5 Ciri Pemimpin yang Tegas dalam Dunia Kerja

Daftar Isi

Salah satu bentuk leadership yang baik terutama dalam lingkungan kerja adalah menjadi pemimpin yang tegas namun dapat mengayomi para anggota timnya dengan baik.

Apalagi, sikap tegas dari seorang pemimpin mampu untuk mengatur tim sekaligus menentukan keputusan yang bisa diandalkan dengan lebih baik. Kehadiran kemampuan ini tentu akan membuat para anggota tim semakin produktif sehingga mampu untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan secara rinci ciri ciri pemimpin yang tegas sehingga Anda dapat melatihnya sekaligus menerapkannya pada kehidupan profesional yang dimiliki.

Apa yang Dimaksud dengan Pemimpin yang Tegas?

Secara umum, pemimpin yang tegas adalah seorang leader dengan sifat-sifat kepemimpinan yang kuat dan mampu mengambil keputusan dengan cepat, tepat serta jelas dalam segala situasi.

Sikap tegas jugalah yang membuatnya mampu memimpin tim dengan baik. Sebab Anda jadi semakin mampu untuk memberikan arahan kepada anggota tim dengan lebih tertata sekaligus dapat memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama.

Kenapa Pemimpin Harus Tegas?

Seorang pemimpin haruslah memiliki sikap tegas adil dan berani. Karena saat seseorang berada dalam posisi tersebut, para anggota tim ingin mereka terus didukung dengan meletakkan empati terhadap segala kebaikan dan kepentingan di dalamnya.

Selain itu, memutuskan untuk menjadi pemimpin yang tegas juga akan membantu Anda jadi lebih dipercaya dan dihormati oleh para karyawan. Jadi, baik anggota tim maupun pemimpin dapat saling bersinergi dan menginspirasi untuk bisa mencapai tujuan bersama.

Baca juga : 6 Ciri Berpikir Strategis dan Siap Hadapi Tantangan 2023 Ini

5 Ciri Pemimpin yang Tegas untuk Memimpin Tim dengan Maksimal

Kepemimpinan yang tegas sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas organisasi sekaligus mencapai target dan misi sesuai dengan yang ditentukan.

Namun jika Anda perhatikan, ada banyak cara untuk mengenali mana pemimpin yang tegas dan sikap apa yang harus dimilikinya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 ciri-ciri utama untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas dan berani demi kemajuan diri sendiri dan perusahaan, diantaranya adalah:

5 Ciri Pemimpin yang Tegas dan Optimal Dalam Dunia Kerja ALC Leadership Management

1. Mampu Mengendalikan Emosi

Ciri-ciri pemimpin tegas bukan berarti harus memiliki sifat keras dan otoriter. Namun Anda perlu menyikapi segala situasi dengan kepala dingin sehingga emosi dapat selalu terkontrol dan mampu berpikir lebih jernih.

Sebab pemimpin perlu mengelola dan membimbing tim dengan efektif, dan memastikan setiap anggota tim merasa didengar dan dihargai. Oleh karena itu, kemampuan emotional intelligence menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh leader baik.

Terlebih, seorang pemimpin harus sadar bahwa emosi memainkan peran penting dalam organisasi sehingga saat dibiarkan liar, maka akan menyebabkan kekecewaan bagi karyawan lain.

Sedangkan, jika Anda mampu menyampaikan hal tersebut dengan lebih baik lewat ekspresi emosi yang telah dikendalikan maka tentu penyelesaian konflik dan pengambilan keputusan akan semakin mudah untuk dibuat.

2. Berani Mengambil Keputusan

Selanjutnya, pemimpin tegas perlu memiliki kemampuan decision making atau pengambilan keputusan baik dalam situasi yang terdesak sekalipun. Tentunya, para leader tersebut biasanya akan menyadari jika keputusan mereka dapat memajukan bisnis maupun sebaliknya.

Jadi jangan heran jika Anda perlu mengevaluasi keadaan tertentu berkali-kali sebelum menyimpulkannya. Selain itu, pada pengambilan keputusan ini juga sangat penting untuk menempatkan empati di dalamnya.

