan. Apabila seorang pemimpin mampu menjaga kepercayaan, maka menurut Paul J. Zak, penulis Trust Factor: The Science of Creating High-Performance Companies akan terjadi peningkatan 50% dalam produktivitas dan  66% dalam kesatuan tim.

Oleh karena itu, kepercayaan pada kepemimpinan sangat penting untuk lingkungan kerja yang lebih produktif dan kesuksesan bersama yang berkelanjutan.

Kepercayaan sangat penting khususnya dalam tim, organisasi, atau perusahaan. Jika seseorang berada dalam lingkungan kepercayaan yang tinggi, maka orang yang berada di sekelilingnya dapat melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Jadi, seluruh karyawan akan mendapatkan energi yang baik, bekerja secara produktif, kreativitas meningkat, dan tentunya bisa mendapatkan hasil yang baik. Tidak hanya itu saja, jiwa pemimpin yang dapat dipercaya ini juga dapat membantu seluruh karyawan untuk memiliki pemikiran yang selaras sehingga dapat saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.

Tapi perlu diingat, bahwa seorang pemimpin sejati butuh untuk membangun dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan seluruh kepercayaan yang telah diberikan oleh para anggotanya.

4. Berkomitmen dan Bertanggung Jawab

Ciri-ciri pemimpin selanjutnya, yaitu mereka yang dapat berkomitmen. Jika seorang pemimpin memiliki dedikasi tinggi, dapat berkomitmen, dan memiliki tekad yang kuat, mereka dapat termasuk ke dalam kategori karakteristik kepemimpinan.

Pemimpin sejati akan berdedikasi dan berkomitmen penuh terhadap seluruh tanggung jawab yang mereka miliki. Selain itu, mereka akan selalu siap untuk menghadapi segala tantangan.

5. Mampu Menghargai Orang Lain

Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan sejati tentu akan mendengarkan omongan orang lain tanpa merendahkan mereka. Para pemimpin ini akan akan bersedia untuk mendengar apa yang dikatakan oleh orang lain tanpa terburu-buru menghakimi.

Terlebih, mereka juga akan selalu berusaha untuk mendengarkan serta memahami penyebab dari segala sesuatu hal yang terjadi dan melibatkan produktivitas di dalam tim.

6. Memiliki Integritas

Selain itu, ciri-ciri pemimpin sejati yang juga tidak kalah penting adalah memiliki integritas. Sebab hal tersebut adalah inti dari seorang pemimpin yang berkualitas dan dihormati oleh para anggotanya.

Seorang pemimpin sejati akan lebih baik untuk mengatakan “lakukan apa yang saya lakukan”, dibandingkan dengan “lakukan apa yang saya katakan”. Karena dengan memimpin, berarti Anda harus memberikan contoh.

Baca juga :

Ingin Perusahaan Lebih Maju? 5 Cara Ini Efektif untuk Motivasi Karyawan

Apa Penyebab Kegagalan Seorang Pemimpin?

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang gagal menjadi seorang pemimpin yang baik. Berikut yang bukan ciri ciri pemimpin yang efektif adalah seorang diktator dan tidak memiliki karakter yang dapat dipercaya. Diktator adalah seorang pemimpin yang tidak mementingkan kondisi maupun keadaan dari para anggotanya.

Tidak hanya itu saja, ciri pemimpin yang gagal juga seringkali terjadi pada pribadi yang tidak memiliki keberanian sehingga tidak mampu untuk melakukan hal bijaksana.

Menurut jurnal International Review of Management and Business Research yang berjudul “Powerful Insights of Authentic Leadership”, seorang pemimpin perlu menekankan etika kepemimpinan, preferensi kepentingan lain, dan mau mendengarkan orang lain.

Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi para anggota untuk dapat meningkatkan produktivitas mereka. Para pemimpin memiliki kemampuan besar untuk memotivasi dan menginspirasi para anggota atau karyawan agar dapat bekerja lebih giat untuk mencapai tujuan bersama.

Kesimpulan

Tentunya, untuk menjadi seorang pemimpin sejati bukanlah hal mudah. Oleh sebab itulah, pemimpin bukanlah posisi yang dapat ditempati oleh siapapun. Namun ilmunya dapat dipelajari agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

Oleh karena itu, ALC Leadership Management menghadirkan berbagai pelatihan dengan topik menarik mulai dari Leadership Fundamental, dan Self Leadership in Challenging Times. Pelatihan ini sengaja dirancang agar dapat membantu Anda untuk menjadi seorang pemimpin sejati dan mampu menginspirasi para anggota di dalamnya.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom