5 Langkah Untuk Meningkatkan Effective Communication, Yang Ke-3 Wajib Dikuasai!

Daftar Isi

Dalam kehidupan terutama dalam kehidupan pekerjaan, tentu saja kita sering melakukan komunikasi bukan? Komunikasi merupakan sebuah kunci untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya seperti ini, Anda ingin pergi ke sebuah tempat. Anda pergi dengan seorang supir, tetapi Anda tidak menjelaskan tujuan Anda. Selama perjalanan Anda diam saja, tidak berkomunikasi bahkan tidak ada interaksi.

Apakah Anda akan sampai tujuan sesuai dengan harapan Anda? Tentu saja tidak. Itulah mengapa pentingnya komunikasi antara individu hingga  kelompok. Dengan komunikasi kita akan mudah menyampaikan maksud serta tujuan yang ingin kita capai.

Eits, tetapi jangan salah loh. Komunikasi bukan hanya sekedar komunikasi saja, harus adanya effective communication agar maksud dan tujuan yang Anda harapkan bisa sesuai dan tercapai.

Pernah gak sih Anda ketika sedang berdiskusi atau berbicara dengan orang lain, tetapi penjelasannya terlalu panjang lebar, tetapi isinya hanya topik yang sama dan inti pembahasaan tersebut adalah sesuatu hal yang simple? Pasti pernah bukan? Atau jangan-jangan Anda sering melakukan hal tersebut?

Kalau jawabannya iya, itu berarti Anda belum memiliki kemampuan effective communication. Komunikasi efektif sangat penting loh untuk meningkatkan karir dan kinerja Anda. Tapi Anda jangan khawatir, yuk simak pembahasan artikel ini yang sangat bermanfaat mengenai 5 Keterampilan Penting untuk Meningkatkan Effective Communication.

Apa Itu Effective Communication?

Effective communication adalah komunikasi yang memiliki tujuan agar si penerima pesan mengerti mengenai pesan yang disampaikan. Bagaimana sih caranya mengetahui bahwa komunikasi yang kita lakukan adalah komunikasi yang efektif? Caranya mudah, yaitu dengan bukti bahwa si penerima pesan paham akan hal yang disampaikan, dan adanya umpan balik dapat berupa sikap responsif dan perilaku si penerima pesan menjadi antusias.

Bentuk komunikasi terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan cara tertulis dan lisan. Komunikasi ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja. Sedangkan komunikasi non verbal, adalah komunikasi yang disampaikan tidak menggunakan kata/ kalimat tetap menggunakan isyarat (ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan melalui cara berbicara).

Baca juga : 

10 Cara Efektif Motivasi Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja

Pentingnya Effective Communication Dalam Dunia Kerja

Kemampuan effective communication sangat dibutuhkan dalam dunia pekerja. Menjalin relasi dengan rekan kerja hingga klien mengharuskan Anda untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Hal ini juga akan berdampak pada karir melesat.

Kemampuan komunikasi memang mengharuskan untuk Anda menjadi pendengar yang baik dan cermat, berkomunikasi dengan jelas, dan membuat orang lain merasa nyaman jika berkomunikasi dengan Anda. Hal ini ditempuh agar komunikasi dalam dunia kerja dapat berjalan dengan baik dan harmonis.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui pentingnya kemampuan effective communication? Yuk simak kenapa sih effective communication sangat penting.

1. Menciptakan Building Trust

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik bisa menumbuhkan kepercayaan dengan orang lain loh. Dengan kemampuan untuk bisa menjadi pendengar yang baik dan merangkul dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dan Anda bisa membantu orang lain untuk meningkatkan rasa percayanya kepada Anda.

2. Preventing and Resolving Problems

Effective communivation memiliki peranan penting untuk bisa menyelesaikan sebuah konflik dan mencegah timbulnya potensi konflik di kemudian hari.

3. Increases Engangement

Kemampuan komunikasi yang efektif akan meningkatkan rasa kepercayaan diri yang akan terbangun antara pegawai dalam dunia kerja sehingga akan meningkatkan kesepahaman dan engagement antara SDM yang ada di perusahaan tersebut.

4. Improves Productivity

Keuntungan yang paling utama adalah effective communication akan meningkatkan produktivitas kinerja Anda loh. Melalui komunikasi yang efektif dan baik maka konflik akan bisa diselesaikan dengan baik dan solusi yang didapatkan juga akan mampu menyelesaikan konflik tersebut.

Dampak Effective Communication Pada Perusahaan

Saat ini, Effective communication menjadi salah satu leadership skill yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin dalam setiap organisasi.

Sebab dengan memiliki SDM berkualitas dengan pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan baik akan memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan itu sendiri, diantaranya adalah:

1. Membangun Budaya dan Menciptakan Suasana Baru

Setiap perusahaan pasti memiliki budaya kerja sesuai dengan aturannya masing-masing. Untuk bisa mewujudkannya tentu harus diimbangi dengan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif harus terjalin dengan baik, antara pemimpin sampai dengan staff pekerja/ karyawan.

Tidak selamanya seorang staff pekerja senang diperintah loh. Mereka juga ingin didengarkan, agar pemikirannya dapat berkembang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara perusahaan menerapkan komunikasi dengan pendekatan mendengar secara aktif. Sehingga akan terciptanya character and culture building.

2. Mengurangi Konflik Dalam Perusahaan

Effective communication dapat mengurangi dampak negatif yaitu toxic employee dan tumpang tindih pekerjaan loh.

Sering kita temukan terjadinya miscommunication antara sesama rekan kerja, manager dengan karyawan, atau karyawan dengan klien bahkan pelanggan. Konflik ini terjadi karena kesalah pahaman dan ketidak mampuan untuk memahami informasi yang disampaikan.

Penyebab lain terjadinya konflik, misalnya karena kegagalan untuk memahami kondisi atau kebutuhan emosi orang lain. Bisa jadi, mereka dalam kondisi merasa diabaikan atau tak didengar. Dampak konflik harus segera ditangani dengan menggunakan manajemen konflik yang tepat.

Tumpang tindih pekerjaan juga bisa terjadi karena kurangnya komunikasi efektif antar sesama karyawan, dan manajer dengan karyawannya. Hal ini terjadi karena karyawan yang mendapatkan tugas/ pekerjaan tidak memahami akan perintah yang diberikan, sehingga akan menyebabkan pekerjaan menjadi menumpuk. Jika hal ini terjadi, maka karyawan lain akan menerima dampak buruknya, yaitu mengerjakan pekerjaan yang bukan menjadi tanggung jawabnya.

3. Tercapainya Tujuan Perusahaan

Dengan komunikasi yang efektif akan membawa dampak positif kepada perusahaan, yaitu meningkatkan perusahaan menjadi jauh lebih baik sesuai dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Selain itu produktivitas karyawan juga akan meningkat loh, suasana kerja akan menjadi nyaman, dan trust antar SDM yang ada di perusahaan tersebut akan meningkat.

Bahkan sebuah study yang dilakukan oleh The State of Business Communication menyatakan jika 72% orang setuju jika bahwa komunikasi yang efektif telah meningkatkan produktivitas tim.

Saat produktivitas karyawan meningkat, tentu akan semakin mudah perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Wah, memiliki dampak yang besar ya effective communication itu!

5 Keterampilan Untuk Meningkatkan Effective Communication

Dalam praktiknya, ada 5 macam keterampilan yang perlu digunakan saat sedang menerapkan Effective Communication. Kelima keterampilan yang harus Anda kuasai ini antara lain adalah:

1. Gunakan Kecerdasan Emosi

Salah satu kunci utama effective communication adalah kecerdasan emosional atau emotional intelligence. Dengan kecerdasan emosi Anda bisa melihat, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi sesuai dengan keadaan dan tempat.

Kecerdasan emosi sangat penting untuk dimiliki loh. Hal ini akan mencegah timbulnya konflik pada perusahaan. Sehingga penting untuk Anda untuk tetap selalu menjaga interaksi dan seprofesional mungkin menjaga komunikasi di tempat kerja.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu berusaha bersikap tenang dan memikirkan secara matang sebelum memberikan pendapat atau bertindak.

2. Berkomunikasi Dengan Jelas

Anda harus membiasakan diri untuk selalu berbicara dengan jelas dan terarah, agar orang lain yang Anda ajak untuk berkomunikasi memahami apa yang Anda maksud dan butuhkan.

