10 Cara Memilih Pelatihan Kepemimpinan Terbaik, Yang Ke-8 Wajib Dicermati!

Daftar Isi

Pelatihan kepemimpinan adalah training yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seorang pemimpin dalam mempengaruhi team dan orang di sekitarnya untuk selalu memberikan yang terbaik dalam pekerjaan dan mampu mencapai tujuan perusahaan.

Jika Anda ingin meningkatkan skills kepemimpinan ke level yang lebih tinggi, program pelatihan kepemimpinan adalah solusinya. Memberikan Anda solusi dan juga pengetahuan dalam bidang leadership skills.

Namun, apakah Anda tahu syarat dan ciri training provider terbaik? Jika belum, ALC sudah merangkum 10 cara memilih pelatihan leadership terbaik. Eits tapi sebelum mengetahui caranya, yuk sama-sama kita ketahui terlebih dahulu apa sih pengertian pelatihan kepemimpinan.

Apa yang Dimaksud Dengan Pelatihan Leadership?

Pelatihan leadership adalah suatu training yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai pemimpin untuk mempengaruhi team maupun orang-orang di sekiar Anda untuk bisa bekerja dan melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Melalui pelatihan leadership terbaik, Anda dapat meningkatkan skill kepemimpinan Anda. Ketika Anda mampu untuk mengupgradenya menjadi jauh lebih baik, sehingga Anda dapat menjadi pemimpin baik, handal dan berkompeten.

Setelah mengetahui pengertian pelatihan leadership. Yuk sekarang sama-sama kita ketahui 10 cara dalam memilih pelatihan kepemimpinan terbaik. Simak sampai selesai ya!

10 Cara Memilih Pelatihan Kepemimpinan Terbaik

Memilih pelatihan kepemimpinan yang tepat adalah langkah penting dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan Anda. Tentukan tujuan Anda. Cari program yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Pastikan pelatihan tersebut memiliki instruktur berpengalaman dan ulasan positif. Dan pertimbangkan fleksibilitas dan metode pengajaran yang cocok dengan gaya belajar Anda. Dengan pemilihan yang bijak, Anda dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda secara signifikan.  

1. Ketahui Reputasi Provider Training

Mengapa reputasi lembaga pelatihan leadership ini harus kita perhatikan? Kenapa reputasi itu sangat penting? Karena reputasi adalah tolak ukur atau acuan yang menentukan status dan kredibilitas dari jasa provider training tersebut.

Reputasi dari lembaga pelatihan kepemimpinan bisa Anda lihat dari berapa banyak klien yang dimiliki. Provider dengan reputasi positif yang kuat tentunya menarik orang lebih banyak karena memiliki value yang besar.

Setelah itu, perusahaan mana saja yang telah membangun trustnya di provider yang bersangkutan? Cari tahu siapa saja klien dari lembaga pelatihan leadership tersebut dan lihat testimoni yang mereka dapatkan. Hal ini bisa Anda jadikan tolak ukur apakah provider training itu terpercaya atau tidak.

2. Memiliki Brand Reputation atau Namanya Sudah Terkenal dengan Baik

Menurut studi dari Harvard Business Review sebanyak 70%-80% nilai dari suatu perusahaan salah satunya adalah dari reputasi brand. Karena melalui reputasi yang baik orang mudah untuk memberikan trustnya,

Reputasi ini berfungsi sebagai aspek penting yang meberikan insight tentang brand tersebut kepada pelanggan. Hal yang paling mudah untuk mengecek brand reputation adalah melalui social media, internet, website, dan testimoni dari klien yang sudah menggunakan jasa provider training tersebut.

Website dari suatu lembaga pelatihan leadership menjamin kredibilitas dan kualitasnya. Kredibilitas website dari provider training menunjukkan kepada Anda bahwa brand tersebut aman dan terpercaya.

Sementara melalui platform sosial media, seperti facebook, youtube, Instagram, twitter, kita dapat menilai bagaimana trainer menyampaikan materinya ketika training berlangsung.

Baca juga : 

Simak Pentingnya Leadership Training Bagi Perusahaan

3. Memiliki Konsep/ Metode yang Jelas dan Efektif

Cari tahu lebih mendalam dan cermat mengenai metode seperti apa yang digunakan oleh jasa provider training tersebut. Jika Anda bertanya, bagaimana cara mengetahui efektif/ tidaknya metode training yang efektif?

Menurut kodosurvey.com terdapat 4 indikator untuk mengukur efektivitas penggunaan metode dan penyampaian materi training. Adapun 4 indikator tersebut sebagai berikut :

  1. Lihatlah bagaimana cara audiens merespon dan berinterasi saat training.
  2. Seberapa banyak ilmu yang audience dapatkan melalui training yang mereka dapatkan.
  3. Knowledge atau ilmu yang didapatkan mudah audience aplikasikan dalam pekerjaan maupun keseharian.
  4. Lembaga pelatihan leadership mampu menjawab dan sesuai dengan harapan Anda.

Sebelum Anda menentukan pilihan, pastikan 4 indikator ini ada dalam setiap training yang provider berikan untuk para kliennya. So, Anda tidak boleh asal pilih ya!

4. Disupport Oleh Pembicara yang Expert dan Ahli Di Bidangnya

Pastikan pembicara/ trainer memiliki sertifikasi khusus di bidangnya. Bagaimana caranya kita bisa menilai apakah seseorang itu ahli dalam suatu bidang?

Pembicara atau Trainer disebut expert apabila ia mahir, cakap, trampil dan ahli dan tersertifikasi pada satu bidang tertentu. Mereka mengetahui banyak hal yang tidak diketahui banyak orang. Ada pepatah yang mengatakan ‚Äúwaktu adalah uang‚ÄĚ kan?

Belajar dari seseorang yang sudah ahli tentunya membuat waktu Anda terinvestasi dengan lebih efektif dan bermanfaat. Tidak mau kan, Anda mendapatkan pelatihan dari orang yang tidak cakap dalam bidangnya? Rugi dan buang-buang waktu banget!

5. Memiliki Kurikulum yang Efektif

Anda harus menelusuri lebih dalam apakah kurikulum yang provider training miliki efektif atau tidak. Dalam kurikulum efektif memuat beberapa aspek: objektif/ goals yang tepat, kognitif, waktu efektif, pemetaan, kegiatan, materi, tata bahasa dan penilaian/ assesment yang jelas.  

Selain efektif, kurikulum juga harus bersifat fleksibel. Mengapa? karena kurikulum fleksibel memberikan kesempatan bagi peserta untuk lebih bebas dan enjoy mengeksplor materi pelatihan. Di saat inilah materi pelatihan terimplementasi lebih baik.

6. Memiliki Banyak Pembicara

Dengan banyaknya fasilitator Anda mendapatkan banyak opsi untuk memilih trainer mana sesuai dengan kebutuhan Anda dan team. Sehingga penyampaian materi dapat berlangsung dengan baik.

Peran dari fasilitator/ trainer sendiri adalah membimbing, merencanakan, dan mengelola kegiatan untuk memastikan bahwa training dapat berjalan dengan ekeftif dan efisien.

Namun Anda juga harus memperhatikan jam terbang, pengalaman serta sudahkah trainer tersebut memiliki sertifikat. Dengan adanya sertifikat dapat menjamin bahwa trainer tersebut sudah expert di bidangnya.

7. Fasilitas Training yang Fleksibel dan Memudahkan

Sebelum Anda menentukan provider training pastikan pelaksanaan pelatihan dapat disesuaikan dengan kondisi Anda. Biasanya lembaga pelatihan yang sudah profesional menyediakan fasilitas in class (face to face/tatap muka) dan online learning (webinar).

Dengan fasilitas yang fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan kondisi Anda hal ini sangat memudahkan Anda. Namun Anda juga harus memastikan materi yang provider training berikan baik secara offline maupun online tetap berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan Anda.

8. Pahami Bagaimana Provider Mentransfer Knowledge

Provider harus memiliki sistem transfer knowledge yang sederhana dan mudah dimengerti audiensnya. Ketika menyampaikan materinya pastikan bahwa knowledge yang disampaikan mudah Anda aplikasikan dalam pekerjaan dan keseharian.

Tentunya tidak sampai di situ saja, lembaga pelatihan leadership juga harus memastikan bahwa setiap audiens dan tim mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Suatu training bisa kita katakan berhasil apabila materi tersebut mudah Anda aplikasikan.

9. Cermati Durasi Training

Pelatihan kepemimpinan umumnya telah menyusun jadwal training. Waktu training yang dilaksanakan tidak boleh terlalu lama maupun terlalu singkat. Mengapa? Jika waktu training terlalu lama, peserta pasti jenuh dan training menjadi tidak kondusif.

Namun apabila waktu training terlalu singkat, bagaimana proses transfer knowledge itu terjadi? Anda sudah menginvestasikan biaya training kepemimpinan. Bukankah sia-sia jika Anda tidak mendapatkan insight dan esensi dari materi yang disampaikan.

10. Harga yang Kompetitif

Pada poin ini, Anda harus benar-benar selektif dalam budgeting training. Harga training yang ditawarkan tidak boleh terlalu mahal. Khawatirnya tidak efektif apalagi mengingat waktu training yang terbatas.

Biaya yang harus Anda keluarkan harus sesuai dengan kebutuhan, serta waktu pelaksanaan training. Hal tersebut harus dipertimbangan ulang dan pikirkan outpun yang apa saja yang Anda dapatkan.

Begitupun sebaliknya, Anda harus berhati-hati pada provider training yang menawarkan harga di bawah standar. Anda tidak bisa menjamin kualitas training apabila harganya terlalu murah.

Namun, bagi Anda yang sedang mencari lembaga training terbaik, ALC Leadership Mangement adalah pusat pelatihan leadership management online dan offline di Indonesia. Yuk ketahui 10 ciri berikut ini membuktikan ALC merupakan lembaga pelatihan kepemimpinan terbaik.

Baca juga : 

Ketahui 4 Tujuan Training Leadership Bagi Karier Anda

10 Ciri Pelatihan Kepemimpinan Terbaik Ada di ALC Leadership Management

Dalam memilih pelatihan kepemimpinan terbaik, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. ALC Leadership Management memenuhi 10 ciri pelatihan kepemimpinan terbaik, di antaranya

1. ALC Memiliki Reputasi Provider Training Terbaik

Sebagai pusat pelatihan leadership management online dan offline di Indonesia ALC Leadership Management juga telah dipercaya sebagai training provider terbaik. Sudah bekerjasama dengan lebih dari 357 perusahaan Indonesia dan memiliki 35.276 alumni.

Adapun klien yang sudah bekerjasama dengan ALC diantaranya Pertamina, Bank BCA, Mabes POLRI, PT Adaro Service, PT Great Giant Pinapple, PT Bukit Muria Jaya, PT Bumimulia Indah Lestari, Great Giant Foods, PT Bringin Karya Sejahtera, PT HAKAASTON dan lainnya.

Untuk detail informasi klien ALC dan detail lengkapnya bisa klik di sini ya.

2. Brand Reputation ALC Tinggi

Brand reputation ALC sangatlah baik. Dimana ALC mampu merubah mindset, cara kerja dan perilaku para alumninya menjadi jauh lebih baik. Meskipun program pelatihan ALC telah usai namun semangat dan perubahan dapat bertahan lebih lama.

Untuk mengenal sejauh mana reputasi positif ALC, Anda juga bisa menyimak testimoni, after event ALC dan kegiatan training ALC di channel youtube ALC Leadership Management.

3. ALC Memiliki Konsep/ Metode yang Teruji dan Sukses

ALC memiliki metode pendekatan yang teruji dan efektif.  Memiliki pretest dan asesmen 12 kompetensi kepemimpinan.

Di mana test ini dilakukan paling lambat sehari sebelum training dimulai. Penilaian ini berguna untuk memetakan kemampuan dan kompetensi peserta.

Setelah itu ALC juga memiliki post test dan juga program executive coaching. Program ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan peserta setelah mengikuti training bersama ALC.

ALC menjamin perubahan mindset maupun cara kerja para alumninya. Anda bisa simak review dari peserta mengenai perubahan yang telah mereka rasakan setelah mengikuti training bersama ALC Leadership Management. Untuk detailnya Anda bisa klik di sini ya.

4. Memiliki Trainer yang Expert Di Bidangnya

Seluruh coach atau trainer ALC sudah memiliki sertifikat khusus di bidangnya. Memiliki pengalaman dan jam terbang yang mumpuni. Para trainer ALC sudah sangat berpengalaman dalam memberikan pelatihan di berbagai perusahaan multinasional Indonesia.

5. ALC Memiliki Kurikulum yang Efektif

Kurikulum dan materi pelatihan leadership yang ALC sampaikan sangat mudah untuk Anda pahami. ALC mempunyai ALC Survey, dimana survey ini selalu ALC lakuan setelah 1 bulan peserta mengikuti training.

Survey ini sebagai bentuk pelayanan dan tanggung jawab ALC dalam menjamin perubahan dalam kinerja dan produktivitas peserta dalam bekerja.

Selain kurikulum yang efektif ALC juga memiliki modul training leadership & management terbaik serta up to date. Dimana setiap materi yang ALC berikan mampu menjawab kebutuhan dan membantu Anda menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan.

6. ALC Memiliki Banyak Trainer yang Sudah Berpengalaman

ALC memiliki banyak trainer berpengalaman yang kompeten di bidangnya dan  menerapkan ALC Development System.

ALC Development System adalah sarana untuk berkembangnya para peserta training ALC usai mengikuti pelatihan. Diberikan secara periodik & konsisten. Langsung kepada alumni. Seminggu sekali tanpa batas waktu. Free, tidak ada biaya tambahan.

7. Fasilitas Training ALC yang Fleksibel dan Sangat Memudahkan

ALC menyediakan training yang bisa dilakukan secara in class (tatap muka) dan online learning (melalui aplikasi zoom/ video recording). ALC memiliki studio dan fasilitas teknologi yang canggih, dampak perubahan tetap bisa Anda rasakan meskipun training dilakukan secara online.

8. ALC Memiliki Pendekatan yang Spesial

Cara ALC dalam memberikan pendekatan ketika training berlangsung sangatlah spesial. Engagement antara ALC dan peserta juga sangat kuat. Sehingga setiap materi yang ALC sampaikan sangatlah berdampak untuk para audience.

Dilengkapi dengan materi dan tools yang spesial, sehingga memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya di pekerjaan dan keseharian. ALC juga memiliki sistem online yang sangat kredibel, adanya report setelah mengikuti training serta bimbingan yang ALC berikan gratis seumur hidup untuk para alumni.

9. Durasi Training ALC Sangat Efektif

Durasi/ waktu training yang ALC laksanakan tidak terlalu lama ataupun terlalu singkat. Sehingga materi yang ALC sampaikan sangatlah efektif dan dapat terimplementasi dengan baik.

10. ALC Memiliki Harga Training yang Kompetitif

ALC selalu menawarkan harga training yang kompetitif dan yang sesuai dengan kualitas materi yang disampaikan.

Di mana seluruh materi training yang ALC sampaikan dapat memberikan perubahan, baik dalam hal mindset, knowledge dan juga perilaku Anda dalam keseharian.

Cukup informatifkan tips dan trik 10 Cara Memilih Pelatihan Kepemimpinan Terbaik di atas? Menemukan provider terbaik memang tidaklah mudah. Anda harus teliti dan cermat serta selektif dalam memilih lembaga pelatihan leadership skill yang tepat.

Melalui lembaga pelatihan leadership skill yang tepat maka kemampuan Anda dalam hal kepemimpinan semakin bertambah. So, jangan sampai Anda salah pilih ya!

Tapi ada pertanyaan penting nih, sudahkah Anda menemukan provider training terbaik? Jika belum tenang ada jalan keluarnya ko. Yuk ikuti pelatihan kepemimpinan bersama ALC Leadership Management.

Karena ALC sudah terbukti memiliki 10 ciri lembaga pelatihan leadership terbaik. ALC memiliki program pelatihan leadership dengan pendekatan yang berbeda. Memiliki topik training leadership terup to date dan bisa dilaksanakan secara offline maupun online.

Kesimpulan 

Pentingnya memilih pelatihan kepemimpinan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan seseorang. Pelatihan kepemimpinan bertujuan untuk mempengaruhi tim dan individu di sekitarnya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pemilihan yang bijak dalam pelatihan kepemimpinan dapat membantu meningkatkan kemampuan kepemimpinan seseorang secara signifikan. ALC Leadership Management merupakan salah satu lembaga pelatihan kepemimpinan terkemuka yang memenuhi kriteria-kriteria ini.

Yuk tingkatkan leadership skills Anda dan jadilah bagian dari ALC Leadership Management!

Tingkatkan keahlian Leadership skills Anda hari ini :

‚Äď Pahami bagaimana cara memanage mindset dengani 4 skills dan fokus pada tujuan besar serta membangun skill Anda sesuai dengan perkembangan teknologi dan jadikan diri Anda leader yang handal serta produktif, melalui¬†Self Leadership in Challenging Times.

‚Äď Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team, melalui¬†Coaching and Mentoring.

‚Äď Pelajari bagaimana cara untuk fokus pada tujuan, bijak dalam bersikap dan menjunjung tinggi integritas. Serta mengajarkan Anda cara mengembangkan team menjadi lebih baik, melalui¬†Leadership Fundamental.

Butuh Pelatihan Leadership ALC? Detail info hubungi team ALC di 087779199555