Hal ini sejalan dengan survei terbaru dari  EY Consulting yang mengonfirmasi 90% pekerja AS percaya bahwa kepemimpinan empati mengarah pada kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Hal ini karena penempatan empati dalam pengambilan keputusan membuat anggota tim dan karyawan lainnya merasa lebih dihargai.

3. Bisa Mendelegasikan Pekerjaan

Contoh sikap tegas dari seorang pemimpin lainnya juga sangat terlihat dari bagaimana mereka mengenali talenta anggota tim sehingga bisa mendelegasikan pekerjaan. Hal ini dilakukan demi kemajuan anggota tim di di masa depan.

Oleh sebab itu, pemimpin yang tegas dan rendah hati akan mampu mengenai bakat dan talenta dari para anggota timnya dan memberi mereka ruang untuk meningkatkan kemampuannya sehingga dapat membantu organisasi jadi semakin berkembang.

Terlebih, pemimpin tegas tidak hanya akan memikirkan jenjang karirnya saja namun juga perkembangan dan kesuksesan jangka panjang para anggota timnya. Jadi, mereka akan fokus pada pengembangan bakat anggita dibandingkan hanya sekedar mengelola tugas sehari-hari.

4. Creative Leadership

Ciri-ciri pemimpin yang tegas selanjutnya adalah memiliki creative leadership sehingga mampu untuk menghadapi segala tantangan dengan baik dan beradaptasi pada berbagai situasi jika dibutuhkan.

Jadi, para pemimpin yang tegas itu mampu memecahkan masalah masalah dengan cara yang unik dan inovatif serta tidak segan-segan untuk menyelesaikan konflik dengan pola pikir yang out of the box.

Kreatifnya kepemimpinan tentu akan menumbuhkan suasana dan ide yang lebih inovatif dari anggota timnya saat bekerja. Dengan membiarkan karyawan mengembangkan kreativitasnya maka mereka akan merasa lebih dihargai dan dihormati untuk segala pekerjaan dan kontribusi yang dilakukan.

Tidak hanya itu saja, saat sebuah ide tidak berhasil dijalankan, para pemimpin yang tegas akan langsung melakukan inisiatif untuk mencari cara baru dengan menyatukan tim.

Jadi perspektif dan pendekatan baru yang menjadi hal inovatif yang dapatmenyelesaikan masalah dengan lebih masif.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Sebagai Pemimpin Anda Harus Rendah Hati

5. Visioner

Terakhir, hal yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin yang tegas adalah kemampuan visioner yang ia miliki. Tentunya kemampuan ini akan membantu merumuskan strategi terbaik dalam mencapai tujuan sehingga perusahaan dapat mengarah ke hal yang benar.

Selain itu, pemimpin dengan jiwa yang visioner ini dapat menjadi bentuk kepeduliannya terhadap arah organisasi dan anggota timnya untuk jangka waktu yang panjang.

Tidak hanya itu saja, anggota tim juga membutuhkan bimbingan dalam sebuah kepemimpinan. Oleh karena itu, pemimpin yang tegas dan visi yang jelas akan mampu memberikan arahan kepada perusahaan maupun anggota tim yang sangat dibutuhkan. Jika karyawan tahu apa yang sedang mereka kerjakan, tentu produktivitasnya akan semakin meningkat.

Kesimpulan 

Demikianlah 5 ciri-ciri pemimpin yang tegas dan perlu Anda miliki saat menjadi seorang leader dalam organisasi.

Ciri-ciri ini tidak muncul begitu saja namun juga perlu dilakukan latihan secara rutin dan salah satu cara mudahnya yaitu dengan mengikuti leadership training yang diadakan oleh ALC Leadership Management.

Beberapa materi pelatihan yang bisa didapatkan ini mulai dari Creative Problem Solving and Decision Making hingga Emotional Intelligence untuk melengkapi skill kepemimpinan Anda dengan lebih baik dan optimal.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang