fbpx

Ketahui 4 Tujuan Training Leadership bagi Karier Anda

Tujuan Training Leadership

Training leadership, sudahkah Anda mengenali tujuannya?

Jika Anda pernah bekerja untuk sebuah perusahaan, Anda mungkin pernah mendengar tentang program pelatihan kepemimpinan. Tapi apa sih sebenarnya tujuan dari training leadership dan mengapa itu penting bagi organisasi Anda?Tujuan training leadership utamanya adalah melakukan perubahan yang efektif bagi kepemimpinan Anda.

Dalam pengembangan kepemimpinan, setiap anggota/ staff dalam berbagai level, mereka akan diajari keterampilan kepemimpinan yang tak ternilai. Para anggota/ staff akan diajarkan bagaimana cara memimpin, menginspirasi, dan membimbing tim mereka menuju kesuksesan dengan benar.

Jenis pengembangan ini penting untuk menumbuhkan budaya kepemimpinan dengan benar di dalam setiap organisasi.

Pelatihan pengembangan kepemimpinan dapat mengambil banyak bentuk, baik dalam bentuk pelatihan internal, seperti program bimbingan dari dalam perusahaan, atau dengan pelatihan eksternal, seperti seminar pelatihan, konferensi, pelatihan online, atau program pascasarjana.

Untuk tindakan pengembangan kepemimpinan secara efektif, sebuah organisasi harus membuat rencana/ menyusun pelatihan pengembangan kepemimpinan.

Karena untuk memaksimalkan dan memberdayakan skills kepemimpinan sangat penting bagi kesuskesan karyawan. Namun, beberapa perusahaan memilih untuk tidak berinvestasi dalam training leadership karena mereka menganggap terlalu sulit untuk mengukur dampak perubahannya.

Para ahli memperkirakan bahwa investasi perusahaan dalam program pengembangan kepemimpinan lebih dari $300 miliar. Apakah Anda berinvestasi untuk masa depan organisasi Anda melalui program pengembangan kepemimpinan karyawan? Ataukah Anda masih bingung dan mempertimbangkan pertanyaan seperti, “apa sih, tujuan program pengembangan kepemimpinan?”.

Ada beberapa perusahaan yang percaya bahwa program training kepemimpinan tidak efektif. Jadi mengapa menginvestasikan waktu dan uang perusahaan untuk itu? Beberapa perusahaan ini mungkin gagal paham, karena bentuk training leadership tidak semua sama. Mengapa demikian? Yuk simak fakta menarik berikut.

Riset Tentang Training Leadership

Karyawan kita memiliki pengalaman yang berbeda-beda di dunia profesional. Latar belakang yang beragam ini dapat menjadi aset besar bagi para eksekutif. Situasi dan kondisi terus mengalami perubahan.

Dengan pelatihan leadership, kita bisa mempersiapkan perubahan ini secara efektif untuk perkembangan perusahaan. Menurut globaljournal.org training leadership dapat membawa perubahan positif yang membantu bisnis kita untuk meningkatkan inovasi.

Baca juga : 4 Keuntungan In House Training Program Dalam Berbagai Bidang

Kepemimpinan yang efektif juga mempengaruhi beberapa faktor-faktor, seperti kepercayaan, budaya dan visi yang jelas, serta memfasilitasi perubahan. Jika tidak ada kepemimpinan dalam organisasi, kita tidak akan mampu berubah ke arah yang mereka inginkan.

4 Tujuan Training Leadership

Anda mungkin bertanya apakah program kepemimpinan perusahaan layak untuk dilakukan dan apa tujannya? Setelah menyimak tujuan training leadership ini, Anda jadi semakin yakin untuk menjalankannya. Karena dampaknya sangat besar bagi karier dan perusahaan Anda.

Pertama, meningkatkan engagement karyawan. Engagement/ keterlibatan karyawan didefinisikan sebagai sejauh mana karyawan termotivasi dan bersemangat dalam pekerjaan. Tidak hanya itu, engagement juga menggambarkan seberapa besar komitmen karyawan terhadap perusahaan dan hubungan emosional mereka dengan rekan kerjanya.

Namun, Survey dari Gallup menerangkan bahwa hanya sekitar 33% pekerja yang merasa dirinya engage. Sementara sisanya tidak. Dengan menjalankan pengembangan leadership, kita dapat meningkatkan keterlibatan karyawan. Apakah bisa? Ya sangat bisa, karena program pelatihan kepemimpinan akan melatih manager untuk memberdayakan karyawannya lebih baik.

Kedua, mengurangi tingkat resign karyawan. Di suatu titik Anda mungkin pernah mengalami pergantian karyawan yang tinggi. Dalam kondisi kerja yang kompetitif, retensi/tingkat keluar-masuk karyawan adalah salah satu masalah paling mendesak yang kita hadapi.

Jika kita ingin mengurangi tingkat resign karyawan, berikan karyawan peluang dan kesempatan untul mngembangkan diri. Karyawan yang antusias dengan pekerjaannya cenderung lebih kuat dan memiliki loyalitas tingga. Tingkatkan produktivitas dan pertahankan bakat Anda dengan memberdayakan karyawan melalui training leadership.

Ketiga, mengembangkan kecerdasan emosional (emotional intelligence). Kita semua harus paham bahwa kecerdasan emosi berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi. Namun, banyak yang berpendapat bahwa tingkat emosi seseorang merupakan watak yang diturunkan orang tuanya dan tidak bisa diubah. Hm… Apakah benar demikian? Jawabannya tidak.

Kita bisa meningkatkan kecerdasan emosional dari pibadi seseorang dengan cara menangani perilaku negatif di antara karyawan. Perusahaan yang memiliki fokus pada peningkatan soft skill ini sangat mampu untuk mengembangkan semua sifat interpersonal. Tentunya sifat interpersonal merupakan aspek yang penting untuk menjadi pemimpin yang hebat. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa training on Leadership penting bagi organisasi.

Keempat, manajemen resiko yang lebih baik. Menjalankan bisnis ibarat mendaki gunung yang treknya  sulit. Puncaknya tak bisa didaki dan diraih oleh sembarang orang. Semua membutuhkan pengalaman serta keahlian khusus untuk melewati alam liarnya yang beresiko.

Baca juga : Training Leadership Skills Apa Yang Didapatkan Setelah Mengikutinya?

Oleh karenanya sebuah perusahaan harus mulai memikirkan bagaimana cara meningkatkan skills karyawan dalam mengelola risiko. Dan dalam rangka memenuhi persyaratan pemimpin, pemimpin generasi berikutnya harus memiliki kapasitas yang mumpuni dalam menentukan strategi terbaik untuk menghindarinya. Pelatihan dapat secara signifikan membantu seorang pemimpin mencapai tujuannya.

Nah, Setelah menyimak 4 tujuan training leadership, sudahkah perusahaan Anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training leadership yang disukai klien kami di antaranya Situational Leadership, Dahsyatnya Nilai Diri, Sukses Berkarya Sejak Usia Muda, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Ketahui cara mengenali konsep situational leader berikut 4 tipenya. Mengikuti SLI fitness test sekaligus mengenali 3 skills yang wajib Anda miliki, melalui Situational Leadership

– Pahami bagaimana cara membangun kesadaran diri serta rasa memiliki yang tinggi melalui 4 pilar yaitu kejujuran, kepedulian, tanggung-jawab dan sikap saling menghormati, melalui Dahsyatnya Nilai Diri.

– Pelajari bagaimana cara memaksimalkan kepercayaan diri, berpikir positif, mengambil tindakan nyata, berani mengambil keputusan, gigih pantang menyerah, fokus pada solusi, melalui Sukses Berkarya Sejak Usia Muda

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends