Inilah 5 Manfaat Manajemen Waktu Bagi Para Karyawan

Manajemen Waktu

Daftar Isi

Manajemen waktu, sudahkah Anda mengetahui manfaatnya? Yuk simak di sini!

Manajemen waktu di tempat kerja merupakan keterampilan yang dapat bermanfaat bagi setiap karyawan. Apalagi, memiliki kemampuan untuk mengatur waktu seperti ini dapat meningkatkan produktivitas sekaligus membangun keseimbangan kehidupan kerja yang positif.

Namun sayangnya, survei yang dilakukan oleh Zippia menunjukkan jika 82% tidak melakukan apa pun untuk melakukan manajemen waktu mereka dengan benar. Itu berarti ada sebagian besar karyawan yang tidak mampu memenuhi tingkat efisiensi waktu mereka dengan baik.

Oleh karena itulah, artikel ini akan membahas secara resmi berbagai manfaat manajemen waktu bagi para karyawan supaya semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas hidup mereka baik dalam kehidupan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari.

Memang, apa sebenarnya manajemen waktu itu dan bagaimana manfaat yang akan dirasakan oleh para karyawan saat menjalankannya? Ini dia penjelasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Waktu?

Manajemen waktu (time management) adalah sebuah proses dan keterampilan untuk merencanakan tugas berdasarkan waktu yang Anda miliki.

Jadi, kemampuan ini akan membuat seseorang membuat rencana untuk membagi waktunya ke dalam beberapa aktivitas yang berbeda supaya dapat diselesaikan seluruhnya dengan baik.

Kemampuan manajemen waktu yang baik ini tentu akan membantu Anda untuk memprioritaskan berbagai tugas ke dalam jadwal harian.

Dengan time management, Anda dapat mengetahui tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan selanjutnya. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas yang diminta tepat waktu.

Baca juga :

4 Tujuan dan Manfaat Mengikuti Training Manajemen

Apa Manfaat dari Manajemen Waktu?

Sebuah survei dari Salary.com menemukan 89% responden mengaku membuang-buang waktu setiap hari dalam pekerjaan mereka. Baik itu terlalu lama menghabiskan waktu dengan ponsel dan media sosial sehingga waktu untuk bekerja seringkali terasa tidak cukup karena tidak diatur secara optimal.

Padahal, contoh manajemen waktu yang tepat akan membantu Anda menyelesaikan segala tugas yang diberikan tanpa perlu kelelahan sekaligus meningkatkan fokus dan produktivitas. Apalagi strategi manajemen waktu yang baik juga menawarkan berbagai manfaat untuk meningkatkan performa karyawan, diantaranya adalah:

Pertama, Mengurangi Tingkat Stress dalam Bekerja

Fungsi manajemen waktu yang paling utama adalah mengorganisir pekerjaan Anda sesuai dengan prioritas sehingga tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Oleh karena itu, cara manajemen waktu seperti ini tentu akan mengurangi tingkat stress, kecemasan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Sebab, time management yang baik berarti membantu Anda untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat tanpa perlu khawatir akan terlewat. Sebab seringkali banyak pekerja yang menunda sebuah pekerjaan yang harusnya menjadi prioritas dan kelabakan saat deadline-nya mulai dekat.

Oleh karena itu, saat tugas dikerjakan dalam waktu yang tepat maka beban dan rasa lelah akan jauh lebih berkurang sehingga emungkinkan Anda menjadi lebih produktif dengan waktu yang dimiliki.

Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh Time Watch mengenai manfaat spesifik dari manajemen waktu dan 91% dari mereka setuju bahwa manajemen waktu yang lebih baik akan mengurangi stres di tempat kerja.

Kedua, Meningkatkan Produktivitas

Selain itu, tujuan manajemen waktu adalah meningkatkan fokus seseorang sehingga hal tersebut mampu untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Lewat time management yang efektif inilah Anda mampu untuk menetapkan tujuan yang jelas dan memprioritaskan hal terpenting untuk dikerjakan.

Anda dapat membuat daftar yang harus dikerjakan menggunakan kalender ataupun perangkat lunak lainnya sebagai pengingat. Jadi, Anda selalu tahu apa yang harus dilakukan pada hari tersebut dan mencegah adanya tugas yang lupa dikerjakan.

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini dapat meningkatkan produktivitas Anda karena tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh BBC mengenai hubungan kemampuan mengatur waktu dan kesuksesan pada negara Nordik dengan 4 hari kerja saja mampu menghasilkan peningkatan produktivitas yang luar biasa.

Jadi, bukan masalah jam kerjanya. Namun Ini tentang bagaimana Anda mengatur waktu dengan tepat saja supaya produktivitas dapat meningkat.

Ketiga, Tercapainya Work Life Balance

Contoh manajemen waktu sehari hari yang diaplikasikan dengan baik oleh para karyawan dapat sangat terasa dengan terciptanya keseimbangan dalam bekerja (Work Life Balance).

Sebab, kemampuan untuk manajemen waktu yang efektif memungkinkan Anda menemukan keseimbangan sepanjang harinya dengan mampu bekerja dengan baik, istirahat yang cukup, menjalankan hobi serta bercengkrama dengan keluarga.

Hal ini bisa dilakukan karena Anda mampu mengatur jam kerja dengan baik sehingga dapat menyelesaikan semua pekerjaan penting sebelum pulang ke rumah. Jadi saat pulang kerja, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor.

Keempat, Mampu Mengambil Keputusan dengan Matang

Membuat keputusan penting memang seringkali menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itulah, manajemen waktu emungkinkan keputusan tertentu dibuat dengan sederhana dan cepat karena Anda telah merencanakannya sebelumnya.

Sebab, Anda sudah memiliki prioritas setiap harinya untuk dikerjakan. Jadi, ketika suatu masalah teridentifikasi harus diselesaikan segera maka secara alami Anda akan membuatnya menjadi prioritas untuk segera dibuat pengambilan keputusan dengan matang tanpa terdistraksi hal lainnya.

Baca juga : 

Pelatihan Manajemen, Kenali 5 Manfaatnya untuk Anda Sebagai Manager

Kelima, Meningkatkan Fokus dan Rasa Percaya Diri

Terakhir, kemampuan mengatur waktu juga akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

Saat semua tugas sudah selesai dengan baik, akan ada dorongan dopamin secara alami di dalam otak yang mampu membuat Anda lebih percaya diri dengan pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Selain itu, saat Anda sudah memiliki jadwal dan prioritas yang jelas untuk segera dilakukan dalam pekerjaan maka secara otomatis fokus akan semakin meningkat. Hal ini tentu akan membantu mengendalikan hari Anda dengan baik.

Terlebih, saat Anda fokus tentu segala aktivitas yang dilakukan akan menjadi sangat produktif. Tentu, aspek inilah yang diharapkan oleh setiap perusahaan terhadap para karyawannya.

Kesimpulan :

Demikianlah berbagai manfaat melakukan manajemen waktu bagi para karyawan untuk memotivasi Anda supaya dapat segera mengaplikasikannya dengan baik. Tentunya, kemampuan time management ini juga bisa dilatih salah satunya dengan mengikuti rangkaian training dari ALC Leadership Management.

Berbagai materi manajemen waktu yang dihadirkan dalam training leadership milik ALC tentu akan sangat membantu Anda untuk bisa bekerja dengan lebih produktif, fokus dan percaya diri. Penasaran dengan rangkaian pelatihan kepemimpinan dari ALC? Yuk segera daftarkan diri Anda sekarang juga

Detail info pelatihan hubungi team ALC sekarang!

Jadwal Training Publik Online 2023

Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom