10 Ciri Training Provider Terbaik ini Wajib Anda Ketahui

Training Provider Terbaik

Training provider terbaik, apa saja sih ciri-cirinya?

Pernahkah Anda kecewa dengan lembaga training provider pilihan Anda? Seberapa sering Anda merasakannya? Anda pernah kesulitan menemukan jasa vendor training, lembaga pelatihan yang terbaik & berkualitas?

Jika jawabannya adalah ya, percayalah. Anda bukanlah satu-satunya yang mengalami hal ini. Banyak perusahaan yang juga berpengalaman merasakannya. Sudah berhati-hati & selektif dalam memilih provider in house training, tetapi hasilnya tetap juga belum memuaskan. Karena belum ada perubahan signifikan pada peserta.

Padahal maksud hati mengadakan training pelatihan SDM, untuk karyawan supaya mereka berubah. Cara kerjanya menjadi lebih baik. Kinerja meningkat. Produktivitas melesat. Kenyataannya? Minggu kedua setelah training, mereka kembali pada kebiasaan sebelumnya. Alias tidak ada perubahan yang berarti.

Bisa jadi pengalaman buruk itu membuat Anda merasa bahwa menemukan penyedia jasa training provider yang baik adalah hal yang sulit. Bahkan rumit. Eit. Tunggu dulu. Anda sekarang berada di tempat yang tepat untuk mengobati kekecewaan yang lalu.

Baca juga : 

Simak 3 Pentingnya Personal Development Bagi Jenjang Karir

10 Ciri Training Provider Terbaik

Berikut cara jitu menentukan provider training terbaik. 10 ciri provider training yang bagus dibawah ini menjadikan Anda lebih mudah dalam memilihnya. Mari kita simak seksama ciri-cirinya dan pastikan Anda tidak salah pililh lagi, ya!

Pertama, sudah memiliki banyak klien perusahaan ternama baik nasional maupun internasional.

Ini sudah pasti. Semakin penyedia jasa pelatihan memiliki banyak klien perusahaan besar, semakin diakui kualitasnya. Karena untuk mendapatkan kepercayaan banyak perusahaan multi nasional bukanlah pekerjaan mudah. Khususnya untuk provider in house training pemula.

Kedua, memiliki reputasi positif.

Reputasi merupakan tolak ukur yang menentukan status dan kredibilitas dari provider training tersebut. Sama hal nya dengan rekam jejak (track record) seseorang di dalam internet. Kita bisa mengetahui nya dengan cara menelusuri jejak digital dari jasa training leadership terkait.

Provider dengan reputasi positif akan banyak menarik orang karena memiliki value yang besar. Lihat daftar list perusahaan yang telah membangun trustnya di provider yang bersangkutan. Cari tahu siapa saja klien dari provider tersebut dan lihat terpercaya atau tidak.

Karena perusahaan percaya bahwa provider dengan reputasi baik akan menghasilkan perubahan yang berkelanjutan bagi perusahaan di masa depan. Menurut studi dari Harvard Business Review sebanyak 70%-80% nilai dari suatu perusahaan salah satunya adalah melalui reputasi brand.

Ketiga, training provider ini spesial & ahli di bidangnya.

Lihatlah pengalamannya, seberapa kuat ia dibidangnya. Misal pelatihan procurement, SDM atau leadership training. Seberapa spesifik topik-topiknya. Semakin unik judulnya, semakin tinggi tingkat keahlian para pembicaranya di bidang tersebut. Semakin spesial mereka di bidangnya.

Pembicara/ trainer yang ahli memiliki sertifikasi khusus di bidangnya  Jangan terjebak dengan kata-kata indah. Buktikan seberapa mereka ahli di bidangnya. Beri mereka contoh kasus karyawan, supervisor atau manager yang Anda hadapi. Pembicara atau Trainer disebut expert apabila ia mahir, cakap, trampil dan ahli dan tersertifikasi pada satu bidang tertentu.

Tanyakan apa solusi mereka dan topik yang pas. Adakah klien mereka mengalami hal yang sama. Simak penjelasannya. To the point atau panjang dan berujung tidak jelas. Alias beribet. Membuat Anda bingung dan kurang paham.

Keempat, para pembicaranya berpengalaman dan bersertifikat.

Profesional tidaknya lembaga training tercermin dari para pembicaranya. Khususnya jam terbang mereka sebagai narasumber di perusahaan ternama. Trainer atau pembicara yang ahli di bidangnya adalah para praktisi bukan teori.

Banyak provider yang membawakan aneka topik dari leadership, SDM, marketing bercampur aduk. Istilahnya palugada. Apapun yang dibutuhkan klien, mereka selalu ada dengan pembicara training yang sama. Tidak spesial di bidangnya.

Ini pertanda mereka project minded. Yang penting mendapatkan proyek, uang dan keuntungan. Bukan kualitas apalagi perubahan. Nah, bila Anda bertemu dengan penyedia jasa training seperti ini mending coret langsung dari list Anda.

Kelima, memiliki konsep / metode yang jelas dan efektif.

Metode training yang dilakukan oleh provider harus kita cati tahu dengan cermat. Bagaimana mengetahui metode training yang efektif? Menurut kodosurvey.com ada 4 indikator mudah untuk mengukur efektivitas penyampaian materi training. Yaitu

– Bagaimana audiens merespon dan bereaksi saat training?

– Apa yang audiens pelajari dari training tersebut? Apakah audiens bisa mengambil pelajaran dan menerapkannya di pekerjaan?

– Apakah efeknya berkelanjutan atau tidak?

– Apakah pelatihan leadership tersebut sesuai dengan harapan stakeholder?

Keenam, memiliki kurikulum yang efektif.

Kurikulum yang efektif memuat beberapa aspek: objektif/ goals yang tepat, kognitif, waktu efektif, pemetaan, kegiatan, materi, tata bahasa, dan penilaian/ assesment.  Kita harus menelusuri lebih dalam apakah kurikulum yang ditetapkan provider efektif atau tidak.

Selain efektif, kurikulum juga harus bersifat fleksibel. Mengapa? karena Kurikulum fleksibel memberikan kesempatan bagi trainee/ peserta untuk lebih bebas dan enjoy mengeksplor materi pelatihan. Di saat inilah materi pelatihan terimplementasi lebih baik.

Ketujuh, memiliki sistem pengembangan lanjutan untuk peserta.

Jarang ada provider inhouse training yang memiliki pengembangan berkelanjutan untuk peserta. Apalagi membangun engagement setelah usai mengikuti workshop/ pelatihan. Istilah umumnya sih ada maintenance setelah selesai mengikuti training.

Jadi masih ada koneksi, hubungan komunikasi dengan peserta. Nah untuk membangun engagement ini dibutuhkan biaya sistem & keahlian spesial untuk mengembangkan mereka.  Dan harus bersifat konsisten.

Paling tidak seminggu sekali mereka mendapatkan insight/ ilmu/ sharing ilmu pengetahuan maupun teori yang mensupport mereka. Membuat mereka lebih percaya diri, selalu ingin berubah & berkembang membangun karir yang lebih cemerlang.

Kedelapan, memiliki jadwal program training public 1 tahun.

Untuk menjadi provider pelatihan yang mempunyai jadwal training lengkap 1 tahun bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan effort yang besar untuk menjalankannya. Itulah sebabnya tidak semua training provider indonesia memiliki jadwal seminar apalagi lengkap 1 tahun.

Kesembilan, durasi training yang efektif.

Jasa pelatihan kepemimpinan yang terpercaya umumnya telah menyusun jadwal training. Waktu training yang dilaksanakan tidak boleh terlalu lama atau tidak terlalu singkat. Mengapa? Jika waktu training terlalu lama, peserta pasti jenuh dan training tidak akan kondusif.

Namun apabila waktu training terlalu singkat, bagaimana proses transfer knowledge itu terjadi? Kita sudah menginvestasikan biaya training kepemimpinan. Bukankah sia-sia jika kita tidak mendapatkan esensinya?

Kesepuluh, harga yang kompetitif.

Pada poin ini, kita harus benar-benar selektif dalam budgeting training. Harga training yang ditawarkan tidak boleh terlalu mahal. Khawatirnya tidak akan efektif apalagi mengingat waktu training yang terbatas. Biaya yang harus ditinjau dan harus  dipertimbangan ulang.

Atau bisa jadi saat proses seleksi lembaga training Anda menemukan vendor yang trainernya tidak ahli di bidangnya. Jam terbangnya rendah. Tetapi harganya murah. Dan inilah yang membuat Anda dan team jatuh hati memilihnya.

Dalam situasi seperti ini Anda harus ekstra berhati-hati pada provider training yang menawarkan harga di bawah standar. Kita tidak bisa menjamin kualitas training apabila harganya terlalu murah. Anda bisa membandingkan harga training berdasarkan topik tertentu dan cari rata-ratanya.

Nah dari kesepuluh ciri-ciri tersebut di atas, sudahkah provider training Anda memilikinya? Seberapa besar dampak perubahannya? Jika belum sesuai harapan, saatnya mencari jasa pelatihan berkualitas.

Bicara tentang 10 ciri training provider terbaik, ALC Leadership Management memenuhi semuanya. Pusat pengembangan leadership management di Indonesia ini memiliki sistem pengembangan peserta training secara berkelanjutan. Didirikan Ainy Fauziyah, Leadership Coach & Motivator Indonesia yang mumpuni di dunia leadership.

Baca juga : 

Yuk Ketahui Pentingnya Hubungan Motivasi Dengan Kinerja

– Dipercaya sebagai training provider terbaik dan hingga saat ini sudah dipercaya lebih dari 300 perusahaan ternama di Indonesia. Untuk detail klien ALC, klik klien kami 

– Selain itu, provider ALC sangat dikenal dan special di bidangnya. Simak kegiatan dan testimoni dari klien kami, diantaranya Pertamina, Bank BCA, Mabes POLRI, PT Adaro Service (yang dulunya PT SIS), PT Great Giant Pinapple (GGP), PT Bukit Muria Jaya (BMJ), PT Bumimulia Indah Lestari

– ALC Leadership Management memiliki metode pendekatan yang teruji dan efektif. disediakan pretest, post test, engagement dan assessment untuk mengukur dan mengevaluasi perubahan peserta. Kami menjamin perubahan mindset maupun cara kerja. Pretest dilaksanakan paling lambat sehari sebelum training dimulai guna memetakan kemampuan dan kompetensi peserta.

– Seluruh pembicara ALC sangat expert di bidangnya dan berpengalaman menjadi trainer di perusahaan-perusahaan multinasional.

– Kurikulum yang ALC sampaikan mudah dipahami dan mencerminkan materi terkait. ALC Survey memberikan survey pada setiap peserta setelah 1 bulan mengikuti training. Sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjamin perubahan setiap peserta dan berdampak pada kinerja dan produktivitas perusahaan.

– In class (face to face/ tatap muka) dan online learning (webinar). Kami menyediakan pelatihan offline/ face to face maupun online/webinar. Online learning bisa dalam bentuk webinar/live atau video recording.

– ALC memiliki banyak trainer berpengalaman yang kompeten di bidangnya. Kami juga menerapkan ALC Development System, wadah berkembangnya para peserta training ALC usai mengikuti pelatihan. Diberikan secara periodik & konsisten. Langsung kepada alumni. Seminggu sekali tanpa batas waktu. Free, tidak dikenakan biaya.

– Cara ALC dalam mendelivery training adalah perpaduan antara teori dan praktek. Tools ALC sangat bisa diaplikasikan peserta di pekerjaan sehari-hari. Menggunakan sistem online yang kredibel, langsung orang per orang. Report disampaikan lengkap dengan nama setiap peserta

– Durasi/ waktu training yang ALC laksanakan tidak terlalu lama ataupun terlalu singkat. Sehingga materi yang disampaikan efektif dan terimplementasi dengan baik.

– Kami menawarkan harga training yang kompetitif dan sesuai dengan budget perusahaan. Biaya investasi training bersama ALC dikenal ekonomis. Hasilnya berkualitas. Skill Anda dan team meningkat.

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pelatihan kepemimpinan yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Counseling, Strategic Coaching, Coaching & Mentoring, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership skills Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana membuka kesadaran akan besarnya dampak trust pada performance & produktivitas. Membangkitkan tekad untuk membangun kepercayaan melalui 13 sikap melalui Build Trust in One Minute

– Pahami bagaimana cara meningkatkan 5 skills Anda sebagai effective leader yang berdampak pada meningkatnya hubungan baik dengan team, atasan maupun mitra kerja melalui Effective Leadership Skills for Manager.

– Pelajari bagaimana cara untuk produktif khususnya di masa sulit dengan 3 langkah. Memanage mindset, meningkatkan 4 skills utama, mendorong Anda untuk fokus pada tujuan besar melalui Self Leadership in Challenging Times

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

EnglishIndonesian