Karena ketika Anda berbicara tidak jelas, dan tidak meyakinkan apa yang Anda katakan tidak akan didengarkan oleh orang lain. Dan hal tersebut akan terasa membingungkan untuk orang yang Anda ajak berkomunikasi.

Anda bisa melakukan hal sederhana, yaitu dengan cara mencatat point-point penting yang Anda ingin sampaikan ketika Anda ingin berkomunikasi dalam diskusi besar.

3. Jadilah Pendengar Yang Baik

Effective communication terjadi bukan hanya sekedar Anda bisa berkomunikasi dengan baik, atau Anda adalah orang yang baik ketika menyampaikan sesuatu. Anda juga harus mampu menjadi pendengar yang baik.

Menjadi pendengar yang baik, Anda akan mampu memahami kata-kata dan emosi yang ingin disampaikan oleh lawan bicara Anda. Anda juga harus mampu membantu lawan bicara merasa didengar dan dipahami.

Hindari hal-hal yang akan mengganggu fokus Anda ketika sedang berbicara dengan orang lain, seperti menyela percakapan, tidak terlihat antuasias atau mendengarkan, dan sibuk dengan hal lain.

Salah satu cara komunikasi yang efektif adalah ketika Anda mampu membangun hubungan dan interaksi yang lebih baik dengan sesama rekan kerja atau anggota tim.

4. Tegas, Jujur, dan Terbuka

Ketegasan dapat menghasilkan effective communication. Hal ini bisa terjadi karena Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri serta mampu dalam mengambil keputusan.

Tegas di sini bukan berarti Anda bersikap agresif dan menunut ya. Ingat, bahwa komunikasi yang efektif bukan tentang siapa yang dapat memenangkan argumen/ memaksakan pendapatnya kepada orang lain.

Ketegasan yang dimaksud adalah ketika Anda mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan secara terbuka, jujur, dan mempertahankan sudt pandang Anda tetapi tetap menghormati pendapat orang lain serta terbuka pada perspektif orang lain.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah berlatih untuk megekspresikan pikiran yang postif, belajar mengatakan tidak, dan membiasakan diri untuk menerima dan memberikan umpan balik secara positif.

5. Meminta Masukan dan Saran

Masukan, saran, bahkan kritik dari rekan kerja dan manager amat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi.

Karena mereka adalah orang-orang yang dapat melihat potensi dan kelemahan yang tidak Anda sadari. Kembangkanlah setiap masukan positif yang Anda terima. Di saat yang sama, teruslah berusaha untuk memperbaiki kelemahan. Bila perlu, Anda dapat meminta bantuan rekan kerja untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Baca juga : 

Tujuan Dan Manfaat Pelatihan Leadership Untuk Pengembangan SDM

Kesimpulan

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai effective communication mulai dari pengertian, urgensi, dampaknya hingga  5 keterampilan khusus yang wajib dikuasai.

Setelah membaca artikel mengenai 5 Keterampilan Penting untuk Meningkatkan Effective Communication ini, tentu Anda akan menyadari jika semua skills tersebut dapat dilatih selama memiliki komitmen yang kuat.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan effective communication ini yaitu dengan mengikuti pelatihan khusus seperti yang ditawarkan oleh ALC Leadership Management.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jasa provider training untuk mengadakan untuk meningkatkan effective communication, ALC Leadership Management atau ALC memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda.

Selain itu ALC Leadership Management juga memiliki program training untuk meningkatkan Effective Communication dengan topik training Character and Culture Building, Effective Communication, Coaching and Counseling, The Power of Working Emotional Intelligence.

Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Ingin lebih handal dalam membangun komunikasi, bernegosiasi sekaligus menangani berbagai situasi yang sulit. Yuk gabung segera dalam training “Effective Communication Skills”. Catat jadwalnya di bawah ini ya!

Effective Communiaction Skills Cara Membangun Komunikasi, Bernegosiasi Sekaligus Menangani Berbagai Situasi Yang Sulit
Training Online Effective Communication Skills

Jadwal Pelatihan

Kamis, 12 Oktober 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Jadwal Publik Training Online 2023
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom